5 Cara Ampuh Mengembangkan Blog dan Meningkatkan Kualitas Konten Anda

SEO UNDERCOVER CO ID 78

Blog sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam komunikasi bisnis. Blog yang sukses dapat meningkatkan brand awareness, membangun pengaruh yang kuat, dan dapat berujung pada mesin uang yang dapat Anda raup dengan jumlah yang cukup untuk membuat Anda berhenti bekerja.

Namun, banyak juga blog yang gagal memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh pemiliknya. Alasan paling kuat dari kegagalan blog adalah minimnya konten berkualitas, frekuensi mengunggah konten yang tak konsisten, dan minimnya upaya untuk promosi.

Padahal konten yang berkualitas adalah tulang punggung dari blog yang sukses, dan konten yang dapat menjawab kebutuhan audiens akan sangat cepat menghiasi halaman pertama Google dan sosial media.

SEO memang penting, namun awal dari segalanya adalah konten yang bagus. Google terus membenahi algoritmanya menjadi semakin rumit, dan situs yang akan diuntungkan pada akhirnya adalah situs yang menjawab kebutuhan pembacanya. Google kini mampu menampilkan hasil pencarian berdasarkan rekam jejak browsing dan perilaku pencarian dari masing-masing pengguna. Jika konten Anda serupa dengan yang diinginkan pengguna, dan Anda menggunakan kata kunci yang tepat, konten Anda akan muncul juga ke hasil pencarian pengguna.

Nah, sekarang bayangkan Anda mampu menciptakan konten yang berkualitas. Konten Anda dapat menjawab keinginan pengguna, serta kuat secara SEO. Artikel kali ini akan membantu Anda mencapainya.

Berikut ini adalah 5 Cara Ampuh Mengembangkan Blog dan Meningkatkan Kualitas Konten Anda.

1. Dengarkan audiens Anda

Semakin baik Anda mengenal target audiens Anda, semakin besar pula kemungkinan Anda dalam menciptakan konten yang sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk mengenali target audiens Anda, Anda perlu melihat topik apa saja selama ini yang paling disukai oleh audiens Anda. Lihat artikel-artikel yang pernah Anda buat; artikel mana yang paling banyak dibagikan dan paling banyak mendatangkan pengunjung?

Setelah itu, temukan kesamaan perilaku mereka, dan lihat juga apa saja yang sering mereka bahas. Amati pertanyaan yang sering muncul, dan tantangan yang sering mereka hadapi. Dari sini Anda bisa mulai menemukan apa sebenarnya yang audiens Anda butuhkan.

Setelah itu, Anda bisa mulai membuat konten yang dapat menjawab kebutuhan audiens Anda. Berikan juga tips-tips yang mudah diingat dan dilakukan.

Sebagai tips tambahan, Anda dapat menggunakan Buzzsumo untuk menemukan inspirasi konten. Selain itu Anda juga bisa menggunakan Quora dan Google Trending.

Buzzsumo adalah tools yang menampilkan konten apa saja yang paling banyak dibagikan di sosial media, sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Quora adalah situs tanya jawab yang disortir berdasarkan topik-topik tertentu. Sementara, Google Trending adalah tools untuk menemukan tren kata kunci apa saja yang sedang hangat.

2. Masukkan Kata Kunci di Laman dan Konten Anda

Kata kunci tetap memainkan peran penting dalam mengoptimalkan artikel Anda. Tak hanya memudahkan mesin pencari dalam menganalisa, audiens pun dapat dengan mudah mengetahui apa isi artikel Anda.

Lakukan investigasi mendalam terkait kata kunci. Idealnya, Anda perlu melihat tren terbaru terkait tema utama situs Anda, lalu dari sana Anda bisa mencari kata kunci apa yang paling sering dicari terkait topik tersebut.

Gunakan kata kunci ini untuk menemukan topik apa berikutnya yang bisa Anda tulis, dan masukkan juga kata kunci ini ke dalam elemen-elemen situs Anda. Elemen situs ini berupa meta description, judul, 100 kata pertama, paragraf pertama, salah satu dari subjudul, alt text, anchor text, dan di meta tags.

Bila kebingungan dalam meriset kata kunci, Anda bisa mencoba menggunakan Google Keyword Planner, Soovle, Hittail, Ubersuggest, dan masih banyak lagi.

Google Keyword Planner adalah tool gratis dari Google yang berfungsi untuk menemukan dan mencari kata kunci terkait topik yang Anda geluti.

Ubersuggest serupa dengan GKP, namun ia memberikan inspirasi kata kunci yang lebih banyak dan bervariasi. Sementara, Soovle dan Hittail memberikan inspirasi kata kunci yang lebih panjang, cocok untuk Anda yang mengincar kata kunci panjang.

3. Tingkatkan keterbacaan artikel Anda

Mesin pencari lebih menyukai situs yang cepat, responsif, dan tampilannya simpel.

Pastikan artikel Anda mudah dan menyenangkan untuk dibaca. Usahakan satu paragraf terdiri kurang dari 150 kata. Satu paragraf usahakan tidak lebih dari tiga baris.

Supaya semakin mudah dibaca, tambahkan subjudul dan angka pada tiap paragraf. Ini agar memudahkan pembaca yang skimming (membaca melompat-melompat). Selain itu gunakan juga bullet points dan gambar, supaya artikel Anda tidak melulu berisi teks.

4. Tambahkan gambar

Konten visual punya peluang dibagikan, disukai, dan dikomentari yang lebih besar dibandingkan konten yang hanya berisi teks. Malah, konten visual juga bisa mendatangkan traffic yang lebih besar dari mesin pencari dan juga dari jejaring sosial.

Tambahkan ilustrasi pada artikel Anda. Ilustrasi ini bisa berupa foto, gambar, infografik, dan video. Dengan begitu banyak tool gratisan yang tersedia di internet, Anda tak perlu menjadi desainer untuk mulai membuat konten visual yang bagus.

Tool gratis yang bisa Anda coba adalah Canva. Untuk mendapatkan gambar gratis yang berkualitas, Anda bisa mencarinya di Pexels atau Unsplash. Anda juga bisa mencoba membuat animasi menggunakan Moovly.

5. Promosikan artikel Anda di jejaring sosial

Sebaik apapun artikel Anda, Anda harus secara aktif mempromosikannya. Anda tak bisa mengandalkan SEO saja dalam mengedarkan artikel; Anda perlu juga menggunakan strategi lain seperti membagikannya ke jejaring sosial.

Jejaring sosial dapat menjadi saluran promosi, menciptakan brand authority, meningkatkan link profile, dan meningkatkan jangkauan audiens. Semakin besar engagement yang Anda hasilkan, semakin besar ranking Anda naik di halaman pencarian Google.

Selain membagikan artikel Anda di Twitter dan Facebook, Google+ adalah sosial media lain yang layak Anda coba. Meski penggunanya tak banyak, namun pengguna aktifnya tetap ada.

Kalau artikel Anda berbahasa Inggris, membagikannya di Reddit juga layak dicoba. Pengguna Reddit tergolong aktif, sehingga besar kemungkinan artikel Anda dibaca bersama dan dijadikan bahan diskusi. Untuk artikel berbahasa Indonesia Anda bisa menggunakan Kaskus.

Sarana lain adalah Medium, Tumblr, Quora, dan

baca juga

Jasa Pembuatan Website Profesional

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Pasang Iklan

Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda

Iklan Advetorial

Jasa Sosial Media

Email Marketing

26 Panduan Email Marketing Lengkap

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Bila Anda merasa repot harus membagikan satu artikel ke banyak saluran, Anda bisa menggunakan tool gratis seperti Blog2Social dan Buffer. Kedua tools ini membantu Anda mengotomasi proses distribusi artikel, bahkan Anda bisa mengatur jadwal kapan harus membagikan artikelnya.

Nah, demikian tadi 5 cara ampuh mengembangkan blog dan meningkatkan kualitas artikel Anda. Ketekunan dan kesungguhan untuk terus mengembangkan diri akan berdampak pula pada keberhasilan blog Anda. Mengembangkan blog dari nol hingga sukses memang butuh waktu, namun itulah yang membuatnya menjadi berarti.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh