7 Cara Memaksimalkan Konten Website Yang Mampu Meningkatkan Pengunjung

SEO UNDERCOVER CO ID 70

Undercover.co.id – Upaya untuk memaksimalkan konten website akan selalu menjadi hal yang sangat penting khususnya dalam meningkatkan pengunjung website. Semua pemilik blog baik itu untuk keperluan pribadi maupun berbisnis tentunya selalu mencari bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung website. Dengan banyaknya pengunjung maka website akan semakin populer. Di era yang semakin mudah ini, banyak orang yang mencari segala informasi melalui internet. Mereka hanya perlu mencari apa yang mereka inginkan melalui Google dan akan muncul beberapa informasi dalam sebuah website.

Cara memaksimalkan konten website sebenarnya tidaklah mudah. Hanya saja harus paham bagaimana triknya. Salah satu kesuksesaan sebuah website adalah banyaknya pengunjung dan mengklik iklan yang ada jika memang sudah terpasang iklan. Adanya iklan juga seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terlebih jika iklan yang ada memang relevan dengan konten website.

Pengguna website semakin lama memang semakin banyak. Selain itu ada jutaan orang yang berkunjung ke website setiap harinya. Dari sini Anda harus befikir bagaimana agar website Anda juga dikunjungi oleh salah satu jutaan orang tersebut. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa setiap orang hanya memerlukan waktu 8 detik apakah akan betah berada dalam website tersebut atau memutuskna untuk mencari website lain yang dianggap lebih menarik.

Sebagai pemilik website, Anda harus memanfaatkan waktu 8 detik tersebutr agar pengunjung tertarik untuk berada di website Anda. Pengunjung sangatlah penting bagi sebuah website. Jika sebuh website tidak memiliki pengunjung atau bahkan hanya sedikit dan terus menurun, maka website tersebutbakan terancam tenggelam karena banyaknya website lain yang lebih menarik.

cara meningkatkan website untuk meningkatkan pengunjung

1.Pahami kebutuhan pengunjung

Dalam menarik pengunjung website, Anda harus paham tentang kebutuhan pengunjung. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan di sini adalah dengan melalukan survey atau interview terhadap pengunjung lama yang sering berkunjung ke website Anda. Dengan meminta feedback dari mereka, Anda akan dengan mudah  menemukan apa yang dinginkan pengunjung dari website Anda. Hal ini sangat penting jika website Anda digunakan untuk jualan online. Memahami kebutuhan pengunjung akan sangat membantu meningkatkan pengunjung dengan cepat.

2.Perhatikan format konten

Format konten sangatlah penting dan mampu meningkatkan pengunjung website Anda. Pastikan Anda tidak salah dalam menentukan format. Misalnya, jika target Anda adalah seorang pengusaha atau kalangan profesional, maka jenis konten yang paling cocok adalah dalam bentuk e-book. Karakter seorang pengusahan biasa memiliki kesibukan yang padat sehingga format konten yang tepat untuk kalangan tersebut adalah dalam bentuk e-book.

Lain halnya dengan mereka kalangan anak muda yang ingin mencari konten seputar life hack, aneka tips dan lain-lain, maka bisa menyajikan konten dengan format infografik maupun video. Menurut sebuha survey, generasi muda sekarang cenderung menyukai konten visual. Demi meningkatkan pengunjung website mamang banyak yang harus Anda pelajari khususnya untuk format konten karena hal tersebut memiliki pengaruh yang besar.

3.Pemilihan topik yang beda dari yang lain

Hal yang paling dicari orang dalam mengunjungi website adalah adalanya topik yang berbeda dan belum mereka dapatkan pada website lain. Dalam hal ini, yang harus Anda perhatikan adalah jangan membuat konten yang sudah dibuat oleh kompetitor atau website lain. Akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan banyak hal sebelum membuat konten.

Beberapa pertimbangan yang harus Anda tanyakan sebelum membuat konten adalah, apakah nantinya topik yang dibuat akan berguna bagi target yang Anda sasar, apakah konten yang Anda buat nantinya akan lebih menarik dari apa yang dibuat di website lain, apakah nantinya konten ini akan booming dan masih banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Intinya, pilih topik yang berbeda dan lain dari yang lain.

4.Pilih headline yang menarik

Pemilihan headline di sini sangatlah penting dan akan menjadi daya tarik pada sebuah website. Headline yang Anda pilih sebaiknya merupakan ekspektasi dan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Jangan sampai antara headline dan isi sangat jauh berbeda. Pemilihan headline yang menarik sangatlah penting karena menurut beberapa survey, 80% orang akan membaca headline terlebih dahulu dan 20% akan memutuskan membaca keseluruhan isinya. Dalam memilih headline, tentunya ada beberapa formula yang harus Anda pelajari.

5.Pemilihan desain dan visual website

Ketika membuat konten, jangan hanya fokus apakah konten tersebut akan memberikan informasi yang dicari. Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah memilih visual yang bagus untuk konten Anda. Visual sangat penting agar orang lebih nyaman dalam membacanya. Selain itu, website yang memiliki desain visual kan terlihat lebih profesional dan lebih enak dipandang.

Apapun jenis topik yang Anda buat, pastikan Anda selalu menempatkan gambar dan infografik yang sesuai. Pilih warna font yang tepat, spasi yang sesuai dan pastikan agar paragraf tidak terlalu panjang. Meski kadang dianggap sepele, akan tetapi paragraf yang panjang hanya akan membuat pembaca kesulitan menangkap inti yang dimaksud. Adanya tambahan visual pada gambar juga akan memudahkan pembaca berimajinasi dengan konten yang Anda buat.

6.Maksimalkan kecepatan website

Pemilik website tentunya akan berlomba-lomba dalam hosting untuk meningkatkan kecepatan website. Tak dipungkiri bahwa di luar sana banyak website menarik lainnya yang menyediakan berbagai informasi yang tepat. Tapi hal ini juga tak lepas dari kecepatan loading website. Informatif tapi kecepatan website tidak stabil juga sama saja. Ini sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan website agar pengunjung tidak memutuskan pindah ke website lain.

7.Optimasi SEO

Sebagian pengunjung website tentunya akan lebih percaya dengan website yang berada pada halaman utama Google. Agar website dapat berada di halaman paling atas, Anda cukup memilih kata kunci yang tepat dan fokuskan untuk menjabarkannya. Anda bisa menyebarkan beberapa keyword pada konten yang Anda buat.

Optimasi SEO ini sangat membantu meningkatkan pengunjung website. Salah satu trik agar website selalu berada di halaman utama Google adalah dengan menempatkan keyword pada bagian yang tepat seperti pada judul, meta deskripsi, dan pada gambar yang dipakai. Mengapa perlu memberikan kata kunci pada gambar? Karena gambar saja tidak bisa dideteksi dengan mesin pencari, maka harus ada keyword pada gambar tersebut.

baca juga

    Dampak dari optimasi SEO tersebut nantinya akan mambantu meningkatkan SERP (search engine ranking page) di halaman mesin pencari. Dari situlah nantinya pengunjung akan tahu website Anda dan dapat meningkatkan pengunjung lebih cepat.

    Tanpa adanya SEO, pengunjung yang didapat tidak akan sebanyak jika Anda menerapkan SEO. Hal ini karena akan menjangkau lebih luas sehingga jangkauan Anda tidak hanya berasal dari satu kota saja tetapi juga dari seluruh penjuru dunia. Jadi, yang terpenting adalah tidak hanya konten yang menarik tetapi bagaimana caranya agar website dapat berada pada halaman utama.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh