Published On: Sun, Nov 13th, 2016

5 Contoh Perusahaan Bisnis Yang Sukses Menerapkan Branding Kepada Karyawannya

undercover.co.id – Sebuah perusahaan baik itu berskala mikro ataupun makro pasti memiliki sebuah ciri khas yang ingin diperlihatkan kepada khalayak umum. Beragam cara pun mereka lakukan, mulai dari menciptakan slogan yang khas, membuat seragam yang khas, sampai pada komunikasi dan perkataan yang khas.

Tapi sadarkah kalian bahwa ke-khas-an mereka itu bukan semata-mata dibuat agar menunjukkan sesuatu yang beda saja? Lebih dari itu, hal tersebut merupakan sebuah cara atau proses branding yang perusahaan lakukan dengan bantuan karyawan sebagai objeknya.

Yes, branding tidak hanya dapat diaplikasikan terhadap produk, manusianya pun ternyata dapat di-branding. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini kami akan memberitahu lima perusahaan mana saja yang telah berhasil menerapkan branding pada karyawannya, dan membuat kita sampai-sampai memngingatnya. Come check this out!

  1. Indomaret

Salah satu mini market yang banyak ditemui di sekitar kita ini ternyata mereka melakukan proses branding terhadap karyawannya. Maka tak heran bilamana franchise-nya pun banyak diminati oleh para investor.

Kira-kira menurut kalian apa yang khas dari mereka? Sadar atau tidak bahwa jika kalian masuk ke tempat ini, dan membuka pintu, bagimanapun keadaannya sang kasir akan langsung reflek dengan berkata; “Selamat datang di Indomaret, silahkan belanja.” Selain kata-kata itu, para pramuniaga yang cantik dan ganteng pun dituntut untuk selalu ramah, dan tak lupa menawarkan produk lain yang kadang kita pun tidak terlalu membutuhkannya.

  1. Pertamina

Perusahaan minyak dan gas berskala nasional yang sudah berdiri lebih dari setengah abad, bernama Pertamina ternyata menerapkan pula strategi branding untuk karyawannya juga loh. Wah bagaimana tuh?

Iya, mereka sadar bahwa sekarang perusahaan migasnya ini tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan dalam hal penyediaan bahan bakar. Menyadari persaingan yang semakin ketat, maka pembenahan pun dilakukan secara total.

Baca Juga Ini Dia Bisnis Model Canvas Yang Mengubah Pola Para Pebisnis

Kalau kalian sadar, branding perusahaan yang jelas ingin mereka tunjukkan adalah melalui pelayanan karyawannya, yang diberi nama “pasti pas”. Coba pikir kembali, setiap kali kita pergi ke pom bensin ini, di saat akan mengisi bahan bakar, karyawan mereka pasti selalu berkata “dimulai dari angka nol ya Pak/Bu” sebelum alat pengisi mengalirkan bensin-nya ke tangki kendaraan kita. Bagaimana? Sekarang pasti sudah ngeuh kan.

5 Contoh Perusahaan Bisnis Yang Sukse Menerapkan Branding Kepada Karyawannya

5 Contoh Perusahaan Bisnis Yang Sukse Menerapkan Branding Kepada Karyawannya

  1. Garuda Indonesia

Selanjutnya adalah maskapai penerbangan Indonesia yang malang-melintang di dunia Internasional. Yap! Garuda Indonesia. Sebagai maskapai berskala Internasional, tentu mereka tak ingin hanya mememberikan pelayanan yang hanya biasa saja. Apalagi citra sebagi penerbangan terbaik di Indonesia menjadi beban tersendiri bagi maskapai ini.

Soal branding perusahaan yang ingin mereka tunjukkan lewat karyawannya adalah saat kita akan bergegas ke pesawat, maka di depan pintu masuk sudah ada pramugari yang cantik dengan senyum ramah nan siap menyambut dengan membungkukkan bahunya, sembari menempelkan kedua telapak tangannya di depan dada. Hal itu menunjukkan bahwa first impression yang ingin mereka bangun ialah melalui sebuah etika penyambutan yang ramah dan sopan. lihat artikel bisnis menarik lainnya

 

  1. MCD dan KFC

Ke-empat adalah dua perusahaan yang sebenarnya saling melakukan persaingan di industri kuliner, yaitu Mc Donald dan Kentuchky Fried Chicken. Restoran-restoran cepat saji yang tersebar di seluruh penjuru dunia ini, dalam sudut pandang branding terhadap karyawannya hampir ditunjukkan melalui perkataan dan tingkah laku yang sama.

Sebagai contoh, di saat kita mengantri untuk memesan menu makanan yang mereka tawarkan, sesampainnya di kasir, maka kata-kata yang pertama keluar dari pelayannya adalah seperti ini; “Selamat datang di MCD/KFC mau makan di sini atau dibawa pulang?” perkataan di awal itu yang membuat saya merasa ada kesamaan branding perusahaan yang ingin disampaikan melalui karyawan-karyawan mereka . Tak heran, kadang kita pun hampir bingung dengan cara persaingan mereka.

Baca Juga The Story Of Brand Pepsi Launched ‘1983 – Fuse The Trend of Soda with “Alcohol”

5.Pizza Hut

Terakhir adalah restoran yang menawarkan menu makanan khas Negara Italia, yaitu Pizza. Pasti kalian sudah tahu kan? Sip! siapa lagi kalau bukan Pizza Hut. Sebagai restoran yang sangat terkenal dengan menu-menu Pizza andalannya itu, tentu menjadi sebuah keharusan pula bagi mereka untuk tidak hanya melalukan branding terhadap produk tetapi juga karyawannya.

Apa yang kemudian mereka lakukan? Jawabnnya pelayanan yang sangat amat sopan. Misalnya, saat kita masuk restoran, maka pramusaji menyambut dengan berkata “maaf boleh saya tahu untuk makan berapa orang? lalu boleh saya tunjuukan meja-nya?” setelah itu, di saat pramusaji datang ke meja makan kita untuk memberikan menu, mereka pun akan berkata lagi “boleh saya tawarkan menunnya?” selesai memilih menu mereka pun berkata kunci yang sama “boleh saya ambil menunya?”.

Saking banyak kata “boleh” yang mereka keluarkan, membuat Stand Up Comedian Raditya Dika pun tak luput membuat jokes tentang pelayanan mereka ini. Tapi, begitulah cara mereka menyampaikan branding perusahaan melalui karyawan-karyawannya yang cekatan.

Sebenarnya pasti sekarang kalian penasaran. Apa sih tujuan dari branding terhadap karyawan itu?

Intinya, branding perusahaan yang disampaikan melalui karyawannya adalah untuk menyampaikan sebuah pesan yang memicu pengalaman yang tak bisa dilupakan oleh para pengunjung/konsumen.

Sebab suatu pesan yang dirasa biasa saja tapi ternyata dapat menciptakan suatu keadaan, di mana otak kita tidak menerimanya, tapi alam bawah sadar kita secara cepat menyimpannya. Maka dari itu, perkataan-perkataan sepeti; “selamat datang di indomaret”, “dimuali dari angka nol”, “makan di sini atau dibawa pulang” tertanam dengan suara dan intonasi yang khas di dalam diri kita. Semoga selalu bermanfaat! (IAS) 5 Contoh Perusahaan Bisnis Yang Sukse Menerapkan Branding Kepada Karyawannya

(Foto diambil dari; roberthalf.com)

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>