7 Halaman Penting Website Perusahaan

Halaman Penting Website
Jasa

Undercover.co.id – Halaman Penting Website, Ada banyak pihak yang jual jasa website di internet. Sebagai pemilik perusahaan, Anda bisa memanfaatkan jasa mereka untuk membuat website khusus untuk perusahaan. Mengingat, di era serba teknologi ini, rasanya kurang pas jika perusahaan tidak (juga) dipromosikan secara online.

Ya, ‘meng-online-kan perusahaan’ melalui website merupakan salah satu cara untuk mengenalkan perusahaan itu sendiri ke publik secara luas. Di dalam website tersebut, Anda bisa memaparkan profil perusahaan, sejarah dan perkembangannya, visi dan misi hingga produk/jasa yang ditawarkan.

Sayangnya, masih ada website perusahaan yang jumlahnya tidak sedikit yang menampilkan halaman tidak berguna. Halaman yang tidak berguna ini, bukannya membantu pengunjung/visitor website untuk hal tertentu, justru memperburuk tampilan website. Oleh karenanya, Anda harus cermat memasukkan halaman-halaman ke dalam website.

Halaman Penting yang Wajib Ada di Website Perusahaan

Setidaknya ada 7 halaman penting yang wajib ada di website perusahaan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Contact Us

Pihak jual jasa website pasti akan merekomendasikan pembuatan halaman Contact Us untuk setiap website perusahaan. Hal ini dikarenakan halaman Contact Us memiliki fungsi yang amat penting. Apa itu?

Pertama, website perusahaan akan dinilai lebih profesional dan terpercaya. Kedua, pengunjung atau pelanggan bisa dengan mudah terhubung dengan pemilik perusahaan. Dengan begitu, pengunjung bisa mendapatkan informasi yang valid dengan cepat langsung dari pihak perusahaan.

Sebagai tips, Anda sebaiknya menyertakan alamat email dan nomor telepon di dalam halaman Contact Us. Selain itu, jika perlu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur khusus yang mana pengunjung bisa langsung terhubung dengan perusahaan.

2. About Us

Siapa sih yang mau bekerja sama dengan perusahaan yang tidak jelas informasinya? Ya, pada umumnya orang ogah bekerja sama dengan perusahaan yang tidak jelas visi dan misinya apa serta perkembangannya bagaimana.

Nah, agar tidak disebut perusahaan yang tidak jelas, Anda wajib membuat halaman About Us di website. Masukkan informasi-informasi penting secara singkat di dalam halaman tersebut.

Jadi, apa pun jenis bisnis yang dijalankannya, baik berskala besar, menengah maupun kecil, perusahaan wajib membuat halaman About Us di dalam websitenya. Agar tampak lebih profesional dan terpercaya, Anda juga bisa menyebutkan seluruh anggota yang terlibat dalam pendirian perusahaan. Sertakan fotonya juga ya!

3. FAQ

Frequently Asked Questions atau FAQ juga termasuk halaman penting yang wajib ada di dalam website perusahaan. FAQ berisikan sejumlah pertayaan dan jawaban yang berkaitan dengan keluhan dan hal-hal umum yang ingin diketahui oleh pelanggan.

Misalnya, Anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor. Di dalam FAQ, Anda bisa memasukkan pertanyaan seperti: bagaimana cara menggunakan jasa kontraktor di perusahaan X? Apa saja layanan yang didapatkan pelanggan jika menggunakan jasa kontraktor di perusahaan X? Berapa lama pengerjaan konstruksi selesai jika menggunakan jasa kontraktor di perusahaan X? Jangan lupa (juga) memasukka jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut!

Dengan adanya halaman FAQ, Anda tidak perlu lagi menjawab satu per satu pertanyaan umum dan keluhan yang diajukan oleh pelanggan. Di sisi lain, pelanggan juga lebih mudah dan cepat mencari jawaban yang dibutuhkan.

4. Produk/Layanan dan Harga

Jangan sampai Anda kelupaan tidak membuat halaman khusus berisikan semua produk/layanan yang ditawarkan perusahaan berikut harganya. Khusus untuk harga, informasi tersebut bisa dimasukkan juga bisa tidak.

Misalnya, perusahaan Anda menawarkan produk/layanan yang harganya tidak bisa ditawar lagi, maka informasi tentang harga bisa dimasukkan. Sebalinya, jika perusahaan Anda menawarkan produk/layanan yang membutuhkan komunikasi lebih lanjut terkait harga, maka informasi tentang harga tidak perlu dimasukkan.

Sebagai pengganti, Anda bisa menjelaskan bahwa perihal harga harus dikomunikasikan lebih lanjut antara pihak perusahaan dan pelanggan/klien. Penjelasan tersebut bisa Anda masukkan di dalam halaman Contact Us.

5. Support

Terkadang ada pelanggan yang masih belum mendapatkan jawaban yang diinginkan di halaman FAQ. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mengaktifkan halaman Support atau Bantuan Pelanggan.

Dengan adanya halaman Support, pengunjung bisa dengan mudah mengajukan aduan atau permasalahan yang dialaminya langsung kepada pihak perusahaan. Tentunya, sebagai pemilik perusahaan, Anda harus menyediakan fitur-fitur unggulan di halaman Support. Biasanya, pihak jual jasa website akan merekomendasikan fitur live chat agar terlihat lebih profesional. Pasalnya, dengan adanya fitur live chat, pengunjung dapat dengan mudah dan cepat menyampaikan aduan dan menerima jawaban secara valid langsung dari pihak perusahaan.

Selain fitur live chat, fitur forum komunikasi juga bisa digunakan untuk ‘wadah’ menyampaikan aduan untuk pengunjung. Keunggulan fitur ini adalah apa yang disampaikan oleh pengunjung dapat dilihat atau diketahui oleh pengunjung lain. Sehingga, apabila pengunjung lain memiliki aduan yang sama dapat secara langsung menemukan jawaban yang dibutuhkan dari forum komunikasi.

6. Kebijakan Privasi

Setiap pemilik website, apalagi website perusahaan harus mengetahui betapa pentingnya keberadaan kebijakan privasi. Mengingat, website perusahaan biasanya mengharuskan pengunjung atau pelanggan memasukkan sejumlah data dan informasi yang sifatnya sensitif.

Dengan mengaktifkan halaman kebijakan privasi, pengujung atau pelanggan dapat mengetahui jenis data apa yang disimpan dan untuk apa data tersebut disimpan. Sehingga, mereka akan merasa aman terhadap informasi yang diberikannya.

Lebih dari itu, pengunjung atau pelanggan akan menilai perusahaan Anda dapat dipercaya dan bertanggung jawab atas keamanan informasi yang mereka berikan. Perlu diingat! Anda harus menerangkan dengan jelas perihal keamanan data kepada pengunjung atau pelanggan di awal agar tidak muncul anggapan-anggapan yang tidak diinginkan.

7. Terms of Service

Halaman penting berikutnya yang harus ada dalam website perusahaan adalah Terms of Service atau Ketentuan Penggunaan. Mengingat, website perusahaan pada umumnya berkaitan dengan layanan pembelian atau penggunaan (jasa), pengiriman dan pendaftaran akun oleh pengujung baru.

Nah, agar pengunjung dapat mengetahui lebih lanjut terkait layanan yang ditawarkan perusahaan, halaman Terms of Service dapat menjelaskan hal itu. Adapun beberapa informasi yang termuat dalam Terms of Service, di antaranya: siapa saja yang dapat menggunakan produk/layanan perusahaan X, apa yang akan didapatkan pelanggan/klien jika menggunakan produk/layanan perusahaan X serta sejumlah persyaratan hukum yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan perusahaan yang bersangkutan.

baca juga

Pembuatan website perusahaan memang bisa dikatakan cukup kompleks. Jika Anda tidak memiliki keahlian atau banyak waktu untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website. Ya, saat ini ada banyak pihak yang jual jasa website di internet yang menawarkan pembuatan sekaligus pengembangan website untuk perusahaan, bisnis, toko online dan lainnya. Ingat! Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website, pilihlah yang profesional, memiliki jam terbang tinggi dan terpercaya.

Itulah 7 halaman penting yang wajib ada di website perusahaan. Sebenarnya masih ada sejumlah halaman yang tidak kalah penting untuk disematkan di dalam website perusahaan. Anda bisa mengonsultasikan hal itu secara langsung kepada pihak jual jasa website.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!