5 Strategi Membangun Tautan Teratas

SEO ORID – 5 Strategi Membangun Tautan Teratas , Pelajari cara menyusun strategi pembuatan tautan yang mendorong hasil yang berkelanjutan – dan apa yang harus Anda hindari.

Pembuatan tautan selalu menjadi pokok pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Namun, dalam 23 tahun keberadaan Google, strategi membangun tautan telah berkembang menjadi praktik yang canggih.

Pada awalnya, kuantitas tautan adalah nama permainannya.

Semakin banyak tautan yang dimiliki situs Anda, semakin tinggi peringkatnya di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Saat ini, Google berfokus pada tautan berkualitas vs. kuantitas untuk memastikan bahwa situs web yang menyediakan konten berharga memiliki peringkat lebih tinggi.

Pergeseran fokus ini telah membuat pembangunan tautan menjadi proses yang panjang namun penting.

Situs web membutuhkan tautan berkualitas untuk menentukan peringkat, tetapi editor situs tidak lagi menautkan ke halaman “hanya karena”.

Sekarang, pembuat tautan harus fokus untuk menemukan situs yang relevan untuk tautan balik dan menyediakan konten yang berharga untuk pemirsa itu.

Pembuat tautan harus meluangkan waktu, pemikiran, dan energi untuk membangun strategi membangun tautan yang berkelanjutan untuk membantu memberi peringkat situs web mereka di SERP.

Cara Membuat Strategi Membangun Tautan Anda


Strategi membangun tautan membutuhkan sedikit kerja keras di muka, tetapi begitu Anda meletakkan dasar, Anda telah menyiapkan diri untuk sukses besar.

Untuk membuat strategi membangun tautan Anda, pertimbangkan langkah-langkah berikut.

5 Strategi Membangun Tautan Teratas
5 Strategi Membangun Tautan Teratas

Analisis situs Anda .

Sebelum Anda menentukan situs mana yang harus dikejar atau berapa banyak tautan yang akan didapat, Anda harus tahu apa yang situs Anda lakukan dengan baik dan tidak.

Tentukan apakah Anda harus fokus pada backlink atau riset kata kunci (atau keduanya). Setelah Anda mengetahui kekurangan situs Anda, Anda dapat membangun aset untuk membantu membantu strategi Anda.

Tentukan audiens target Anda .

Dengan memahami audiens Anda , Anda dapat membuat daftar situs lain yang mungkin mereka kunjungi.

Mulailah dengan melihat demografi, perilaku, dan minat.

Apa yang dipedulikan audiens Anda?

Bagaimana mereka mencari jawaban?

Apa yang mereka minati yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda?

Audit konten Anda yang ada .

Cari posting blog dan halaman lain yang mungkin ingin ditautkan ke situs lain.

Pertimbangkan bahwa sebagian besar pemilik situs tidak menautkan ke halaman produk, karena praktiknya tampak seperti spam dan advertorial.

Alih-alih, cari halaman corong teratas yang mendidik. Kemudian, lihat konten pesaing Anda.

Apakah ada kesenjangan konten?

Jika demikian, luangkan waktu untuk membuat halaman ini agar Anda dapat bersaing dalam pencarian.

Buat daftar situs target .

Situs-situs ini harus selaras dengan konten, bisnis, dan audiens target Anda. Prioritaskan situs berdasarkan relevansi dan otoritas – dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa Anda mengunjungi situs yang paling penting terlebih dahulu.

Hal penting untuk diingat adalah bahwa membangun tautan adalah proses yang panjang.

Oleh karena itu, strategi Anda harus mencakup tujuan jangka panjang untuk melihat kemajuan.

Strategi Membangun Tautan vs. Taktik
Sebelum terjun ke strategi, sangat penting untuk membahas perbedaan antara taktik dan strategi .

Begitu sering, orang membingungkan keduanya, mengira mereka adalah hal yang sama. Meskipun mereka terkait erat, mereka memiliki perbedaan.

Strategi didefinisikan sebagai rencana aksi. Ini biasanya melibatkan tujuan jangka panjang dan bagaimana Anda akan mencapainya.

Misalnya, katakanlah perusahaan Anda bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs web.

Salah satu strategi yang bisa Anda miliki adalah meningkatkan kehadiran media sosial Anda.


Strategi dalam hal ini bukanlah tujuan akhir, tetapi merupakan cara untuk mencapai tujuan akhir.

Taktik didefinisikan sebagai langkah untuk mencapai strategi.

Taktik memiliki garis waktu yang jauh lebih pendek daripada strategi dan memiliki tujuan yang tepat.

Melanjutkan contoh strategi media sosial, taktiknya adalah memposting tiga kali seminggu di platform media sosial tertentu.

Contoh taktik lainnya adalah membuat lebih banyak video sosial untuk meningkatkan keterlibatan.

