6 Peluang Bisnis UKM Menggiurkan di Bidang Peternakan

Categories: Bisnis UMKM
jasa seo

Undercover.co.id – 6 Peluang Bisnis UKM Menggiurkan di Bidang Peternakan. Bekerja tak harus di kantor. Dimasa sekarang ini banyak cara untuk mendapatkan uang untuk bekal atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usaha atau membuka usaha sekarang ini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Banyak bidang yang bisa digeluti, mulai dari kuliner, pakaian, kerajinan tangan bahkan bidang yang jarang diinginkan. Salah satunya adalah bidang peternakan. Ingin lihat apa 6 peluang yang bisa anda dapatkan dengan bisnis UKM di bidang peternakan.

1. Ternak Ayam Potong

Image result for ternak ayam petelur

Ayam potong merupakan satu dari sekian banyak usaha peternakan yang bisa anda manfaatkan. Dimana ayam merupakan salah satu konsumsi masyarakat yang tiada hentinya dan selalu dibutuhkan dipasar. Terutama jika anda memelihara ayam yang sehat, dan sesuai dengan standar kesehatan dari balai peternakan. Maka akan banyak pelanggan yang setia mengantri untuk usaha anda.Selain itu, usaha franchise atau fastfood pun memanfaatkan ayam potong atau ayam sebagai makanan utama. Anda bisa mengajukan ke restoran cepat saji untuk bisa menjual ayam-ayam potong anda.

baca juga : Inilah 5 Bisnis Franchise yang Masih “memanas”di tahun 2017

2. Ikan Air Tawar

Image result for ternak ikan

Selanjutnya usaha bisnis bidang peternakan yang menjanjikan adalah ternak ikan air tawar. Konsumsi ikan yang tinggi juga membuat para pengusaha ikan air tawar kebanjiran order dan menghasilkan hasil yang tinggi setiap bulannya. Apalagi perilaku konsumtif dan seringnya masyarakat Indonesia makan di luar rumah seperti restoran menjadikan para peternak ikan memasok banyak ikan untuk restoran dan tempat makan besar.Bidang kuliner memang tidak pernah ada habisnya, terutama untuk beternak ikan yang memang digunakan sehari-hari dan dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

baca juga : SALAD STOP! Restaurant Waralaba Kini Hadir Wara Wiri Di Indonesia

3. Peternakan Sapi

Image result for ternak sapi
Jika anda memiliki uang lebih, maka usaha peternakan sapi merupakan usaha pertama yang mungkin bisa anda pilih. Peluang untuk beternak sapi dalam menghasilkan nominal yang tinggi sangatlah besar. Selain sapi berguna untuk banyak produk, seperti susu, kulitnya untuk bedug atau kerajinan, dan dagingnya tentu untuk dikonsumsi.

Perawatan sapi memang lebih mahal dibanding usaha peternakan lainnya, namun hasil yang didapat sangatlah banyak. Harga daging sapi sendiri tidaklah murah, untuk itu anda bisa tahu bahwa peternakan ini sangatlah menjanjikan. Bisnis usaha peternakan sapi banyak dipilih para saudagar yang ingin mengalihkan hartanya kedalam usaha keluarga. Umumnya sapi yang masih hidup juga laku untuk dijual ke konsumen ketika hari raya haji bagi umat muslim. Pedagang besar mengaku bisa mendapatkan puluhan juta pada bulan tersebut.

baca juga : Holycow steak ala resto hotel yang ternspirasi untuk bisnis

4. Usaha Serangga Untuk Pakan

Image result for ternak serangga

Apabila anda tinggal didaerah dekat sungai atau kolam atau wilayah yang memang belum terlalu megapolitan maka anda akan menemukan para pengusaha ini. Mereka merupakan pengusaha di bidang peternakan dengan basis usaha kecil ternak serangga.

Usaha ini dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen yang biasanya memancing, memelihara burung, hewan kecil, hewan reptil dan lainnya. Umumnya yang diternakan adalah serangga seperti ulat kecil, serangga kecil pakan burung dan lainnya. Usaha ini memang tidak sebesar peternakan sapi atau ayam namun cukup menjanjikan karena dibutuhkan di pasaran.Selain itu, anda yang mungkin ingin tahu bahwa beternak serangga untuk pakan tidaklah sulit dan mengeluarkan biaya besar. Karena sifat berkembang biak mereka yang sangat bagus.

5. Ternak Belut

Image result for ternak belut
Selanjutnya adalah ternak belut yang jarang dilakukan orang namun banyak menghasilkan uang. Ternak belut bisa anda lakukan dirumah atau bahkan di sisa lahan yang anda miliki. Belut cukup mudah, tidak perlu menggunakan seperti kolam namun tempatkan di tempat yang berisi tanah dan sedikit lumpur-lumpur.

Selain itu, belut juga tidak memerlukan modal yang besar namun menghasilkannya cukup tinggi. Usaha belut umumnya dilarikan ke kuliner, seperti dikonsumsi untuk dimasak atau dijadikan keripik belut. Rasanya gurih dan tentunya menyehatkan karena mengandung protein alami tanpa efek samping. Karena itulah belut sampai sekarang masih diminati dan bisa menjadi peluang bisnis UKM di bidang peternakan yang menjanjikan.

6. Ternak Bebek

Image result for ternak bebek
Ternak Bebek merupakan usaha terakhir yang termasuk UKM bidang peternakan yang menjanjikan. Dimana telur bebek dan bebek sendiri masih dikonsumsi dan digemari banyak masyarakat. Bebek menghasilkan daging dan juga telur yang bergizi dan berprotein tinggi.

Apalagi, konsumsi bebek memang bisa dialihkan ke kuliner seperti telur asin atau bebek yang dimasak. Karena tingginya minat akan bebek inilah yang membuat ternak bebek tidak akan pernah mati. Usaha yang jarang digeluti ini justru menghasilkan pundi rupiah yang cukup tinggi. Memang umumnya yang melakukan usaha ternak bebek berasal dari desa, karena bebek bisa hidup tanpa stress, selain itu tempat tinggal dan tempat mereka hidup masih sangatlah luas. Hewan ternak tidak boleh terkena stress atau sakit jika ingin diternakan apalagi untuk tujuan konsumsi.
Itu tadi 6 peluang bisnis UKM di bidang peternakan yang menjanjikan dan juga berpeluang besar. Tidak tentu bekerja di tempat bersih menjanjikan uangnya, selama bisnis tersebut dalam hal yang baik dan benar usaha atau bisnis akan berkembang dengan baik, pundi rupiahpun akan mengikuti. Meskipun anda tahu bahwa pekerjaan dalam bidang peternakan terlibat dengan lapangan, kotor dan juga bau.

jasa seo

Your Thoughts