11 Tips Ampuh Membuat Iklan Efektif

Jasa

11 tips dibawah ini telah teruji dan juga terpercaya untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Stand Out

 
Apa yang membuat Anda lebih menonjol dalam kompetisi ini?
Orang-orang akan terhubung dengan seluruh iklan dari segala jenis bisnis setiap waktu. Lalu, apa yang akan membuat kustomer potensial membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda? hal inilah yang perlu tahu dan fokuskan pada iklan promosi Anda.
Tunjukkan pada kustomer potensial mengapa produk dan jasa Anda layak menjadi pilihan utama mereka dan mengapa mereka bahkan tidak perlu mempertimbangkan produk dan jasa kompetitor?

Proporsi Penjualan Unik

 
Yang akan dibahas kali ini merujuk kepada lingkaran pemasaran yang disebut “Unique Selling Proposition” (USP) yang ada di dalam buku Rosser Reeves, menjelaskan :

  • Setiap iklan harus membuat proporsi kepada kustomer, tidak hanya berupa kalimat, kualitas produk yang hanya isapan belaka, atau sekedar iklan yang ditampilkan. Namun, setiap iklan harus berkata kepada pembacanya, “Beli produk ini, untuk mendapatkan keuntungan spesifik ini.”
  • Merupakan satu-satunya proporsi yang tidak ditawarkan dalam kompetisi. Proporsi tersebut harus menjadi yang paling berbeda diantara yang lainnya atau mengklaim menjadi satu-satunya di area iklan yang sama.
  • Proporsi harus cukup kuat untuk menggerakkan masa dan kustomer baru sebagai kustomer potensial.

Berikut contoh bagus untuk produk dengan proporsi yang jelas :
Wardah : Inspiring Beauty
Go-Jek : Hidup Tanpa Batas
Pegadaian : Mengatasi Masalah Tanpa Masalah
Tolak Angin : Orang Pintar Minum Tolak Angin
Pizza Hut : Berbagi Bersama

Menentukan Proporsi

Apa yang membuat Anda unik dan berbeda? Apa yang Anda miliki dan orang lain tidak?
Untuk contoh, perusahaan Anda bekerja sama dengan seorang selebriti yang ingin mengembangkan bisnis di bidang makanan, dan Anda sudah dapat melihat beberapa hal yang akan membuat bisnisnya menonjol dari bisnis makanan lainnya.
Pertama, dia adalah seorang selebriti. Memiliki banyak penggemar, memiliki reputasi yang baik dan mudah disukai masyarakat.
Meskipun selebriti ini tidak memiliki yang berbeda dari kompetitor, namun dia memiliki cara yang unik dan berbeda untuk mengantarkan bisnisnya daripada bisnis lain. Maka Anda dapat menggunakan faktor-faktor tersebut ketika mengembangkan USP nya.
Anda tidak perlu menjadi satu-satunya yang melakukan sesuatu atau mengeluarkan suatu produk untuk menjadikannya sebagai USP Anda.
itu mungkin bisa menjadi sesuatu yang juga dikerjakan orang lain, namun hanya Anda yang benar-benar melakukan promosi.
 
 

  1. Headline Powerful

Gunakan headline yang super kuat dan rebut perhatian mereka!
Orang-orang selalu dapat memindai suatu hal dengan cepat. Mereka mendatangi banyak iklan setiap harinya yang tidak mungkin dapat mereka baca satu persatu.
Inilah mengapa Anda harus pastikan bahwa iklan Anda sudah pasti dapat menarik dan mempertahankan perhatian mereka. Dan Anda dapat melakukannya dengan headline yang efektif.
Pertanyaan yang perlu Anda ajukan adalah, “Siapa yang coba Anda raih? Hal apa yang dapat merebut perhatian mereka?”
Sebagian headline layak dijadikan berita, seperti dalam perilisan produk dan jasa yang baru. Headline yang lainnya memiliki keuntungan yang sangat kuat. Sebagian lainnya lagi menggunakan sudut pandang negatif, seperti “menurunkan harga”, dan “meningkatkan keuntungan”.

  1. Penawaran Yang Tidak Dapat Ditolak

Berikan mereka penawaran yang tidak dapat ditolak. Konsumen sangat menyukai penawaran. Maka tawarkan mereka salah satu produk terbaik, maka mereka akan kembali kepada Anda dilain waktu.
Apakah Anda menawarkan harga yang tak terkalahkan, uji coba gratis, pengiriman gratis, atau penawaran menarik lainnya. Jika Anda dapat menggunakan segala cara untuk memberikan deal terbaik kepada kustomer, maka hal itu akan membantu kesuksesan bisnis Anda.
Ketika Anda menawarkan suatu produk atau jasa yang tidak dapat ditolak oleh kustomer, pastikan bahwa Anda akan mengiklankannya dengan bangga. Ketika kustomer melihat Anda memiliki suatu penawaran yang hebat untuk mereka, maka mereka akan memiliki waktu yang sulit untuk menolaknya.

  1. Manfaat Menjadi Kustomer

Ketika Anda memutuskan untuk mengiklankan produk dan jasa terbaru Anda, bicarakan tentang manfaat yang akan mereka dapat dan apa yang terdapat didalamnya.
Menjelaskan mengenai fitur yang terdapat dalam produk dan jasa Anda memang sangat diperlukan, namun menjelaskan manfaat bagi kustomer merupakan yang terpenting. Orang-orang akan lebih tertarik dengan apa yang akan mereka dapatkan dari produk dan jasa Anda.
Ini tidak terlalu membingungkan. Berikut ini hal yang harus Anda lakukan untuk dapat menggambarkannya :

  • Buat daftar seluruh produk atau jasa Anda
  • Untuk setiap produk, buat daftar mengenai fitur dan jenis layanan
  • Lalu buat daftar juga untuk setiap fitur dan berikan keterangan mengenai manfaat apa yang akan diterima klien.

Sebagai contoh, Anda adalah pemilik bisnis di bidang fashion. Salah satu fitur dari layanan Anda adalah, toko Anda dapat menerima pesanan dan pertanyaan seputar produk selama 24 jam dalam satu minggu, dan dapat membayar langsung kepada kurir ketika produk sampai dirumah, dapat menukarkan produk apabila tidak sesuai keinginan.
Manfaat terbesarnya adalah, kustomer dapat berbelanja kapan saja dan dapat membayarnya langsung, dan mendapat kepuasan lebih dari toko Anda.

  1. Advertorial

Advertorial dapat diartikan menjadi; berita yang berguna juga sebagai iklan. Dalam kata lain, iklan promosi Anda akan terlihat seperti sebuah artikel berita!
Mengapa hal ini sangat penting? Dalam perbandingannya, kustomer tujuh kali lebih menyukai membaca artikel berita daripada sebuah iklan biasa.
Orang-orang terkontak dengan iklan biasa dalam waktu hampir sehari penuh. Mereka tidak akan terdorong untuk membaca iklan jika Anda bahkan tidak menawarkan suatu produk yang lebih baik dari yang orang lain tawarkan kepada mereka.
Menciptakan sebuah iklan yang efektif merebut perhatian dan menyediakan banyak informasi sangat tidak mudah. Tapi sebuah advertorial dapat mencapai ini dan lebih mudah untuk diklik dan dibaca.
Tipe iklan yang seperti ini akan mendorong pembaca untuk merasa tertarik dengan perusahaan Anda karena didalamnya terdapat banyak informasi.
Pembaca akan menginginkan untuk lebih banyak lagi membaca ketika menyadari bahwa artikel tersebut tidak hanya mengiklankan bisnis Anda namun juga dapat membantu mereka. Sebagai contoh, suatu iklan dapat menyediakan pembaca banyak tips dan saran, informasi dan bagaimana perusahaan dan juga produk Anda dapat membantu mereka.