Sekarang perbedaan antara strategi dan taktik telah dijelaskan, mari selami strategi membangun tautan.

5 Strategi Membangun Tautan Teratas
5 Strategi Membangun Tautan Teratas

Strategi Membangun Tautan Teratas


Seperti semua strategi, penting untuk membangunnya dengan mempertimbangkan tujuan akhir Anda. Membangun tautan membutuhkan waktu, tenaga, dan kesabaran.

Saat kampanye Anda berjalan, Anda harus mengevaluasi kembali strategi Anda untuk memahami apa yang berhasil dan tidak.

Di bawah ini adalah lima strategi membangun tautan yang dapat Anda terapkan sekarang.

  1. Publikasikan Konten Layak Tautan
    Anda harus membuat konten yang orang ingin buat tautannya. Konten layak tautan memiliki daya tarik yang luas dan kemungkinan besar berada di bagian atas saluran pemasaran .

Sebagian besar editor ingin menautkan ke halaman yang relevan dengan audiens mereka, jadi semakin relevan halaman Anda dengan audiens mereka, semakin tinggi kemungkinan mereka akan menautkannya.

Konten yang layak untuk ditautkan juga bersifat mendidik dan informatif. Ini memecahkan masalah umum atau menjawab pertanyaan umum yang mungkin dimiliki audiens.

Namun, banyak pakar SEO membangun konten layak tautan dengan menjawab pertanyaan umum.

Artinya, untuk mendapatkan backlink, konten Anda tidak hanya harus menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah, dan juga harus melakukannya dengan cara yang unik.

Contoh konten layak tautan meliputi:

  • Artikel cara.
  • Data dan tren.
  • Penelitian yang menguntungkan industri Anda.
  • Konten pendidikan.
  • Hiburan.
  • Konten yang menginspirasi.
  • Konten abadi.
  • Jika strategi Anda adalah membuat lebih banyak konten layak tautan, Anda dapat mengaudit konten yang ada untuk memahami di mana Anda memiliki celah.

Kemudian, dengan melalui berbagai taktik yang tercantum di atas, Anda dapat merencanakan konten mana yang akan digunakan untuk memulai dan berapa banyak yang Anda perlukan.

Penjangkauan
Penjangkauan adalah tindakan meminta situs untuk tautan balik.

Saat Anda membuat konten yang layak untuk tautan, penting untuk membagikan konten itu dengan situs yang menurut Anda akan mendapat manfaat darinya.

Mendapatkan backlink dari situs otoritas tinggi adalah salah satu cara untuk memberi tahu Google bahwa situs Anda adalah otoritas pada suatu subjek.

5 Strategi Membangun Tautan Teratas
5 Strategi Membangun Tautan Teratas

5 Strategi Membangun Tautan Teratas

Tautan balik ini bertindak sebagai “suara kepercayaan” dari satu situs ke situs lainnya.

Selain itu, backlink dari situs yang berbeda dapat membantu memperluas audiens target Anda, membawa calon pelanggan baru ke situs web Anda.

Seringkali, penjangkauan terdiri dari spesialis SEO yang mengirimkan artikel ke editor situs yang menjelaskan mengapa mereka akan mendapat manfaat dari artikel mereka.

Namun, ada banyak taktik berbeda yang dapat dilakukan penjangkauan, termasuk:

  • Siaran pers untuk mendapatkan tautan dari situs yang relevan.
  • Promosikan konten baru.
  • Cari tautan di konten yang ada.
  • Perbaiki sebutan yang tidak tertaut.
  • Penjangkauan dapat membantu menjalin hubungan profesional antara SEO dan editor situs.

Meskipun penjangkauan mungkin tampak seperti praktik langsung, ada praktik terbaik penjangkauan yang harus Anda perhatikan:

Personalisasikan semua jangkauan Anda . Anda tidak ingin mengirim pesan umum.
Tetap singkat dan to the point . Editor situs tidak punya banyak waktu untuk menelusuri email yang panjang.
Jelaskan mengapa menautkan ke situs atau artikel Anda bermanfaat bagi mereka.
Berikan teks jangkar untuk mereka . Semakin mudah Anda melakukannya pada mereka, semakin baik.

Lakukan Hal-Hal yang Bernilai Berita
Strategi ini mungkin tampak kabur, tetapi ada banyak manfaat untuk mendapatkan tautan dari situs berita .

Misalnya, banyak publikasi memiliki audiens yang besar, beberapa di antaranya diarahkan ke situs Anda.

Selain itu, banyak publikasi adalah otoritas di ruang mereka, dan tautan balik dari mereka dapat membantu Google.

Meskipun Anda mungkin berpikir apa pun yang dilakukan perusahaan Anda dapat dianggap layak diberitakan, penting untuk mempertimbangkan apa yang relevan untuk bisnis Anda dan publikasi target Anda.

