undercover.co.id – 7 Alasan untuk Terus Berinvestasi dalam Pemasaran Digital, Dengan banyaknya orang yang bekerja dari rumah saat ini, kami melihat adanya peningkatan yang cukup besar dalam satu pertanyaan tertentu baru-baru ini. Ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dihindari, dan pertanyaan yang lebih penting lagi untuk dijawab.
Kami yakin Anda juga pernah mendengarnya.
Bahkan, Anda mungkin pernah menanyakannya pada diri Anda sendiri.
“Pakai baju apa hari ini?”
Tapi jangan khawatir, kami akan membantu Anda mengetahuinya di akhir artikel ini.
Kami juga akan menjawab pertanyaan terpenting kedua yang dihadapi para pebisnis:
“Haruskah saya terus berinvestasi dalam pemasaran digital?”
Ini adalah keputusan besar yang harus diambil. Dan tidak kalah pentingnya dengan pertanyaan celana.
Sebagai pemasar, terutama saat ini, kita dihadapkan pada tiga pilihan:
- Mempertahankan hal-hal yang sama
- Mengurangi pengeluaran
- Memperluas operasi
Saat ini, ada banyak hal yang tidak dapat dikendalikan oleh bisnis. Acara dan perjalanan dibatalkan, dan orang-orang tinggal di rumah, kebiasaan konsumen berubah, dan masih banyak lagi. Namun ada satu hal yang bisa mereka kendalikan: bagaimana mereka berinteraksi dengan audiens mereka.
Jadi, meskipun reaksi spontan mungkin adalah melakukan perampingan operasi dan menaikkan celana ke atas kepala, berhati-hatilah untuk tidak bereaksi secara defensif terhadap perubahan mendadak yang terjadi. Ekonomi belum berhenti. Konsumen masih membeli barang. Peluang untuk pertumbuhan masih ada. Tren dan kebutuhan hanya bergeser. Jadi, kita perlu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.
Terutama, lingkungan baru kita telah menyebabkan orang lebih mengandalkan Google untuk mendapatkan jawaban, Amazon untuk membeli barang, media sosial untuk kenyamanan, dan Internet secara keseluruhan untuk mendapatkan bantuan.
Hasilnya, strategi pemasaran digital terbaik adalah menggunakan opsi ketiga dan memperluas operasi Anda di tempat yang tepat. Ini berarti menemukan cara untuk melibatkan audiens Anda dengan biaya yang efektif yang memberikan manfaat paling besar bagi masa depan merek Anda.

Berinvestasi dalam Pemasaran Digital
Karena pemasaran digital memenuhi semua kriteria yang tepat, kami sarankan untuk melakukan semuanya dengan strategi online Anda. Untuk menunjukkan alasannya, berikut adalah tujuh alasan mengapa menghentikan pemasaran digital di masa yang tidak menentu bisa menjadi langkah yang sangat buruk.
- Ada Lebih Banyak Orang yang Online Dari Sebelumnya
Saat ini, ada volume orang yang online terbesar dalam sejarah dunia.
Karena tidak diragukan lagi, kita mengubah cara kita berinternet.
Jika ada satu prinsip utama dalam berbisnis, yaitu berada di tempat pelanggan Anda berada. Saat ini, semua pelanggan sedang online. Pemasaran digital adalah cara terbaik (dan satu-satunya cara) untuk menjangkau mereka secara efektif.
- Terhubung pada Tingkat Pribadi adalah yang Terpenting
Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah waktu yang tepat untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Bukan hanya karena Anda adalah sebuah bisnis, tetapi karena Anda adalah manusia.
Sebagai manusia, kita semua berada dalam masalah ini bersama-sama. Kita semua mengambil tindakan pencegahan.
Kita semua melakukan karantina di rumah kita. Kita semua makan makanan aneh yang kita lupa ada di lemari es. Kita semua tidak memakai celana. Jadi mari kita bicarakan.
Pemasaran digital menyediakan cara yang paling bervariasi dan personal untuk menjangkau orang-orang dan berbagi pengalaman.
Media berbayar dan email menyediakan sarana penjangkauan langsung, sementara SEO memungkinkan orang untuk mencari Anda dengan cara mereka sendiri.
Dan kemudian ada media sosial, yang digunakan untuk tujuan koneksi semata, baik itu melalui berbagi informasi terbaru, menyediakan sumber daya pendidikan, acara streaming langsung, atau sekadar memposting humor yang sangat dibutuhkan.
Ini bukan waktunya untuk menjadi sales. Ini adalah waktu untuk menjadi suportif, peka, dan membantu. Hal ini berlaku untuk pelanggan baru, namun sangat penting bagi pelanggan yang sudah ada sehingga Anda dapat mempertahankan dan memperdalam hubungan tersebut bahkan di saat-saat yang paling sulit sekalipun.
Omong-omong…

- Pemasaran Digital Memberikan Kemampuan yang Mudah untuk Membangun Kedekatan
Karena pemasaran digital adalah cara terbaik untuk terhubung, ini juga merupakan cara terbaik untuk membangun kepercayaan. Kemungkinan besar pelanggan Anda sedang stres. Jadi, alih-alih menarik diri dari mereka, sampaikan pesan yang bermanfaat dan jujur yang dapat menghibur dan membantu.
Hal terpenting yang dapat diberikan oleh sebuah merek kepada orang-orang yang sedang mengalami krisis adalah:
- Kejelasan
- Nilai
Meskipun Anda tidak dapat menghasilkan penjualan langsung saat ini, Anda dapat membangun kedekatan merek jangka panjang melalui pemasaran digital.
Untuk melakukan hal ini, buat dan bagikan konten berkualitas yang mencakup dua hal tersebut, idealnya pada saat yang bersamaan. Menjalin hubungan positif dan kepercayaan akan membangun pengikut setia yang akan bertahan lebih lama dari masa-masa sulit.
Karena Anda tidak hanya ingin mendominasi saat terjadi penurunan, Anda juga ingin mendominasi pasar…
Merek Membutuhkan Cara Baru untuk Tetap Kompetitif dan Mendapatkan Pangsa Pasar
Hal terpenting yang harus dilakukan oleh sebuah merek untuk dirinya sendiri dalam sebuah krisis adalah:
- Menjaga agar pendapatan tetap mengalir
- Merebut pangsa pasar
Untuk mencapai keduanya pada masa-masa ini, merek Anda harus mampu mengubah strategi dengan cepat. Berikut adalah beberapa cara paling efektif yang telah kami lihat dilakukan oleh klien kami sejauh ini:
- Mengalokasikan kembali anggaran pameran dagang ke dalam pemasaran digital.
- Memenuhi permintaan dengan meningkatkan (atau menciptakan) kehadiran online.
- Mencari solusi dengan hasil tinggi dan berbiaya rendah seperti video.
- Mengganti penjualan fisik dengan penjualan online.
- Mengalihkan upaya dari pencarian prospek ke penargetan ulang.
- Menempatkan anggaran perjalanan yang tidak terpakai
Pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk menemukan peluang di tengah krisis virus Corona untuk tidak hanya menghasilkan pendapatan dalam jangka pendek, tetapi juga mendapatkan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang.
baca juga
- 11 Brand yang Berhasil Menggunakan Sosial Media
- 10 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Website
- Cara Jitu Launching Website Bisnis Anda
- 9 Tanda-Tanda Toko Online Palsu
- Rekomendasi Web Hosting Terbaik
- Penelusuran Lokal Dapat Membuat Perbedaan Besar
Perubahan perilaku kita telah membuat pencarian lokal menjadi lebih penting dari sebelumnya. Bahkan bisnis yang dulunya tidak terlalu memperhatikan pasar lokal secara online perlu mengubah cara mereka menargetkan audiens menggunakan pemasaran digital.
Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa pembatasan sosial, penutupan toko, kerja jarak jauh, dan mandat pemerintah untuk “tinggal di rumah” akan menghalangi aktivitas lokal, namun hal tersebut justru menyebabkan pencarian lokal berkembang.
Peningkatan pencarian lokal dan pencarian “dekat saya” memberikan keunggulan kompetitif yang langka bagi bisnis kecil, baik toko fisik maupun e-commerce, dibandingkan dengan toko besar online. Ketika perusahaan seperti Amazon kehabisan stok dan terlambat dalam pengiriman, bisnis yang lebih kecil bisa masuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dan di situlah SEO dan SEM yang diimplementasikan secara strategis berperan.

- Pemasaran Digital dapat menjadi Tahan Resesi
Setiap resesi memiliki strategi yang dapat bertahan dalam kondisi terburuk sekalipun.
Mengapa? Karena memang begitu:
- Hemat biaya (yaitu, terjangkau untuk diterapkan)
- Tangkas (yaitu, mudah beradaptasi dengan perubahan pasar yang tidak menentu)
- Terukur (yaitu, dapat melacak tindakan apa pun untuk memberikan wawasan berbasis data)
- Lengket (yaitu, setelah Anda terhubung dengan prospek, Anda dapat terlibat kembali tanpa henti)
- Berkembang (yaitu, peluang baru muncul secara teratur)
Yang terbaik dari semuanya, pemasaran digital mendiversifikasi investasi Anda. Hal ini karena ini bukan hanya strategi tunggal, melainkan portofolio yang kuat dari metode unik untuk menjangkau audiens Anda, menghasilkan prospek, dan memperoleh penjualan:
- SEO (untuk mendorong lalu lintas organik berkualitas tinggi)
- CRO (untuk mendorong konversi berkualitas tinggi)
- Media Sosial (seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan Twitter)
- Iklan Media Berbayar (seperti Iklan Google, Iklan Facebook, dan Iklan Linkedin)
- Pemasaran Konten (seperti blog, video, dan suara)
- Penjangkauan melalui Email
- Pemasaran Afiliasi dan Influencer
- Pemasaran Amazon
Saluran pemasaran digital ini tidak hanya akan membantu bisnis Anda mengatasi resesi, tetapi pada saat yang sama, saluran ini juga akan memposisikan bisnis Anda untuk tumbuh selama masa pemulihan.
- Anda Harus Bersiap Menghadapi Pemulihan
Meskipun kejadian saat ini dapat mengubah cara kita beroperasi untuk waktu yang lama, kehidupan sehari-hari akan menjadi stabil, kebiasaan konsumen akan menjadi normal, dan resesi yang terjadi akan berakhir. Ketika itu terjadi, bisnis yang mempersiapkan diri paling awal akan paling berhasil.
Dampak utama dari perubahan ini adalah semakin banyaknya orang yang terbiasa melakukan bisnis secara online, terutama demografi yang sebelumnya tidak terlalu banyak menggunakan Internet. Untuk menghadapi lonjakan ini, merek Anda harus memiliki kehadiran online yang kuat.
Selain itu, bisnis yang mengurangi pengeluaran, gagal merealokasi anggaran secara efektif, atau membatalkan pemasaran digital secara bersamaan selama kemerosotan ekonomi, akan tertinggal di belakang persaingan yang tidak melakukannya dengan bijak.
Dengan kata lain, apa yang kita lakukan selama resesi akan menentukan siapa yang menang dan kalah dalam pemulihan.
Jadi pertanyaannya adalah:
“Haruskah Anda terus berinvestasi dalam pemasaran digital?”
Jawabannya, tanpa diragukan lagi, adalah YA!
Bisnis tidak perlu berjuang keras. Mereka hanya perlu menemukan cara yang tepat untuk berkembang. Pemasaran digital memberikan peluang yang sangat mudah untuk tidak hanya memperkuat bisnis Anda saat ini, tetapi juga mendapatkan momentum untuk masa depan.
Untuk semua alasan yang tercantum di atas, mundur, membatalkan, atau bahkan gagal mengembangkan upaya pemasaran digital Anda saat ini akan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Sebaliknya, memanfaatkan peluang yang tersedia dengan pemasaran digital dapat memposisikan perusahaan Anda untuk mendominasi persaingan dan pasar.
Dan yang paling penting, memberikan Anda kebebasan yang Anda butuhkan untuk berkembang.
Tahukah Anda apa maksudnya?