5 Hal Sebelum Buat Website

jasa website
Jasa

Pembuatan website bisa dilakukan sendiri dan bantuan jasa developer, seperti jasa website . Jika Anda ingin melakukannya sendiri maka harus mengetahui bagaimana cara membuat website yang berkualitas dan profesional. Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan jasa developer untuk membuat website maka harus menyiapkan bujet untuk membayarnya.

Namun, jelasnya Anda diharuskan untuk memikirkan beberapa hal sebelum membuat website baik secara mandiri maupun dengan bantuan jasa developer. Nah, di dalam artikel ini, kami akan menginformasikan beberapa hal tersebut secara detail dan jelas.

Seperti diketahui, tidak sedikit media yang memberitakan kisah sukses seorang pebisnis yang menawarkan produk/jasanya secara online, termasuk melalui website. Media tersebut juga menginformasikan tips atau cara bisnis online yang sukses melalui website.

Memang, website bisa dijadikan ‘wadah’ untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis secara luas. Hal ini bisa mendatangkan banyak konsumen sehingga penghasilan dari bisnis terus meningkat. Namun, pembuatan, pengelolaan dan pengembangan tidak mudah seperti membalikkan tangan. Ketiga hal ini-lah yang, jika dilakukan dengan profesional, dapat mengantarkan bisnis ke ‘puncak kesuksesan’.

Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Bikin Website

Seperti disebutkan di atas, jika Anda berniat untuk membuat website (misalnya: untuk mempromosikan bisnis) maka ada beberapa hal yang harus dipikirkan. Simak pembahasan selengkapnya mengenai 5 hal yang perlu dipikirkan sebelum bikin website di bawah ini:

1. Paham Hal Dasar Tentang Website

Sebelum membuat website, Anda harus memahami hal-hal dasar tentang pembuatan, pengelolaan dan pengembangan website. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menggunakan jasa website jogja untuk membuat website.

Dengan mengetahui hal-hal dasar tentang website, Anda bisa memberikan masukan yang berarti kepada jasa website jogja. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan dalam proses pengelolaan website nantinya.

2. Konsep yang Matang

Masih banyak orang yang mengabaikan poin kedua ini. Ya, tidak sedikit orang ‘hanya’ berpikiran punya website akan membuat barang cepat laku, konsumen banyak dan mendapatkan penghasilan yang banyak. Padahal hal itu tidak akan terealisasi jika website tidak dikonsep dengan matang. Dengan kata lain, website yang tidak mendapatkan ‘sentuhan’ konsep yang jelas tidak akan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya.

Oleh karena itu, lakukan pengonsepan website dengan cermat dan matang. Sedikitnya ada empat hal yang perlu Anda pikirkan pada tahap ini, yakni nama website, konten, pemilihan teks dan warna dan tata letak website.

Perlu diketahui, nama website yang baik adalah yang pendek dan mudah diingat. Nama website bisa diambil dari nama perusahaan Anda, nama produk/jasa yang Anda tawarkan dan nama Anda sendiri. Anda bebas menentukan nama website Anda sendiri!

Kemudian, terkait konten website, beberapa hal di dalamnya yang perlu Anda pikirkan adalah desain logo website, desain halaman website, dekripsi bisnis Anda secara detail, foto produk yang ditawarkan, sistem pembayaran dan lainnya. Jika menggunakan jasa website Jogja, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait apa saja idealnya yang harus termuat dalam website.

Lebih lanjut, pemilihan teks dan warna harus dilakukan berdasarkan tema besar website. Misalnya, Anda ingin membuat website toko online, maka tidak mungkin Anda memilih teks dan warna yang terkesan ‘horor’ bagi pengunjung. Pada intinya, pilihlah teks dan warna yang bersahabat bagi pengunjung atau user friendly.

Adapun tata letak juga tidak boleh luput dalam perhatian utama Anda. Terapkan tata letak yang profesional dan menarik sehingga pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di website Anda. Selain itu, letakkan hal-hal penting di tempat yang (menurut Anda) strategis sehingga mudah bagi pengunjung untuk mengetahuinya.

3. Mengenal Kesalahan Umum yang Membuat Website Gagal

Ada banyak sekali kesalahan umum yang membuat website gagal atau tidak menunjukkan performa yang apik di mesin pencari seperti Google. Di sisi lain, ada banyak sekali pesaing-pesaing yang juga mempromosikan produk/jasanya via website. Sehingga, Anda mau tidak mau harus bersaing dengan website mereka untuk meraih ‘kedudukan’ yang paling tinggi di mesin pencari seperti Google.

Pada intinya, anda harus memahami berbagai kesalahan umum yang sering terjadi pada proses pembuatan, pengelolaan dan pengembangan website. Sehingga, Anda mengetahui penyebab kesalahan itu (jika terjadi) dan memahami bagaimana cara mengatasi dan mencegah kesalahan tersebut terjadi.

4. Mengetahui Pentingnya Mengelola Website

Tidak sedikit lho orang yang baru/ingin membuat website berpikiran bahwa setelah memiliki website, kemudian mem-post semua produk bisnisnya, maka pengunjung dengan sendirinya akan mengunjungi website lalu membeli produk di dalamnya. Pemikiran itu tidaklah benar! Sebab, agar website tetap menunjukkan performa yang apik di mata Google maka harus dikelola dan dikembangkan dengan baik.

Di sisi lain, sebagaimana disebutkan di atas, persaingan antar website saat ini sangatlah ketat. Bahkan, setiap harinya bisa ratusan website baru yang muncul di mesin pencari Google. Ini belum dikalkulasikan dengan website-website yang sudah ada beberapa tahun ke belakang.

Nah, jika Anda sudah memiliki website namun tidak dikelola dengan baik, maka kualitas website Anda tidak akan lebih dari ‘ecek-ecek’. Dengan kata lain, website Anda akan ‘ditendang’ oleh website-website lain yang performanya lebih apik di mata Google.

5. Mempertimbangkan Menggunakan Jasa Pembuatan Website

Terakhir, Anda harus mempertimbangkan menggunakan jasa website untuk membuat website sesuai kebutuhan. Memang, sebagaimana dijelaskan di atas, website bisa dibuat sendiri oleh pemiliknya. Namun pertanyaannya, mampu tidak Anda? Ada tidak waktu untuk membuatnya?

Nah, jika Anda masih belum mumpuni dalam hal pembuatan website dengan baik, maka sebaiknya menggunakan jasa developer website. Pastikan jasa developer website tersebut profesional, memiliki jam terbang tinggi dan terpercaya. Agar hasil kerja yang diberikan kepada Anda benar-benar optimal dan sesuai dengan apa yang Anda ekspektasikan.

Bagaimana cara mengetahui jasa developer website itu profesional, berpengalaman dan terpercaya? Ada cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui beberapa hal tersebut, yakni mengecek portofolionya.

Pada umumnya, jasa developer akan memasukkan portofolio di dalam websitenya. Portofolio tersebut berisikan berbagai karya atau hasil kerja yang pernah dibuatnya untuk klien-klien terdahulu.

baca juga

    Nah, Anda bisa mengecek semua hasil kerja yang dipamerkan dengan saksama. Jika semua hasil kerja tersebut bagus dan terlihat berkualitas, maka bisa dipastikan jasa developer tersebut sudah mumpuni dan layak Anda pilih untuk pembuatan website sesuai kebutuhan Anda. Sebaliknya, jika hasil kerja yang dipamerkan di portofolio terlihat kurang menawan dan kualitasnya tidak bagus, sebaiknya Anda mencari jasa developer website lainnya.

    Itulah 5 hal yang perlu dipikirkan sebelum bikin website. Sekarang tentukan, mau bikin website sendiri atau meminta bantuan jasa developer, seperti jasa website . Jika menggunakan jasa developer, pastikan Anda menerapkan tips yang termuat dalam poin kelima di atas.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!