7 Kriteria Website Yang Baik

Jasa

Undercover.co.id – Siapa saja kini bisa dengan mudah memiliki website dengan bantuan jasa developer terpercaya, seperti jasa website Bekasi. Di sisi lain, pembuatan website juga bisa dilakukan sendiri asalkan mampu dan mengetahui caranya.

Seperti diketahui, ada banyak sekali website yang bisa kita temukan melalui mesin pencari seperti Google. Menurut data ter-update, jumlah website saat ini mendekati 1 miliar. Dan, tentunya, jumlah ini akan terus bertambah mengingat website memiliki banyak manfaat.

Namun, ada satu hal yang sangat disayangkan. Yakni, sebagian besar dari jumlah website tersebut belum termasuk ke dalam kriteria website yang baik.

Berbicara soal kriteria website yang baik, maka acuan utama yang digunakan adalah jumlah pengunjung. Jika website setiap harinya mendapatkan banyak pengunjung, maka dapat dikatakan website tersebut termasuk kriteria yang baik.

Tentunya, harapan utama pemilik website adalah mendapatkan banyak pengunjung. Misalnya, Anda memiliki website toko online. Sudah pasti Anda berharap pengunjung website toko online Anda membeludak dan membeli produk yang ditawarkan di dalamnya.

Lantas, apa kriteria website yang baik?

Kriteria Website yang Baik

Setidaknya ada 7 kriteria website yang baik. Selengkapnya kami bahas di bawah ini. Yuk simak dengan saksama!

1. Desain yang Sesuai dengan Niche Website

Penerapan desain website tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang sepele. Selain harus menerapkan desain yang user friendly, Anda juga harus menyesuaikannya dengan niche website.

Misalnya, Anda memiliki website bisnis hijab. Anda memiliki banyak sekali jenis hijab yang hendak dijual. Maka, tempatkanlah beberapa kategori jenis hijab sidebar widget yang memudahkan pengunjung menemukan produk hijab yang diinginkan.

Lebih lanjut, Anda juga harus mempertimbangkan tata letak dan warna yang menarik dan rapi. Jangan lupa juga untuk mencatumkan keterangan produk secara singkat dan jelas serta testimoni dari pembeli sebelumnya.

Nah, konsep desain website bisnis hijab tersebut tidak akan cocok diterapkan pada website yang menjual produk visual seperti foto, video dan lainnya. Jika website bisnis hijab membutuhkan banyak tulisan, website bisnis produk visual sebaiknya tidak ‘dihiasi’ dengan banyak tulisan. Ya, sebagian besar isi website sebaiknya memamerkan produk-produk visual yang menarik dan berkualitas.

Penentuan desain untuk website memang tidak gampang. Namun, jika Anda menggunakan jasa website Bekasi profesional, Anda akan terbantukan menentukan konsep desain yang terbaik untuk website Anda.

Kriteria Website
Kriteria Website

2. Kecepatan Website yang Ramah Pengunjung

Semuanya pasti setuju bahwa website yang cepat menjadi salah satu kriteria website yang baik. Ya, siapa sih yang ingin membuang-buang waktu menunggu loading hanya untuk membuka suatu website? Semua orang, termasuk Anda pasti tidak menginginkan hal itu, kan.

Perlu diketahui, kecepatan website berhubungan dengan ukuran website. Jika ukuran website sangat besar, maka sangat mungkin website tersebut tidak memiliki kecepatan yang baik sehingga tidak ramah bagi pengunjung. Apalagi jika pengunjung memiliki koneksi internet yang tidak stabil karena kendala sinyal. Ini akan menjadi masalah bagi mereka dan sangat mungkin mereka akan ‘bermigrasi’ ke website lain.

Oleh karena itu, pastikan website Anda memiliki kecepatan yang bagus sejak awal. Anda bisa meminta bantuan jasa developer, seperti jasa website Bekasi untuk mengatur kecepatan website agar ramah bagi pengunjung.

3. Responsif, Adaptif dan Support AMP

Website responsif berarti mampu merespons setiap perangkat yang berbeda. Jadi, (misalnya) ketika Anda membuka website via smartphone, tampilan website (secara otomatis) akan menjadi kecil menyesuaikan smartphone Anda.

Selanjutnya, website yang baik juga harus adaptive. Kalau responsif berarti merespons perangkat, adaptif berarti mampu menyesuaikan diri dengan perangkat. Dengan kata lain, tampilan website yang adaptif akan menyesuaikan dengan perangkat, bukan hanya memperkecil (jika di smartphone) sebagaimana responsif.

AMP Support juga menjadi satu kriteria website yang baik. AMP Support berfungsi untuk mempercepat loading sampai empat kali lipat dan memperkecil ukuran sampai 10 kali lipat. Nah, AMP Support ini disukai oleh pengguna smartphone.

4. Mempunyai Kompabilitas yang Baik

Sudahkah Anda tahu apa itu kompabilitas? Sederhananya, website yang kompabilitas tidak akan ‘hancur’ jika dibuka dengan berbagai browser.

Seperti diketahui, jenis browser tidak hanya Google Chrome melainkan juga Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, Safari dan lainnya. Nah, website yang kompabilitas tidak akan ‘rusak’ saat dibuka dari jenis-jenis browser tersebut. Rusak di sini berarti tampilannya amburadul dan tidak enak dilihat.

5. Teroptimasi dan Terintegrasi

Seperti diketahui, website yang teroptimasi berarti menerapkan teknik SEO yang baik. Dengan kata lain, semua hal-hal yang berkaitan dengan website harus teroptimasi dengan baik, bukan hanya tampilannya. Dengan begitu, website sangat mungkin akan bertengger di daftar halaman pertama mesin pencari seperti Google dan mendapatkan banyak pengunjung.

Selain itu, website yang baik sejatinya tidak bisa berdiri sendiri. Sebagai pemilik dan pengelola website, Anda harus memiliki akun media sosial, Google Webmaster, Google Analytisc, Bing Webmaster dan lain sebagainya yang terintegrasi dengan website Anda. Dengan melakukan ini, mesin pencari seperti Google akan melihat (misalnya) bisnis (yang dipromosikan via website) adalah satu kesatuan yang solid.

6. Server dan Keamanan Website Bagus

Kriteria website yang baik adalah menggunakan server yang bagus serta terjamin keamanannya. Sekaran lakukan pengecekan, apakah server yang Anda gunakan beroperasi dengan baik? Nah, performa server yang buruk bisa memengaruhi website Anda yang sudah teroptimasi dengan baik lho. Dengan kata lain, percuma website Anda sudah teroptimasi jika kinerja server tidak bagus.

Selanjutnya, keamanan website juga perlu ‘dibangun’ dengan kokoh, bahkan (jika perlu) menggunakan ‘benteng’ yang berlapis. Hal ini, tentunya, untuk melindungi website dari serangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, seperti hacker atau peretas di dunia maya. Anda sudah pasti tidak ingin terjadi kebocoran data, kan?

7. Konten yang Menarik dan Relevan

Ada baiknya Anda meng-update konten untuk website setiap hari. Tentunya, Anda harus mengisi website dengan konten-konten yang menarik dan relevan dengan tema besar website Anda.

Misalnya, Anda memiliki website yang menyediakan ‘jasa website Bekasi’. Selain mempromosikan layanan tersebut, Anda juga harus mengisi website itu dengan konten yang berkaitan dengan ‘website’, seperti cara membuat website, cara mengoptimasi website, cara membuat website fast loading dan lainnya.

baca juga

    Konten yang menarik dan relevan akan berpengaruh terhadap performa website di mata mesin pencari seperti Google. Pengunjung pun, pada umumnya, lebih menyukai website yang setiap harinya di-update kontennya.

    Untuk mendapatkan website dengan tujuh kriteria di atas, Anda bisa menggunakan jasa website Bekasi yang profesional. Jasa website yang profesional, sudah pasti, memiliki jam terbang yang tinggi. Sehingga, bukan hal sulit mereka untuk membuat dan mengembangkan website yang baik untuk setiap kliennya.

    Itulah 7 kriteria website yang baik. Anda bisa menjadikan kriteria-kriteria di atas untuk menilai apakah website yang Anda miliki sudah baik atau belum. Anda juga bisa menjadikannya acuan untuk membuat website baru yang baik.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!