3 Faktor Baru Penilaian Ranking Website

SEO UNDERCOVER CO ID 92

undercover – Google mengumumkan bahwa mulai bulan Mei tahun depan, mereka akan menambahkan 3 faktor sinyal pencarian yang akan mempengaruhi keseluruhan skor suatu website , yang juga akan mempengaruhi SERP (Search Engine Results Pages) website tersebut.

Tiga faktor tersebut masuk ke dalam kategori CWV (Core Web Vitals). Ketiganya adalah Largest Contentful Paint (LCP) atau loading, First Input Delay (FID) atau interaktivitas, dan Cumulative Layout Shift (CLS) atau stabilitas visual.

Core Web Vitals

Google Mengumumkan 3 Faktor Baru yang Menentukan Penilaian Ranking Website

Sehingga total faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian website yang sudah diungkap Google ada 7 faktor, dengan ditambah Mobile Friendly, Safe Browsing, HTTPS, dan tidak adanya fitur yang mengganggu.

Dampak Core Web Vitals

Core Web Vitals merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pengguna atau user experience. Dan Google juga sudah beberapa kali mengungkapkan bahwa user experience penting untuk penilaian website.

Tapi ketiga faktor tersebut sekarang akan jadi lebih diprioritaskan karena berpengaruh langsung terhadap peringkat website di halaman pencarian atau SERP. Google menyatakan bahwa mereka sudah melakukan berbagai studi dan penelitian yang menunjukkan bahwa pengguna lebih memilih situs dengan page experience yang baik, atau bisa dibilang secara keseluruhan mudah untuk diakses.

Halaman situs yang mudah diakses akan lebih banyak membantu dan lebih menarik minat pengguna. Sebaliknya, halaman situs yang buruk atau sulit aksesnya akan menyulitkan pengguna dalam menemukan informasi yang mereka cari di halaman tersebut.

Prediksi dampak pada halaman pencarian

Respon para penggiat SEO seputar update terbaru dari Google ini beragam. Ada yang menganggap dampak Core Web Vitals akan tergantung pada konteks industrinya, Core Web Vitals tidak akan terlalu berpengaruh, Core Web Vitals akan sangat berpengaruh dan membuka evolusi baru, dan bahkan ada yang tidak terlalu peduli.

Jawaban-jawaban tersebut tidak terlalu mengejutkan, karena Google juga tidak sepenuhnya terbuka. Sebagai contoh, mereka tidak membuka kepada publik informasi seputar presentase dari setiap faktor yang mempengaruhi ranking website tersebut.

Google hanya memberi sinyal tersirat bahwa Core Web Vitals sepertinya tidak akan menjadi faktor utama penentu ranking website, tapi Core Web Vitals juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Tapi Google juga menambahkan data studinya yang menunjukkan bahwa halaman website yang memenuhi tiga faktor terbaru alias Core Web Vitals ini 24% lebih jarang ditinggalkan oleh para pengguna atau pengunjungnya.

Sehingga, penting bagi para penggiat SEO untuk mulai meningkatkan performa website terutama melalui Core Web Vitals yang sudah disebutkan di atas. Karena selain mempengaruhi peringkat website di halaman pencarian Google, Core Web Vitals juga dapat memberikan pengalaman pengguna atau user experience yang lebih baik.

baca juga

    Dampak besar, sedang, dan kecil

    Para ahli memprediksikan update terbaru Google ini akan memberikan dampak beragam pada website-website yang sudah ada sekarang. Dampak tersebut dapat dikategorikan berdasarkan skalanya, besar, sedang, dan kecil.

    Dampak besar bisa mempengaruhi keseluruhan website sampai mengakibatkan perlunya perombakan secara keseluruhan. Sehingga disarankan untuk mulai memprioritaskan perbaikan berdasarkan elemen Core Web Vitals sejak jauh-jauh hari.

    Dampak sedang bisa menimpa website-website yang sudah memiliki performa user experience yang baik. Sehingga hanya perlu sedikit perubahan berkaitan dengan adanya update Google ini.

    Dampak kecil akan dirasakan oleh para pemilik website yang merasa bahwa update Google kali ini tidak akan terlalu berdampak besar bagi ranking dan penilaian website. Mereka bahkan mungkin akan mengabaikan seputar update ini dan tetap menjalankan website mereka seperti biasa.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh