3 Tips Mudah White Hat SEO

SEO UNDERCOVER CO ID 30

SEO bukanlah sebuah teknik mengerjai Google. SEO adalah teknik menciptakan konten yang diinginkan orang lain, sebagai upaya untuk memberikan informasi paling benar, paling akurat, dan paling sesuai keinginan orang lain.

Ini adalah pola pikir dasar yang perlu Anda tanam dalam menerapkan White Hat SEO. Sambil mencoba melupakan upaya Black Hat SEO yang cepat atau lambat akan dilibas oleh Google, Anda bisa menulis konten yang berkualitas.

Sekarang, bagaimana caranya menerapkan White Hat SEO dalam situs Anda?

White Hat SEO sendiri punya banyak tips dan trik, namun ada tiga tips mudah yang bisa mulai Anda terapkan di konten Anda berikutnya.

Teknik White Hat SEO 1: Gunakan Riset Kata Kunci untuk Menemukan Ide Konten

Sedikit riset akan sangat membantu Anda dalam memahami apa yang audiens Anda inginkan. Tidak hanya dapat menemukan konten yang sering dicari, Anda pun bisa saja menemukan kata kunci yang sering dicari namun selama ini tak terpikirkan oleh Anda.

Meriset kata kunci adalah sebuah kesempatan untuk menemukan kata kunci panjang yang dipahami audiens, dan bisa menciptakan konten yang paling pas dengan kebutuhan mereka.

Beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Pilih kata kunci yang cukup populer. Peluang Anda untuk memenangkan kata kunci bergantung pada kekuatan situs Anda kelak.
  • Seperti yang sering Anda lakukan, masukkan target kata kunci pada tempat-tempat biasanya – URL, title tag, alt text pada gambar, paragraf pertama, dan lain-lain.
  • Masukkan pula kata kunci pendukung di sepanjang artikel.
  • Gunakan kata kunci utama sebagai anchor text menuju ke artikel lain di situs Anda.

Beberapa Hal yang Perlu Dihindari

  • Hindari menumpuk terlalu banyak kata kunci dalam satu artikel. Bila Anda menggunakan Yoast SEO sebagai plugin, Anda akan menemukan peringatan bila menggunakan terlalu banyak kata kunci. Daripada menggunakan satu kata kunci, sebarkan kata kunci lain yang punya kemiripan dengan kata kunci utama.

Teknik White Hat SEO 2: Ciptakan Konten SEO yang Menjawab Niat Pencarian

Peringkat satu pencarian tak selalu berasal dari jenius SEO. Jika artikel Anda benar-benar sesuai dengan pencarian audiens, artikel yang kurang sesuai kaidah SEO pun masih bisa naik ke peringkat pertama.

Intinya begini: gunakan empati Anda dalam menulis artikel.

Empati di sini adalah mencoba berpikir seperti audiens; ketika ia menulis suatu kata kunci, apakah yang benar-benar ia inginkan?

Jika seseorang menulis tentang Jurusan Teknik Mesin di Google, besar kemungkinan ia sedang mencari jurusan teknik mesin terbaik yang ada di Indonesia, apa saja yang dipelajari di teknik mesin, persyaratan masuk teknik mesin, peluang kerja lulusan teknik mesin, dan lain sebagainya.

Jika seseorang mencari obat sariawan di Google, kemungkinan besar yang ia cari adalah obat paling ampuh dan alami dalam menyembuhkan sariawan.

Bila Anda berhasil menulis artikel yang sesuai dengan keinginan audiens, artikel Anda akan mudah naik. Ini karena artikel Anda berhasil menjawab pertanyaan audiens.

Cara berpikir seperti audiens adalah sebagai berikut.

  • Apa yang mereka cari?
  • Apa masalah yang mereka hadapi, dan apa solusinya?
  • Apakah mereka sedang mencari referensi, atau mereka ingin membeli sesuatu?

Search intent atau niat pencarian biasanya menjadi tiga kategori berikut:

  • Mencari referensi
  • Mencari solusi suatu masalah
  • Membeli sesuatu

Saat Anda sedang membuat konten, pastikan Anda memberikan apa yang pengguna inginkan. Jika kata kunci yang Anda pakai adalah kata kunci edukasi, maka jangan lakukan penjualan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Pikirkan konten Anda sebagai sebuah tanya jawab. Kata kunci adalah pertanyaan, konten Anda adalah jawabannya.
  • Tulislah konten dengan niatan ingin memberikan informasi yang dibutuhkan.
  • Meta description dan title tag harus sesuai dengan isi konten

Beberapa hal yang sebaiknya dihindari

Hindari menggunakan judul-judul clickbait. Judul Anda harus sesuai dengan konten yang Anda tulis. Jika tidak sesuai, audiens hampir pasti akan meninggalkan laman Anda, menciptakan bounce rate yang berujung pada menurunnya peringkat situs.

Teknik White Hat SEO 3: Bantu Google Memahami Konten Anda dengan Menambahkan Referensi

Jika ingin Google menaikkan peringkat Anda, maka Google memahami konten Anda dengan lebih baik.

Cara mudah dalam melakukan hal ini adalah melalui SEO on page seperti kata kunci di URL, judul, konten, meta description, dan lain-lain.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menambahkan internal link. Internal link adalah link menuju ke artikel lain yang terdapat dalam situs Anda, menggunakan anchor text berupa kata kunci utama dari situs Anda.

Cara lain lagi adalah dengan mendapatkan link dari situs lain. Ini biasa disebut backlink.

Backlink sendiri adalah salah satu akar dari praktik black hat SEO, yang menanamkan backlink dalam jumlah besar ke dalam satu situs. Anda bisa melihat sendiri jasa backlink yang banyak beredar, yang memberikan backlink dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Pada kenyataannya, sekarang tak semua backlink memiliki nilai sama di mata Google. Google kini cukup pintar untuk mengetahui bahwa backlink yang muncul dalam jumlah besar dalam waktu singkat adalah praktik Black Hat SEO, dan backlinknya palsu.

Backlink terbaik menurut Google adalah backlink yang berasal dari situs yang temanya mirip dengan situs Anda. Jumlah tidak menjadi masalah, yang disukai Google justru adalah backlink yang muncul secara alami dan waktunya seringkali lama.

Jadi apabila Anda mendengar istilah membangun link, lupakan saja praktik black hat SEO. Google bukannya sekumpulan orang bodoh; mereka terus menerus mempelajari dan mengejar pihak-pihak yang mengakali sistem buatan mereka. Lakukanlah cara yang benar, cara White Hat SEO.

Kuncinya adalah dengan membangun hubungan dengan pihak yang terkait. Pihak terkait ini dapat berupa blogger dan wartawan. Dapat pula pada pihak-pihak yang punya otoritas kuat, semacam pemerintah atau influencer.

baca juga


Baca juga

Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Hubungi orang-orang yang berkecimpung di bidang yang situs Anda tekuni. Beritahukan mereka mengenai situs dan konten Anda.
  • Tawarkan diri pada pemilik situs lain untuk melakukan guest blogging.
  • Bergabung di grup Facebook dengan niche serupa dengan bidang situs Anda. Sering-sering berkomunikasi dengan member grup tersebut, lalu berikan situs Anda sebagai referensi.
  • Bersabarlah. Membangun jejaring membutuhkan waktu.

Demikianlah tiga tips mudah White Hat SEO yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat membantu Anda.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh