Website Gratis

Moorah – Website merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian kalangan pada saat ini, baik itu hanya sebagai tempat menuangkan inspirasi atau berkarya, transaksi jual beli dan lain sebagainya.

Dengan tingginya minat terhadap kebutuhan website tentu membuat website ini sangat diminati oleh masyarakat.

Beberapa website dibuat dengan mengeluarkan uang yang tidak sedikit, akan tetapi tahukah kamu bahwa ternyata ada website yang bisa digunakan secara gratis. Yah ada beberapa website yang digunakan secara gratis, berikut pembahasannya serta kelebihan dan kekurangannya.

Blogspot

Blogspot merupakan salah satu website yang bisa digunakan secara gratis, artinya platform yang satu ini bisa digunakan oleh siapa saja dan kapan saja? Lalu bagaimana cara menggunakan platform yang satu ini?

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mengunjungi blogger.com dan mendaftarkan akun mu. Setelah itu kamu bebas menggunakan website tersebut sesuai keinginanmu.

WordPress

Website selanjutnya yang bisa digunakan secara gratis adalah WordPress, wordpress merupakan salah satu website yang membantu dalam pembuatan blog aty website, namun perlu diketahui karena wordpress terbagi menjadi dua yaitu Wordpree.com dan juga WordPress org.

yang bisa kamu gunakan secara gratis wordpress.com. sama seperti Blog, para pengguna hanya perlu mendaftarkan akunnya saja. Setelah itu kalian bisa menggunakannya apa pun yang kalian inginkan.

Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan kedua website di atas? Berikut kelebihan website gratis

Layanan gratis

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari menggunakan website gratis adalah biaya pelayanan yang gratis, jadi para pengguna bisa menggunakan layanan tersebut tanpa harus mengeluarkan uang perbulannya.

Biaya Pembuatan Gratis

Keunggulan lain yang bisa didapatkan dari menggunakan website gratis adalah terbebas dari biaya pembuatan, hal ini membantu mengurangi biaya pengeluaran, uang yang dikeluarkan untuk pembuatan website dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Cocok untuk para pemula

Bagi kalian yang baru saja terjun ke dunia website atau para pemula sangat cocok dengan website gratis ini, karena hal ini akan membantu meminimalisir pengeluaran, para pemula juga tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu terhadap websitenya tersebut.

Lalu apa saja kekurangan website yang digunakan secara gratis?

Kualitas yang belum memadai

Sebagai pengguna website gratisan, kalian harus menerima jika pada website tersebut tidak memiliki banyak opsi yang menentukan kualitas server website.

Selain itu tulisan yang kalian unggah di website gratis biasanya hanya berupa informasi semata dan masih diragukan kebenarannya. Tulisan dalam website garis tidak dapat dijadikan sebagai rujukan walaupun website tersebut benar.

Keamanan Data Pengguna

Kekurangan dari website gratis lainnya adalah dari segi keamanan data pengguna, dari beberapa sumber yang didapatkan file atau data yang diunggah ke website gratis sewaktu-waktu dapat terhapus tanpa sepengetahuan pemilik website.

Oleh sebab itu untuk para pengguna website gratisan yang mempunyai informasi-informasi penting ada baiknya bermigrasi ke website berbayar. Ada beberapa jenis website berbayar yang mencantumkan harga murah.

Monetisasi Iklan

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari aktifnya menjalankan website adalah bisa mendapatkan uang dari website itu sendiri, salah satu caranya adalah dengan monetisasi iklan. Untuk monetisasi iklan pada website gratis seperti blogspot memang bisa di akali,, akan tetapi peluang mendapatkan monetisasi iklan lebih besar jika menggunakan website berbayar.

baca juga

Kelengkapan Fitur

Kekurangan lain dari website gratis adalah segi kelengkapan fitur, pada website gratis pada umumnya menggunakan fitur yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan fitur berbayar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *