5 Teknik SEO

5 Teknik SEO Untuk Meningkatkan Lalu Lintas Organik
Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, Anda meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Memiliki kehadiran online bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan.

Dari bisnis kecil hingga perusahaan multinasional besar, visibilitas online memiliki dampak besar pada kesuksesan bisnis.

Inilah sebabnya mengapa memiliki strategi pengoptimalan mesin pencari (SEO) sangat penting bagi siapa saja yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara online.

Apa Itu SEO, dan Mengapa Itu Penting?


SEO adalah singkatan dari pengoptimalan mesin pencari, dan ini adalah cara terbaik untuk menarik lebih banyak perhatian pada situs web, konten, dan merek Anda.

Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, Anda meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Pencarian organik sangat efektif karena orang-orang yang menemukan konten Anda secara aktif mencarinya. Hal ini biasanya berarti prospek berkualitas lebih baik dan, oleh karena itu, lebih banyak keterlibatan dan konversi.

SEO adalah cara yang hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas Anda dan memiliki potensi jangka panjang yang besar.

Tidak seperti iklan berbayar, di mana jangkauan Anda biasanya menukik begitu Anda berhenti membayar, konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari dapat terus mendapatkan lalu lintas berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun) setelah pembuatan aslinya.

Dibutuhkan upaya yang lebih besar di awal dan mungkin perlu beberapa saat untuk melihat hasilnya, tetapi pasti layak untuk ditunggu.

5 Teknik Strategi SEO yang Ramah untuk Pemula


Meskipun SEO adalah strategi untuk membuat algoritme mesin pencari memberi peringkat lebih tinggi pada konten Anda, fokus Anda harus selalu pada audiens Anda dan menyediakan konten yang berharga!

Sudah lewatlah sudah hari-hari untuk menjejali kata kunci dan teknik SEO topi hitam lainnya.

Praktik SEO yang buruk akan menjadi bumerang, jadi selalu ingat: konten Anda harus ditulis untuk manusia dan dioptimalkan untuk mesin pencari, bukan sebaliknya!

Berfokus pada SEO adalah cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda.

Mari selami lebih dalam beberapa teknik dasar yang bisa Anda gunakan hari ini untuk memulai strategi SEO Anda!

  1. Fokus Pada Bagian “Orang Juga Bertanya”
    Bagian “Orang Juga Bertanya” di Google adalah tambang emas untuk strategi SEO Anda.


Saat Anda mencari sesuatu, Google sering kali menyarankan topik terkait lainnya yang mungkin berguna.


Ini adalah cara yang bagus dan gratis untuk melakukan riset kata kunci dan menulis tentang hal-hal yang diminati orang.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dalam konten Anda, Anda memberikan jawaban yang dicari pengguna dan meningkatkan peluang Anda untuk muncul di bagian ini.

Bagus untuk visibilitas dan bagus untuk kredibilitas. Saling menguntungkan.

Sumber daya lain untuk mengetahui pertanyaan apa yang dimiliki audiens Anda tentang topik tertentu adalah Answer the Public.

  1. Pelajari Kompetisi Anda

Melihat apa yang dilakukan pesaing Anda adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan wawasan yang akan mempengaruhi strategi SEO Anda.

Identifikasi kata kunci yang mereka rangking dan pelajari profil backlink mereka – Anda akan membutuhkan alat SEO seperti Semrush atau Diib untuk ini.

Sebelum berinvestasi pada alat SEO, Anda bisa mendaftar untuk uji coba gratis, mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan, dan menentukan apakah alat ini adalah alat yang ingin Anda gunakan lagi di masa depan.

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan menganalisis konten pesaing Anda. Tinjau apa yang mereka tulis dan respon apa yang mereka dapatkan dari audiens mereka.

Jangan meniru strategi mereka, tetapi evaluasi apa yang tampaknya berhasil bagi mereka dan gunakan pengetahuan itu untuk membuat keputusan tentang strategi Anda sendiri.

Jika Anda ingin mendalami analisis ini lebih dalam, lihat panduan ini.

  1. Tautan Internal dan Tautan Balik
    Tautan sangat membantu untuk SEO, karena memberikan informasi lebih lanjut bagi pembaca Anda. Mesin pencari melihatnya sebagai konten yang lebih bermanfaat.

Tautan internal juga membantu mesin pencari memahami hubungan antara berbagai halaman / posting di situs web Anda. Hal ini juga akan mendorong pembaca untuk melihat lebih banyak konten Anda.

Anda juga dapat menautkan ke sumber eksternal lainnya jika Anda yakin bahwa sumber tersebut bermanfaat bagi pembaca Anda atau membantu Anda membuktikan maksud Anda. Anda juga harus mengubah penyebutan merek menjadi tautan.

Tautan balik, di sisi lain, merupakan faktor peringkat yang penting.

Tautan balik adalah tautan dari situs web lain ke situs web Anda. Meskipun kuantitas membantu di sini, kualitas lebih penting lagi.

Ketika situs web berkualitas tinggi menautkan kembali ke situs Anda, hal ini memberi tahu algoritme bahwa konten Anda akurat dan dapat dipercaya.

Di sisi lain, memiliki situs yang mencurigakan yang menautkan ke situs Anda dapat merusak reputasi Anda, sehingga lebih sulit untuk mendapatkan peringkat teratas.

  1. Segarkan Konten yang Sudah Kedaluwarsa
    Konten SEO Anda akan tetap efektif dalam jangka panjang, selama konten tersebut tetap relevan.

Itulah mengapa sangat penting untuk sering melihat konten lama yang berkinerja baik dan memperbaruinya jika perlu.

Mungkin tidak selalu diperlukan, tetapi pikirkan: apakah ada hal lain yang dapat Anda tambahkan untuk membuat konten ini lebih bernilai?

Atau apakah ada sesuatu di dalamnya yang sudah tidak benar atau tidak relevan lagi? Memperbarui konten Anda secara teratur adalah praktik yang bagus untuk SEO.

Google cenderung menyukai konten yang terbaru dan relevan. Hal ini juga dapat menarik backlink baru, yang seharusnya menjadi bagian dari strategi SEO Anda.

  1. Vitalitas Web Inti
    Faktor penting lainnya dari SEO adalah Core Web Vitals situs web Anda. Ini adalah bagian dari faktor peringkat yang digunakan mesin pencari dan tidak boleh diabaikan.

Laporan Core Web Vitals dikumpulkan melalui data pengguna yang sebenarnya, dan faktor-faktor tersebut penting untuk pengalaman pengguna secara keseluruhan. Ini mengukur:

  • Largest Content Paint (LCP) – Berapa lama waktu yang diperlukan agar konten utama di halaman Anda dapat dimuat secara penuh (targetkan 2,5 detik atau kurang).
  • First Input Delay (FID) – Berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk dapat berinteraksi dengan konten Anda (targetkan 100 milidetik atau kurang).
  • Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS) – Seberapa banyak konten Anda berpindah-pindah di halaman sampai berada di tempat yang tepat (targetkan 0,1 atau kurang).
  • Hal ini mungkin sedikit terlalu teknis, tetapi secara keseluruhan, ini adalah tentang pengalaman pengguna saat mereka pertama kali berhubungan dengan situs web Anda.

Pengalaman pengguna yang baik adalah bagian penting dari strategi SEO Anda, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk memastikan situs web Anda sehat.

Beberapa faktor lain yang harus Anda perhatikan:

  • Kecepatan halaman – Gunakan alat bantu seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix untuk menganalisis kecepatan situs Anda dan mendapatkan rekomendasi untuk perbaikan.
  • Responsivitas seluler – Sebagian besar orang menggunakan ponsel untuk menjelajah, jadi pastikan situs web Anda terlihat bagus di ponsel dan fungsional.
  • Pengoptimalan gambar – Ini adalah kesalahan umum yang menyebabkan masalah besar – gambar yang berat akan memperlambat situs web Anda, jadi pastikan Anda mengoptimalkan media apa pun sebelum mengunggahnya ke situs.
  • Konten mungkin adalah raja dalam hal SEO, tetapi jika orang meninggalkan situs Anda sebelum melihat konten Anda, tidak ada gunanya seberapa bagus konten tersebut.

Kesimpulan Utama: Memperkuat Merek Anda Dengan SEO Organik
Singkatnya, lima poin ini akan membantu Anda mengembangkan SEO organik Anda:

  • Fokus pada bagian “Orang Juga Bertanya” di Google.
  • Pelajari kompetisi Anda.
  • Gunakan tautan internal dan backlink.
  • Segarkan konten yang sudah usang.
  • Perhatikan data penting dan pengalaman pengguna.
  • Ingat, strategi ini bekerja beriringan, dan menerapkannya secara bersamaan sering kali dapat memberikan hasil yang lebih baik!

Mengupayakan lalu lintas organik Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dan mengembangkan merek Anda.

Dan pendekatan pemasaran yang berpusat pada manusia untuk strategi konten SEO Anda tidak hanya akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web Anda, tetapi juga akan membuat lebih banyak orang melihat konten Anda secara umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation