6 Hal Yang Anda Tidak Tahu Dari STRATEGI E-COMMERCE

Categories: Artikel BISNIS
jasa seo

undercover.co.id –  Pertumbuhan bisnis di hari ini menunjukkan angka yang sangat signifikan. Terbukti dengan menjamurnya berbagai perusahaan baik yang makro atau mikro saling bersaing di dunia ini. Sebagai hasilnya, tak jarang dari mereka pun mulai meluncurkan sebuah bisnis e-commerce.

Jika diperhatikan pun di stasiun televisi banyak sekali model bisnis seperti ini. Dengan semakin banyaknya mereka yang bergelut dengan e-commerce tentu konsumen pun menjadi bak raja yang bisa sesuai hati memilih apa yang mereka inginkan. Sayangnya, tentu ini menjadi kabar yang buruk bagi para pengusaha. Kemudian tak jarang dari mereka pun harus gulung tikar, atau menjual bisnisnya kepada orang lain. Sungguh menyedihkan sekali bukan?

Untuk meminimalisir hal tersebut, kami pun melakukan sebuah pencarian tentang sebuah strategi bisnis e-commerce yang kiranya patut anda gunakan jika sedang menggeluti bidang ini. Baiklah, tanpa introduksi yang panjang kami pun akan memaparkannya untuk anda. Simak dengan baik ya!

  1. Tentukan Target Konsumen

Untuk memulai sebuah bisnis apapun, tentu yang namanya menentukan target konsumen sudah menjadi sebuah keharusan yang patutnya dilakukan. Anda pastinya harus tahu untuk siapa dan di mana barang anda akan dipasarkan.

Tak berbeda jauh pula dengan e-commerce, sebab dalam hal ini pun anda akan membangun sebuah wilayah di mana situs yang akan anda buat haruslah mampu menjangkau calon konsumen yang telah ditentukan sebelumnya. Jika anda tidak menentukan wilayah dengan spesifik, tentu akan menjadi sangat sulit bersaing dengan para kompetitor anda. Jadi, tentukan dengan sangat bijak ya!

  1. Memenuhi Selera Pasar

Para konsumen anda pastilah seorang manusia. Bagaimanapun, mereka terdiri dari latar belakang budaya, kebiasaan, dan daerah yang berbeda juga pastinya. Oleh karena itu, anda pun akan dituntut untuk bisa memenuhi selera dari konsumen anda.

Baca Juga Bisnis Hobby Adalah Bisnis Terbaik Untuk Anda

Setiap mereka mengunjungi situs yang telah anda buat, tentu mereka pun mencari pengalaman yang bisa membuat mereka nyaman berada di situs tersebut. Maka, anda pun harus bisa menciptakan sebuah pengalaman kunjungan website yang setidaknya bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

6 Hal Yang Anda Tidak Tahu Dari STRATEGI E-COMMERCE

6 Hal Yang Anda Tidak Tahu Dari STRATEGI E-COMMERCE – foto by 40cg

  1. Memilih Konten

Untuk membuat seseorang tertarik pada sesuatu, tentunya kita pun harus bisa menawarkan hal yang baru dan mengasyikkan bagi mereka. Jika anda seorang penjual mobil, apa yang akan ditawarkan untuk membuat produk tersebut laku?

6 Hal Yang Anda Tidak Tahu Dari STRATEGI E-COMMERCE Tentunya sebuah konten yang mampu mendeskripsikan benda itu, bukan? Begitupun dengan usaha e-Commerce anda. Apabila situs telah dibangun dengan sangat baik dan menarik, semua akan sia-sia bila konten nya tidak ciamik. Maka, isilah website anda dengan konten-konten yang mampu membuat lengket konsumen anda untuk berada di sana. Sebab isi konten yang relevan pun akan mampu membuat peringkat situs anda berada di peringkat teratas dalam mesin pencarian.

  1. Memberikan Pengalaman yang Tak Terlupakan

Situs e-commerce yang telah anda bangun, tentu haruslah bisa sesuai dengan brand yang anda kelola. Representasikan merek anda itu pada situs anda, dari mulai pemilihan warna, informasi, design, dan site map. Hal tersebut akan mampu membuat pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung website.

Jika anda menjual makanan ringan dalam website tersebut, dan menargetkan anak muda sebagai pangsa pasar nya, maka membuat tampilan dengan foto yang indah, warna yang cerah, akan lebih menarik atensi mereka untuk membeli bukan? Pengalaman yang didapat oleh konsumen anda pun pastinya lebih menyenangkan. Jadi, beri mereka pengalaman.

  1. Mobile Commerce

Kita sekarang hidup di zaman di mana internet sudah berada pada setiap genggaman tangan manusia. Tak heran bila menginvestasikan usaha anda pada mobile commerce pun menjadi pilihan yang sangat bijak. Jangan sampai anda hanya fokus membuat website, tapi hal tersebut tidak bisa dibuka secara maksimal dalam Mobile Phone konsumen anda. Hal itu pastinya akan membuat anda kehilangan banyak pelanggan bukan kalau begitu.

Jadi, mulailah berpikir untuk membuat usaha anda ini mampu untuk dijalankan di aplikasi mobile. Terlebih, tahun ini pun persaingan HP pintar semakin gencar di pasaran. Ini seharusnya menjadi projeksi bahwa masa depan manusia akan lebih memilih menggunakan internet di hand phone di banding yang konvensional.

Baca Juga Brand Activation MamyPoko Love Donation Through Pokojang Love Hugs

  1. Menjual Barang yang Unik

Untuk yang terakhir ini adalah cara agar membangun sebuah citra yang bisa membuat pelanggan hanya jatuh hati pada usaha anda. Ya, anda bisa lakukan dengan menjual barang yang memang tidak dijual oleh para pebisnis e-commerce lain.

Cara ini tentu akan membuat persaingan menjadi semakin mudah bagi anda, sebab hanya website anda yang menyediakannya. Hal ini pun akan berguna untuk membangun sebuah kesan eksklusif bagi merek anda. Bagaimanapun, konsumen akan semakin bergantung pada anda bila ternyata hanya situs anda lah yang menyediakan barang yang tidak ada di tempat lainnya. Ini sangat patut koq ini dicoba ya.

Nah, sekarang, anda sudah tahu beberapa strategi dalam mengembangkan bisnis e-commerce. Maka, tunggu apalagi, silahkan anda coba dan aplikasikan. Jangan sampai kompetitor anda melakukannya lebih dulu ya. Bukankah Sebaik-baiknya bisnis adalah yanga mampu bersaing dan memenangkan persaingan. Jadi,  raihlah kemenangan anda dengan strategi yang saya paparkan sebelumnya. Semoga selalu bermanfaat.6 Hal Yang Anda Tidak Tahu Dari STRATEGI E-COMMERCE

jasa seo

Your Thoughts