10 Masakan Khas Korea yang Menggiurkan

10 Masakan Khas Korea yang Menggiurkan

Apa yang ada dipikiranmu saat mendengar kata Korea? Pasti sebagian orang akan menjawab ‘girl band atau boy band’. Korea sekarang memang terkenal dengan girl band dan boy band-nya yang cantik-cantik dan tampan-tampan.

Akan tetapi, ternyata Korea juga tidak hanya terkenal dengan girl band dan boy band-nya saja, masakannya yang mengundang selera juga tak kalah terkenalnya loh! Orang Indonesia senang dengan makanan pedas, tak terkecuali orang Korea.

Dalam masakannya, orang Korea juga senang menambahkan banyak cabai ke makanannya, seperti daftar masakan dibawah ini yang menawarkan sebagian besar masakan pedas ala Korea yang pastinya akan mengundang air liurmu keluar dan mengundangmu untuk mencobanya.

10. Tteok Guk

Ingin beruntung? Ingin panjang umur? Masakan yang satu ini patut kamu coba. Dalam tradisi di Korea, masakan ini dipercaya dapat membuatmu beruntung dan panjang umur sehingga menjadikan masakan ini selalu ada dalam setiap perayaan di Korea. Terbuat dari beras ketan, daging asin, dan dilengkapi dengan telur matang membuat makanan ini menjadi makanan yang sehat bagi setiap penikmatnya. Pasti lezat!

9. Hoppang

Jika kamu merasa lapar tapi tidak ingin memakan makanan porsi besar, kamu harus coba snack yang satu ini. Hoppang adalah camilan sehat yang terbuat dari adonan tepung beras gandum yang diisi dengan daging dan/atau sayuran bahkan pasta kacang merah. Pembuatannya yang sederhana memungkinkanmu untuk bisa membuatnya dirumah. Dengan membuatnya sendiri, kamu bisa menambahkan apapun yang kamu sukai sebagai isiannya.

8. Dooboo Kimchi

Siapa yang tidak tahu Kimchi? Olahan sayur-sayuran dengan menggunakan garam dan bahan-bahan lain ini telah terkenal ke seluruh penjuru Asia. Dooboo adalah sejenis tahu yang ada di Korea. Sehingga Dooboo Kimchi adalah makanan pendamping yang terdiri dari sayur-sayuran dan tahu yang letaknya memutari Kimchi. Dooboo biasanya disajikan dengan soju.

Soju adalah minuman yang terbuat dari air beras yang difermentasi. Maka dari itu, Dooboo disebut sebagai makanan pendamping saat meminum soju. Saat ini, Dooboo Kimchi tidak hanya terbuat dari sayuran, tapi juga bisa ditambahkan dengan daging sapi atau babi. Bagi kamu yang tidak suka minuman alkohol, jangan khawatir, Dooboo juga nikmat untuk disantap selain dengan minuman alkohol atau soju.

7. Naengmyon

Pernahkan kamu merasakan panasnya musim panas di Korea? Panasnya suhu saat musim panas membuat orang-orang Korea mencari masakan dingin sebagai santapan mereka untuk menurunkan suhu tubuh. Salah satunya adalah dengan memakan Naengmyon.

Secara literal, masakan ini berarti mi yang dingin. Mi-nya yang tipis dan kenyal terbuat dari soba, sedangkan bahan lainnya sebagian besar adalah daging. Rasanya yang pedas berasal dari sambal cabai ala Korea. Menikmati Naengmyon di panasnya Korea pasti menjadi sensasi yang menarik yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

6. Gaejang

Gaejang adalah satu dari makanan berbahan dasar kepiting yang terkenal di Korea. Gaejang dalam istilah Korea berarti kepiting yang dimasak dengan saus kedelai. Kepiting yang digunakan adalah kepiting yang telah diasinkan terlebih dahulu dengan saus kacang kedelai.

Terbuat dari bahan-bahan lain seperti jahe, bawang putih, wijen, dan bawaan istimewanya—yaitu pir Korea—membuat masakan yang satu ini kaya akan rasa. Saat berada di Korea, jangan sampai kamu melewatkan makanan yang satu ini ya!

5. Dae Jil Bul Gogi

Masakan Korea sarat akan bumbu-bumbunya yang pekat, salah satunya adalah masakan yang satu ini—dae jil bul gogi. Masakan berbahan dasar daging gurita ini terdiri dari bumbu yang terbuat dari sambal cabai merah, bubuk cabai merah, jahe, bawang merah, bawang putih, dan bahan pelengkap seperti sayuran hijau dan wortel.

Rasanya yang pedas pasti membangkitkan selera kamu pecinta makanan pedas. Tapi jangan khawatir, untuk kamu yang tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai yang akan dimasak bersama bumbu lainnya.

4. Bul Dak

Masakan pedas lainnya adalah Bul dak. Masakan yang terbuat dari daging ayam ini disajikan dengan potongan mentimun, salad, dan bawang yang menambah cita rasa dari masakan ini. Selain itu, bul dak terdiri dari beberapa varian level kepedasan yang disesuaikan dengan keinginan pengunjung. Jadi, berapa level kepedasanmu?

3. Kong Guksu

Secara literal Kong Guksu berarti mie kacang. Nama itu sesuai dengan bahan-bahan yang ada didalamnya seperti mie sebagai bahan utamanya, kacang kedelai, tepung gandum, dan pasta kacang tanah. Kong Guksu dilengkapi dengan sayur-sayuran dan dapat juga ditambahkan daging sapi atau babi. Masakan ini juga merupakan masakan yang digemari saat musim panas di Korea. Dan salah satu yang membuatnya unik adalah cara pemasakan mie, mereka memasak mienya dengan air dingin.

2. Soondooboo Chigae

Ternyata Korea juga mempunyai beberapa masakan olahan dari tahu yang pasti akan menggoyang lidahmu, salah satunya adalah Soondooboo Chigae. Pada masakan ini tidak hanya terdapat tahu, tetapi juga terdapat potongan sea-food, daging babi atau sapi. Daging pada masakan ini biasanya dibalut dengan bumbu yang terdiri dari banyak bumbu yang ditambah sedikit bumbu pedas untuk menambah cita rasanya. Jika kamu suka pedas, kamu bisa menambah jumlah cabai yang kamu inginkan untuk menambah kenikmatan dari masakan ini.

baca juga Toko Kue dan Roti Pilihan untuk Oleh-Oleh khas Bandung

1. Hae-Mul-Tang

Masakan yang satu ini adalah masakan tradisional khas Korea. Masakan ini berbahan dasar sea-food, jadi hati-hati buat kamu yang alergi sea-food. Masakan ini terdiri dari cumi-cumi, remis, kepiting, udang dan masih banyak lagi yang dipadu dengan bumbu-bumbu lain yang menghasilkan rasa pedas manis yang menggugah selera.

Rasa pedas yang seimbang dari cabai ditambah dengan potongan jamur, bawang merah, bawang putih dan toge yang menambah kesegaran dari masakan ini. Jadi tunggu apa lagi? Ayo coba!

Masih banyak masakan tradisional khas Korea yang pastinya nikmat dan lezat, namun daftar diatas adalah makanan yang paling terkenal di Korea. Jadi, kamu jangan khawatir untuk mencobanya! Jika kamu diberi kesempatan untuk mengunjungi Korea di liburan kali ini, tak ada salahnya kamu untuk berpetualang memburu makanan-makanan diatas. Selamat berwisata kuliner!

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!