6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor

jasa seo

undercover.co.id –  Sulitkah bekerja sebagai investor ? tentu saja sulit. Mereka membutuhkan pikiran yang cekatan dan berani, mengambil keputusan dengan tidak tergesa-gesa namun tepat dan masih banyak lagi. Karena investor bertugas untuk memilih jalan yang mungkin beresiko namun harus bisa bertahan ditengah persaingan bisnis yang kuat dan tinggi. Untuk itu, sebelum anda menjadi investor kenali dulu beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh mereka. Apa saja ?

6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor

Kenapa Investor Dilarang Melakukan Kesalahan ?

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, hal ini tidak dapat dihindari karena bersifat alami. Namun sudah menjadi tanggung jawab masing-masing untuk mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi, caranya ? tentu dengan belajar dari pengalaman dan mencari informasi agar tidak salah. Termasuk menjadi investor, dimana dunia pekerjaan mereka sangatlah sensitif dan sulit untuk dipelajari. Para investor mempertaruhkan uang, tenaga dan pikiran mereka untuk sebuah pekerjaan dan kesuksesan di masa selanjutnya. Investor diharuskan bisa memiliki pemikiran yang netral, tidak terburu-buru dan juga tepat.

 

Kesalahan Umum Apa Saja ?

  1. Merasa Cukup Belajar

Dunia investasi seperti halnya roda berputar, dimana investasi terus menerus bergulir dan tidak berhenti. Persaingan mungkin naik turun seiring seberapa besar dan banyaknya keuntungan bisa didapat di dunia investasi. Untuk itu beberapa investor harus dan diwajibkan untuk belajar dan melihat situasi atau pasar.

Sayangnya beberapa orang sudah merasa cukup dan tidak perlu lagi belajar atau melakukan survey pasar terkait pekerjaan dan investasi mereka. Hal seperti ini merupakan kesalahan besar yang sering dilakukan oleh investor terutama investor yang sudah bergelut lama di dunia investasi. Mereka merasa pengalaman sudah cukup mengajarkan segalanya, padahal persaingan akan terus meningkat dan anda akan tertinggal jika tidak terus mencari informasi dan belajar.

6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor

  1. Melihat Untung Saja

Jika poin sebelumnya sering dilakukan oleh pemain investasi lama, maka kesalahan selanjutnya sering dilakukan para investor pemula. Dimana mereka selalu berpikir bahwa yang memiliki keuntunganlah yang paling bagus dalam investasi.

Baca Juga Investor Bisnis Untuk Kelancaran Bisnis Anda

6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor  Padahal pemikiran ini justru membawa anda pada investasi yang sempit,dimana investasi bukan hanya sekedar keuntungan, melainkan resiko, keputusan, persaingan dan juga jangka panjang. Dalam membeli saham contohnya, mereka yang mendapatkan keuntungan kecil dan melakukan secara perlahan akan mendapatkan keuntungan besar diakhir. Berbeda yang menyukai hal instan dan membeli dengan untung tinggi, itu hanya sesaat saja.

  1. Tidak Fokus

Tidak fokus merupakan kesalahan investor selanjutnya yang sering dilakukan. Banyak yang merasa bahwa investasi A sudah cukup menguntungkan, maka melebarkan sayap ke investasi selanjutnya. Padahal mereka belum tahu betul akan pasar investasi A.

Ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dan kedua atau ketiga cabang investasi anda bermasalah, tentu justru akan membuang waktu dan tenaga karena tidak mungkin menjalankannya sekaligus.

Padahal mungkin beberapa orang berpikir jika bisa menanam di banyak lubang kenapa tidak, maka panen akan berlimpah. Sayangnya berbeda dengan dunia bisnis dan investasi.

6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor

 

Untuk itu cobalah fokus pada satu investasi saja, jika sudah dirasa aman dan bisa dikendalikan barulah membuat investasi lainnya. Umumnya para investor handal saja butuh waktu tahunan untuk bisa melebarkan sayap. Anda sedang tidak menanam tanaman, anda sedang melakukan investasi.

  1. Cepat Puas

Tidak pernah puas memang sifatnya manusia, namun ketika segala sesuatu tercapai maka manusia akan cepat puas. Padahal hukum ini tidak berlaku di dunia investasi dan juga bisnis. Dimana pelaku atau investor harus terus memiliki target agar bisa maju tanpa diam ditempat.

Baca Juga Reputasi Merek Diambang Jurang? Ini 7 Langkah Cepat Memperbaikinya

Selain itu, mereka yang cepat puas dalam dunia investasi mungkin akan berhasil ketika ingin mencapai targetnya, namun ketika sudah tercapai mereka justru akan tertinggal oleh pesaing dan juga investor lain. Untuk itu coba jangan cepat puas dan juga jangan cepat putus asa. Kenali dan asah terus investasi yang anda pegang baik anda masih pemula atau sudah handal sekalipun, agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Berpihak

Tahukah anda bahwa para investor tidak pernah berpihak. Mereka bekerja dengan pikiran terbuka dan juga realistis, dimana investasi yang dipilih bukan karena mereka menyukai produk tersebut atau perusahaan tersebut. Investasi dipilih karena keuntungan tinggi, kemungkinan investasi yang stabil dan faktor lainnya. Sehingga tentu menjadi kesalahan jika anda sebagai investor justru melakukan keberpihakan, misalnya anda menyukai produk A maka anda ingin menginvestasi tanpa melihat peluang dan kemungkinan kedepannya. Apakah memang berpeluang menjadi sukses atau justru membangkrutkan anda.

Hal ini sering sekali dilakukan para investor, dimana mereka melakukan hal yang subjektif.

6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor

  1. Menjalankan Rencana

Tidak menjalankan rencana merupakan kesalahan umum terakhir yang biasa dilakukan oleh para investor. Dimana cara terbaik dalam menghilangkan emosi adalah dengan membuat rencana investasi yang matang dans esuai. Jika sudah direncanakan, misalnya menjual saat harga turun 2%, maka hal tersebut terjadi. Untuk itu jangan menunggu atau berpikir apapun lagi, lakukan hal tersebut dan jual sesuai rencana.

Jika anda masih berpikir maka anda salah, karena berpikir seharusnya bukan saat terjadi hal yang “mepet” alias mendekati keputusan, namun sudah jauh-jauh hari. Itulah fungsi rencana dalam investasi dan juga bisnis. 6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor 

 

jasa seo

Your Thoughts