5 Keuntungan Punya Website Toko Online Sendiri

Jasa

Moorah – Membuat website toko online bisa dilakukan secara mandiri, namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu, menggunakan jasa website toko online profesional adalah pilihan yang tepat. Ada banyak keuntungan yang nantinya Anda dapatkan setelah memiliki website toko online sendiri. Apa saja?

Di era serba teknologi ini, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menggeluti dunia bisnis. Ya, kalau dulu hanya orang-orang yang memiliki modal besar yang bisa membangun dan mengembangkan bisnis. Namun sekarang orang-orang yang tidak memiliki modal besar juga bisa membangun dan mengembangkan bisnis.

Ini merupakan buah hasil kemajuan teknologi. Setiap orang bisa, dengan murah dan praktis, memasarkan dan mempromosikan bisnisnya secara online. Menariknya, jangkauan pasar online lebih luas dibandingkan pasar offline.

Nah, salah satu cara promosi online yang bisa dilakukan adalah menggunakan website toko online. Apa pun produk yang Anda jual bisa lho dipromosikan lewat website toko online.

Keuntungan Punya Website Toko Online Sendiri

Anda boleh mempromosikan dan memasarkan produk bisnis secara offline. Anda juga boleh mempromosikan dan memasarkan produk bisnis via media sosial dan marketplace. Namun, jangan sampai Anda tidak mempromosikan dan memasarkan produk bisnis via website toko online sendiri.

Toko Online
Toko Online

Setidaknya ada 5 keuntungan punya website toko online sendiri yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Terlihat Profesional

Keberadaan website toko online menjadi ‘senjata’ penting bagi pebisnis untuk menampakkan diri bahwa bisnis yang dijalankan selama ini profesional dan terpercaya. Namun, ada beberapa syarat website toko online bisa menjadikan bisnis terlihat profesional, di antaranya desain yang menarik, tampilan yang friendly, fitur lengkap dan mudah digunakan sekalipun bagi pengunjung baru dan lain sebagainya.

Setelah pengujung mengklaim profesional, dalam diri mereka sangat mungkin akan timbul kepercayaan terhadap bisnis Anda. Pada ujungnya, mereka ‘terkesima’ untuk melihat-lihat isi website toko online Anda dan melakukan pembelian produk yang dibutuhkannya.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat website toko online yang baik sehingga terlihat profesional? Jika merasa tidak mampu, Anda bisa menggunakan jasa website toko online profesional untuk membuatnya. Ingat! Pilih yang jasa profesional ya, agar pembuatan website toko online (juga) dilakukan dengan profesional.

2. Keamanan Terjamin

Jualan di marketplace dan media sosial bisa dikatakan tidak 100 persen aman. Ada banyak ‘celah’ yang membuat akun bisnis Anda ‘terganggu’ keamanannya. Apalagi, belakangan ini sering terjadi pencurian data secara online.

Di sisi lain, bisa saja situs marketplace yang Anda tumpangi untuk berjualan itu mengalami eror sehingga tidak bisa diakses seperti biasanya. Lebih parahnya, jika marketplace tersebut ditutup dan tiba-tiba hilang begitu saja. Tentunya, hal itu merugikan pebisnis di dalamnya. Sudah repot kelola bisnis di situ, eh mendadak hilang, bukankah itu menyakitkan?

Nah, hal itu tidak akan terjadi jika Anda memiliki website toko online sendiri. Sebab, Anda-lah yang bertanggung jawab atau memiliki kendali penuh mengelola website toko online tersebut. Sehingga, keamanan lebih terjamin karena tidak ada campur tangan dari pihak ketiga sebagaimana marketplace.

3. Leluasa Mengelola Bisnis

Seperti disebutkan di atas, Anda akan lebih leluasa mengelola bisnis jika memiliki website toko online sendiri. Keuntungan ini tidak akan Anda temukan ketika menggunakan marketplace dan media sosial.

Anda bisa dengan leluasa mengganti desain website , mem-posting konten-konten yang berkaitan dengan bisnis Anda, memasarkan berbagai produk bisnis Anda dan lainnya. Pertanyaannya, apakah hal itu dilakukan di marketplace dan media sosial? Mungkin, di sana Anda hanya sebatas bisa meng-upload produk yang ingin dijual dan membubuhkan deskripsi di dalamnya.

Sebagai tips, mengelola bisnis di website toko online harus dilakukan dengan profesional. Upayakan website toko online Anda mampu menarik perhatian pengunjung dari segala sisi, mulai dari desain yang diadopsi, ragam produk yang dijual, fitur yang lengkap dan memudahkan dan lainnya.

Anda bisa meminta bantuan jasa website toko online untuk mengembangkan hal itu. Dengan menggunakan jasa mereka, Anda akan memiliki banyak waktu yang bisa dialokasikan untuk fokus menjalan bisnis, atau mengembangkan hal-hal lain di luar website toko online.

4. Teroptimasi di Mesin Pencari

Siapa sih yang tidak ingin bisnis online-nya ramai diserbu pelanggan? Setiap pebisnis, pastinya, memiliki cita-cita yang sama, yakni mendapatkan banyak pelanggan sehingga meraup keuntungan yang (juga) banyak.

Nah, dengan memiliki website toko online yang teroptimasi di mesin pencari seperti Google, kesempatan untuk mendapatkan banyak pelanggan sangat terbuka lebar. Pasalnya, website toko online yang teroptimasi di mesin pencari akan bertengger di daftar halaman pertama atau bahkan ranking pertama. Dengan demikian, pengunjung tertarget akan berdatangan di website toko online Anda.

Lantas, bagaimana cara mengoptimasi website toko online agar baik di mata mesin pencari seperti Google? Cara mengoptimasi website toko online bisa dilakukan dengan menerapkan teknik SEO white-hat. Memang, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengoptimasi website toko online dengan teknik tersebut. Namun, bisa dipastikan website toko online tidak akan terkena sanksi atau bahkan ‘hilang’ didepak Google gara-gara menerapkan teknik SEO black-hat.

Proses SEO sebaiknya diserahkan kepada jasa pihak lain yang profesional karena selain membutuhkan waktu yang tidak sebentar, juga memerlukan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa website toko online. Biasanya, dalam paket layanannya, juga menyertakan penerapan SEO guna meningkatkan performa website toko online di mata mesin pencari seperti Google.

5. Mengetahui Data Pengunjung

Keuntungan berikutnya adalah Anda dapat mengetahui dan menyimpan database pengunjung website toko online. Database pengunjung yang dimaksud di antaranya total pengunjung harian, mingguan dan bulanan, demografi pengunjung, jenis browser yang digunakan pengunjung, halaman mana yang paling banyak dikunjungi dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan alamat email pengunjung yang melakukan registrasi di website toko online Anda.

Apa sih manfaatnya mengetahui dan menyimpan database pengunjung? Anda bisa memanfaatkan database pengujung ini sebagai bahan untuk menganalisis perkembangan bisnis Anda. Misalnya, ternyata pengunjung banyak meng-klik halaman tentang produk hijab printing. Maka, ke depannya Anda bisa menambah pasokan hijab printing lebih banyak lagi. Di sisi lain, Anda bisa mengurangi pasokan produk yang ternyata kurang diminati pengunjung website toko online.

baca juga

Jadi, database pengunjung website toko online bisa digunakan untuk menyiapkan strategi bisnis seperti apa yang tepat untuk diterapkan. Dengan harapan, pengunjung lama semakin betah berbelanja di website toko online Anda dan berdatangan pengunjung baru yang berpotensi menjadi pelanggan baru.

Itulah 5 keuntungan punya website toko online sendiri. Untuk Anda yang saat ini belum mempunyai website toko online sendiri, kami sarankan untuk segera membuatnya. Anda bisa menggunakan jasa website toko online profesional agar mendapatkan hasil kerja yang optimal dan sesuai harapan.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!