3 Alasan Utama Dibalik Kesuksesan Franchise McDonald’s

undercover.co.id Tidak dipungkiri bahwa McDonald’s begitu populer di kalangan masyarakat dunia. Bisnis yang dimulai oleh sepasang saudara laki-laki yang bernama Dick dan Mac McDonald, ini kini maju pesat dan menggurita.

Bagaimana tidak, kini McDonald’s telah berkembang dengan jaringan lebih dari 35.000 yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Pertanyaannya adalah, apa sebenarnya yang membuat bisnis ini maju sepesat itu? Jawabannya ada dalam ulasan berikut ini:

  1. Konsistensi

Biarpun anda mengunjungi McDonald’s di Jakarta, di Bandung, di Semarang, di Jember, bahkan hingga di Amerika sekalpun, pengalaman yang anda dapatkan akan selalu sama. Dengan suasana kedai yang sama, rasa yang sama, hingga pelayanan yang sama. Inilah yang disebut dengan konsistensi.

  1. Inovatif

Biasanya, konsistensi dengan inovasi itu selalu bertentangan. Jika konsisten maka tidak inovatif,  jika inovatif maka tidak konsisten. Tapi pada kenyataanya, hal tersebut  tidak berlaku bagi McDonald’s.

Sebagai contoh, pada tahun 1975 lalu McDonald’s terancam keilangan pelanggan potensial mereka yang terdiri atas sekelompok prajurit. Sekelompok prajurit tersebut tidak diizinkan keluar dari mobil sambil menggunakan seragam.

Dari situ  bukannya kehilangan pelanggan, McDonald’s justru menciptakan jebolan baru yaitu McDonald dengan sistem drive-thru. Drive McDonald pertama terletak di dekat pangkalan militer Fort Huachuca di Sierra Vista.

Selain itu, dari sisi menu McDonald’s juga selalu inovatif. Ada banyak varian menu seperti happy meal, Filet-O-Fish, Big Mac, Pie Apel Panas, Egg McMuffin, McFlurry, dan lain-lain. Menu–menu yang inovatif tersebut telah membuat McDonald’s melakukan penawaran produk di semua waktu makan. Kemudian, menu makanan ringan juga memungkinka profitabilitas yang lebih besar. Bagi McDonald’s

  1. Ketahanan

Alasan terbesar dibalik kesuksesan dari McDonald’s mungkin adalah ini: yakni kegigihannya bertahan dari segala badai yang menerpaya. Meskipun kita tahu bahwa McDonald’s adalalah perusahaan raksasa, tapi tak lantas membuat ia lepas  dari tantangan dan kontroversi. Mereka mendapat banyak tuntutan hukum dalam berbagai masalah,  dan juga menjadi subjek dalam tekanan yang negatif.

Sebagai contoh, pada tahun 1980’an, McDonald’s ditentang oleh aktivis Greenpeace di london (tapi tidak berafiliasi dengan organisasi internasional Greenpeace). Mereka menerbitkan artikel berjudul “What Wrong with McDonald’s?”, dan isi dari artikel tersebut berupa tuduhan kepada McDonald’s bahwa makanan yang mereka sajikan buruk untuk kesehatan.

baca juga

    Mereka juga mengklaim bahwa tindakan yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dan pengemasan produk tesebut berkontribusi pada penghancuran hutan tropis. Dan pada akhirnya, McDonald’s mengambil langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, seperti membentuk Komitmen Lingkungan Global dan  salah satu hasil dari komitmen itu adalah sekarang lebih dari 80% kemasan konsumen McDonald’s terbuat dari bahan terbarukan.

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!