5 Cara Mendapatkan Pinjaman UKM

5 Langkah – Langkah Mendapatkan Pinjaman Usaha Kecil dan Menengah (UKM)Mendapatkan pinjaman usaha merupakan hambatan utama yang dihadapi oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terutama karena adanya standar atau persyaratan pinjaman bank yang ketat.
Tetapi, kita juga mendapatkan pembiayaan dari luar yang seringkali diperlukan untuk memulai atau mengembangkan bisnis, dan juga menutup biaya sehari – hari, termasuk gaji , inventaris, dan transportasi.
Meskipun kita sulit menemukan, mengajukan, dan mendapatkan persetujuan pinjaman usaha, Anda lebih siap, semakin baik. Berikut cara untuk mendapatkan pinjaman usaha dibagi menjadi 5 langkah :

  1. Tentukan mengapa Anda membutuhkan pinjaman usaha dan juga bagaimana pinjaman ini akan membantu usaha bisnis Anda.Pemberi pinjaman akan bertanya kepada Anda, dan kemungkinan jawaban Anda akan termasuk dalam salah satu dari ketiga kategori ini :a) Untuk memulai usaha bisnis Anda.
  2. b) Untuk mengelola biaya sehari – hari.
  3. c) Untuk mengembangkan usaha bisnis Anda.

 

  1. Carilah dan pilihlah jenis – jenis pinjaman usaha yang tepat sesuai dengan produk – produk bank yang dibutuhkan.

Tentukan jenis – jenis pinjaman usaha yang paling tepat untuk Anda.

Jika Anda memulai bisnis, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan pinjaman usaha dalam tahun pertama. Pemberi pinjaman membutuhkan arus kas untuk mendukung pelunasan pinjaman, sehingga para pelaku UKM biasanya segera didiskualifikasi dari pembiayaan.
Sebagai gantinya, Anda harus mengandalkan kartu kredit, meminjam uang dari teman dan keluarga, urun dana (crowdfunding), lembaga pemberi pinjaman mikro.
 
 
Tidak hanya itu, para pelaku UKM bisa mengandalkan produk – produk perbankan yang diperlukan untuk usaha bisnis Anda. Produk – produk  perbankan ada bermacam – macam, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KRU), Kredit Tanpa Agunan (KTA), deposito, giro, dan loan deposit.
 

  1. Carilah lembaga pemberi pinjaman terbaik berdasarkan biaya dan persyaratan masing- masing pinjaman

Anda bisa mendapatkan pinjaman usaha dari beberapa tempat, termasuk bank, Lembaga Keuangan Mikro (LKM), dan lembaga pemberi pinjaman online. Pemberi pinjaman ini menawarkan berbagai produk termasuk pinjaman berjangka, lini kredit, dan pembiayaan piutang dagang.
Begitu Anda harus menentukan jenis – jenis lembaga pemberi pinjaman dan pembiayaan kendaraan yang tepat untuk Anda, lalu membandingkan dua atau tiga pilihan serupa berdasarkan tingkat persentase tahunan (total biaya pinjaman) dan jangka waktu.
Untuk memenuhi persyaratan pinjaman usaha, Anda bisa memilih pinjaman dengan persentase bunga tahunan (APR) yang paling rendah, asalkan Anda dapat secara rutin mempergunakan pembayaran pinjaman usaha.
Beberapa lembaga pemberi pinjaman yang bisa Anda pilih, di antaranya sebagai berikut :

  1. Gunakan bank ketika :

    – Anda bisa memberikan jaminan kesehatan dan keamanan.
    – Anda memiliki kartu kredit yang bagus.
    – Anda tidak membutuhkan uang tunai.

Pilihan bank tradisional mencakup jangka waktu pinjaman, lini kredit, dan hipotek komersial untuk membeli properti atau pembiayaan kembali. Mendapatkan dana juga membutuhkan waktu lebih lama dari pilihan lain – biasanya dua sampai enam bulan – namun bank biasanya menjadi salah satu pilihan pinjaman usaha dengan APR yang lebih rendah.

  1. Gunakan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) ketika Anda tidak bisa mendapatkan pinjaman tradisional karena usaha bisnis Anda terlalu kecil.

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan.
Lembaga keuangan mikro terdiri atas koperasi dan perseroan terbatas (PT). Persentase bunga tahunan (APR) atas pinjaman LKM ini biasanya lebih tinggi daripada pinjaman suatu bank. Formulir aplikasi berisi rencana bisnis yang dan laporan keuangan yang terperinci, serta juga deskripsi tentang pinjaman usaha apa yang digunakan, membuatnya menjadi proses yang panjang. Tetapi, pinjaman LKM dapat berjalan dengan baik bagi perusahaan kecil atau UKM yang tidak dapat memenuhi persyaratan pinjaman bank tradisional, disebabkan oleh terbatasnya waktu operasi, lini kredit pribadi yang buruk atau berkurangnya jaminan keamanan dan kesehatan.

  1. Gunakan lembaga pemberi pinjaman online saat :

    –  Anda kekurangan jaminan kesehatan dan keamanan.
    –  Anda kekurangan waktu dalam mendirikan usaha.s
    –  Anda membutuhkan uang tunai.

Lembaga pemberi pinjaman online menyediakan pinjaman usaha bagi UKM dan lini kredit. APR rata-rata untuk pinjaman ini berkisar antara 7% sampai 108%, tergantung pada pemberi pinjaman, jenis dan ukuran pinjaman, jangka waktu pelunasan pinjaman, riwayat peminjam kredit, dan apakah jaminan lain diperlukan.
 
 
baca juga
Kenali Daftar 99 Fintech Indonesia
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 
 

  1. Lihatlah apakah Anda

    memiliki apa yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan pinjaman usaha. Kumpulkan informasi tentang nilai kredit dan pendapatan tahunan Anda.

Nilai kredit dalam istilah keuangan adalah ukuran risiko kredit, biasanya untuk para    pelaku UKM, dihitung dari informasi kredit yang menggunakan formula standar.
Selain nilai kredit Anda, lembaga pemberi pinjaman akan mempertimbangkan berapa lama usaha Anda telah beroperasi. Anda harus mempertahankan usaha bisnis setidaknya satu tahun untuk memenuhi persyaratan pinjaman usaha secara online dan setidaknya dua tahun untuk memenuhi persyaratan pinjaman bank.
Apalagi, banyak lembaga pemberi pinjaman online membutuhkan pendapatan tahunan yang dapat berkisar antara Rp 0 sampai dengan Rp 50.000.000. Kenali dan cari tahu nilai minimum pendapatan tahunan yang diberikan oleh pemberi pinjaman sebelum Anda mengajukan kredit.
Terakhir, Anda bisa memantau keuangan bisnis, terutama masuk keluarnya arus kas dan juga mengevaluasi seberapa banyak Anda mampu mengajukan pembayaran pinjaman setiap bulan.

  1. Siapkan dokumen Anda dan ajukan pinjaman usaha. Cari tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan oleh pemberi pinjaman dari Anda sebelumnya.

. Setelah Anda memilih salah satu jenis pinjaman usaha, saatnya Anda bisa mengajukan pinjaman usaha yang sesuai dengan kebutuhan pembiayaan Anda dan Anda memenuhi persyaratan pinjaman usaha untuk melakukannya. Anda dapat mengajukan beberapa pinjaman UKM dalam jangka waktu yang singkat (sekitar dua minggu) dan juga menyiapkan beberapa dokumen – dokumen yang paling penting.
 
baca juga
Raup Untung Melimpah Lewat Franchise Apotek K-24
Tips Bisnis UKM
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
 
Tergantung pada pemberi pinjaman, Anda harus mengirimkan kombinasi dokumen – dokumen berikut dengan formulir aplikasi Anda, diantaranya sebagai berikut :
 
– Pengembalian pajak bisnis dan pajak pribadi
– Pernyataan rekening bank untuk pribadi dan bisnis.
– Laporan keuangan usaha
– Dokumen – dokumen bisnis legal berisi pernyataan pendirian usaha tersebut, sewa komersial, perjanjian waralaba).

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!