6 Manfaat Menggunakan Drupal Sebagai CMS Untuk Situs Anda

6 Manfaat Menggunakan Drupal Sebagai CMS Untuk Situs Anda

Sistem manajemen konten (CMS) akan memudahkan Anda membuat, menerbitkan, mengedit, dan mengelola konten situs web menggunakan antarmuka pengguna grafis. Berdasarkan kebutuhan Anda, Anda memiliki opsi untuk memilih dari berbagai sistem manajemen konten open source – WordPress, Drupal, Joomla, Magento, dan Blogger – sesuai dengan kebutuhan Anda. Statistik penggunaan yang diposting di berbagai situs web menggambarkan WordPress saat ini memiliki pangsa pasar yang lebih besar daripada sistem manajemen konten lainnya. Tetapi Anda tidak boleh memilih CMS hanya berdasarkan popularitas atau pangsa pasarnya.

Seperti pengusaha cerdas lainnya, Anda selalu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Drupal sebagai CMS modular, dapat disesuaikan, dan fleksibel untuk situs web Anda. CMS adalah CMS open source. Karenanya, Anda dapat menggunakannya untuk situs web Anda tanpa membayar biaya lisensi apa pun. Selain itu, Anda dapat menginstal dan menggunakan Drupal dengan mulus tanpa harus menjadi pengembang aplikasi web yang terampil. Seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal juga menyediakan berbagai tema, plugin, dan modul. Anda bahkan memiliki opsi untuk memperluas atau menyesuaikan Drupal sesuai dengan kebutuhan Anda hanya dengan menginstal plug-in ekstensi yang diperlukan.

6 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Drupal sebagai CMS untuk Situs Anda

1) Mudah Dipasang dan Digunakan

Tidak seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal memiliki proses instalasi yang sederhana dan ramping. Anda dapat mengunduh dan menggunakan Drupal tanpa menangani konfigurasi yang rumit. CMS selanjutnya memungkinkan Anda membuat situs web kustom menggunakan fitur yang disebut distribusi. Distribusi menyediakan fitur dan fungsi spesifik yang dibutuhkan oleh situs web. Anda memiliki opsi untuk memilih lebih dari 1150 distribusi sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda dapat mengunduh dan menginstal distribusi yang diperlukan secara langsung, dan menggunakannya untuk membuat situs web khusus penggunaan dengan cepat.

2) Lebih dari 2400 Tema

Seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan dan nuansa situs web menggunakan tema. Anda bahkan memiliki opsi untuk memilih dari lebih dari 2400 tema default dan tema Drupal yang dikontribusikan sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Pada saat yang sama, Drupal memungkinkan untuk membuat sub-tema dari tema yang sudah ada. Sub-tema mewarisi semua sumber daya desain dari tema induk, sekaligus memungkinkan Anda untuk menambahkan sumber daya tambahan. Anda dapat mengatur sub-tema dalam beberapa cara, dan mengatur perubahan khusus situs ke sub-tema tertentu.

3) Lebih dari 38000 Modul

Drupal dirancang sebagai CMS modular. Anda dapat dengan mudah memperluas fungsionalitas inti Drupal menggunakan modul khusus yang dikontribusikan. Anda bahkan memiliki opsi untuk memilih lebih dari 38000 modul sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan modul yang disebut Better Login untuk mengubah gaya login dan formulir pendaftaran. Selain itu, Modul Penelusuran Ubahsuaian memungkinkan Anda mengubah label dan teks default di kotak penelusuran dan memfasilitasi penelusuran lanjutan. Karenanya, Anda dapat mendesain dan menyesuaikan situs web hanya dengan menggunakan modul Drupal yang tepat.

4) Pendekatan Pertama Seluler

Sebagian besar pengguna saat ini mengakses situs web di ponsel cerdas, tablet, atau phablet mereka. Drupal 8 memudahkan Anda membuat situs web yang responsif dan ramah seluler dengan mengadopsi pendekatan yang mengutamakan seluler. Itu membuat situs web terlihat bagus di komputer dan perangkat seluler dengan menyediakan tema responsif bawaan. Selain itu, ia hadir dengan tema admin dan bilah alat admin yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. Pada saat yang sama, Drupal meningkatkan keramahan situs web dengan menjadikan HTML5 sebagai bahasa markup web standar.

5) Fitur Multibahasa dan Terjemahan Bawaan

Drupal 8 mempercepat pengembangan situs web multibahasa dengan menyediakan modul khusus. Anda dapat menggunakan modul kontribusi khusus untuk memilih, mengkonfigurasi, dan menerapkan banyak bahasa. Modul ini memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai bahasa, menetapkan bahasa untuk setiap komponen situs web, mengonfigurasi mode deteksi bahasa browser, dan mengatur bahasa antarmuka admin untuk setiap pengguna. Pada saat yang sama, Anda dapat menggunakan modul khusus untuk memfasilitasi terjemahan konten situs web. Drupal 8 memungkinkan Anda mempercepat terjemahan konten situs web menggunakan alat canggih seperti Terjemahan Entitas. Namun, Anda masih memiliki opsi untuk membuat situs web tanpa mengaktifkan fungsi multibahasa atau terjemahan.

6) Keamanan Tingkat Perusahaan

Skor Drupal atas sistem manajemen konten lainnya dalam kategori keamanan. Tidak seperti CMS lainnya, Drupal tidak menerapkan keamanan situs web melalui plugin. Ini mengharuskan Anda untuk meningkatkan keamanan situs web melalui konfigurasi yang tepat. Karenanya, Anda dapat dengan mudah menjaga keamanan situs web Anda dengan berfokus pada konfigurasi keamanan. Pada saat yang sama, Anda dapat mengidentifikasi kerentanan yang muncul hanya dengan mengunjungi situs web Drupal. Kerentanan yang diposting oleh pengembang lain di situs web akan membantu Anda melindungi situs web dari ancaman keamanan yang muncul.

Seperti teknologi open source lainnya, Drupal juga didukung oleh komunitas programmer Drupal yang besar dan aktif. Selain itu, telah berkembang secara konsisten untuk menyederhanakan dan mempercepat pengelolaan konten situs web. Misalnya, Drupal 7 memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menggunakan CMS tanpa harus mahir dalam berbagai teknologi web. Selain itu, Drupal 8 hadir untuk mempercepat pengelolaan konten situs web dengan menyediakan editor teks, gambar responsif, modul terjemahan baru, dan alat baru.

Leave a Reply

three + 10 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!