7 Tips Jitu Membuat Website Bisnis yang Menguntungkan

7 Tips Jitu Membuat Website Bisnis yang Menguntungkan
Jasa

Undercover.co.id – Sebenarnya ada banyak tips jitu membuat website bisnis yang menguntungkan, di mana salah satunya menggunakan jasa pembuatan website murah namun profesional. Namun, secara garis besar bisa disimpulkan dalam enam tips yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Berbisnis online kini menjadi pilihan terbaik bagi pebisnis pemula. Semua jenis produk pun bisa dipasarkan secara online, baik produk digital maupun fisik. Jika Anda ingin jualan produk digital, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengiriman ke konsumen/klien. Sementara itu, jika Anda jualan produk fisik, Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi yang saat ini mudah ditemukan.

Ada banyak ‘wadah’ yang bisa Anda jadikan ‘lapak’ untuk bisnis online, salah satunya website. Saat ini, tidak sedikit orang yang mengandalkan website untuk memasarkan bisnisnya ke se-antero Indonesia bahkan luar negeri. Jangkauan pasar yang luas dan potensi mendapatkan keuntungan yang banyak menjadi dua alasan utama mereka membuat website bisnis.

Kendati begitu, membuat website bisnis bukan perkara mudah. Kami pun merekomendasikan Anda menggunakan jasa pembuatan website murah namun profesional jika tidak ingin ribet dan belum mengetahui hal-hal teknis pembuatan website yang berkualitas.

Tips Jitu Membuat Website Bisnis yang Menguntungkan

Di bawah ini kami jelaskan 7 tips membuat website bisnis yang menguntungkan. Simak dengan saksama!

1. Manajemen Aset Website dengan Baik

Tips pertama adalah mengatur atau memanajemen aset website bisnis dengan baik. Aset-aset yang dimaksud sangat beraragam, seperti layanan hosting, akun media sosial dan lainnya.

Nah sebagai pengelola website, Anda harus melakukan manajemen aset berdasarkan merek produk yang ditawarkan. Manajemen aset ini harus relevan dengan merek produk tersebut. Misalnya, keyword atau kata kunci yang digunakan relevan dengan website bisnis dan akun media sosial.

Sebenarnya ada banyak cara memanajemen aset website bisnis yang penting untuk diketahui. Anda bisa menanyakan hal itu langsung kepada jasa pembuatan website murah yang Anda gunakan.

online shop
online shop

2. Ketahui Pasar Online

Baik bisnis offline maupun online harus dibarengi dengan riset pasar yang baik. Riset pasar ini berguna untuk mengetahui sekaligus menganalisis seperti apa kompetitor menjalankan bisnisnya dan konsumen yang bagaimana yang menjadi sasaran utama pemasaran.

Sebagai tips, guna mengetahui persaingan bisnis online via website, Anda bisa menggunakan tools Google Adwords. Pada tools itu, Anda perlu memasukkan keyword yang relevan dengan produk Anda. Kemudian, lihat seperti apa persaingan yang terjadi dari sebuah keyword tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui tren keyword tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

3. Tingkatkan Reputasi Merek

Sudah menjadi suatu keharusan pebisnis meningkatkan reputasi merek produk bisnisnya dengan segala cara. Oleh karenanya, Anda juga harus melakukan hal itu untuk website bisnis.

Jangan sampai Anda membuat konsumen kecewa karena pelayanan yang kurang apik sehingga memberikan review negatif. Ketahuilah, review negatif tidak saja bisa disampaikan di dalam website melainkan juga di media sosial. Nah, ini bisa menjadi ‘bencana’ bagi Anda, apalagi jika si konsumen itu memiliki follower yang banyak.

Di sini-lah pentingnya (juga) memanajemen aset dengan baik (sebagaimana dijelaskan di atas) termasuk dalam hal pengelolaan akun media sosial. Anda perlu merespons review negatif itu dengan bijak dan menawarkan solusi terbaik untuk konsumen. Lakukan hal serupa di dalam website ya!

4. Gunakan Layanan Server/Hosting Berkualitas

Penyedia jasa pembuatan website murah namun profesional pasti merekomendasikan provider layanan server/hosting yang berkualitas. Layanan hosting yang berkualitas akan menjadikan akses website lebih cepat. Selain itu, website juga bisa menampung banyak pengunjung dalam satu waktu tanpa adanya eror atau gangguan.

Jelasnya, Anda harus memilih layanan hosting yang betul-betul mampu meningkatkan performa website. Jangan sampai Anda salah memilih sehingga menjadikan website sering eror dan sulit diakses pengunjung.

5. Bangun Trafik yang Berkualitas

Maksud dari tips kelima ini adalah Anda dituntut untuk tidak saja sekadar menjadikan website ramai pengunjung, melainkan juga menjadikan mereka sebagai pembeli potensial. Ini-lah yang membedakan antara website bisnis dan website portal informasi.

Misalnya, website portal informasi memiliki rata-rata pengunjung harian sebanyak 50 ribu. Sedangkan website bisnis hanya memiliki rata-rata pengunjung harian sebanyak 2.000. Bagi website portal informasi, pengunjung harian sebanyak 50 ribu adalah sesuatu yang menguntungkan. Sementara itu, bagi website bisnis, pengunjung harian sebanyak 2.000 juga menguntungkan jika 70 persen di antaranya melakukan pembelian.

Nah, dari contoh di atas kita dapat menyimpulkan, percuma jika website bisnis memiliki banyak pengunjung namun mereka tidak melakukan pembelian. Sebab, tujuan dari pembuatan website bisnis adalah mendapatkan keuntungan dari pembelian secara online yang dilakukan oleh pengunjung.

6. Jual Beragam Produk

Tips jitu berikutnya adalah menjual produk yang beragam di dalam website bisnis Anda. Dengan kata lain, Anda sebaiknya tidak terpaku terhadap satu penawaran produk saja. Sebab, hal itu tidak akan membuat tertarik pengujung.

Seperti yang kita ketahui, sejumlah website toko online yang ada di Indonesia memiliki ragam produk yang dijual. Dan, hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat website toko online itu terus populer di tengah masyarakat.

Ya, akan datang banyak keuntungan jika Anda menawarkan beragam produk di dalam website bisnis. Namun, jangan juga Anda asal-asalan jualan beragam produk. Anda harus melakukan riset pasar terkait produk apa saja yang paling banyak diburu masyarakat secara online, terutama melalui website bisnis.

7. Bangun Sistem yang Efektif

Maksud dari membangun sistem yang efektif adalah sistem tersebut dapat bekerja untuk Anda. Ini merupakan ciri khas para pebisnis sukses yang bisnisnya berkaitan dengan dunia internet.

Misalnya, WhatsApp yang, kita ketahui bersama, menjadi aplikasi perpesanan populer di dunia, termasuk Indonesia. Tahu tidak ternyata WhatsApp hanya memiliki karyawan sebanyak puluhan orang? Padahal, penggunanya di seluruh dunia mencapai lebih dari satu miliar orang.

Itu-lah yang dimaksud membangun sistem dengan efektif. Setiap bisnis yang berkutat dengan dunia internet bisa kok melakukan hal itu. Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan terkait website bisnis. Misalnya, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website murah untuk membuat website bisnis yang berkualitas. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan jasa maintenance website untuk merawat website dalam jangka panjang. Selain itu, boleh juga Anda menggunakan writer untuk meng-update konten setiap hari dan layanan-layanan lainnya.

Memang, menggunakan jasa pihak ketiga mengharuskan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun, yakinlah bahwa uang yang Anda keluarkan tidak akan seberapa dengan keuntungan yang Anda peroleh.

Itulah 7 tips membuat website bisnis yang menguntungkan. Ingat! Gunakan jasa pihak ketiga yang profesional ya, seperti jasa pembuatan website murah namun profesional dan lain sebagainya. Dengan demikian, website bisnis Anda memiliki kualitas yang bagus dan mampu bersaing dengan website kompetitor.

Jenis-jenis Website berdasarkan Platform

Website merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung beberapa kegiatan atau aktivitas manusia karena dengan adanya website tersebut dapat membantu membuat jaringan yang lebih luas. Oleh sebab itu sebelum membuat sebuah website perlunya mengetahui mengenai jenis website yang akan digunakan. Website mempunyai beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dibawah ini terdapat jenis-jenis website yang dibagi berdasarkan platformnya

CMS

Jenis website yang pertama adalah  CMS , CMS atau yang disebut juga dengan  sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambah atau memanipulasi isis daris suatu situs website.

Pada umumnya website jenis CMs in terdiri dari dua elemen yaitu aplikasi manajemen isi dan juga aplikasi pengiriman isi. Adapun kegunaan website CMS ini dapat digunakan untuk membangun beberapa website lain seperti situs web perusahaan, bisnis, organisasi, atau bahkan komunitas sekalipun.

Bukan hanya itu saja website jenis yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun website lainnya seperti  portal, galeri foto, aplikasi untuk kepentingan e-commerce, website pribadi seperti blog dan juga situs website untuk keperluan belajar daring.

Beberapa perangkat lunak yang termasuk kedalam CMs adalah seperti blogger, Drupal, Joomla, WordPress, Plone, Vbulletin, Moodle, MediaWiki, Osclass dan juga Opencart. Jadi bagi kalian pengguna CMs dapat melakukan beberapa kegiatan seperti membuat dan mengedit konten, menambahkan gambar dan video, mendesain tampilan situs dan lain sebagainya

Website Builder

Jenis website kedua adalah website builder,  website builder merupakan alat yang biasanya memungkinkan pembuatan situs web tanpa melakukan pengeditan kode manual. Website Builder terbagi menjadi dua yaitu alat online yang disediakan oleh web hosting dan juga perangkat lunak offline yang berjalan di komputer. Kegunaan dari website builder ini adalah membantu banyak orang yang ingin terjun ke dunia website atau membutuhkan website akan tetapi tidak mempunyai keahlian khusus di bidang IT.

Sehingga website jenis ini sangat mudah digunakan tanpa memerlukan panduan sekalipun,  website ini juga sangat cocok bagi orang-orang yang baru saja mengetahui bagaimana caranya menjalankan sebuah website. ama seperti website seelumnya, website builder juga mempunyai beberapa kategori lainnya misalnya saja, Zyro, Wix, Squarespace,WordPress, Weebly, Webnode, Shopify dan juga BigCommerce.

Kelebihan website builder adalah merupakan website gratisan yang dapat kamu gunakan kapan saja, akan tetapi selain mempunyai kelebihan, website ini juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya website builder khususnya yang gratisan akan sangat sulit ketika ingin melakukan pencarian di google. Oleh sebab itu website ini tidak cocok digunakan oleh website yang mempunyai banyak pengunjung. 

baca juga

HTML dan CSS

Jenis website berdasarkan platform yang terakhir adalah HTML dan juga CSS, HTML adalah bahasa standar pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman website yang diakses melalui internet.

Adapun kegunaan dari HTML sama seperti dokumen biasanya akan tetapi dokumen yang satu ini mempunyai instruksi yang ditandai dengan kode atau yang biasa dikenal dengan TAG tertentu, mengintegrasikan gambar dengan tulisan, membuat pranala, mengintegrasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup serta membuat form interaktif. 

Sedangkan CSS adalah aturan yang mengatur beberapa komponen dalam sebuah website sehingga membuat web tersebut lebih terstruktur dan seragam. Adapun beberapa fakta yang terdapat dalam CSS ini adalah seperti lebih fleksibel dalam penempatan layout, menjaga HTML, dapat menampilkan konten utama terlebih dahulu.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!