jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Mon, Feb 27th, 2017

5 Kesalahan Pengusaha Yang Membuat Bisnis UKM Bangkrut

Undercover.co.id – 5 Kesalahan Pengusaha Yang Membuat Bisnis UKM Bangkrut. Usaha tak melulu soal berhasil dan mendapatkan untung besar, sebagai seseorang yang berpikiran logis dan terbuka. Usaha pasti memiliki titik terendah dan mengalami hal seperti hampir bangkrut dan omzet yang menurun. Namunm ternyata tidak semua hal terjadi memang karena faktor luar, ada beberapa hal yang terjadi karena kecerobohan pengusaha itu sendiri. Sehingga terjadi kebangkrutan pada UKM tersebut. Lantas kesalahan apa yang biasanya dilakukan pengusaha pemula ?

1. Melakukan Berbagai Hal Sendiri

Hasil gambar untuk warung kue
Melakukan berbagai hal sendiri tidak sesuai dengan hukum manusia yakni makhluk sosial. Faktanya dibanding anda membuang waktu dan mengerjakan sendiri, coba untuk rekrut atau tambah para pekerja untuk membantu anda dalam melakukan usaha. Meskipun anda harus menggaji, namun produksi akan bertambah naik dan usaha anda bisa masuk ke level yang selanjutnya.
Sayangnya banyak UKM yang memilih dijalankan dan dikerjakan oleh pemilik saja. Misalnya pengusaha cafe atau warung makan sederhana saja, anda pasti membutuhkan minimal satu pegawai untuk mengantar makanan atau memberikan makanan ke pelanggan bukan. Jadi tidak mungkin melakukan semuanya sendiri. Pemikiran seperti ini membuat usaha anda mundur dan sulit berkembang.
2. Kurang Fokus

Hasil gambar untuk men think
Ketika anda menjadi pengusaha UKM tentu inginnya mencari bidang yang pas untuk digeluti. Terutama jika anda memiliki skill khusus misalnya memasak atau membuat kue. Maka UKM yang ingin didirikan berhubungan tentang kuliner. Namun jika anda bisa melakukan banyak hal lantas membuka usaha seenaknya saja ? tentu saja tidak. Usaha berbeda dengan skill anda, dimana mereka membutuhkan fokus dan konsentrasi agar bisa maju dan berkembang. Anda tidak bisa sembarangan membangun usaha A dan B bersamaan dan berbeda bidang. Nantinya justru usaha anda yang acak-acakan dan tidak terarah.

Coba dulu fokus pada satu bidang, jika sudah besar dan meyakinkan untuk berjalan tanpa harus diawasi ketat misalnya anda sudah memiliki karyawana atau orang kepercayaan untuk membantu mengelolanya. Maka anda bisa membuka usaha selanjutnya. Nyatanya banyak yang melanggar dan kebangkrutan sering terjadi.

3. Berhenti Belajar

Hasil gambar untuk stop learn
Rasanya tanpa harus usaha semua manusia memang diharuskan belajar setiap saat. Seumur hidup tentu tidak ada kata terlambat untuk belajar dan mengetahui berbagai informasi. Sayangnya, beberapa pengusaha merasa arogan dan cukup untuk tidak lagi belajar karena mereka sudah bisa mendirikan usahanya sendiri dan tidak lagi belajar mengenai usaha mereka. Padahal belajar itu penting apapun pekerjaan dan usaha anda. Baik itu usaha kecil maupun usaha yang besar. Melihat pengalaman, mengevaluasi diri sendiri, mencari informasi, mencari inovasi dan lainnya termasuk dalam kategori belajar. Karena mereka yang memiliki usaha kecil-kecilan tidak patah semangat untuk belajar tentunya mereka semakin sukses.

Lantas bagaimana jika anda menghindar atau berhenti belajar ? sebesar apapun usaha anda nantinya akan menjadi bangkrut atau hancur dalam sekejap. Apalagi banyak pengusaha yang istilahnya “baru berhasil mendirikan tiang usaha” sudah sombong dan tidak lagi belajar. Hal ini yang membawa kebangkrutan mendekat pada usaha anda.

Pages: 1 2

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It