  1. Hilangkan Ketakutan Kostumer

Bawa pergi ketakutan mereka dan buat penawaran Anda tidak beresiko sama sekali!
Orang-orang akan merasa gelisah ketika akan mengeluarkan uang. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh maraknya penipuan-penipuan yang dilakukan oleh pelaku yang mengaku sebagai pemilik bisnis dan penyedia jasa, atau bahkan para pedagang yang menyediakan barang dengan kualitas yang buruk.
Kustomer akan merasa khawatir jika mereka akan membuang uang hasil kerja keras mereka dengan percuma. Jika kustomer takut bahwa mereka akan kehilangan uang mereka dan akan menyesali pembelian, maka mereka tidak akan mungkin untuk membeli produk Anda. Namun jika Anda berhasil menghapuskan keraguan mereka, maka mereka akan terdorong untuk mencoba produk Anda.

Jaminan Bebas Rugi

Itu merupakan ide yang bagus untuk menawarkan jaminan bebas rugi. Dengan mengetahui bahwa produk Anda tidak akan menimbulkan kerugian dan mereka tidak akan kehilangan apapun dengan membeli produk atau jasa Anda, maka itu merupakan dorongan pembelian yang sangat kuat. Anda dapat menyediakan fitur layanan yang akan membuat kustomer menerima kembali uang pembelian jika mereka merasa dirugikan.
Jika kustomer potensial mengetahui jika mereka akan menerima uang mereka kembali jika mereka tidak puas dengan produk atau pelayanan Anda, maka mereka tidak akan risau untuk melakukan pembelian. Sebagai poin tambahan, akan ada banyak orang yang akan dengan mudah merasa lebih baik terhadap produk jika perusahaannya berjanji akan menangani masalah apapun yang dihadapi kustomer. Itu juga menunjukkan bahwa produk tersebut memang bermanfaat sehingga Anda tidak ragu untuk memberikan jaminan bebas rugi.

  1. Call To Action

 
Jangan hanya sekedar memberitahu kustomer potensial mengenai apa yang perusahaan Anda tawarkan. Yakinkan mereka untuk mengambil sebuah aksi. Beritahu mereka untuk meng-klik iklan Anda, memesan produk, dan membayar untuk layanan Anda.
Sebagai contoh untuk proses ini, program “Call To Action” Anda dapat mendorong kustomer untuk mengirimkan email agar mendapatkan informasi lebih lanjut, untuk mengisi sebuah form agar dapat menemukan lebih banyak lagi mengenai layanan, untuk bergabung dengan email berita mingguan atau bulanan, dan  bahkan untuk mengajak kustomer membeli produk dan layanan Anda.
Hal tersebut bahkan dapat langsung terhubung dengan pengguna untuk meng-klik iklan atau menggiring mereka ke situs bisnis Anda daripada sekedar melihat iklan tersebut.
Anda perlu menggunakan kalimat yang sudah ada dan bahasa yang meyakinkan untuk memberikan dorongan yang lebih kepada kustomer.

  1. Produk Yang Sangat Dibutuhkan Kustomer

Iklan yang Anda tampilkan harus membuat kustomer merasa bahwa kebutuhan mereka terhadap produk atau layanan tersebut sangat mendesak dan mereka harus membelinya saat ini juga.
Mungkin akan ada sebagian orang yang berpikir untuk memberikan perusahaan tersebut sebuah kesempatan dilain waktu, mereka mungkin saja memang berniat untuk melakukannya.
Namun hampir setiap orang terus bergerak maju dalam hidupnya dan cenderung melupakan segala sesuatunya tentang produk yang sebelumnya mereka tertarik. Oleh karena itu, Anda perlu mendorong kustomer untuk beraksi sekarang juga sebelum Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kustomer.

Kebutuhan Mendesak Terhadap Produk

Tentu Anda tidak ingin hanya menanam bibit dengan iklan, Anda akan memnginginkan kustomer untuk bergerak maju dan melakukan sesuatu tentang penawaran Anda SEKARANG.
Anda dapat membuat iklan yang terkesan mendesak ini dengan berbagai cara. Misalnya dengan beberapa langkah berikut :

  • Dengan membuat penawaran yang tidak dapat ditolak dengan waktu yang terbatas. Ketika kustomer melihat bahwa mereka memiliki waktu yang sangat terbatas untuk memiliki produk tersebut, seperti hanya dalam beberapa jam atau beberapa hari, untuk mendapatkan deal yang tak dapat dilupakan, maka mereka akan membuat keputusan pembelian saat itu juga daripada mereka kehilangan kesempatan. Namun kebanyakan orang berpikir bahwa mereka akan mendapatkan penawaran yang sama dilain waktu.
  • Penawaran musiman atau event. Anda juga bisa membuat penawaran yang bersifat musiman atau ketika ada acara-acara besar tertentu. Anda dapat melakukan penawaran ini ketika produk Anda akan berguna bagi kustomer pada saat atau musim tersebut untuk membuat kustomer melakukan pembelian saat itu juga.
  1. Testimonials

Salah satu dari bagian terpenting membuat iklan yang efektif adalah, membangun kepercayaan dan ketertarikan terhadap perusahaan Anda.
Perlu diingat bahwa orang-orang zaman sekarang sangat merisaukan banyak hal, terutama ketika mereka sedang online di internet. sangat penting untuk membangun kepercayaan terhadap bisnis Anda, terhadap produknya, dan juga layanannya.
Sehingga mereka mengetahui bahwa perusahaan Anda merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat membangun kepercayaan dengan cara menunjukkan bahwa konsumen di masalalu telah sangat puas dengan pilihannya untuk membeli produk atau berkerja sama dengan perusahaan Anda.
Langkah terbaik untuk membangun kepercayaan adalah, dengan menambahkan kedalam iklan promosi Anda beberapa testimonial dari mereka yang pernah dipuaskan oleh layanan dan produk perusahaan Anda. orang-orang akan mempercayai dan ingin mengetahui apa yang dikatakan oleh konsumen lain terhadap perusahaan.
Anda tidak dapat membuat kustomer untuk melihat ulasan online mengenai produk Anda, namun dapat juga dengan memberikan bukti testimonial dari klien Anda saat ini yang merasa puas dengan apa yang ditawarkan.
Dengan melihat bahwa konsumen lain yang merasa puas dengan perusahaan Anda akan meyakinkan kustomer potensial untuk mencoba produk atau jasa Anda.

  1. Gunakan Grafis Menakjubkan

Text dan background yang sederhana akan sangat membosankan. Pembaca tidak selalu menginginkan untuk membaca seluruh informasi yang sudah tertulis pada artikel. Anda harus menarik ketertarikan visual yang dimiliki pembaca dengan menambahkan grafis yang menakjubkan kepada iklan Anda.
Misalnya, Anda dapat mem-post sebuah gambar yang berkaitan dengan apa yang ingin Anda tawarkan, atau dengan sesuatu yang dapat menarik perhatian.
Anda dapat mengambil gambar diri Anda sendiri, atau mencari gambar bagus yang tidak memiliki hak cipta, dan gambar online gratis. Bagaimanapun juga, dengan menambahkan sesuatu yang visual akan membantu menarik lebih banyak perhatian dan ketertarikan kepada perusahaan Anda.
 
baca juga
Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda
Iklan Advetorial Dan Review Product
Pasang Iklan di Undercover.co id
 
 

  1. Informasi Kontak Lengkap

 
Anda tidak akan percaya bahwa terdapat banyak iklan, iklan majalah, papan iklan, poster yang tidak memiliki informasi lengkap mengenai perusahaan yang berkaitan. Jangan membuat kesalahan serupa. Anda telah memberitahukan kustomer apa yang Anda jual, dan sekarang beritahu mereka kemana mereka harus membelinya. Yang lainya lagi hanya akan membuang-buang uang.
Anda dapat memanfaatkan iklan online untuk menghubungkan kustomer dengan situs agar mereka mendapatkan lebih banyak informasi seperti informasi kontak. Untuk beberapa alasan, informasi kontak merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Jika kustomer mengunjungi situs Anda dan terkesan dengan dengannya, maka Anda mendapatkan kesempatan untuk menjadikan mereka klien yang sesungguhnya.
  2. Anda dapat meninjau bagaimana performa Ads dan apa yang menggiring pengunjung masuk kedalam iklan Anda untuk mendapatkan informasi seberapa baik kampanye iklan Anda bekerja. Jadi jika Anda tidak mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan, maka Anda akan mengetahui bagian mana yang memerlukan perubahan yang lebih baik.
Jasa
error: Content is protected !!