Meskipun sudah lama malang melintang di dunia internet, bukan berarti email menjadi strategi pemasaran yang ketinggalan jaman. Bahkan dengan munculnya platform tempat berbisnis lain seperti media sosial dan blog, email masih merupakan cara nomor satu untuk berkomunikasi dengan audiens Anda.
Table of Contents
Mengapa Harus Menggunakan Email Marketing untuk Bisnis?
Apa itu Email Marketing? Pada dasarnya penggunaan email marketing adalah untuk mempromosikan produk dan / atau layanan. Tetapi, definisi Email Marketing yang lebih baik adalah penggunaan email untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan dan / atau klien. Email Marketing adalah salah satu saluran pemasaran internet, yang mencakup pemasaran online melalui situs web, media sosial, blog, dll. Pada dasarnya ini sama dengan beriklan melalui surat, kecuali bahwa alih-alih mengirim email melalui layanan pos, pesan dikirim secara elektronik melalui email. Sebagian besar email spam yang kita dapat hanya memberikan penawaran secara membabi buta, dan itu adalah contoh terburuk dalam upaya Email Marketing; yaitu rentetan email yang dikirim tanpa pertimbangan yang matang. Padahal, email marketing yang tepat dapat membawa keuntungan besar untuk bisnis. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus menggunakan email marketing untuk bisnis Anda, dan mengapa email marketing perlu Anda gunakan sebagai senjata tambahan untuk bisnis.Email Marketing Bisa Dipersonalisasi
Melalui email marketing, Anda dapat menarget segmen pelanggan bahkan individu tertentu. Menawarkan penawaran khusus pelanggan individu dengan barang dan / atau jasa pada hari ulang tahun pelanggan, misalnya, adalah salah satu contoh personalisasi Email Marketing. (Restoran mungkin mengirim email ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka, menawarkan diskon 50% untuk makanan tertentu). Email Marketing membantu bisnis mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan. Praktik terbaik Email Marketing yang bisa Anda lakukan dimulai dari mengembangkan daftar email Anda sendiri, bukan membeli daftar email dari orang lain, serta membuat opt-in di laman situs, sehingga daftar email yang Anda punya adalah orang-orang yang sejak awal tertarik dengan bisnis Anda. Email juga harus dioptimalkan untuk penggunaan seluler karena menurut statistik, lebih dari setengah email dibuka di perangkat seluler. baca cara segmentasi pada email anda disiniMurah dan Mudah
Dua keuntungan besar Email Marketing adalah biaya yang murah dan penggunaan yang mudah. Mengirim email adalah cara yang murah untuk mengiklankan perusahaan Anda dan produk dan / atau layanannya dibandingkan dengan banyak jenis pemasaran lainnya. Anda juga bisa dengan sangat mudah mengatur dan melacak semua kampanye Email Marketing yang Anda jalankan, menjadikannya jenis pemasaran yang sangat mudah dikerjakan bahkan untuk usaha kecil. Anda juga bisa mengirim newsletter ke daftar email yang Anda buat, dari orang-orang yang memberikan informasi yang diperlukan di situs web Anda, misalnya, menyediakan pelanggan potensial sebuah informasi baru tentang bisnis Anda, event dalam waktu, dan / atau penawaran khusus. Selain itu, tentu saja , mengingatkan mereka bahwa bisnis Anda sedang ada produk baru dan mungkin sudah waktunya untuk berkunjung lagi.Email Marketing Masih Relevan
Di zaman di mana penggunaan media sosial untuk beriklan semakin meningkat, Email Marketing masih berkuasa, menurut penelitian yang dilakukan oleh HostPapa:- 94% pengguna Internet menggunakan email, sementara hanya 61% menggunakan media sosial
- 75% pengguna daring dewasa mengatakan bahwa Email Marketing adalah metode pemasaran pilihan mereka
- fitur “memilih ikut serta” email memungkinkan pemasaran berdasarkan persetujuan
- Email Marketing memungkinkan penargetan berdasarkan demografi (usia, pendapatan, dll.)
- pesan email memiliki kisaran kemungkinan format yang lebih luas daripada pesan media sosial
- email menawarkan lebih banyak kemampuan pelaporan dan analitik, seperti rasio klik-tayang, rasio buka, rasio pentalan, dan konversi
Email Marketing Tips
1) Buat daftar email Anda sendiri. Kami sudah menyebut ini tadi, tetapi izinkan kami menegaskan sekali lagi: membeli daftar email adalah buang-buang waktu. Jika Anda mengirim email yang tidak diharapkan, email Anda tidak akan dibaca, yang ada hanya dipindah ke tempat sampah. Malah dilaporkan sebagai spam. 2) Lakukan praktik pengiriman email yang benar dan jujur. Termasuk di dalamnya adalah menulis subjek yang sesuai dengan isi surat, menyediakan metode berhenti berlangganan di bagian bawah email, dan menuliskan nama serta alamat Anda di akhir email. 3) Jangan hanya mengirimkan iklan produk. Ini kerap terjadi; saat tidak ada produk yang ditawarkan, tidak ada email yang dikirim. Saat mendekati rilis produk, kirim email hampir setiap hari. Gunakan email Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dengan berbagi keahlian Anda atau orang lain, beri mereka tips dan trik yang dapat mereka gunakan. Bagikan informasi yang memungkinkan mereka mengetahui lebih banyak tentang Anda dan / atau perusahaan Anda jika itu menarik. 4) Perlakukan pelanggan email Anda dengan baik. Ingat bahwa orang yang memberikan alamat emailnya berarti telah mempercayai Anda dengan data-data mereka; dan mereka pantas mendapatkan rasa hormat. Sama seperti Anda yang layak mendapat kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi penggemar brand Anda, orang-orang yang ingin berbicara tentang brand Anda dan mau menyebarkan produk Anda layak diperlakukan dengan cara yang baik. 5) Disiplinlah pada jadwal jika Anda memang berniat mengirim newsletter secara rutin. Mengirim email pada hari tertentu dapat membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang bisa diharapkan dari Anda dan kapan. Nah, itu tadi tips seputar email marketing, dan mengapa Anda harus menggunakan email marketing untuk bisnis. Semoga membantu! Jika Anda belum memanfaatkan strategi pemasaran yang sudah berhasil dan efektif ini, berikut ini kita akan bahas 15 keuntungan menggunakan email marketing. Setelah ini, mungkin Anda segera menemukan dorongan untuk memulai. baca juga Jasa Pembuatan Website Profesional Panduan Memulai Website Bisnis Anda Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis 30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia Pasang Iklan Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda Iklan Advetorial Jasa Sosial Media Email Marketing 26 Panduan Email Marketing Lengkap Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta1. Email Bisa Diintegrasi dengan Mudah
Manfaat pertama email marketing adalah email terintegrasi dengan mudah dengan saluran pemasaran lainnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan kembali konten dari kampanye email marketing Anda ke dalam posting media sosial, yang cepat dan efektif untuk melipatgandakan reach Anda, tanpa harus mengulang-ulang proses pembuatan konten. Pengumpulan data, segmentasi, dan fitur lainnya juga bisa diatur melalui email, yang membuat tracking dan pengukuran menjadi akurat.2. Tidak ada batasan karakter
Email memberikan karakter tanpa batas untuk konten Anda. Tidak seperti banyak platform media sosial, Anda tidak dibatasi oleh batas karakter. Perlu diingat bahwa manusia punya rentang perhatian yang pendek, jadi email marketing harus tetap menjaga pesan yang to-the-point. Tetapi kembali lagi, pilihannya kembali pada Anda; terserah mau seberapa panjang atau pendek pesan yang ingin Anda kirim di dalam email tersebut. Buat konten yang mudah untuk dibaca sekilas dan tetap mendapatkan pesan utama. Misalnya, Anda dapat membuat huruf kapital atau menebalkan poin-poin penting. Tetapi, Anda juga perlu memberi audiens Anda opsi untuk informasi lebih lanjut, jika mereka menginginkannya.3. Email Menjaga Anda Diingat Audiens
Salah satu tujuan dasar email marketing adalah memelihara komunikasi rutin dengan pelanggan masa lalu, pelanggan potensial, dan pelanggan saat ini. Ini membantu menanam kesan positif yang mereka miliki tentang bisnis Anda, dan memastikan bahwa mereka akan tetap mengingat bisnis Anda bahkan ketika mereka terpapar oleh pesaing-pesaing Anda. Selama masa liburan, Anda perlu memastikan bahwa pelanggan memikirkan sudah untuk belanja di bisnis Anda, menghabiskan uang mereka dengan membeli produk-produk Anda. Di musim yang sepi pun, Anda masih dapat mendorong terjadinya penjualan, dan memastikan orang-orang tidak melupakan semua yang Anda tawarkan. Perlu diingat; hal ini terjadi bila Anda secara konsisten memelihara hubungan dengan audiens. Anda harus secara berkala memberikan konten pada audiens, walaupun saat itu Anda sedang tidak ingin menjual apapun.4. Email Menumbuhkan Hubungan Jangka Panjang
Alasan lain yang membuat email bermanfaat bagi bisnis Anda adalah karena bisa memfasilitasi pengembangan hubungan dengan pelanggan yang kuat. Menyampaikan pesan yang konsisten dan menarik untuk pelanggan akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat mereka secara berkepanjangan. Ini juga bisa membuat mereka menunggu serta memperhatikan kiriman email dari Anda. Pikirkan tentang nilai jangka panjang pelanggan di daftar email Anda, bukan hanya apa yang mungkin mereka beli dari Anda hari ini.5. Pesan Anda Bisa Dipersonalisasi
Kemampuan personalisasi pada email adalah alasan yang terlalu besar untuk diabaikan. Kampanye email marketing memungkinkan Anda untuk menargetkan pelanggan Anda berdasarkan nama, berbicara langsung kepada mereka, dan menunjukkan sisi manusiawi dari perusahaan dan tim Anda. Berlangganan email seperti percakapan dua arah, membuat komunikasi antara Anda dengan pelanggan menjadi dekat dan akrab. Dengan email, Anda dapat menghadirkan kepribadian bisnis Anda dan lebih beresonansi dengan audiens Anda.6. Bisa Mengoptimasi Konten
Email marketing menguntungkan bisnis Anda dengan memungkinkan Anda mengoptimalkan konten dan perpesanan untuk efek terbesar. Dengan segmentasi daftar, penargetan demografis, dan split test, Anda dapat mengidentifikasi strategi dan konten terbaik untuk audiens target Anda atau ceruk pasar di dalamnya. Perhatikan hasil dari kampanye email Anda dan gunakan data ini untuk membuat kampanye yang lebih baik di lain waktu.7. Email Mendukung Konten yang Bervariasi
Dengan email marketing, Anda tidak dibatasi pada satu format, atau tipe konten tertentu. Anda juga dapat mengirim newsletter bulanan, mengirim kupon diskon, atau bisa juga membagikan berbagai jenis media kepada audiens Anda. Anda pun bisa memberi video dengan durasi sesuka Anda, dapat pula membuat sebuah pesan berisi konten menarik yang ukurannya bisa diatur sesuka Anda. Jika Anda punya event besar yang akan diselenggarakan, Anda bisa memberikan kabar secara khusus. Saat Anda mengkombinasikan berbagai media dan memperbarui tampilan email secara berkala, Anda menyimpan hal-hal yang menarik dan membuat audiens Anda penasaran. Ini juga meminimalisir risiko pesan Anda tidak dibaca atau dianggap spam. baca juga 3 Segmen Penting Email Marketing untuk Bisnis Online8. Email Bisa Mengkonversi Audiens Jadi Pelanggan
Email yang ditulis dengan baik dan dirancang dengan tombol call to action akan mendorong pembaca untuk mengikuti tautan ke landing page atau aset berbasis web lainnya. Dengan memperhatikan dengan seksama hasil yang Anda dapat, Anda bisa mengevaluasi dan memodifikasi strategi email marketing Anda, mendorong berbagai sasaran yang terlibat dengan menciptakan penjualan dan meningkatkan pendapatan.9. Meningkatkan Jangkauan Media Sosial Anda
Jika mau, Anda bisa saja mengatur agar audiens mendapat notifikasi melalui email setiap kali Anda memposting sesuatu di saluran media sosial Anda. Mereka juga dapat melihat postingan tersebut langsung di jendela email. Ini membantu meningkatkan jumlah orang yang melihat postingan tersebut, dan jika memang menarik, mereka akan berkomentar di unggahan media sosial Anda.10. Orang-orang Lebih Suka Email
Berbeda dengan iklan di media sosial yang dipandang sebagai gangguan, 91% orang benar-benar ingin menerima email promosi dari merek yang mereka suka. Gabungkan ini dengan fakta bahwa email adalah 40x lebih efektif dengan gabungan Facebook dan Twitter, jadi rasanya fakta ini tidak perlu diperdebatkan lagi.11. Pengiriman yang Pasti Sampai
Platform media sosial dan mesin pencari memiliki algoritme yang memfilter konten berdasarkan metrik tertentu. Email, di sisi lain, adalah platform yang mengalir bebas. Orang-orang di daftar email Anda berlangganan konten Anda dan ingin menerima informasi Anda, jadi tidak ada algoritme atau filter yang harus dipatuhi. Dengan email, Anda tahu bahwa pesan Anda akan disampaikan dan Anda akan menikmati manfaat komunikasi rutin dengan audiens Anda.12. Menjangkau Pelanggan Anda 24/7
Lebih dari dua pertiga email dibuka di perangkat seluler. Ini berarti bahwa pelanggan dapat melihat, membaca, dan terlibat dengan email Anda sepanjang hari, di mana pun mereka berada atau jam berapa sekarang. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan email Anda responsif dan dioptimalkan untuk seluler.13. Cepat dan Mudah
Jika Anda tak paham koding atau tak mahir internet, tak perlu khawatir. Layanan email marketing semakin diperhalus dan dipermudah, membuat proses pengoperasiannya mudah dipelajari. dengan berbagai alat dan platform yang tersedia, komunikasi menggunakan email marketing tidak pernah sesederhana ini. Meski demikian, tetap buat planning yang halus dan buat pesan yang sudah didesain dengan baik, atau luncurkan diskon khusus satu hari untuk mendapatkan hasil langsung. baca juga Email Marketing Cara Efektif Dalam Berpromosi dan Mengembangkan Bisnis14. Membantu Anda Menciptakan Dialog yang Privasi
Email pemasaran Anda tidak melulu menjadi alat promosi untuk target Anda. Anda juga dapat menggunakan email untuk membuat interaksi yang tertutup dengan audiens Anda. Sehingga, Anda dapat bertanya dan menjawab pesan yang muncul dengan perhatian penuh. Pastikan untuk merespons!15. Email Membangun Kredibilitas
Manfaat terakhir dari email marketing adalah bahwa ia memberikan peluang tanpa batas untuk menunjukkan keahlian, kredibilitas, dan keseriusan branding Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari audiens Anda dan membangun reputasi bisnis Anda. Nah, itu tadi 15 keuntungan menggunakan email untuk marketing bisnis Anda. Masih meragukan manfaatnya?8 Cara Membuat Email Marketing Lebih Efektif Untuk Bisnis Online Anda
Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran secara digital dengan menggunakan bantuan email. Email ini nantinya akan dikirim pada pelanggan-pelanggar dalam rangka menawarkan produk yang dijual. Metode ini bisa dibilang efektif dalam menarik perhatian dari pelanggan. Penggunaannya yang mudah dan praktis, membuat email marketing menjadi metode favorit dalam mencari pelanggan. Email marketing berisikan segala informasi hingga penawaran mengenai suatu produk oleh suatu bisnis online. Adanya email marketing, membuat pengusaha dapat terjun langsung dengan calon pelanggan. Hal ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak karena setiap pihak dapat saling memenuhi keinginannya. Bagaimana membuat email marketing yang efektif? Anda tahu sendiri tahu bahwa email marketing bukanlah hal yang asing lagi. Banyak orang telah menggunakannya, dan persainganpun semakin kuat. Strategi pemasaran menggunakan email bergantung sebenarnya bertumpu pada pelanggan yang berperan penting menciptakan keberhasilan usaha anda. Kuncinya adalah terbinanya hubungan yang baik antara pengusaha dan pelanggan lewat email marketing. Jadi anda harus bisa membuat email marketing yang benar-benar efektif dan tepat sasaran antara lain:- Data Akurat
- Pertimbangkan kebiasaan pelanggan
- Jadilah Kreatif
- Berikan Kesan pertama
- Gunakan Panggilan Khusus
- Judul Menarik
- Pemilihan Waktu Pengiriman Email
- Jangan Gunakan BOT