4 Website Builder Rival WordPress

Advertising Untuk Bisnis
Jasa

Undercover.co.id – berikut 4 saingan wordpress dalam hal website builder , persaingan memang belum seimbang, namun tetap menghasilkan market share yang terbagi untuk wordpress.

Wix Website Builder

Wix.com adalah platform website builder berbasis cloud yang memungkinkan para pengguna untuk membuat situs web HTML5 hanya dengan cara seret (drag) dan tempel (paste).

Para pengguna dapat menambahkan berbagai fitur seperti tautan media sosial, e-commerce, formulir kontak, email marketing, dan community forum ke situs mereka menggunakan beragam aplikasi Wix dan aplikasi pihak ketiga.

Wix mengambil pendapatannya dari layanan premium yang mereka sediakan. Pengguna harus membeli paket premium agar dapat menautkan situsnya ke alamat pribadi.

Selain itu, membeli layanan premium juga akan menghapus iklan Wix, dapat menambah fitur e-commerce, menambah penyimpanan dan kapasitas akses data, serta hal berguna lainnya.

Meskipun Wix menyediakan layanan premium, Wix juga memberikan layanan secara gratis dengan fitur yang terbatas namun tetap dapat diandalkan, sepenuhnya dapat personalisasi dan berkualitas.

Wix merupakan salah satu platform website builder yang terkenal dengan pengguna saat ini yang sudah mencapai jutaan di seluruh dunia.

Para Pendiri dan Berbagai Layanan Wix

Wix didirikan pada tahun tahun 2006 dan memiliki kantor pusat di Tel Aviv, Israel. Wix memiliki wilayah operasi di seluruh dunia dan sudah memiliki lebih 12 kantor cabang di berbagai negara.

Wix didirikan dengan memberikan tiga layanan utama yaitu perancangan situs website, manajemen bisnis dan layanan penyimpanan website.

Kemudian, saat ini Wix telah memiliki banyak produk, di antaranya Tamplate, Wix Stores, Wix Bookings, Wix SEO, Wix Restaurants, Logo Maker, email marketing dan masih banyak lagi

Kreasikan Website E-commerce Dengan Wix

Wix memberikan layanan berupa kemudahan untuk pengguna dalam hal membuat website e-commerce.

Kita bisa membuat dan meluncurkan website e-commerce kita dari awal dengan menggunakan alat-alat yang disediakan oleh Wix.

Kita akan disediakan lebih dari 500 template e-commerce buatan para desainer Wix yang sesuai dengan setiap bisnis e-Commerce.

Fitur-fitur yang ada di tamplate tersebut juga bisa kita custom sesuai dengan kebutuhan, misalnya menambahkan beberapa fitur seperti etalase, checkout, halaman produk, keranjang, dan area anggota toko.

Keunggulan lainnya dari layanan ini adalah kita bisa meng-upload koleksi penjualan kita tanpa batas, dapat mengelola inventaris atau sumber pasok barang serta aturan pengiriman.

Bisa juga di setup agar e-commerce kita dapat melakukan automatisasi perhitungan pajak setiap penjualan.

Bahkan kita juga bisa menambahkan metode pembayaran secara online dengan berbagai jaringan yang sudah dimiliki oleh Wix atau berbagai pilihan lain termasuk semua perusahaan kartu kredit besar, PayPal dan Stripe.

Catat Jadwal Pertemuan Dengan Wix Booking

Wix booking adalah salah satu layanan Wix yang memiliki berbagai macam kegunaan dan keunggulan, diantaranya adalah:

  • Klien kita bisa mengatur janji ataupun memesan layanan kita secara pribadi melalui aplikasi kemudian bisa dilanjutkan juga membayar secara online
  • Selenggarakan sesi online dengan Zoom untuk menjangkau klien di mana saja
  • Kelola kalender, staf, kehadiran, dan klien
  • Menawarkan layanan berbasis keanggotaan atau pilihan paket
  • Tersedia layanan analitik yang dapat melacak kinerja bisnis kita
  • Kita bisa menjalankan bisnis kita dari perangkat apa pun dengan aplikasi Wix

Wix booking menyediakan berbagai alat penjadwalan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis kita.

Berbagai alat tersebut antara lain Group Sessions & Appointment Scheduler, Sell Services, Calendar Management, Solusi Pembayaran yang Aman, Keanggotaan & Paket dan anajemen Staf.

Ada juga alat untuk melakukan Manajemen Klien, Laporan dan Analitik serta Aplikasi Seluler yang Dapat Disesuaikan.

Melalui penjadwalan online ini kita bisa memamerkan dan menawarkan layanan kita dengan platform penjadwalan online yang profesional.

Kita bisa membuat bisnis kita lebih sederhana dengan platform ini karena disediakan solusi pemesanan yang all-in-one:

Kemudian untuk sell service kita dapat mendorong pendapatan dengan penjualan layanan secara langsung melalui website.

Melalui layanan ini kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk komunikasi yang terlalu panjang dengan klien, cukup menawarkan mereka untuk melakukan pembelian melalui layanan kalender kita.

Nah, selain hal-hal di atas masih banyak lagi layanan yang ditawarkan oleh wix booking untuk para pelanggannya.

Wix Menyediakan Websit Restoran Melalui Layanan Wix Restaurant

Selain e-commerce dan aplikasi penjadwalan, Wix juga memberikan tamplate website untuk pengelolaan restoran, yaitu Wix Restaurant.

Melalui platform ini kita akan mendapatkan berbagai manfaat antara lain:

  • Kita bisa membuat menu profesional dan menyesuaikan desainnya
  • Dapat melakukan pesanan online tanpa membayar komisi
  • Pelanggan dapat memesan meja 24/7
  • Kita dapat mempromosikan restoran kita dengan alat pemasaran yang canggih

Wix Restaurant memberikan beberapa fitur, yaitu: Secure Payment Solutions, Online Ordering System, Phone Ordering, Marketing Tools, Table Reservations, Menu Builder, Mobile Business Management, dan Professional Templates.

Kita akan sangat mudah membuat website restaurant kita, cukup ikuti step-step di bawah ini:

  1. Pilih dari 60+ templat situs web restoran profesional yang disediakan Wix
  • Sesuaikan desain kita agar sesuai dengan suasana bisnis kita
  • Tambahkan menu dan hidangan kita ke halaman restoran
  • Siapkan fitur pemesanan online atau reservasi meja
  • Publikasikan situs web kita dan datangkan pelanggan dengan berbagai alat pemasaran

Optimasi SEO dengan Wix SEO

Selain berbagai layanan berkaitan dengan kustomisasi website, Wix juga memberikan layanan berupa mesin optimasi SEO.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan layanan Wix SEO ini, antara lain:

  1. Kita bisa malakukan optimasi infrastruktur situs milik kita
  • Kontrol penuh atas meta tags
  • Melakukan kustomisasi data struktur
  • Manajemen URL yang fleksible
  • Integrasi dengan Google Search Console
  • Tersedia API SEO untuk para pengembang
  • Paket Penyiapan SEO yang Dipersonalisasi
  • Kelola, Lacak, dan Tingkatkan Lalu Lintas website kita dengan Integrasi Penting

Infrastruktur Wix didesain agar sesuai dengan kebutuhan crawler atau bot mesin telusur untuk mendukung kinerja website yang terbaik.

Hal ini juga meliputi rendering dari sisi server dan pembuatan URL bersih dengan slugs yang dapat disesuaikan.

Wix membuat dan memelihara peta situs XML pengguna, menjaga semua info situs pengguna, halaman, dan menjaga agar hubungan antara hal tersebut tetap up to date.

Ditambah juga, semua gambar yang diupload oleh pengguna akan langsung dikompresi, diubah ukurannya, dan dikonversi ke WebP untuk mempercepat pemuatan halaman.

Kemudian, Tag meta SEO-friendly, seperti judul, deskripsi, dan og tags, dibuat secara otomatis untuk semua halaman situs pengguna.

Kita dapat mengubah atau menambahkan yang baru untuk dapat mengoptimalkan halaman kita dalam melakukan pencarian.

Kita bisa membuat logika kitsa sendiri dan menggunakannya di banyak produk, acara, halaman blog, dan lainnya, daripada harus mengedit halaman demi halaman.

Data struktur dari Wix juga akan otomatis di dynamic pages seperti halaman produk, acara, postingan forum, dan lainnya. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Google dan schema.org

Kita juga dapat menuliskan markup skema kita sendiri untuk halaman statis sehingga konten memenuhi syarat untuk ditampilkan sebagai rich result.

Weebly

Weebly merupakan platform yang menyediakan tools untuk membuat website secara gratis. Weebly dilengkapi dengan berbagai format widget.

Widget ini memungkinkan para pengguna untuk membuat halaman dengan hanya dengan melakukan beberapa klik, dragging (menyeret) dan dropping (menjatuhkan.

Berbagai elemen yang berbeda (gambar, teks, atau konten interaktif, dll) tersedia dan dapat langsung digunakan dalam membuat sebuah halaman dan melakukan pengisian konten.

Weebly dibangun oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini. Perusahaan ini berbasis di San Francisco, dan mulai didirikan pada tahun 2006 dan melakukan relaunching pada tahun 2007.

Baru saja dirilis, platform ini langsung masuk dalam majalah Time sebagai website terbaik keempat dari lima puluh website pada tahun 2007.

Platform tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat, hingga pada Juni 2008 melakukan pelucuran fitur baru bernama Weebly pro.

Fitur baru ini memungkinkan para pengguna untuk membuat password halaman sehingga situs kita dapat terlindungi dan terdapat peningkatan terhadap batasan ukuran file upgrade.

Selain itu juga Weebly pro menerima layanan dukungan tambahan atau support. Pada tahun tersebut pula Weebly membuat sistemnya kompatibel dengan Safari dan Google Chrome.

Pengembangan fitur yang bernama Weebly editor ini dilakukan setelah sebelumnya hanya mencover untuk internet explorer dan firefox saja.

Fitur-Fitur yang Disediakan Weebly Pro

Weebly memiliki berbagai macam fitur yang sangat elegan dan ramah pengguna. Hal ini dapat dilihat misalnya saja dari fitur Weebly editor.

Interface dari Weebly editor memungkinkan para pengguna dengan mudah dan cepat melakukan “Drag dan Drop” konten ke halaman website yang terbuka.

Fitur ini adalah fitur utama dan andalan dari weebly. Cara ini termasuk suatu hal baru dan mendobrak pemahaman bahwa membuat suatu website adalah sangat sulit.

Fitur lain misalnya, di weebly pengguna sangat memungkinkan untuk membuat desain tema dan menambah blog. Kelebihannya kedua hal tersebut dijamin akan terbebas dari iklan.

Kemudian untuk layanannya sendiri, Weebly menyediakan layanan yang free dan juga yang premium. Tentu dengan berbagai fitur yang berbeda di antara kedua layanan.

Jika kita menggunakan layanan yang bersifat gratis, kita akan puas dengan bisa membuat 2 website. Tetapi untuk layanan premium bisa lebih dari itu, bahkan hingga 10 website.

Untuk akun premium ini keunggulan lainnya adalah adanya peningkatan ukuran “filesize” untuk mengunggah berkas dan video, halaman terlindungi, favicon dan menghapus tautan kaki dari weebly.

Kita juga bisa mengundang pengguna lainnya untuk dapat melakukan editing terhadap website kita, maupun konten yang sudah kita buat dalam website tersebut.

Kemudian untuk versi gratis dari Weebly juga tidak kalah menarik, karena kita juga bisa membuat dan menggunakan nama domain custom.

Jadi Weebly versi gratis ini sangat recomended untuk digunakan sebagai ajang coba-coba terlebih dahulu sebelum nantinya mengupgrade penggunaan ke versi premium.

Tidak ketinggalan juga Weebly ini juga tentunya akan support jika pengguna ingin melakukan migrasi ke penyedia layanan hosting lainnya dengan menyediakan fitur “archive”.

Seperti halnya platform lainnya, Weebly juga memberikan tamplate website yang bisa digunakan untuk ecommerce atau toko online.

Unggul dalam User Experience

Berbagai ulasan yang sangat terpercaya menyatakan bahwa Weebly memiliki keunggulan dalam segi user experience dibandingkan dengan platform website builder lainnya.

Weebly sangat mudah digunakan. Berikut step yang bisa kita lakukan ketika ingin berlangganan dengan Webbly:

  1. Masuk ke website resminya
  • Tetapkan tujuan, apakah ingin membuat website ataukah toko online. Sekedar informasi bahwa platform ini memiliki spesialisasi di online store.
  • Melakukan registrasi, bisa lewat google atau akun facebook. Bisa memilih sesuai dengan kesediaan.
  • Pilih tema dan juga nama domain (bisa menggunakan yang sudah dimiliki sebelumnya)
  • Bikin halaman website kita dengan drag and drop komponen yang dibutuhkan di tempat yang kita kehendaki.

Meskipun Weebly dalam layanan dan juga berbagai fitur yang disediakan sangat sederhana tetapi jika dibandingkan dengan platform yang menyediakan servis gratis lainnya Weebly masih sangat unggul.

Terlebih Widget dan aplikasi yang disediakan oleh Weebly ini juga mayoritas diberikan secara gratis dan dapat kita download dengan sangat mudah.

Weebly menyediakan sekitar 67 tema yang bisa dipilih dan bisa digunakan untuk membangun halaman website kita.

Tema-tema tersebut juga sangat modern dan minimalis serta tersedia dalam berbagai kategori kegunaan yang juga bisa dipilih secara bebas.

Kategori yang disediakan Weebly untuk tema-temanya antara lain adalah Unggulan, Online shop, Bisnis, Portofolio, Pribadi, Peristiwa dan Blog.

Memiliki Aplikasi Mobile

Salah satu terobosan yang berbeda dari Weebly adalah platform ini menyediakan aplikasi versi mobile sehingga membuat pengguna menjadi lebih termanjakan.

Para pengguna dapat melakukan editing atau bahkan membuat halaman website dimanapun dan kapanpun tanpa harus menggunakan laptop.

Para pengguna bisa menggunakan HandPhone untuk melakukan itu semua. Dan Weebly ini sudah support dan tersedia di iPhone, iPad, serta Android Android Tablet.

Layanan dari Weebly ini tidak hanya berhenti dalam hal tersebut saja, tetapi aplikasi mobile dari Weebly ini juga mencover secara penuh kebutuhan pengguna di aplikasi tersebut.

Sehingga pengguna juga malakukan pemeriksaan pembelian, penerimaan pembayaran, pemeriksaan inventaris, pemenuhan pesanan, dan sebagainya.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan secara offline dengan melakukan sinkronisasi perubahan ketika kembali online.

Mau Pindah Layanan? Sangat Gampang

Berbagai kemudahan Weebly dalam berbagai layanan yang diberikan memang di desain untuk para pengguna awam yang sebelumnya sama sekali tidak memiliki pengetahun tentang website.

Tentu melihat hal tersebut sudah kita ketahui bahwa para pengguna Weebly memang kebanyakan adalah pengguna yang juga tidak pernah menggunakan website untuk keperluan pribadi maupun perusahaan.

Karena desainnya yang sudah disesuaikan para pengguna tersebut akhirnya dapat berkembang dengan cepat dan juga memperoleh keterampilan teknis baru.

Setelah itu kemungkinan terbesar adalah para pengguna akan memiliki kebutuhan untuk melakukan penyesuaian dan melakukan upgrade terhadap websitenya.

Weebly dalam hal ini akan sangat terbuka dengan itu, bahkan platform ini menyediakan fitur untuk mempermudah pengguna jika ingin berpindah layanan ke plaform lainnya.

Sehingga, misal para pegguna ini melakukan transfer website yang dimilikinya ke Layanan WordPress, para pengguna akan sangat mudah melakukannya.

Tentu bagi beberapa orang Weebly sangat mengejutkan dengan menyediakan fitur ini. Kebanyakan perusahaan bahkan akan melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kunsumennya agar tidak pindah ke platform lain.

Tetapi tidak dengan Weebly, para pengguna dapat dengan mudah mentransfer setiap data yang dibuat di Weebly ke website builder lain.

Kita dapat mentransfer berbagi komponen terpisah dari website Weebly kita, seperti kontak, produk, pesanan toko, dan sebagainya ke website builder lainnya.

shopify
shopify

Shopify

“Sell online with Shopify” merupakan tagline utama dari shopify yang akan kita lihat pertama kali ketika membuka website resmi shopify ini.

Melalui tagline ini tentu kita sudah mengetahui bahwa layanan utama dari Shopy sebagai sebuah website builder adalah pembuatan toko online atau eCommerce.

Shopify dapat membantu kita dalam membuat dan mengelola setiap kebutuhan yang diperlukan dalam bisnis para pengguna dengan sangat mudah, mulai dari desain hingga pengelolaan inventaris.

Berbagai paket disediakan oleh Shopify, untuk paket lengkap para pengguna hampir bisa mendapatkan apa saja yang berkaitan dengan bisnis atau toko online.

Tetapi terdapat juga paket lite untuk para pengguna yang hanya butuh menggunakan beberapa fitur tertentu dan menambahkan beberapa plugin di website yang sudah ada.

Mengenal Shopify Lebih Dekat

Shopify mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2004 di Ottawa, Kanada. Setelah sekitar 16 tahun saat ini Shopify telah mendukung lebih dari 600.000 seller dengan jumlah pendapatan lebih dari $82 miliar.

Pada saat berdirinya, Shopify boleh dibilang adalah platform yang menjadi inovator dibidang ini karena belum ada solusi satupun dari e-commerce pada waktu itu.

Shopify memiliki misi besar untuk membuat perdagangan menjadi lebih baik untuk semua orang.

Shopify membantu dengan memberikan berbagai layanan yang dapat membuat setiap orang mencapai kemandirian.

Kemandirian dalam hal ini adalah membuat semua orang menjadi sangat mudah dalam memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis mereka.

Boleh dibilang Shopify dalam hal ini ingin mengurangi hambatan kepemilikan bisnis untuk menjadikan perdagangan lebih baik bagi semua orang.

Platform ini menciptakan sebuah komunitas yang besar dan dapat memberikan dampak yang luas di dunia perdagangan di seluruh dunia.

Berawal dari hanya lima orang yang bekerja di warung kopi, saat ini platform ini telah memiliki lebih dari 5.000 tim di seluruh dunia.

Shopify juga telah mendukung lebih dari 1.000.000 bisnis. Shopify mengalami perkembangan yang pesat dan selalu berusaha memberikan dampat terhadap setiap layanan yang mereka kembangkan.

Bahkan terhitung dari tahun 2016 hingga 2019, bisnis di Shopify sudah menyumbang sebesar $ 319 miliar dalam aktivitas ekonomi di seluruh dunia.

Berbagai Fitur Shopify

Seperti yang telah sedikit diulas di atas bahwa Shopify adalah layanan website builder yang memiliki spesifikasi di bidang perancangan toko online.

Shopify untuk memperjelas layanannya tersebut juga memberikan berbagai pilihan tema baik yang bersifat gratis maupun tema-tema yang berbayar atau premium.

Selain itu, jika kita tidak menghendaki tema yang tersedia di Shopify, kita juga dapat membuat tema kita sendiri kemudian mengupload tema tersebut secara pribadi.

Meskipun bisa di custom untuk tema dari halaman yang ingin kita buat, tetapi tetap bahwa fokus Shopify adalah untuk toko online. Sehingga tema yang dibuat perlu disesuaikan.

Shopify juga sudah support untuk integrasi dengan berbagai macam third party misalnya untuk pembayaran online dengan kartu kredit (melalui beberapa gateway) PayPal dan bahkan BitCoin.

Selain pilihan tersebut terdapat pilihan pembayaran lain yang juga disediakan oleh Shopify, yaitu transfer bank atau Cash on Delivery (CoD).

Pembayaran Shopify ini juga dapat langsung diintegrasikan dengan toko para pengguna. Sehingga setiap pembayaran dapat berjalan melalui Shopify tanpa perlu memasang gateway atau apa pun.

Ketika terdapat orang yang belanja di toko online para pengguna dapat langsung memasukkannya ke keranjang e-commerce bawaan dari Shopify kemudian membeyar langsung melalui toko tersebut.

Selain fitur-fitur di layanan e-commerce tersebut shopify juga memiliki berbagai layanan lain seperti website editor, online retail, pemilihan nama domain dan e-commerce hosting.

Kemudian ada juga Shopping chart, e-commerce software, online store builder, oberlo dropshipping business, cross-border e-commerce dan lain sebagainya.

Keunggulan Shopify

Selain beberapa hal yang sudah disampaikan sebelumnya, Shopify dalam hal ini juga memiliki keunggulan lain jika dibandingkan dengan platform website builder lainnya.

Beberapa keunggulan yang dapat dilihat adalah:

  1. Shopify memiliki pengalaman orientasi yang lancar dan sangat komprehensif
  • Websitenya cepat dan sangat handal
  • Dilangkapi dengan berbagai tools marketing yang bagus
  • Jangkaun penjualannya yang luas
  • Memperluas jangkauan toko secara fisik maupun online
  • Memiliki basus pengetahuan dan dukungan pelanggan yang sangat memadai

Pengalaman Orientasi Yang Lancar Dan Sangat Komprehensif

Pengalaman orientasinya yang lancar serta komprehensif akan mempermudah para pengguna dalam menempuh seluruh proses dalam pembuatan website toko online secara akurat.

Ketika kita mendaftar di Shopify kita akan langsung diberitahukan seluruh proses yang bisa kita lakukan dari awal sampai akhir dengan sangat jelas.

Shopify dalam hal ini terlihat sangat interaktif kepada para pengguna dalam upayanya untuk membuat mereka mengetahui lebih detail terkait gambaran, tujuan dan hasil akhir website yang ingin dibuat.

Setelah selesai mendaftar kita akan diberikan beberapa pertanyaan singkat yang bisa merekam kebutuhan kita. Hal ini sangat membantu Shopify untuk memberikan solusi ideal bagi kita.

Melalui jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut Shopify akan membentuk sebuah rekomendasi yang bisa digunakan oleh perngguna, misalnya dalam hal rekomendasi tema yang sesuai dengan  bisnis kita.

Dilangkapi dengan berbagai tools marketing

Salah satu yang menakjubkan dari Shopify adalah kita bisa menggunakan semua fitur all-in-one dalam satu aplikasi, salah satunya untuk keperluan marketing.

Banyak tools yang disediakan oleh Shopify yang bisa digunakan untuk marketing. Kita akan dimanjakan karena bisa langsung membuat iklan melalui dashboard Shopify.

Caranya kita tinggal memilih dan memutuskan untuk menggunakan aplikasi apa saja yang ada di daftar Shopify.

Bahkan kita sangat mungkin untuk membuat landing page untuk setiap platform pemasaran langsung dari shopify.

Saluran-saluran potensial dari Shopify yang dapat membantu dalam hal marketing dan meningkatkan penjualan adalah sebagai berikut:

  • Facebook, kita bisa otomatis menjual produk Shopify kita di halaman Facebook.
  • Amazon, kita bisa mengubungkan Shopify ke Amazon Professional Seller.
  • Pinterest, kita juga dapat menjual produk kita dengan “Pin direct”.
  • Aplikasi Seluler, bahkan kita bisa menjual produk Shopify di aplikasi yang kita kembangkan sendiri.
  • Jual secara langsung di toko fisik, dalam hal ini Shopify membantu mengintegrasikan semua produk dan inventaris kita dengan sistem POS bawaan.

Nah, selain berbagai pilihan tools marketing tersebut. Jika misalkan ada yang membeli produk kita dari berbagai negara, Shopify juga sudah support dengan itu.

Bahkan Shopify sudah didukung dengan lebih dari 100 pemroses pembayaran online di seluruh dunia yang bisa digunakan kapan saja.

Keunggulan Pembayaran Shopify adalah kita dapat mengelola semua transaksi toko online kita dalam platform Shopify.

Sistem pembayaran ini sangat mudah disiapkan karena sistem pembayaran tersebut sudah terintegrasi penuh dengan toko online milik kita. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan shopify!

baca juga

    Squarespaces

    Squarespace adalah platform yang menawarkan banyak alat yang berguna untuk membangun website yang menarik dan fungsional untuk penggunaan pribadi dan bisnis kecil.

    Platform ini memiliki gaya yang sangat menarik dengan banyak kemampuan dan juga integrasi, misalnya sudah support untuk Apple Pay, Mailchimp, dan PayPal. 

    Semua website yang dibangun dengan squarespaces akan mendapatkan SSL gratis dan sudah include dengan pendaftaran domain. 

    Banyak kelebihan yang dimiliki platform ini, antara lain adalah desainnya yang cantik dan responsif sehingga dapat diakomodasi oleh layar ponsel.

    Memiliki kemampuan menjual yang mendalam (deep selling capabilities) termasuk dalam hal unduhan secara digital.

    Kemudian seperti yang sudah disampaikan di awal yaitu sertifikat SSL diberikan secara gratis serta alat bantuan dan analitik yang sangat bagus.

    Berbagai Pilihan Interface dan juga Desain Website

    Semua orang yang akan membuat website pasti pertama kali yang akan diperhatikan adalah tamplate yang akan digunakan sebelum kemudian memproses desain website tersebut .

    Squarespace dalam hal ini menawarkan banyak tamplate menarik yang bisa digunakan. Banyak tamplate bahkan bisa menampilkan latar belakang foto lengkap dengan scrolling interface

    Setelah memilih tamplate kita selanjutnya dapat memilih kategori yang disediakan oleh squarespace seperti media, musik, perjalanan dan sebagainya.

    Kemudian kita bisa memilih sasaran dari website yang akan kita buat seperti untuk mengumumkan acara, memamerkan karya seni, blogging, atau menjual produk. 

    Selanjutnya untuk langkah permulaan ini yang terpenting adalah menentukan apakah website kita dibuat kita sendiri, teman, klien, bisnis, atau lainnya. Kita kemudian juga diminta memasukkan deskripsi situs, dan akhirnya judul untuk situs tersebut.

    Squarespace memungkinkan kita untuk dapat menavigasi website kita menggunakan navigasi pada pratinjau itu sendiri.

    Terdapat banyak pilihan elemen halaman yang bisa digunakan, salah satunya memungkinkan kita untuk dapat memasukkan penurunan harga, dan juga bahasa pengeditan halaman web yang ringan. 

    Kemudian semua elemen yang disediakan sudah termasuk teks, gambar, galeri, spacer, tombol, bagan, formulir, dan tautan. 

    Selain iytu juga tersedia berbagai integrasi yang sangat berguna seperti SoundCloud, Flickr, dan OpenTable.

    Terdapat sekitar 14 Ekstensi Squarespace yang bisa dipakai, termasuk inFlow Cloud (perangkat lunak inventaris) dan QuickBooks Online oleh OneSaas (akuntansi otomatis).

    Bekerja Dengan Gambar

    Squarespace tidak hanya menawarkan pengeditan foto online yang terintegrasi dan otomatis untuk setiap gambar yang kita unggah.

    Platform ini juga menyediakan kemungkinan untuk para pengguna agar dapat mencari, dan melihat pratinjau.

    Selain itu juga memungkinkan untuk membeli lisensi agar bisa menggunakan stok fotografi profesional Getty Images di situs kita. Biaya lisensi yang diberikan oleh Squarespace adalah $ 10. 

    Selain harga tersebut sangat terjangkau kelebihan lainnya adalah, Squarespace tidak menyimpan tempat penyimpanan gambar yang diunggah untuk digunakan di tempat lain di situs kita. 

    Sebaliknya, kita perlu mengunggah gambar setiap kali ingin menggunakannya. Hal ini sangat bagus untuk mengelola storage dari website kita agar tidak terlalu berlebih.

    Kita juga dapat menambahkan galeri ke halaman mana pun, atau menambahkan halaman galeri, yang desainnya diambil dari tamplate kita.

    Kita tidak perlu melakukan penyesuaian tampilan galeri jika kita sudah mengikuti rute halaman yang disediakan oleh Squarepace. 

    Galeri di halaman ini bisa muncul sebagai carousel, kisi, tayangan slide, atau tumpukan, dan terdapat berbagai pilihan penyesuaian perilaku.

    Seperti memperlihatkan judul dan deskripsi saat mouse berada di atas gambar, transisi, dan lightbox untuk jenis galeri kisi. 

    Layanan Blogging Dari Squarespace

    Squarespace memberikan layanan blogging untuk para pengguna. Hal ini memungkinkan para pengguna dapat menambahkan hampir jenis konten ke entri blog.

    Berbagai jenis konten tersebut dapat kita tambahkan juga ke halaman lain yang kita buat. 

    Bahkan Squarespace juga memungkinkan kita untuk dapat menyimpan dan menjadwalkan postingan yang akan diterbitkan pada waktu tertentu.

    Squarespace juga meyediakan berbagai ikon yang dapat disertakan dalam setiap kiriman, misalnya ikon hati untuk menyukai, ikon komentar dan ikon bagikan. 

    Selain itu kita juga dapat mengaktifkan RSS feed untuk blog kita dan menggunakan email untuk menulis posting baru saat kita sedang berada di tempat. Integrasi podcasting iTunes juga tersedia.

    Layanan Untuk Membangung Mobile Apps

    Berbeda dengan platform lainnya, bahkan Squarespace juga sudah support untuk membangun mobile apps dengan berbagai tamplate yang sudah disediakan.

    Squarespace dalam hal ini dapat membantu kita dalam membuat aplikasi mobile dari website yang kita buat untuk browser dan desktop secara otomatis. 

    Meskipun di generate secara otomatis, namun aplikasi yang dibuat dengan Squarespace juga cukup terlihat bagus di perangkat seluler.

    Hal ini dikarenakan template yang dibuat sengaja membatasi penempatan dan ukuran objek. Terdapat satu setelan khusus seluler: mobile information bar. 

    Setelan tersebut merupakan menu yang muncul di bagian bawah tampilan situs seluler yang menampilkan kontak, lokasi, dan jam kerja, jika kita telah mengaktifkannya. 

    Squarespace menampilkan tombol di sepanjang bagian atas interface pengeditan yang memungkinkan kita melihat pratinjau situs kita seperti yang akan ditampilkan di smartphone dan tablet.

    Melihat Traffic dari Website Pengguna

    Semua akun Squarespace menyertakan fitur Analytics yang akan menunjukkan statistik lalu lintas per jam, harian, mingguan, dan bulanan untuk kunjungan, tampilan halaman, dan ukuran audiens. 

    Hal ini juga akan menunjukkan aktivitas situs seluler, perujuk, konten populer, dan Search Engine Query. Termasuk juga di dalamnya panel Kata Kunci Pencarian Google.

    Alat yang memungkinkan kita dapat melihat kata kunci, rasio klik-tayang, dan posisi pencarian setelah menghubungkan akun kita ke Google Search Console.

    Terdapat juga juga panel Kata Kunci Pencarian Lain yang menunjukkan istilah yang digunakan di Bing dan mesin alternatif lainnya.

    Harga Yang Harus Dikeluarkan

    Squarespace adalah layanan premium yang tidak menawarkan layanan gratis jangka panjang. Namun kita tetap mendapatkan trial gratis selama dua minggu.

    Tetapi selama masa trial tersebut kita tidak bisa menayangkan website kita sebelum membayar akun.

    Harga akun mulai dari $ 16 per bulan (atau $ 12 per bulan, ditagih setiap tahun) untuk kebutuhan Pribadi, yang dapat mencover situs hingga 20 halaman. 

    Terdapat paket Business Plan dengan harga $ 26 per bulan ($ 18 per bulan, ditagih setiap tahun), yang memungkinkan kita menjual dengan biaya transaksi 3 persen.

    Kemudian harga yang laing mahal adalah $ 46 per bulan (atau $ 40 per bulan, ditagih setiap tahun) untuk paket Perdagangan Lanjutan, yang menyajikan bandwidth tak terbatas dengan real time shipping integration.

    Squarespace juga menawarkan paket Perdagangan Dasar $ 30 per bulan ($ 26 per bulan, ditagih setiap tahun), yang menghapus biaya tersebut (seperti halnya paket Perdagangan Lanjutan). 

    Harga yang dibayar sudah termasuk hosting, satu tahun pendaftaran domain gratis (jika kita mengambil paket tahunan).

    Meskipun demikian kita juga tetap dapat menghubungkan domain yang sudah kita miliki ke situs yang dibuat oleh Squarespace. 

    Setelah tahun pertama, harga domain bervariasi tergantung pada keinginan URL yang kita pilih.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!