5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bisnis Baru Anda Melalui Google Maps

Categories: Tips Bisnis Online
jasa seo

undercover.co.id-Seorang kolumnis muda Wesley membandingkan beberapa bisnis baru yang dilakukan secara online untuk memperoleh informasi bagaimana caranya sebuah bisnis dapat tetap menarik dan lebih baik dibandingkan bisnis lainnya dalam sebuah laman hasil pencarian di Google Map.

Sebuah bisnis baru memang memerlukan banyak bantuan dari Google untuk menarik perhatian para pelanggan, menghasilkan pendapatan, dan berusaha tetap mempertahankan keberadaan perusahaannya, mengingat terdapat begitu banyak perusahaan yang juga memanfaatkan fitur-fitur dari Google.

Adanya guncangan ekonomi, seperti yang terjadi di Plano dan Frisco di bagian pinggir kota Dallas, memaksa beberapa toko bermunculan dan merajalela. Ada beberapa bangunan yang sengaja didirikan untuk komersial dan akan diisi oleh toko-toko yang dalam hitungan bulan biasanya sudah memadati.

Tercatat ada 84% masyarakat melakukan pencarian untuk bisnis lokal mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel merupakan salah satu cara untuk mendapatkan lokasi yang cocok dalam berbisnis.

google maps

Peranan Google Maps terhadap pencarian lokal di ponsel 50% lebih cepat dibandingkan pencarian biasa pada sebuah ponsel. Google mengendalikan 95% pencarian market pada perangkat ponsel. Bahkan jika anda menggunakan Safari (fitur pencarian) pada iPhone hanya untuk mencari “kedai kopi di dekat anda”, maka Google akan segera mendapatkannya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari US Mobile App comScore 2016, Google Maps mengambil tempat Google Search diposisi ke empat dengan jumlah pengunjung lebih dari 95 juta orang.

Ada beberapa cara yang harus anda pelajari jika menginginkan bisnis anda muncul di Google Maps, diantaranya adalah:

  1. Klaim profil pihak ketiga anda dan pastikan informasi yang tercantum akurat dan lengkap.

Terkadang Google mempertimbangkan data pihak ketiga bahkan jika data tersebut langsung dari bisnis anda yang bersangkutan. Jika anda mencari restauran di Google, jangan lupa untuk melihat SERP (Search engine results page) mereka untuk mendapatkan data pihak ketiga yang ditemukan oleh Google. Salah satu halaman SERP dari sebuah restoran bernama “Lazy Dog” memiliki halaman ulasan sebanyak 20.

Sebuah “Bar Grub Burger” mempunyai ulasan dari TripAdvisor di hasil pencarian, tetapi bukan sebagai pokok utama. Meskipun ada 15 ulasan, tetapi TripAdvisornya tidak diklaim dan TripAdvisor mengkategorikan “Bar Grub Burger” sebagai Bar dan bukan restauran.

  1. Sering Posting di Facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang ditawarkan dari Google dengan kehadiran halaman facebook dan biasanya setiap restoran yang memanfaatkan aplikasi ini akan muncul di halaman pertama Google SERP. Sejak dibuka pada bulan November 2016, restauran Lazy Dog memiliki poster dan pesan singkat dilokasinya, seperti iklan minuman, dan acara lainnya atau menghadirkan sebuah tamu yang harus dibiayai setiap hari. Itulah konten simpel yang dapat membantu anda.

facebook

 

  1. Membuat Konten Khusus Lokasi

Pemilik bisnis dengan banyak lokasi mungkin beranggapan bahwa reputasi sebuah merek dapat membantu seseorang mencari lokasi individu. Kenyataannya, hal itu hanya membantu area yang lain, dan tidak membantu dalam pencarian lokal. Contohnya, reastauran Lazy Dog Plano mengeluarkan banyak hasil yang hampir semuanya menunjukkan lokasi spesifik dari Plano. Sebaliknya, pencarian yang sama di restauran lain menunjukkan hasil yang banyak di lokasi yang lain.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa konten online dapat memberikan lokasi yang spesifik. Misalnya, sebuah restauran dapat memberikan konten lokasi spesifik disebuah situs online. Atau jika menginginkan hasil yang lebih bagus, gunakan media lokal lalu tuliskan konten mengenai lokasi anda.

  1. Mencari Media Lokal untuk Menulis Artikel Mengenai Bisnis Anda

Restauran Lazy Dog memanfaatkan 3 media lokal terkenal untuk menuliskan konten mengenai restaurannya ketika pertama kali dibuka. Salah satu media menuliskan artikel yang sangat komprehensif dan menceritakan Lazy Dog dengan baik berisi foto-foto yang sangat berkualitas. Konten, cerita, kutipan, fakta-fakta yang menarik, serta gambar yang dibuat dalam satu artikel akan cepat dan mudah membantu anda dalam memperkenalkan bisnis yang anda jalankan.

 

  1. Perkuatlah Keberadaan Bisnis Online Anda

Laman pencarian Google dapat memperlihatkan lokasi online bisnis anda apakah kuat (mudah terdeteksi) atau tidak. Restauran Lazy Dog terdapat di 6 halaman lokasi SERPs dan salah satunya tidak signifikan seperti yang diungkapkan Reddit bahwa kemunculannya di salah satu laman restauran lain di SERP. Itulah bukti bahwa Google memiliki beberapa opsi dalam menemukan informasi yang relevan dengan bisnis tersebut dan terkadang tidak seperti yang anda inginkan.

Jika anda memperhatikan lebih seksama, anda akan mendapatkan kesempatan bisnis dapat terlihat secara online dan biasanya gratis. Lakukanlah beberapa pencarian dari bisnis-bisnis orang lain dan temukan apa yang mereka tuliskan disana. Apakah mereka menggunakan jasa commerce, organisasi pemerintah lokal yang mendukung terhadap bisnis, blog, situs-situs kupon, kelompok industri, pemandu lokal, dan publikasi-publikasi lainnya yang mencari konten. Bisa jadi, jasa-jasa ini dapat mempromosikan bisnis anda jauh lebih baik.

Baca JUga

  1. 1000 Ide Dan Tips Bisnis Online Untuk Menaikkan Omzet dan Profit Bisnis
  2. Pasang Iklan
  3. Punya Bisnis Jasa? Ini 4 Tips Branding dan Cara Menjaga Brand-mu!

Sangat penting bagi sebuah bisnis baru untuk dapat terdeteksi di Google Maps secara cepat. Sebagian besar restauran yang memunculkan kehadirannya lewat online akan berkembang jauh lebih pesat dibandingkan restauran-restauran di pinggir jalan. Namun demikian, bisnis-bisnis yang diperkenalkan lewat online ini terkadang tidak terdeteksi di Google Maps secara jelas, sehingga dibutuhkan situs-situs online yang dapat mempercepat bisnis-bisnis ini terdeteksi di Google Maps dengan baik.

 

 

jasa seo

Your Thoughts