jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing

7 Tips Memulai Bisnis Franchise Untuk Pemula. Dijamin Langsung Bisa!

Undercover.co.id – Bisnis franchise atau waralaba sekarang sudah menjadi salah satu tren bisnis yang mulai di lirik oleh para pengusaha di Indonesia. Sebab dalam bisnis ini, kalian tidak perlu repot mencari nama, logo, merek, peralatan, dan rasa. Semua sudah ada yang mengaturnya. Baca Juga : Waralaba Indonesia yang Mendunia

Perihal modal, anda pun tidak terlalu mengeluarkan uang yang besar, namun tetap akan menguntungkan. Jadi, para pemula pun dapat dengan mudah terjun ke bisnis ini dengan percaya diri.

Kendati begitu banyak kemudahan, ternyata beberapa orang masih juga menemukan beberapa kegagalan saat melakukan bisnis franchise. Faktor nya pun beragam, ada yang salah memilih bisnis, salah strategi, bahkan salah penempatan posisi. Jangan lupa: Franchise Hits di Inggris

Maka dari itu, guna memudahkan para pemula dalam memulai bisnis franchise,

berikut kami tuliskan beberapa tips nya:

  1. Sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan

Hal yang pertama dalam sebuah bisnis ialah pasti bergantung dengan yang namanya modal. Tanpa hal itu, tentu sebuah usaha pun akan susah berjalan.’

Sama halnya dengan bisnis franchise, anda sebaiknya memulai usaha ini dengan keuangan yang seusai dengan kemampuan anda.

Bisa pinjam ke bank, ambil dari tabungan, atau melakukan kredit.

Perihal cara tergantung pada kebiasaan anda. Namun untuk jumlahnya, sebaiknya sesuai dengan angka yang bisa anda bayar.

Jadi, intinya, jangan sampai anda memaksakan modal yang banyak, bila kemudian tidak sanggup untuk membayarnya. Sebab hal itu, jelas akan merugikan anda dan bisnisnya.

  1. Pilih Bisnis Franchise yang Sudah Terbukti Kredibilitasnya

Membicarakan hal yang kedua, berhubungan erat sekali dengan yang namanya track record sebuah bisnis. Di mana hal itu dilihat sebagai data awal, untuk menentukan usaha anda kelak.

Kredibilitas sering diartikan juga sebagai sebuah citra produk. Hal itu sangat berarti bagi konsumen anda nanti, sebab mereka pastinya akan lebih memilih membeli pada franchise yang citranya baik atau kredible tadi.

Maka jika anda menemukan bisnis franchise yang harganya murah, sebainya anda hati-hati. Bisa jadi bisnis franchise itu belum terbukti kesuksesannya.

Sehingga nanti bukannya untung yang didapat, melainkan rugi yang mendekat.

Satu hal lagi, anda pun lebih baik bila bekerja sama dengan penyedia bisnis franchise yang sudah berpengalaman. Karena biasanya, yang seperti itu sudah banyak dikenal.

  1. Memastikan Izin Bisnis Franchise sudah Legal

Selanjutnya, anda membutuhkan sebuah ketelitian sebelum memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan para franchisor.

Anda sebaiknya selidiki, apakah mereka sudah legal secara hukum? Apakah mereka memiliki surat izin untuk usaha? Apakah makanan/produk yang dijual sudah boleh dipasarkan?

Sebab bila mereka masih ragu untuk menjawab itu, anda sudah sepatutnya untuk berhati-hati.

Jangan sampai anda rugi sendiri, karena tersangkut kasus hukum dalam usaha ini. So, pastikan semua hal di atas sudah memiliki izin yang sah ya!

  1. Menggali Informasi

Berikutnya adalah hal yang sudah sepatutnya anda gali lebih lanjut lagi. Yakni dengan cara mencari informasi mengenai reputasi dari bisnis franchise itu sendiri.

Hal sederhana yang dapat andal lakukan ialah dengan cara mengetahui kisah awal dari perintis usaha waralaba yang akan anda pilih.

Jangan lupa juga, sudah berapa cabang yang dibuka dari bisnis franchise itu.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka anda pun akan bisa menilai seberapa baik reputasi mereka di mata anda dan calon konsumen anda kelak.

Selain itu, anda pun akan mampu memprediksi seberapa kuat Ia mampu bertahan di dalam bisnis nya nanti.

  1. Menentukan Lokasi yang Tepat dan Strategis

Selanjutnya, jika beberapa tips di atas sudah dipersiapkan dengan matang, maka langkah selanjutnya ialah mencari tempat yang strategis untuk bisnis waralaba anda. Baca Juga: Strategi Bisnis E-Commerce

Dengan semakin strategis tempat yang dipilih, maka akan menentukan pula seberapa banyak konsumen yang akan diraih.

Maka dalam hal ini, anda sebaiknya mencari tempat-tempat yang ramai. Semisal di kampus, pasar, kantor, mall, pusat nongkrong, dan masih banyak lainnya.

Jangan sampai anda salah memilih tempat, sebab bila dagangan sepi, yang pasti rugi adalah anda sendiri.

Maka dari itu, ungkapan posisi menentukan prestasi sangat berlaku dalam usaha bisnis franchise ini.

  1. Tentukan Segmentasi Pasar

Bila anda sudah cukup pintar untuk menentukan lokasi, selanjutnya anda tinggal mengatur segmentasi.

Cari tahu produk anda ini diperuntukkan untuk siapa, dan di mana. Sebab jika hal itu sesuai, maka penjualan pun akan semakin mudah dan ramai.

Dengan segmentasi yang tepat, kesuksesan franchise pun akan segera didapat.

  1. Persiapkan Fisik dan Mental

Untuk yang terakhir ini, apalagi kalau bukan mempersiapkan kesiapan dari segi fisk dan mental.

Bagi fisik, anda harus siap mengelola bisnis franchise ini dengan cekatan, bangun lebih awal, dan berkerja dengan keras.

Untuk segi mental, anda harus siap menanggung risiko yang bisa saja terjadi dan menimpa anda tanpa permisi.

Terlepas dari semua itu, anda harus tetap optimis dan percaya diri dalam menjalankan bisnis.

Demikianlah 7 tips memulai bisnis franchise bagi para pemula. Jika anda sudah tahu, silahkan lakukan dengan sungguh-sungguh, ya kawanku!

Semoga artikelnya bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It