5 Alat Pelaporan SEO Penting Untuk Agensi

5 Alat Pelaporan SEO Penting Untuk Agensi , Sedang berdebat tentang alat pelaporan SEO apa yang harus Anda gunakan di agensi Anda? Riset adalah kunci untuk membuat pilihan yang tepat. Baca lebih lanjut.

Klien Anda mempercayai Anda untuk menciptakan hasil yang nyata dan mencapai KPI yang mendorong bisnis mereka.

Memahami seluk-beluk cara kerjanya bisa jadi sulit, jadi penting untuk menunjukkan kemajuan dan upaya Anda.

Perangkat lunak pelaporan SEO menampilkan metrik penting dengan cara yang mudah dicerna dan direpresentasikan secara visual. Perangkat lunak ini tidak perlu menebak-nebak dan merujuk secara manual, serta menyoroti pencapaian selama waktu tertentu.

Alat yang hebat juga dapat membantu Anda merumuskan item tindakan, mengukur kinerja kampanye, dan melihat hasil nyata yang dapat membantu Anda membuat evaluasi baru dan inovatif.

Alat-alat terbaru dan yang dianggap paling hebat selalu hadir di pasar, menjanjikan untuk mengubah cara Anda melakukan laporan.

Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor ketika memutuskan perangkat lunak mana yang akan diterapkan. Harga, fitur, dan kemudahan penggunaan adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan.

Alat yang hemat biaya dengan kurva pembelajaran yang curam mungkin tidak sepadan dengan fitur-fiturnya. Demikian pula, alat yang mahal mungkin lebih menarik jika mudah digunakan tetapi dapat dengan cepat meningkatkan biaya.

Sama seperti keputusan bisnis transformasional lainnya, Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra dengan hati-hati untuk menentukan yang tepat untuk Anda.

5 Alat Pelaporan SEO Penting Untuk Agensi

Kesimpulan Utama

Biaya, aksesibilitas, dan fitur adalah benang merah perbandingan untuk alat pelaporan SEO.

Untuk benar-benar mendapatkan manfaat terbaik dari alat pelaporan SEO untuk agensi Anda, Anda harus mempertimbangkan beberapa detail, termasuk skalabilitas, penyesuaian, integrasi, dan akses ke dukungan.

Apa yang mungkin dianggap sebagai alat di bawah standar dapat menjadi pengubah permainan untuk sebuah agensi. Uji tuntas dan penelitian adalah kunci untuk mengetahui apa yang akan berhasil untuk tim Anda.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Alat Pelaporan SEO

Mungkin sulit untuk membuat kepala atau ekor dari alat yang tersedia dan memilih mana yang paling menguntungkan agensi Anda.

Berikut adalah 10 persyaratan penting dari alat pelaporan SEO.

1. Data Regional yang Akurat dan Terkini

Pelaporan SEO adalah tentang data. Perangkat lunak harus memiliki akses ke data yang akurat dan terkini yang dilokalkan ke wilayah yang ditargetkan klien Anda.

Data pencarian dari Singapura tidak ada artinya jika klien Anda mencoba untuk mendapatkan peringkat untuk [layanan pipa ledeng jakarta], jadi pelokalan itu penting.

Alat ini harus memperbarui data secara teratur dan dengan akurasi yang dapat diandalkan sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang posisi klien Anda dalam persaingan.

2. Integrasi Dengan Alat Pihak Ketiga

Khususnya untuk kampanye pemasaran digital berskala besar, kemampuan untuk melaporkan semua KPI di satu tempat sangatlah penting.

Semakin banyak integrasi yang tersedia dengan alat pihak ketiga (misalnya, Google Analytics, Google Business Profile, Majestic), semakin baik.

Beberapa alat bahkan memungkinkan Anda untuk mengunggah kumpulan data khusus.

3. Skalabilitas

Anda tidak ingin harus melatih ulang atau berinvestasi kembali pada perangkat lunak baru setiap kali agensi Anda mencapai tingkat yang baru.

Alat pelaporan SEO yang tepat harus bekerja dengan baik untuk ukuran bisnis Anda saat ini dan menyisakan ruang untuk ekspansi saat Anda menerima lebih banyak klien.

4. Rangkaian Fitur yang Kuat

Alat pelaporan SEO yang hebat harus mencakup:

  • Pelacakan posisi.
  • Pemantauan tautan balik.
  • Data pesaing.
  • Analisis.

Merupakan bonus jika alat ini memiliki fitur pelaporan untuk media sosial, pemasaran email, pelacakan panggilan, dan / atau iklan berbayar untuk menjadikannya perangkat lunak pemasaran digital lengkap.

5. Terus Meningkatkan dan Memperbarui Fitur

SEO terus berkembang, begitu pula dengan alat pelaporan SEO.

Ketika kita melanjutkan transisi dari pengoptimalan situs web ke pengoptimalan kehadiran web, kemampuan alat untuk mengintegrasikan fitur-fitur baru sangat penting.

baca juga

6. Kemampuan Untuk Menyesuaikan Laporan

Setiap klien akan memiliki KPI, tujuan, dan prioritas yang berbeda.

Menyajikan informasi yang ingin dilihat oleh klien adalah hal yang paling penting untuk kampanye dan retensi yang sukses.

Perangkat lunak pelaporan pilihan Anda harus dapat menekankan data yang benar pada waktu yang tepat.

7. Integrasi Klien

Alat pelaporan SEO yang baik harus mempertimbangkan klien.

Alat ini harus memiliki gambaran umum yang sederhana tentang dasar-dasarnya, tetapi juga mudah bagi klien untuk menggali data pada tingkat yang lebih dalam.

Ini bisa berarti laporan ringkasan otomatis atau akses klien 24/7 ke dasbor.

8. Kemampuan Untuk Memberi Label Putih Pada Laporan

Meskipun pelabelan putih tidak penting (tidak ada klien yang akan mengendus saat menerima laporan dengan logo Google di sudut atas), hal ini membantu menjaga konsistensi merek dan memberikan kilau profesional pada semua yang Anda kirimkan kepada klien.

9. Akses ke Sumber Daya Pendukung

Sumber daya dukungan yang berkualitas dapat membantu Anda menemukan jalan memutar ketika Anda menghadapi hambatan.

Entah itu dokumentasi dukungan yang mendetail, fitur chat/desk dukungan, atau dukungan pelanggan yang responsif di media sosial, menemukan bantuan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan masalah itu penting.

10. Rasio Biaya Terhadap Nilai

Dengan proses yang tepat, investasi waktu, dan memanfaatkan sumber daya dukungan, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari perangkat pelaporan gratis daripada perangkat yang mahal.

Ini bisa berarti laporan ringkasan otomatis atau akses klien 24/7 ke dasbor.

5 Alat Pelaporan SEO Terbaik

1. AgencyAnalytics

Peringkat Saya Secara Keseluruhan: 4.7/5

AgencyAnalytics merupakan perangkat pelaporan pengantar/perantara yang berkualitas untuk agensi.

Di antara semua perangkat yang ada dalam daftar ini, ini merupakan salah satu yang paling mudah digunakan untuk agensi kecil hingga menengah.

Mulai dari $12 per bulan, per klien, dengan login staf dan klien tak terbatas, dasbor label putih, dan laporan bermerek otomatis. Persyaratan pembelian minimum berarti dua tingkatan pertama masing-masing seharga $60 per bulan dan $180 per bulan. Tetapi kemampuan Anda untuk mengubah pembayaran berdasarkan jumlah klien bisa membantu menjaga biaya tetap rendah.

AgencyAnalytics hadir dengan 70+ integrasi data pihak ketiga yang didukung.

Namun, ketergantungan pada data pihak ketiga ini berarti Anda mungkin memiliki laporan yang tidak lengkap ketika ada gangguan dalam transmisi.

Meskipun integrasi baru selalu ditambahkan, integrasi ini bisa saja bermasalah pada awalnya, sehingga tidak dapat diandalkan untuk dibagikan kepada klien hingga stabil.

Dengan kemampuan bagi klien untuk masuk dan melihat pembaruan data harian, ini memberikan transparansi waktu nyata.

Laporan otomatis dapat disesuaikan, dan dasbor yang dapat disesuaikan dengan cara seret dan lepas memudahkan untuk menekankan KPI prioritas.

2. SE Ranking

Peringkat Saya Secara Keseluruhan: 4.5/5

SE Ranking mempunyai paket mulai dari $39,20 per bulan, meskipun paket $87,20 per bulan diperlukan jika Anda memerlukan data historis atau lebih dari 10 proyek.

Penyiapannya sangat mudah, karena tutorial di layar memandu Anda melalui prosesnya.

SE Ranking memiliki koleksi alat terkait SEO yang kuat, termasuk pelacakan posisi saat ini dan historis, riset SEO pesaing, saran kata kunci, penjelajah tautan balik, dan banyak lagi.

SE Ranking terhubung dengan Zapier, yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan ribuan aplikasi dan menyediakan otomatisasi tingkat tinggi antara aplikasi seperti Klipfolio, Salesforce, HubSpot, dan Google Apps.

SE Ranking adalah alat pelaporan SEO yang efektif pada tingkat pemula hingga menengah.

Namun, Anda mungkin ingin melihat ke arah yang berbeda jika agensi Anda membutuhkan implementasi yang lebih teknis atau penyesuaian tingkat lanjut.

3. Semrush

Peringkat Keseluruhan Saya: 4.4/5

Semrush merupakan salah satu perangkat pelaporan yang paling berfokus pada SEO dalam daftar ini, yang tercermin dalam fitur-fiturnya.

Mulai dari $229,95 per bulan untuk paket agensi, ini merupakan salah satu piranti yang lebih mahal dalam daftar. Tetapi Semrush menyediakan seperangkat peralatan lengkap yang dapat dipelajari pada tingkat menengah.

Kelemahan utama dari Semrush, terutama untuk agensi yang hemat biaya, adalah sebuah akun hanya dilengkapi dengan satu login pengguna.

Harus membeli lisensi individual untuk setiap analis SEO atau manajer akun akan bertambah dengan cepat, dan pengguna yang bisa Anda tambahkan dibatasi oleh fitur paket. Hal ini membuat skalabilitas menjadi masalah.

Semrush memiliki laporan bermerek dan label putih, tergantung pada tingkat langganan Anda. Menggunakan aliran data eksklusif, melacak lebih dari 800 juta kata kunci.

Fitur “proyek” yang terus berkembang mencakup segala sesuatu mulai dari pelacakan posisi hingga pemantauan tautan balik dan analisis media sosial.

Meskipun tidak secara khusus berada di bawah cakupan pelaporan SEO, inovasi Semrush menjadikannya toko serba ada untuk banyak agensi.

Fitur-fitur proyek termasuk Ad Builder, yang membantu membuat teks iklan yang menarik untuk Google Ads, dan Poster Media Sosial, yang memungkinkan agensi untuk menjadwalkan postingan sosial klien.

Menggabungkan beragam fitur di bawah payung Semrush mengimbangi biayanya yang relatif tinggi, terutama jika Anda bisa membatalkan perangkat lunak lain yang berlebihan.

4. Looker Studio

Penilaian Saya Secara Keseluruhan: 3.6/5

Sebelumnya dikenal sebagai Google Data Studio, Looker Studio adalah layanan Google yang telah berkembang pesat sejak peluncuran awalnya.

Meskipun jauh lebih teknis dan membutuhkan lebih banyak investasi waktu untuk menyiapkannya dibandingkan dengan sebagian besar alat lain dalam daftar ini, Looker Studio seharusnya intuitif bagi staf yang terbiasa dengan Google Analytics.

Jika Anda masih ragu, Looker Studio sepenuhnya gratis.

Kelebihan utama dari perangkat lunak ini adalah integrasi yang unggul dengan properti Google lainnya seperti Analytics, Search Console, Ads, dan YouTube.

Seperti perangkat pelaporan lainnya, perangkat ini juga memungkinkan integrasi data pihak ketiga, tetapi kemampuan untuk melakukan kueri data dari basis data, termasuk MySQL, PostgreSQL, dan Google Cloud SQL, membuatnya berbeda.

Anda bisa menyesuaikan laporan dengan KPI penting dengan pengaturan yang tepat, menarik dari informasi prospek dan pelanggan. Untuk klien eCommerce, Anda bahkan dapat mengintegrasikan data penjualan.

Meskipun penyiapan awal akan jauh lebih teknis, kemampuan untuk mengimpor templat akan menghemat waktu dan tenaga.

Anda juga dapat membuat templat Anda sendiri yang lebih mencerminkan proses Anda dan dapat dibagikan ke seluruh klien. Google juga memiliki video panduan untuk membantu Anda memulai.

5. Authority Labs

Peringkat Keseluruhan Saya: 3.2/5

Kredit gambar: Authority Labs, Desember 2022

Authority Labs cocok untuk digunakan jika Anda mencari alat pelacakan posisi yang mudah.

Authority Labs seharga $49 per bulan untuk pengguna tak terbatas, meskipun Anda perlu meningkatkan ke paket $99 per bulan

Anda dapat melacak data peringkat regional, mendapatkan wawasan tentang kata kunci “(tidak disediakan)”, melacak kata kunci pesaing, dan menjadwalkan pelaporan otomatis.

Namun, kurangnya fitur penting lainnya seperti pemantauan backlink atau data analitik berarti Anda harus melengkapi alat ini untuk memberikan gambaran pelaporan SEO yang lengkap untuk klien.

baca juga

    Kesimpulan

    Ada banyak alat pelaporan SEO berkualitas di pasaran. Apa yang membuat mereka berharga tergantung pada kemampuan mereka untuk bekerja untuk kebutuhan klien Anda.

    SE Ranking memiliki rasio biaya-ke-nilai yang fantastis, sementara Looker Studio memiliki kemampuan pelaporan tingkat lanjut jika Anda dapat bertahan dengan hambatan masuk yang lebih tinggi.

    Analisis Agensi memprioritaskan akses klien, yang merupakan masalah besar jika transparansi merupakan nilai inti untuk agensi Anda.

    Authority Labs menjaganya tetap ramping dan bersih, sedangkan Semrush selalu menambahkan fitur-fitur inovatif.

    Kelima ini hanyalah gambaran dari apa yang tersedia. Ada perangkat baru dan baru muncul yang mungkin memiliki beberapa fitur yang lebih menarik bagi klien Anda saat ini atau mengisi celah yang dibuat oleh perangkat lunak lain meskipun merupakan solusi yang hebat.

    Pada akhirnya, Anda perlu mempertimbangkan apa yang paling penting bagi agensi Anda. Apakah itu:

    Kedalaman fitur?

    Skalabilitas?

    Rasio biaya terhadap nilai?

    Setelah Anda menimbang faktor-faktor yang paling penting bagi agensi Anda, Anda dapat menemukan alat pelaporan SEO yang tepat. Sementara itu, jangan ragu untuk mencoba beberapa untuk masa percobaan.

    Jika Anda tidak ingin mendaftar untuk penggunaan sebulan penuh, Anda juga bisa menjelajahi video panduan dan ulasan dari pengguna saat ini. Keputusan yang paling tepat membutuhkan pemahaman tentang detail yang rumit.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×

     

    Hello!

    SEO Manager Kami Membantu Anda

    × SEO Consultation