3 Rekomendasi Coworking Space Gratis di Bandung

3 Rekomendasi Coworking Space Gratis di Bandung

Lambat laun, zaman telah merubah sektor kehidupan kita, termasuk dalam soal tempat bekerja. Dahulu, kantor menjadi tempat lazim bagi seseorang untuk bekerja. Kini, kita bisa bekerja di tempat lain selain kantor, entah itu di rumah ataupun di kafe.

Jika tak ingin bekerja di dua tempat tersebut, maka kita bisa bekerja di satu tempat khusus bernama coworking space. Tempat ini merupakan sebuah ruang kerja bersama yang dipakai untuk melakukan suatu pekerjaan.

Tempat ini biasanya dipakai oleh para perintis perusahaan start up yang belum mempunyai tempat. Namun, pada perkembangannya, coworking space bisa dipakai oleh siapa saja, entah itu wartawan, freelancer, atau bahkan mahasiswa sekalipun. Tak hanya itu, coworking space juga bisa dipakai untuk fungsi yang lain, seperti untuk tempat berdiskusi, seminar, dan juga tugas kelompok.

Sistem Coworking Space GRATIS

Biasanya, coworking space dipakai dengan sistem sewa, di mana pihak penyewa mesti membayar sejumlah biaya sewa kepada pengelola coworking space, entah itu untuk sewa harian, mingguan, atau bahkan bulanan.

Akan tetapi, ada juga beberapa coworking space yang menyewakan tempatnya secara gratis kepada para pelanggannya. Adanya coworking space yang disewakan secara gratis ini memberikan dampak positif bagi para pegiat start up yang masih sangat baru merintis dan belum mempunyai kantor dan modal yang mumpuni.

Beberapa coworking space yang bisa disewa gratis itu sudah ada di beberapa kota, tak terkecuali di Bandung. Di ibukota Jawa Barat ini, ada beberapa coworking space gratis yang bisa disewa oleh para pembaca sekalian. Adapun beberapa rekomendasi coworking space tersebut adalah sebagai berikut ini!

 

  1. Digital Innovation Lounge (DILo)

Reomendasi coworking space yang pertama ini ada di Jalan Banda Nomor 40, tepatnya ada di lantai 3 Gedung Balemotekar Universitas Padjadjaran Bandung. Coworking space ini dibangun dan dikembangkan oleh Masyarakat Industri dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) yang bekerja sama dengan pihak Telkom. Di sini, pembaca bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bekerja, rapat, diskusi, hingga mengerjakan tugas kuliah.

 

Jika membutuhkan koneksi internet, pembaca tidak perlu khawatir, karena di sini terdapat Wi-Fi yang kencang, sehingga pembaca bisa browsing dengan lancar tanpa hambatan. Di sini juga terdapat dispenser, oven, dan berbagai alat makan yang bisa dipakai jika pembaca hendak makan ataupun minum. Jika ingin bersembahyang, pembaca juga tak perlu khawatir, karena di sini juga terdapat sebuah mushola yang persis di dalam ruang coworking space.

Coworking space ini juga mempunyai sebuah meeting room yang bisa dipakai untuk melakukan kegiatan rapat dan diskusi, terutama bagi mereka yang terlibat dalam suatu perusahaan start up. Selain meeting room, terdapat pula ruang kelas yang dapat dipakai oleh para mahasiswa untuk belajar kelompok ataupun berdiskusi.

Area Entertaiment di Dekat Coworking Space

Tak jauh dari area coworking space, terdapat sebuah bioskop alternatif bernama Indicinema Bandung. Bioskop yang didirikan oleh sebuah komuntas film di Bandung ini merupakan bioskop yang sering memutar beberapa film yang jarang diputar di bioskop-bioskop konvensional.

Kalau pun menayangkan film konvensional, maka film konvensional tersebut rata-rata merupakan film yang sudah turun layar dari bioskop konvensional. Adapun jika ingin menonton di bioskop ini, pembaca mesti datang di hari Rabu hingga Minggu dan juga harus membayar donasi sebesar Rp. 15.000. Selain menayangkan film, bioskop alternatif tersebut juga terkadang suka menyelenggarakan diskusi tentang perfilman.

Coworking space ini bisa disewa tiap hari, mulai pagi hari hingga pukul delapan malam. Jika hendak menyewa coworking space ini, maka pembaca mesti registrasi terlebih dahulu lewat laman resmi mereka. Jika sudah terdaftar, maka pembaca tinggal mendatangi langsung ke tempat ini.

Untuk pembaca yang ada di luar bandung, tidak perlu khawatir, karena coworking space ini juga tersedia di beberapa kota, seperti di Bogor Tangerang, Makassar, Pekanbaru, dan sebagainya. Fasiltas di coworking space semua daerah tersebut kurang lebih sama dengan coworking space DILo yang ada di Bandung.

 

 

  1. Bandung Digital Valley (BDV)

Rekomendasi coworking space yang selanjutnya adalah Bandung Digital Valley. Coworking space ini berada di Jalan Gegerkalong Hilir nomo 47, atau tepatnya di gedung PT Telkom lantai 4. Jika hendak menyewa coworking space satu ini, maka pembaca diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu di situs mereka, yakni bandungdigitalvalley.com.

 

Ruangan coworking space satu ini terbilang luas, di mana luasnya sendiri diperkirakan mencapai 1, 2 meter. Dengan demikian, ruangan tersebut bisa disewa oleh  perusahaan start up yang mempunyai karyawan yang relatif banyak. Sama seperti halnya di DILo, coworking space satu ini juga sering dikunjungi oleh para freelancer dan mahasiswa untuk mengerjakan pekerjaan serta tugas-tugas mereka.

Jika pembaca ingin suasana ruangan yang lebih santai, maka pembaca bisa berpindah ke area lounge yang tak jauh dari area coworking space. Di sini, pembaca bisa bersantai sejenak dari pekerjaan atau raoat bersama dengan rekan-rekan pembaca.

Terdapat pula sebuah kafe yang letaknya dekat dengan lounge. Di kafe tersebut, pembaca bisa memesan secangkir kopi panas yang disajikan langsung dari mesin kopinya, atau bisa menyantap berbagai makanan yang tersedia di dalamnya. Di kafe ini, pembaca juga akan merasakan sensasi menyeruput secangkir kopi dan menyantap makanan sembari menatap panorama yang terlihat dibalik kaca ruangan.kafe.

  1. Coworking Space Bandung Creative Hub (BCH)

Rekomendasi coworking space yang terakhir ini ada di dalam Gedung Bandung Creative Hub yang diresmikan pada bulan Desember yang lalu. Coworking space ini bisa ditemui di bagian dalam gedung BCH , tepatnya di sebelah kanan dan kiri tangga gedung yang berwarna-warni.

 

Ruang coworking space ini terdiri dari meja panjang yang teruat dari kayu, serta kursi yang nyaman dan juga terbuat dari kayu. Tak lupa, di dekatnya terdapat colokan yang bisa pembaca pakai saat beraktivitas.

Sayangnya, karena letaknya sangat dekat dengan jalan raya, maka pembaca yang bekerja di coorking space ini akan mengalami sedikit gangguan berupa kebisingan kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalan.

Coworking space ini sendiri buka setiap hari selama 24 jam, sehingga pembaca bisa datang dan bekerja di sini kapan saja. Karena termasuk ke dalam area BCH, maka pembaca bisa menyambangi beberapa area menarik yang ada di wilayah BCH, seperti cafe, perpustakaan, hingga taman yang ada di lantai atas BCH.

 

Adapun lokasi tempat coworking space ini sendiri ada di Jalan Laswi no. 5, Kacapiring, Batunuggal, Bandung, Jawa Barat.

Itulah beberapa rekomendasi coworking space gratis yang bisa disambangi oleh para pembaca sekalian yang hendak bekerja atau sekadar mengerjakan tugas. Semoga informasi ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!