3 Strategi Pemasaran Digital Terampuh

Jasa

undercover.co.id – Pemasaran adalah cara perusahaan untuk mengenalkan komoditas yang diproduksinya ke pasar. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pemasaran offline seperti menyebarkan pamflet sampai dengan pemasaran online (dalalm jaringan) melalui media masa seperti iklan di televisi.

Salah satu jenis pemasaran online atau daring yang patut anda coba adalah pemasaran digital (digital marketing). Berbeda dengan pemasaran online melalui televisi dan radio yang menggunakan jaringan radio, pemasaran digital menggunakan internet.

Seperti yang anda ketahui bahwasannya trend penggunaan internet di Indonesia terus mningkat dari tahun ke tahun. Menurut data yang ditampilkan dalam laman katadata.co.id[i] pada tahun 2019, diperkirakan jumlah pengguna internet di Indonesia akan mncapai 150 juta orang pada tahun 2023.

3 Strategi Pemasaran Digital Yang Patut Anda Coba Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Pada kenyataannya, We Are Social sebagaimana yang dinukil oleh detik.com, pada pertengahan tahun 2020 saja pengguna internet di Indonesia tembus 170 juta orang[ii]. Jumlah yang berbeda dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sebagaimana yang tertulis di kompas.com[iii] lembaga ini menyatakan bahwa pada paruh awal tahun 2020, pengguna internet di Indonesia telah lebih dari 190 juta.

Namun terlepas dari perbedaan tersebut, pada dasarnya jelas pangsa pasar pengiklanan di internet memiliki pangsa pasar yang besar dan akan terus berkembang seiring dengan penjualan smart phone dan inovasi digital lainnya. Untuk itu anda harus memanfaatkan peluang ini dengan sebaik baiknya.

Berikut ini bentuk digital marketing yang patut anda coba untuk menaikkan omzet perusahaan anda:

1.     Social Media Marketing

Sosial media kini tidak hanya menjadi media interaksi antar individu melainkan juga media interaksi antara sebuah perusahaan dengan calon konsumen potensialnya. Saat ini banyak perusahaan diberbagai bidang yang memiliki akun sosial media yang membantu mereka berkomunikasi dengan konsumennya.

Ada banyak cara menggunakan sosial media sebagai medium pemasaran. Anda dapat menggunakan fitur advertisement yang disediakan oleh media itu sendiri seperti facebook ads, insta ads atau youtube ads atau menggunakan cara lain seperti endorsement influencer atau paid promote mahasiswa.

Masing masing opsi mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. Facebook ads dan insta ads misalnya memiliki kekurangan karena harus dibayar menggunakan kartu kredit. Sehingga jika anda atau perusahaan anda tidak memiliki kartu kredit, maka anda tidak bisa menggunakan fitur ini.

Kelebihan Facebook ads dan insta ads adalah anda dapat mengatur pilihan target pasar dan durasi iklan anda. Anda pun dapat melihat secara langsung perubahan traffic dan engagement yang anda dapat setelah anda menggunakan fitur ini.

Dua opsi terakhir bisa anda gunakan jika anda ingin menarget pangsa pasar tertentu seperti mahasiswa. Setidaknya anda perlu mempelajari dulu profil followers atau subscribers influencer atau mahasiswa terkait sehingga anda dapat menembak ke sasaran yang tepat.

Sama seperti Facebook ads dan insta ads, anda juga dapat melihat perubahan traffic dan engagement media sosial anda jika ana menggunakan opsi ini. Hanya saja kekurangan opsi pemasaran ini adalah jangkauan konsumen yang relatif lebih terbatas dibandingkan Facebook ads dan insta ads.

Khusus untuk media sosial Youtube anda bisa menyewa/endorse influencer untuk membantu anda memasarkan produk anda menggunakan Vlog. Hal ini tentu akan bermanfaat terutama jika produk anda adalah penginapan, apartemen atau makanan (mukbang).

Dibanding iklan di televisi atau radio, iklan menggunakan media sosial dapat langsung menembak ke calon customer tertentu. Lain halnya dengan iklan di televise atau radio yang memiliki profil pemirsa dan pendengar yang relatif lebih umum.

2.     Google Ads

Google AdSense atau Google Ads adalah layanan periklanan yang disediakan oleh Google baik untuk periklanan web maupun periklanan video di Youtube. Fitur ini mulai dikembangkan oleh Google sejak tahun 2003 sebelum pada tahun 2012 mulai masuk pasar Ads berbahasa Indonesia[iv].

Apabila anda menggunakan fitur ini sebagai salah satu strategi marketing perusahaan anda, maka anda tidak hanya akan meningkatkan brand awareness konsumen terhadap produk dan perusahaan anda melainkan juga data data yang dapat anda gunakan untuk mengevaluasi strategi anda.

3.     SEO (search engine optimization)

Dibandingkan dengan dua opsi sebelumnya, pemasaran menggunakan teknik optimasi mesin pencari atau search engine optimization relatif masih belum banyak dikenal oleh pelaku industri di Indonesia. Teknik ini adalah teknik yang memanfaatkan data algoritma mesin pencari untuk tujuan pemasaran.

Data tersebut berbentuk kata kunci yang paling sering digunakan di jagat maya berdasarkan negara tertentu . Berbeda  dengan opsi opsi lainnya diatas, jika anda mahir menggunakan teknik ini, kemungkinan besar anda tidak perlu mengeluarkan biaya iklan digital. Akan tetapi anda harus sering sering melakukan riset kata kunci yang sedang ramai diperbincangkan di pasar dari waktu ke waktu.

Selain masalah biaya, kelebihan lain dari search engine optimization (SEO) adalah konten iklan yang tidak berbatas waktu tidak seperti Google Ads atau Advertisement menggunakan medium lain. Karena penulisan keyword pada sebuah postingan di website anda akan terus muncul di halaman pencarian selama anda tidak menghapus postingan tersebut.

SEO juga mampu menarik konsumen yang organik. Konsumen organik adalah konsumen yang mengklik website perusahaan anda karena benar benar mencari produk yang anda tawarkan dan bukan hanya sekedar numpang lewat.  Sehingga conversion rate pengunjung website menjadi customer anda sangat tinggi jika anda menggunakan strategi ini.

Anda juga dapat melihat data traffic website anda yang menggunakan SEO di Google Analytics. Data tersebut kemudian dapat anda jadikan sebagai bahan evaluasi strategi pemasaran kedepannya.

baca juga

    Namun demikian menggunakan strategi pemasaran SEO membutuhkan tingkat ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Sebab semakin rajin anda update, kemungkinan website anda tampil di halaman satu Google pun semakin tinggi.

    Jika perusahaan anda tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan riset SEO dan penulisan konten website, anda bisa menggunakan jasa SEO Agency.  Undercover.co.id adalah sebuah SEO Agency yang berbasis di Jakarta yang siap membantu perusahaan anda menggunakan teknik ini.

    SEO Agency ini menyediakan layanan konsultasi SEO dan digital marketing serta melayani jasa pembuatan konten marketing seperti blog, post dan lain lain. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan ini, anda bisa mengunjungi laman dan alamat dibawah ini:

    Undercover.co.id

    One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
    Jakarta 12190

    Yang perlu anda ketahui adalah tidak ada strategi pemasaran yang sempurna. Oleh karena itu ada baiknya jika anda mengombinasikan satu strategi dengan strategi yang lain. Selamat Mencoba!


    [i] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-pengguna-internet-di-indonesia. Di akses pada tanggal 10 November 2020.

    [ii] https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia. Di akses pada tanggal 10 November 2020.

    [iii] https://money.kompas.com/read/2020/11/09/213534626/pengguna-internet-indonesia-hingga-kuartal-ii-2020-capai-1967-juta-orang. Di akses pada tanggal 10 November 2020.

    [iv] https://id.wikipedia.org/wiki/AdSense. Di akses pada tanggal 10 November 2020.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!