1000.001 Ide Bisnis Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Categories: Bisnis UMKM

undercover.co.idIde Bisnis Modal Minimal , dengan modal muai dari 100 ribu kita bisa memulai bisnis dan bila kita mengetahuia caranya , maka bisnis modal kecil ini akan bisa berkembang dan menghasilkan cikal bakal bisnis yang besar.

Kata siapa berbisnis itu butuh modal yang besar? Kalau memang memiliki modal yang besar, sah-sah saja untuk membuat usaha yang lebih bonafide.

Tapi, modal yang besar datang dengan risiko yang besar pula. Nah, untuk Anda yang ingin berbisnis tapi hanya memiliki modal yang minim, tidak usah berkecil hati. Ada kok solusinya. Berikut ada beberapa pilihan ide bisnis dengan modal mulai Rp100.000 saja. Bukankah sesuatu yang besar, berawal dari kecil kan?

 

Ide Bisnis Dari Modal 100.000 Saja

 

  1. Jual Pulsa Elektrik

Saat ini, pulsa telepon elektrik menjadi barang kebutuhan pokok bagi semua orang. Tidak memandang di desa maupun kota, kalangan menengah ke bawah ataupun menengah atas, pria maupun wanita, semua orang membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi.

Untuk itu, usaha pulsa elektrik jelas tidak ada matinya. Sama halnya dengan bisnis makanan. Usaha pulsa elektrik ini tidak perlu modal besar, cukup modal 100 ribu Anda sudah bisa menjadi agen pulsa dan berjualan. Bahkan Anda tak perlu memiliki kios atau toko, Anda bisa melayani permintaan pulsa dari tetangga, teman maupun saudara-saudara Anda.

  1. Menjadi Dropshipper Online

Bisnis ini anti repot banget, karena Anda hanya mengandalkan handphone dengan fasilitas messenger seperti whatsapp, BBM atau Line serta sosial media. Anda juga tidak butuh modal besar untuk membeli produk terlebih dahulu seperti halnya membeli barang grosir karena Anda membeli produk bila ada pesanan saja. Anda tidak perlu memiliki stok barang.

Selain itu, dengan dropship memungkinkan Anda untuk bisa menjual banyak produk sekaligus tanpa takut mubadzir atau produk menumpuk akibat tidak laku.

Pada intinya, tugas dropshipper ini hanyalah melakukan penjualan produk di media online maupun offline dari supplier. Jenis bisnis ini memungkinkan siapapun bisa memiliki usaha tanpa perlu punya modal. Usaha ini memang cocok dan mudah untuk Anda para pebisnis pemula.

1000.001 Ide Bisnis Dengan Modal Mulai 100 Ribu

  1. Jual Jagung Bakar atau Roti Bakar

Anda memiliki halaman rumah yang tidak terpakai alias nganggur? Anda bisa lho mencoba bisnis berjualan roti bakar atau jagung bakar di halaman rumah Anda sendiri. Apalagi kalau rumah Anda berada di dekat sekolah, kampus atau pemukiman penduduk yang ramai.

Selain praktis, karena tidak perlu sewa tempat yang menghabiskan biaya, dua makanan tersebut banyak digemari oleh orang. Selain itu, kedua cemilan itu termasuk makanan yang enak serta mengenyangkan. Bermodalkan Rp100.000 Anda bisa belanjakan untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Yang penting, pastikan kualitas dan rasa kedua cemilan tersebut enak serta harganya terjangkau ya.

  1. Buka Warkop Sederhana di Rumah

Saat ini, kopi sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi masyarakat selayaknya penggunaan gadget serta hang out ditempat kekinian. Pamor kopi sedang naik daun belakangan ini. Bila Anda memiliki garasi atau halaman rumah yang nganggur, Anda bisa manfaatkan untuk membuka warkop sederhana.

Apalagi kalau rumah Anda berada di tempat yang strategis. Anda cukup menyediakan air panas dan kopi bubuk. Untuk langkah awal, Anda tak perlu menggunakan mesin kopi yang canggih.

Yang paling penting, pastikan usaha ini dapat berjalan dahulu sembari Anda mengumpulkan modal perlahan untuk meng-upgrade peralatan bahkan tampilan warung Anda.

 

  1. Jual Dim Sum di Rumah

Siapa yang tidak kenal Dimsum? Sajian khas Tiongkok yang berupa kulit lumpia diisi dengan berbagai isian seperti daging cincang, ayam, udang, ikan tenggiri dan lainnya. Makanan ini sangat digemari oleh masyarakat karena citarasanya yang lezat.

Anda pun sebenarnya bisa berbisnis jualan dimsum di rumah Anda sendiri. Anda tidak perlu pusing atau rumit berpikir bahwa berbisnis dimsum ini Anda harus jago masak untuk membuat dimsumnya. Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa membeli dimsum dalam bentuk beku dengan beraneka jenis isian, misalnya isi udang, ayam, daging cincang dan lain sebagainya.

Lalu, Anda bisa menjualnya dalam sterefoam atau wadah mika dengan isi 4 hingga 5 dimsum. Anda juga bisa mengandalkan sosial media serta messenger untuk melayani konsumen lho. Jadi selain membuka warung dihalaman rumah, Anda juga bisa berjualan secara online.

  1. Menerima Pesanan Aneka Kue

Anda punya hobi memasak? Tidak ada salahnya kalau Anda menyalurkan hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan uang alias bisnis. Anda bisa lho membuka usaha dengan menerima pesanan aneka kue. Kue merupakan makanan yang digemari semua lapisan masyarakat tidak memandang umur dan kelas sosial.

Jadi usaha kue tidak akan ada surutnya, karena kue dapat dikonsumsi kapan pun. Kue tidak hanya untuk dikonsumsi sehari-hari, kue juga menjadi kudapan penting saat ada event atau moment istimewa. Makanya, usaha ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan akan keuntungan yang besar. Kuncinya soal rasa, harga, inovasi serta tampilan yang cantik untuk menarik minat konsumen.

  1. Katering Sehat

Tren gaya hidup sehat memang sedang naik daun saat ini. Makanya tidak heran kalau sekarang banyak bisnis yang berhubungan dengan hal tersebut. Salah satunya adalah katering sehat. Kalau Anda memiliki keahlian memasak, bisnis katering sehat bisa Anda lirik sebagai usaha baru Anda.

Yang Anda butuhkan hanya membuat beberapa menu makanan sehat yang akan Anda tawarkan, kemudian foto atau dokumentasikan dengan sangat cantik. Selanjutnya, Anda tinggal memasarkannya bisa melalui online (via sosial media serta messenger) atau offline (melalui teman, dari mulut ke mulut, brosur, dan lain-lain), lalu tunggu pesanan datang.

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar lho, karena Anda bisa menerapkan sistem DP. Jadi, sistemnya adalah pelanggan Anda harus membayar sejumlah uang sebagai DP. Anda pun bisa belanja bahan makanan tersebut dari DP yang telah dibayarkan oleh calon pelanggan Anda. Gimana? Menarik bukan usaha ini?

 

  1. Jualan Jus di Rumah

Coba sebutkan salah satu minuman yang paling laku saat musim kemarau? Jus pasti menjadi salah satu jawaban Anda. Minuman menyehatkan berbahan buah-buahan asli ini memang pas untuk dijual saat musim kemarau. Apalagi untuk orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat.

Nah, karena jus mudah dibuat maka tidak ada salahnya kalau Anda mencoba bisnis jualan jus di rumah. Apalagi kalau rumah Anda berada di pinggir jalan besar yang strategis, bisnis ini sangatlah menarik.

Soal modal, tidak butuh banyak kok. Kalau Anda sudah memiliki blender, maka yang Anda butuhkan hanya membeli peralatan seperti gelas plastik, sedotan serta buah-buahan. Pastikan soal harga, kualitas yang prima serta kebersihan untuk menarik minat konsumen.

  1. Jual Samosa Goreng

Anda tahu Samosa kan? Camilan khas Timur Tengah berbentuk segitiga dengan isian kentang, bawang Bombay, ketumbar dan kacang polong ini bisa lho Anda jual.

Tapi Anda merasa tidak bisa memasak? Tak perlu bingung dan bimbang, karena Anda tetap bisa berjualan Samosa goreng. Anda cukup membeli Samosa dalam bentuk beku yang biasanya dijual per bungkus berisi 10 buah. Lalu, Samosa tersebut baru Anda goreng ketika ada pembeli.

Anda bisa mengkombinasikan Samosa goreng tersebut dengan berbagai sambal, seperti sambal kacang, atau sambal asam manis, dan lain sebagainya.

  1. Jual Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan? Camilan sejuta umat ini disukai oleh siapa saja tanpa mengenal usia, status sosial dan penampilan. Kalau bicara soal prospek bisnis, tentu masih sangat terbuka lebar karena target pasarnya yang jelas dan luas.

Bisnis jual gorengan ini terhitung murah harga serta bahannya mudah didapat. Anda tidak perlu pusing untuk menyewa tempat, karena Anda bisa berjualan gorengan di rumah sendiri. Anda juga tidak perlu menyediakan banyak modal untuk memulai usaha ini.

Apalagi kalau Anda sudah punya peralatan sendiri seperti wajan, saringan gorengan, serta tabung gas. Maka modal yang Anda keluarkan praktis hanya untuk membeli bahan-bahan makanan, bahan pelengkap seperti cabai, serta pembungkusnya.

 

  1. Produk Daur Ulang

Kampanye Go Green yang digaungkan oleh berbagai organisasi dan pemerintah bisa menjadi salah satu peluang bisnis lho. Kok bisa? Ya, Anda bisa membuka usaha kerajinan dari bahan daur ulang. Salah satunya adalah tas daur ulang plastik kemasan.

1000.001 Ide Bisnis Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Anda tidak perlu menggelontorkan modal yang besar untuk usaha ini, karena Anda bisa memanfaatkan sampah di sekitar Anda. Yang Anda butuhkan justru kreativitas dan imajinasi dalam membuat desain tas tersebut. Soal prospek bisnis, produksi sampah yang tinggi menjadikan bahan dasar sampah plastik ini tidak akan pernah kehabisan bahan bakunya.

Pangsa pasar pun masih sangat luas, karena adanya kampanye Go Green yang menganjurkan pemakaian barang bekas untuk mengurangi sampah.

  1. Buka Les Privat di Rumah

Anda jago matematika? Atau jago Bahasa Inggris? Kalau Anda memiliki keahlian spesifik seperti fasih berbahasa Inggris, jago matematika, fisika, dan lainnya, Anda bisa membuka usaha les privat di rumah.

Modalnya tak banyak. Anda hanya perlu membuat modul serta memperbanyaknya untuk dibagikan kepada siswa Anda. Selain modal uang, Anda juga harus selalu update dengan kurikulum maupun ilmu pengetahuan yang akan Anda ajarkan. Yang paling penting adalah soal promosi usaha Anda.

Anda bisa membuat brosur atau selebaran yang disebarkan di sekolah, tempat umum dan sekitar rumah Anda sendiri.

  1. Jual Buket Bunga

Siapa yang tidak suka diberi buket bunga? Terutama wanita, pasti bahagia bila diberikan buket bunga, apalagi di saat istimewa seperti wisuda, anniversary pernikahan, dan lain sebagainya. Nah ternyata, bisnis ini ternyata memiliki peluang yang berbunga-bunga juga lho.

Apalagi saat ini banyak sekali permintaan buket bunga untuk bunga wisuda serta dekorasi berbagai acara-acara besar seperti pernikahan, jumpa pers, dan lain-lain. Yang Anda butuhkan untuk membuka usaha ini adalah kemampuan Anda untuk mencari supplier bunga segar serta kreativitas dan inovasi, karena kualitas dan keunikan tiap rangkaian buket bunga yang ditawarkan menjadi poin utama dari usaha Anda.

  1. Jual Cemilan Pedas

Masakan Indonesia selalu identik dengan kaya bumbu dan pedas. Makanya, bisnis makanan dengan embel-embel pedas tak pernah sepi peminat.

Termasuk bisnis cemilan pedas yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Contohnya bakso goreng pedas, macaroni pedas, mie lidi pedas, dan lainnya. Modal yang Anda gelontorkan tak perlu besar. Karena modal yang Anda keluarkan hanya untuk berbelanja bahan-bahan seperti bakso, macaroni, mie lidi serta perasa pedas yang banyak dijual di pasaran.

Soal pemasaran, Anda bisa menjual produk ini ke kantor-kantor, sekolah-sekolah atau bahkan Anda jual secara online di sosial media Anda.

  1. Jual Bubur Ayam

Untuk memulai hari dengan baik, biasanya orang membutuhkan sarapan yang baik pula. Nah, untuk Anda yang super sibuk, membuat sarapan ternyata bukan hal yang mudah. Solusinya adalah membeli sarapan sehat di sekitar rumah.

Lalu, kenapa Anda tidak mencoba untuk menjual bubur ayam yang melayani anak sekolah, karyawan maupun tetangga di sekitar Anda? Bubur ayam adalah makanan khas Indonesia yang digemari oleh semua kalangan. Anda bisa berjualan di depan rumah, bila belum memiliki modal untuk sewa tempat.

Anda hanya butuh modal untuk membeli bahan-bahan seperti beras, sayuran, ayam, kerupuk, bumbu serta berbagai pelengkap dan kemasannya. Apakah Anda tertarik?

  1. Buka Kios Es dan Minuman Dingin

Halaman yang kosong di depan rumah, sebenarnya bisa Anda manfaatkan menjadi lahan bisnis. Seperti berjualan es dan minuman dingin. Modal yang dibutuhkan hanyalah kulkas serta membeli beraneka minuman dingin bermerk yang disukai oleh konsumen. Kalau pun Anda tidak memiliki kulkas, Anda bisa menggunakan gabus yang diberi es dan diisi dengan minuman dingin tersebut. Bila Anda tinggal di sekitar sekolahan atau kampus Anda juga bisa membuat es lilin.

  1. Jual Jajanan Sekolah

Kalau bahas tentang bisnis yang gak ada matinya, jual jajanan sekolah termasuk dalam salah satunya. Pasalnya, tiap tahun pasti selalu ada saja anak sekolah.

Yang harus diperhatikan untuk jajanan sekolah ini harganya yang terjangkau tapi dengan kualitas yang baik pula. Anda tidak butuh modal yang besar untuk bisa berbisnis jajanan anak sekolah ini, karena modal yang Anda keluarkan hanya untuk membeli bahan-bahan yang harganya murah dan mudah didapatkan.

Anda juga tidak perlu repot sewa tempat bila memang modal terbatas, karena Anda bisa menitipkan jajanan buatan Anda ke kantin atau koperasi sekolah.

  1. Berjualan Aksesoris

Kalau Anda gemar membuat kerajinan tangan, ada baiknya Anda menjadikan hobi ini menjadi lahan bisnis. Anda bisa membuat berbagai aksesoris handmade dari kain flannel atau kain perca seperti karet rambut, kalung, bando, dan lain sebagainya.

1000.001 Ide Bisnis Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini sangat minim karena harga bahan bakunya pun murah. Anda bisa menjual aksesoris ini melalui sosial media dengan cara memposting aksesoris Anda dengan foto secantik mungkin. Kalau Anda tidak mau repot, Anda juga bisa membeli aksesoris grosir yang harganya terjangkau.

Tak perlu beli banyak-banyak, asalkan Anda tahu selera pasar dan tren terbaru dengan harga bersaing Anda bisa memulai usaha jualan aksesoris ini.

  1. Jual Pizza Rumahan

Siapa bilang bisnis hanya untuk orang-orang tertentu dengan pengalaman serta pendidikan memadai? Ibu rumah tangga pun sebenarnya bisa memiliki bisnis rumahan.

Salah satunya adalah jual pizza rumahan alias pizza homemade. Tapi mengapa pizza? Pizza merupakan makanan yang sangat terkenal dan digemari oleh sebagian besar orang. Hanya saja, karena harga pizza yang sudah ada biasanya lebih mahal membuat tidak semua orang bisa membelinya.

Nah, Anda bisa mengambil ceruk pasar bisnis pizza rumahan ini yang menghadirkan rasa dan kualitas yang baik namun dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menerapkan sistem berdasarkan pesanan untuk mensiasati produk yang tidak laku atau mubadzir.

  1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis cemilan memang selalu menarik untuk dikulik, bahkan dijalani. Ceruk pasarnya masih sangat terbuka lebar karena karakteristik masyarakat Indonesia yang gemar ngemil.

Kalau Anda tidak mau repot-repot membuat berbagai cemilan, Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara membeli berbagai snack secara grosir di toko snack kiloan. Lalu Anda kemas sendiri sesuai ukuran serta kemasan yang Anda inginkan. Modal yang Anda butuhkan untuk bisnis ini hanya untuk kulakan snack secara grosir serta kemasannya.

Anda tak perlu sewa lokasi kalau memang modalnya mepet. Cukup buka bisnis ini dirumah serta promosi online maupun offline, dan Andapun siap dikunjungi oleh pelanggan Anda.

 

  1. Jual Kerupuk

Sebagian besar orang Indonesia memang identik dengan kegemaran makan kerupuk. Ada yang bilang “makan tidak lengkap tanpa kerupuk”.

Camilan gurih ini menjadi salah satu menu yang wajib ada dalam keluarga Indonesia. Bila demikian, maka bisa dibilang prospek bisnis ini sangat menggiurkan. Anda bisa lho mencoba bisnis jualan kerupuk ini untuk menambah penghasilan. Bisnis ini cukup mudah dijalankan karena Anda bisa saja menggunakan sistem titip jual atau konsinyasi.

Anda tidak butuh sewa tempat untuk usaha ini. Sebaliknya, Anda justru dapat menitipkan dagangan Anda ke berbagai warung, toko maupun restoran di sekitar Anda. Untuk produk kerupuknya, Anda bisa membeli kerupuk mentah secara kiloan lalu Anda goreng sendiri. Namun, Anda bisa juga membuat sendiri kerupuknya sehingga soal kualitas bahan dapat terkontrol.

  1. Jual Frozen Food

Di jaman serba instan ini, segala sesuatu dituntut untuk cepat. Termasuk akhirnya bermunculan berbagai makanan instan atau makanan cepat saji untuk mensiasati waktu yang terbatas. Seperti misalnya mie instan, sosis, nugget, dimsum dan lainnya.

Sekarang, banyak orang yang mengandalkan makanan instan dalam bentuk beku atau frozen food sebagai pelengkap makanan karena lebih praktis dalam penyajiannya. Makanya bisnis ini sebenarnya masih menarik untuk dijalani karena peluang pasarnya masih luas. Untuk menggeluti bisnis ini, Anda dihadapkan pada dua pilihan.

Pertama, Anda menjadi reseller atau agen untuk frozen food dari merk tertentu. Untuk pilihan ini, tentu saja Anda tidak perlu modal besar. Anda bisa mengambil paket untuk agen frozen food. Pilihan kedua adalah membuat sendiri produk frozen food dengan merk sendiri.

  1. Jual Bubur Kacang Hijau

Siapa yang tak kenal bubur kacang hijau? Sajian makanan yang nikmat saat disantap hangat ini bisa sebagai pengganjal perut lapar.

Bubur ini bisa dikonsumsi kapan saja baik pagi, siang, sore maupun malam. Selain itu, bubur ini biasanya identik dengan makanan darurat anak kos. Kalau Anda sedang bingung ingin berbisnis tapi modalnya pas-pasan, Anda bisa memilih bisnis ini.

Anda bisa memilih jualan dengan gerobak atau tanpa gerobak. Bila modal Anda tidak mencukupi untuk berjualan dengan gerobak, Anda bisa jualan bubur kacang ijo dalam gelas plastik. Anda bisa menjualnya didepan rumah atau bisa juga menitipkan dagangan Anda ke warung makan atau toko-toko yang banyak pembelinya.  Praktis, modal Anda hanya bahan baku kacang hijau, santan, ketan hitam, serta gelas plastik yang murah dan mudah untuk didapatkan.

  1. Usaha Menghias Hantaran

Kalau Anda menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan menata serta menghias sesuatu secara detil, mungkin ada baiknya Anda membuka bisnis yang satu ini.

Ya, bisnis menghias hantaran pernikahan. Hantaran pernikahan merupakan sesuatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam tradisi di Indonesia. Biasanya, hantaran ini berisi beraneka macam barang yang dikemas dan dirancang sedemikian rupa yang akan diberikan kepada pengantin perempuan saat acara lamaran atau prosesi pernikahan.

Mengingat pernikahan itu tidak akan habisnya, maka peluang bisnis ini masih sangat menarik untuk digeluti. Modal yang dibutuhkan tidak besar, dan biasanya digunakan untuk membeli bahan-bahan seperti mika atau kaca, pita, baki atau nampan, bunga plastik serta berbagai pernak-pernik lainnya. Modal yang terbesar lain justru ada pada kreativitas dalam menghias hantaran ini.

 

  1. Bisnis Souvenir Pernikahan

Suvenir untuk tamu undangan adalah salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan dalam pernikahan. Tanda mata yang unik dan menarik akan diingat oleh para tamu undangan.

Usaha suvenir pernikahan ini memiliki prospek yang cerah, mengingat acara pernikahan itu tidak ada matinya. Usaha ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja, baik mahasiswa maupun ibu rumah tangga. Anda pun bisa memulai usaha ini dirumah tanpa harus menyewa atau membeli toko.

Kalau Anda memang memiliki kreativitas yang tinggi, Anda bisa membuat suvenir ini sendiri atau memproduksi sendiri. Namun, bila Anda tidak mau repot, Anda bisa membeli suvenir yang sudah jadi lalu Anda foto pilihan suvenir tersebut. Selanjutnya, Anda bisa posting foto pilihan suvenir tersebut di sosial media Anda.

  1. Bisnis Cuci Motor dan Mobil

Siapa bilang bikin bisnis itu ribet? Asalkan punya kemauan serta konsisten degan komitmen terhadap usaha, siapa pun bisa memiliki usaha dan mempertahankannya.

Seperti usaha cuci motor dan mobil ini. Sebagai pemula, Anda cukup bermodalkan selang air, shampoo khusus motor, lap, dan penampungan air. Usaha ini juga cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Soal prospek bisnis? Masih sangat cerah, karena pertumbuhan penggunaan kendaraan di Indonesia semakin meningkat. Dan setiap pemilik kendaraan pasti ingin kendaraannya selalu bersih.

Tapi persoalannya, mencuci mobil dan motor membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Akibatnya, seringkali kita enggan untuk melakukannya sendiri karena padatnya rutinitas bekerja.

  1. Jual Angkringan

Siapa yang tak kenal angkringan? Beragam jenis makanan yang dijajakan dalam gerobak ini bisa Anda temukan dimana-mana.

Selain karena harganya yang murah, pilihan makanannya pun beragam mulai dari gorengan, nasi kucing, lauk pauk, serta berbagai minuman baik hangat maupun dingin. Tak heran bila angkringan ini selalu ramai didatangi konsumen. Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda mencoba berbisnis ini. Bila modal Anda pas-pasan, Anda bisa mengakali tanpa gerobak.

Yang penting harga dan pilihannya beragam. Anda juga tidak perlu khawatir kalau Anda tidak mampu memasak berbagai jenis makanan yang dijajakan, karena Anda pun bisa menerima titipan makanan dari supplier lain.

  1. Bisnis Kuliner Seblak

Makanan khas Bandung ini sedang booming. Kuliner berbahan dasar kerupuk aci yang direbus dengan bumbu yang kaya ini memang digemari oleh masyarakat.

Belakangan, muncul inovasi mengganti kerupuk aci dengan makaroni. Rasanya tetap sama, menggugah selera! Makanya tak heran kalau bisnis kuliner seblak ini tengah naik daun. Nah, tidak ada salahnya pula kalau Anda ikut meramaikan tren ini dengan berbisnis seblak. Prospek bisnis ini masih cemerlang, mengingat masyarakat Indonesia gemar makan dan ngemil.

Bermodalkan dibawah satu juta rupiah, Anda bisa memulai usaha ini. Yang Anda harus persiapkan adalah kerupuk aci atau makaroni, dan berbagai bahan tambahan seperti bakso, sosis, udang, sayuran dan lain sebagainya. Tapi, Anda juga harus berinovasi untuk menarik minat konsumen. Anda bisa menambahkan keju mozzarella sebagai topping seblak, atau memberikan level pedas pada seblak Anda. Atau inovasi lainnya.

 

  1. Jasa Desain Grafis

Kalau Anda hobi membuat desain dari perangkat komputer, sudah pasti peluang bisnis terbuka lebar. Desain grafis sekarang menjadi hal tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari desain baliho, spanduk, umbul-umbul, poster hingga selebaran atau brosur.

Dan kebutuhan untuk promosi dalam setiap industri ataupun usaha, baik offline maupun online semakin tinggi mengingat grafis yang baik akan lebih menarik dimata masyarakat dari sisi pemasaran. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Tidak perlu sewa kantor, bila memang tak ada modal untuk membangun perusahaan desain. Modal utama adalah komputer atau laptop yang mumpuni, portofolio serta promosi online atau offline. Kuncinya adalah desain yang fresh, selalu tepat waktu, fleksibel serta komitmen pada proyek yang telah diberikan.

  1. Jual Takjil saat Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh umat Islam. Bulan puasa yang harus dijalankan oleh setiap muslim tanpa terkecuali.

Nah, di bulan ini bermunculan bisnis musiman. Salah satunya adalah jualan takjil. Setiap orang yang berpuasa pasti akan membutuhkan makanan dan minuman untuk berbuka. Anda bisa mulai menjajakan takjil di halaman rumah, garasi atau di pinggir jalan.

Untuk memulai usaha ini, Anda tidak butuh modal besar. Dengan modal dibawah Rp1.000.000, Anda bisa membuka bisnis ini yang akan dipergunakan untuk berbelanja bahan-bahan makanan. Yang paling penting soal rasa, kualitas dan kuantitas yang harus prima. Dan bersiaplah panen rejeki untuk berlebaran dari bisnis ini.

 

  1. Jasa Pembuatan Parsel saat Ramadhan

Lebaran selalu identik dengan parsel. Banyak orang atau perusahaan/lembaga/institusi yang menjadikan parsel sebagai hadiah saat lebaran untuk teman, kolega ataupun keluarga.

Anda bisa mengambil peluang bisnis di bulan Ramadhan dengan membuat parsel lebaran. Apalagi kalau Anda memiliki kreativitas yang tinggi dan menyukai ide untuk mengemas parsel dengan cantik dan menarik. Modalnya pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan jenis parsel yang ditawarkan. Kalau modal Anda mepet, Anda bisa hanya menyediakan jasa pengemasan saja.

Barang-barang parselnya disediakan oleh konsumen. Bisnis ini pun bisa tetap berjalan diluar bulan Ramadhan, seperti parsel Imlek, Natal, ulang tahun, pernikahan dan lain sebagainya.

  1. Jual Kartu Lebaran Handmade

Selain kue lebaran, takjil, parsel, Anda boleh melirik juga usaha kartu lebaran handmade. Apalagi kalau Anda memiliki kemampuan desain serta kreativitas yang senantiasa up to date dengan tren dan selera pasar.

Pasalnya, bisnis ini ternyata belum mati ditengah kemudahan teknologi informasi seperti telepon seluler, email, sosial media, dan lainnya. Anda juga bisa membuat kartu lebaran buatan tangan atau handmade, seperti scrap book atau kartu yang Anda gambar, atau hias sendiri. Kesan personal bisa menjadi nilai lebih dari produk Anda.

 

33. Jual Kerajinan Sulam Perca
Bisnis berdasarkan hobi memang seringkali mendulang kesuksesan. Alasannya, mengerjakan sesuatu yang memang dinikmati tidak terasa seperti beban.

Salah satu hobi yang bisa mendatangkan uang adalah menyulam. Kemampuan Anda menyulam dapat Anda manfaatkan untuk membuat usaha kerajinan sulam perca. Modal yang dibutuhkan tidak besar dan hanya dipergunakan untuk membeli peralatan seperti benang, alat jahit, serta kain perca dari kaos dan lain sebagainya.

Anda pun bisa membuat beragam produk usaha seperti sarung bantal, penutup kulkas, taplak meja, hingga tas. Kreativitas dan inovasi menjadi dua hal penting dalam usaha ini.

34. Pengajar Renang Anak

Berenang sebaiknya dikenalkan kepada anak-anak sedini mungkin, karena berguna untuk mengenalkan aktivitas fisik demi tumbuh kembang yang seimbang. Selain baik untuk kesehatan, berenang juga bermanfaat untuk menunjang perkembangan motorik anak.

Oleh sebab itu, kini banyak orangtua yang tertarik mengenalkan renang pada anak-anaknya sedari kecil. Dan peluang bisnis untuk menjadi pengajar renang anak atau kursus renang menjadi menarik. Setiap tahunnya, pasti ada anak-anak sejak usia 1 tahun hingga usia SD yang ingin belajar berenang.

Anda tidak perlu memiliki kolam renang sendiri, karena Anda bisa memanfaatkan kolam renang umum untuk memberikan kursus renang tersebut. Promosi pun bisa Anda lakukan lewat sekolah-sekolah, yang selanjutnya bisa jadi promosi dari mulut ke mulut.

35. Blogging
Kalau Anda memiliki hobi menulis, ada baiknya ada mulai menulis dalam blog. Karena aktivitas tersebut dapat memberikan penghasilan tambahan. Apalagi bila blog Anda sudah dikelola dengan benar, dan populer maka blog bisa menjadi salah satu mesin uang Anda.

Seperti misalnya, menyediakan space iklan untuk pengiklan, menjual e-book, menyediakan jasa pembuatan blog, menjual theme atau plugin dan sebagainya.

Bisnis ini bisa Anda lakukan dimanapun dan kapanpun Anda suka. Tapi, memiliki usaha ini menuntut Anda untuk mengisi konten secara konsisten. Anda diwajibkan untuk selalu melakukan update konten setiap harinya untuk menarik traffic blog Anda.

36. Jual minuman saat Car Free Day

Indonesia sedang demam Car Free Day atau biasa disingkat CFD. Tak hanya di Jakarta, wabah ini juga meluas di berbagai kota-kota di Indonesia.

Biasanya, CFD ini dipenuhi dengan warga masyarakat yang berolahraga, sekedar berkumpul, bergaya dan selfie, bahkan ada yang memanfaatkan untuk berdagang atau berjualan. Nah, Anda juga bisa mengambil peluang dari adanya CFD ini dengan berjualan minuman dingin.

Pasalnya, banyaknya orang yang berolahraga, pasti akan membutuhkan minum untuk melegakan dahaga mereka setelah olah tubuh. Modalnya tidak perlu banyak, karena Anda cukup menggunakan cooler box atau gabus yang diisi es dan air dingin serta berbagai minuman bermerek.

37. Kos-kosan

Bisnis yang paling menghasilkan uang tanpa repot-repot bekerja ya sudah pasti kos-kosan jawabnya. Eits, tapi jangan dulu kecil hati, karena biasanya bisnis kos-kosan itu membutuhkan modal yang besar. Anda juga bisa kok memulai bisnis kos-kosan tanpa modal.

Caranya? Kalau Anda memiliki kamar kosong yang tidak terpakai, sebenarnya Anda bisa manfaatkan untuk dijadikan kos-kosan. Daripada kamar tersebut dibiarkan kosong atau nganggur, tak ada salahnya kalau Anda menyewakan kamar tersebut.

Anda bisa menyewakan dalam jangka waktu bulanan atau bahkan sistem harian. Anda juga punya pilihan untuk menyewakan kos dengan fasilitas lengkap atau tanpa fasilitas (kosongan). Yang harus Anda perhatikan kalau Anda berbisnis ini yaitu kenali penghuni kos Anda dengan meminta identitas seperti KTP, paspor dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

38. Jasa percetakan umbul-umbul

Kalau Anda jeli melihat peluang bisnis, sebenarnya ada banyak di sekitar kita. Sebut saja jasa percetakan umbul-umbul. Dimana pun Anda berada, Anda bisa melihat selalu ada umbul-umbul, dan spanduk. Bisnis ini menarik lho untuk digeluti.

Tidak hanya instansi pemerintahan saja, tetapi swasta, individu bahkan anak muda juga membutuhkan jasa dari bisnis cetak umbul-umbul ini. Anda bisa menyediakan jasa desain umbul-umbul atau spanduk karena biasanya desain yang dibutuhkan tidak serumit dan detil seperti desain brosur, dan lainnya.

39. Instruktur Olahraga

Anda memiliki hobi senam atau hobi berolahraga? Kalau iya, Anda bisa menjadi instruktur senam atau olahraga pribadi. Berkembangnya tren gaya hidup sehat ini membuat orang-orang berlomba-lomba untuk hidup secara sehat baik dari sisi makanan maupun olahraga.

Peluang inilah yang sebaiknya Anda tangkap untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda. Anda bisa melayani pelanggan perseorangan atau bahkan perusahaan karena saat ini sudah ada banyak perusahaan yang memberikan fasilitas kesehatan jasmani untuk para karyawannya.

Perusahaan akan menyewa seorang instruktur olahraga untuk mengajak dan membimbing para karyawan untuk berolahraga.

Bisnis atau usaha ini sangat minimal karena Anda cukup menyediakan peralatan olahraga, sementara untuk tempatnya Anda bisa menggunakan sarana kebugaran yang sudah Anda. Atau, Anda juga bisa bekerjasama dengan pusat kebugaran untuk menawarkan jasa Anda.

40. Bisnis Camilan Sehat

Selain bisnis katering sehat, Anda bisa melirik bisnis camilan sehat lho untuk sumber penghasilan Anda. Seperti cookies diet, yogurt, pudding diet, dan lain sebagainya. Ada baiknya Anda memilih untuk camilan sehat yang produknya lebih tahan lama sehingga tidak mudah busuk.

Atau Anda bisa melayani sistem pre order untuk meminimalisir kerugian. Yang penting dalam bisnis makanan adalah kemasan yang memadai, bersih, kualitas bahan yang baik, penyimpanan yang bersih dengan suhu yang sesuai agar produk tidak cepat rusak.

Untuk pemasarannya, Anda bisa fokus pada komunitas gaya hidup sehat atau pelanggan pusat kebugaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sosial media untuk sarana promosi produk Anda.

 

  1. Menjual E-Book

Anda punya banyak ide, tutorial atau ilmu yang ingin Anda bagi? Anda bisa membagikannya dalam bentuk e-book melalui internet ataupun sosial media yang Anda miliki.

E-book atau electronic book adalah buku dengan format elektronik yang biasanya berupa file PDF, MS. Word, Power Point dan lain-lain. E-book ini salah satu cara yang paling mudah untuk menerbitkan buku bagi Anda, pebisnis pemula yang belum dikenal.

Penerbit terkenal biasanya tidak ingin berspekulasi untuk mencetak buku dari penulis baru yang belum memiliki reputasi. Anda bisa membuat ebook yang berisi panduan, tips, dan trik untuk menghasilkan uang atau dalam bentuk informasi yang banyak dibutuhkan oleh pembaca, karena biasanya ebook inilah yang laris dipasaran.

  1. Usaha Donat Unik Homemade

Siapa yang tak doyan donat? Makanan berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya ini digemari oleh banyak orang tanpa pandang bulu. Rasanya yang enak, plus variasi topping yang beragam membuat makanan ini laris dipasaran. Anda bisa juga lho berbisnis donat unik homemade ini.

Pembuatan donat ini relatif mudah tanpa memerlukan peralatan masak yang rumit dan mahal. Sehingga modal yang dibutuhkan tidak besar dan bisa dilakukan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan. Anda hanya perlu menentukan target pasar yang ingin Anda bidik dan disesuaikan dengan harganya. Tapi untuk soal kebersihan serta kualitas, sebisa mungkin Anda menjadikan hal tersebut sebagai sebuah keharusan yang wtidak bisa ditawar.

  1. Bisnis Laundry

Kalau Anda memiliki mesin cuci dirumah, sebenarnya bisa Anda jadikan sarana untuk menambah penghasilan. Anda bisa membuka laundry rumahan dengan menggunakan mesin cuci yang sudah Anda miliki sebagai langkah awal.

Nantinya, bila usaha Anda sudah berkembang, Anda bisa menggunakan laba usaha untuk investasi membeli mesin cuci yang baru. Tak perlu modal besar untuk memulai bisnis ini. Anda cukup menggelontorkan modal maksimal Rp1 juta yang akan dipergunakan untuk membeli deterjen pembersih, pelembut, plastik kemasan serta sarana promosi seperti pencetakan spanduk atau banner.

 

  1. Usaha Jilbab

Menggunakan jilbab atau hijab merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh muslimah. Dan saat ini, kesadaran muslimah untuk memenuhi kewajibannya ini semakin meningkat. Tidak heran bila kemudian bermunculan brand-brand yang fokus pada ceruk pasar tersebut. Anda bisa menjadi salah satu yang ikut terjun dalam mengisi ceruk pasar tersebut.

Potensi pertumbuhan pasar yang tinggi membuat usaha ini sebagai salah satu usaha rumahan yang menjanjikan. Bila ingin berbisnis jilbab, Anda harus memiliki konsep dan desain yang baik untuk membuat jilbab yang sesuai kebutuhan pasar. Kualitas jahitan dan bahan serta harga harus pula Anda perhatikan dan sesuaikan dengan target market Anda.

  1. Pengajar Tari

Anda memiliki keterampilan menari baik tradisional maupun modern? Tidak ada salahnya bila Anda mencoba membuka kursus menari di rumah dengan ketrampilan dan keahlian Anda tersebut. Jangan khawatirkan modal, karena usaha ini bisa dimulai tanpa modal.

Awalnya, Anda bisa memberikan kursus privat terlebih dahulu, dengan menarik minat tetangga, saudara, orang-orang atau kenalan terdekat.  Anda bisa membangun portofolio serta modal pemasaran usaha Anda dari keberhasilan siswa hasil didikan Anda.

Bila Anda belum sanggup untuk menyewa tempat, Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong di rumah terlebih dahulu. Ketika usaha Anda semakin ramai, Anda bisa menyewa tempat dan merekrut tenaga pengajar tambahan dari laba yang telah Anda kumpulkan.

46. Usaha Rental Perlengkapan Bayi

Pernahkah Anda terpikirkan untuk menyewakan berbagai perlengkapan bayi Anda yang telah lama tak terpakai? Ternyata bisnis penyewaan perlengkapan bayi ini menarik untuk dijalani lho.

Apa sebabnya? Mahalnya perlengkapan bayi dengan masa pakai yang relatif singkat membuat kebanyakan orangtua lebih memilih untuk menyewa perlengkapan bayi dibandingkan harus membeli.

Makanya, kalau Anda masih memiliki perlengkapan bayi bekas, Anda bisa menyewakannya seperti kereta bayi (stroller), tempat tidur bayi (baby box), kursi roda (baby wheel chair), mainan anak dan perlengkapan bayi lainnya sebagai modal awal Anda. Bisnis ini pun tidak ada matinya mengingat akan selalu ada bayi lahir setiap harinya.

47. Jasa Daycare Rumahan

Kesibukan bekerja serta ketiadaan baby sitter atau asisten rumah tangga, membuat kebanyakan orangtua memilih untuk menitipkan anak mereka ke day care.

Daycare atau tempat penitipan anak yang memberikan solusi bagi ibu bekerja untuk mengasuh, merawat serta mendidik anak. Bisnis ini sedang berkembang didaerah perkotaan. Anda bisa membuka jasa daycare rumahan ini dengan modal minimal.

Apabila Anda memiliki rumah yang cukup luas untuk ruang pengasuhan dan bermain, berarti Anda tak perlu menyewa tempat. Yang pasti, daycare akan lebih ramah anak karena situasi layaknya rumah sendiri serta keamanan lebih terjamin sehingga kekerasan pada anak dapat dihindari.

 48. Jasa Manajemen Social Media

Saat ini, siapa yang tak kenal sosial media? Sosial media telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat. Saat ini terdapat lebih dari 88 juta orang pengguna Facebook di Indonesia.

Perkembangan sosial media sendiri pun tidak hanya sebagai media eksistensi diri, tapi banyak brand, perusahaan maupun instansi pemerintah yang memanfaatkan sosial media sebagai salah satu media yang efektif untuk melakukan branding dan marketing.

Bagi Anda yang memiliki pengalaman dalam mengatur kampanye branding dan marketing sosial media, Anda bisa memberikan jasa manajemen sosial media kepada brand, organisasi atau perusahaan tertentu sebagai bisnis yang menguntungkan.

 

 

  1. Agen Properti

Kalau Anda ingin menambah penghasilan tanpa modal, mungkin Anda bisa memilih agen properti sebagai bisnis sampingan Anda. Kini sudah ada banyak agen properti yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Tugas agen properti adalah memberikan layanan untuk membantu klien untuk mencari, menjual atau menyewakan suatu properti.

Nantinya, agen properti akan mendapatkan komisi yang jumlahnya disesuaikan dengan nilai transaksi bila berhasil membantu kliennya. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang senang bertemu dan berhubungan dengan orang lain. Dibutuhkan pribadi yang supel dan ramah untuk bisa menjadi agen properti. Selain komisi, Anda juga menambah manfaat lain yaitu jaringan atau network yang Anda bangun dengan klien Anda.

50. Guru Musik

Memiliki keahlian tertentu, sebenarnya menguntungkan karena bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya, keahlian memainkan alat musik. Kalau Anda mahir memainkan musik, Anda bisa menjadi guru musik dengan membuka kursus musik privat.

Bisnis ini tanpa modal selain keahlian serta alat musik yang dibutuhkan seperti piano, gitar, biola, drum, dan lain sebagainya. Tapi bila Anda memberikan kursus musik privat dengan mendatangi rumah siswa, maka Anda tidak perlu memiliki semua alat musik tersebut.

Anda bisa melakukan promosi jasa Anda melalui brosur maupun sosial media yang selanjutnya bisa memanfaatkan mouth to mouth marketing.

jasa

Your Thoughts