Pertimbangkan taktik berikut:

  • Tuan rumah sebuah acara.
  • Donasi untuk suatu tujuan.
  • Luncurkan organisasi nirlaba.
  • Buat produk atau solusi baru.
  • Umumkan kemitraan baru.
  • Tawarkan beasiswa.
  • Setelah Anda memutuskan taktik yang layak diberitakan, Anda harus menyampaikan ide Anda kepada kontributor, publikasi, dan kontak media lain yang relevan.

Kemudian, akan membantu jika Anda meyakinkan mereka mengapa cerita Anda penting bagi mereka dan audiens mereka.

SEO Teknis
Salah satu cara untuk mendapatkan tautan adalah dengan melakukan audit teknis pada tautan balik Anda.

Terkadang tautan putus.

Halaman turun.

Dan editor situs tidak menyadari bahwa tautan ke situs Anda tidak lagi berfungsi.

Dengan melakukan analisis backlink di situs Anda, Anda dapat tetap mengetahui bagaimana fungsi backlink Anda.

Beberapa taktik dalam strategi ini antara lain:

  • Menemukan tautan yang rusak : Anda dapat mengirim email ke editor situs dengan tautan yang benar, menyatakan nilai yang ditambahkannya ke situs mereka.
  • Memperbaiki 404 : Anda dapat memberikan tautan baru ke halaman serupa.
  • Menghapus pengalihan : Pastikan semua pengalihan tertaut ke tujuan akhir. Jika memungkinkan, hapus rantai pengalihan.
  • HTTP vs. HTTPS : Jika Anda baru saja bermigrasi ke HTTPS, pastikan semua tautan diperbarui dari HTTP.
  • Memperbaiki masalah ini membantu membangun kembali koneksi dari satu situs ke situs lainnya.

Tautan pengalihan atau tautan ke halaman 404 hampir tidak memiliki nilai ; penting untuk mendapatkan kembali tautan ini untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs Anda.

Selain itu, memperbaiki tautan ini memudahkan bot untuk merayapi dan mengindeks situs Anda.

baca juga

    Kepemimpinan Pikiran
    Pemimpin pemikiran adalah seseorang dalam industri yang dianggap ahli. Mereka secara konsisten menerbitkan konten baru dan memunculkan ide-ide baru tentang industri mereka.

    Akibatnya, banyak orang cenderung mempercayai mereka dan menggunakan konten mereka sebagai bukti. Jadi seperti yang Anda lihat, menjadi pemimpin pemikiran di industri Anda dapat memiliki banyak manfaat.

    Konten kepemimpinan pemikiran juga dapat membantu peringkat Anda di Google. Semakin banyak orang yang menunjuk konten Anda sebagai sumber daya, semakin Google akan melihat Anda sebagai otoritas.

    Google ingin menyajikan konten yang bermanfaat bagi penggunanya dan berpikir bahwa konten kepemimpinan ada di sana.

    Untuk menjadi pemimpin pemikiran yang sukses , pertimbangkan taktik berikut:

    • Blogging tamu di situs yang relevan.
    • Posting jawaban di situs Q+A.
    • Membuat konten di media sosial.
    • Membuat kelas atau sertifikasi online.
    • Memperbarui pembaca tentang berita di industri.
    • Hosting webinar atau podcast.
    • Ingatlah bahwa kepemimpinan pemikiran dimulai dengan penelitian orisinal, membangun kehadiran yang solid, dan terus mengikuti perkembangan berita industri.

    Strategi Membangun Tautan Yang Harus Dihindari


    Jika kita berbicara tentang strategi membangun tautan yang berhasil, itu adil untuk membahas strategi membangun tautan yang harus Anda hindari secara singkat.

    Mencoba mendapatkan semua tautan yang mungkin Anda bisa tidak berkelanjutan atau organik.

    Taktik yang digunakan oleh strategi ini dianggap sebagai praktik spam oleh Google, dan jika Anda menggunakannya, situs Anda dapat dihukum.

    Taktik topi hitam ini meliputi:

    • Membeli link.
    • Menyuap orang lain untuk link.
    • Tautan spam di kolom komentar.
    • Skema tautan.
    • Pengalihan yang menyesatkan.
    • Meskipun Anda mungkin berpikir, “semakin banyak tautan, semakin baik,” penting untuk diingat bahwa Google memprioritaskan relevansi antar tautan.

    Alih-alih mencari sejumlah tautan tertentu, cobalah untuk menemukan tautan yang berwenang dan relevan ke situs Anda.

    Seperti yang dinyatakan sebelumnya, pembuatan tautan membutuhkan waktu dan kesabaran. Ini bukan tugas “mengatur dan melupakan”.

    Namun, dengan strategi yang dipikirkan dengan matang dari daftar di atas dan penerapan taktik untuk mendukungnya, situs Anda dapat segera mendapatkan banyak backlink di bulan-bulan mendatang.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!