7 Tips untuk Optimasi Gambar

undercover.co.id – 7 Tips untuk Optimasi Gambar , Apakah Anda ingin mendapatkan keunggulan dalam SEO? Jika pengoptimalan gambar Anda tidak maksimal, Anda bisa kehilangan lalu lintas, keterlibatan pengguna, dan penjualan.

Google melihat lebih dari 200 faktor saat memutuskan situs web mana yang akan diberi peringkat untuk permintaan pencarian tertentu.

Meskipun memiliki gambar yang dioptimalkan dengan baik tidak akan membantu peringkat konten di bawah standar nomor satu, ini dapat membantu Anda menonjol dari situs lain yang tidak mengoptimalkan gambar mereka.

Berita bagus? Optimalisasi gambar tidak terlalu rumit. Hanya beberapa perubahan pada proses gambar Anda saat ini dapat membantu situs Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan prospek, menghasilkan lebih banyak penjualan.

Mengapa Pengoptimalan Gambar Penting?


Gambar yang dioptimalkan dengan baik mendapatkan visibilitas yang lebih baik di Google, yang menghasilkan lebih banyak lalu lintas . Itulah alasan nomor satu situs perlu mengoptimalkan gambar mereka, tetapi ada banyak manfaat lain juga:

Tingkatkan pengalaman pengguna: Gambar yang dioptimalkan dengan baik yang ditampilkan dengan benar meningkatkan UX dengan membuat situs Anda lebih mudah dinavigasi. Gambar besar, misalnya, dapat memenuhi seluruh layar atau menutupi elemen lain di halaman.


Kecepatan situs lebih cepat: Dalam hal SEO, kecepatan itu penting . Gambar yang besar atau diformat secara tidak benar dapat memperlambat situs Anda, membunuh peringkat Anda, dan mengganggu pengunjung situs.


Membuat situs Anda lebih mudah diakses: Beberapa langkah pengoptimalan, seperti menambahkan tag alt, dapat membuat situs Anda lebih mudah dinavigasi bagi mereka yang menggunakan pembaca layar. Aksesibilitas web tidak hanya baik bagi pengunjung situs; itu bagus untuk SEO juga.

Meskipun pengoptimalan gambar mungkin terasa seperti langkah lain dalam upaya tanpa akhir untuk meningkatkan SEO, ini dapat berdampak signifikan pada peringkat dan UX.

Bagaimana Anda memastikan gambar tidak menahan situs Anda?

7 Tips untuk Optimasi Gambar
7 Tips untuk Optimasi Gambar

7 Tips Pengoptimalan Gambar untuk Situs Web Anda


SEO teknis bisa menjadi sangat rumit, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan pembaruan algoritme Google terbaru dan artinya. Kabar baiknya adalah pengoptimalan gambar tidak serumit aspek SEO lainnya—dan tampaknya tidak terlalu sering berubah.

Siap untuk memastikan gambar Anda membantu SEO Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Pilih Jenis File Gambar yang Tepat

Menggunakan jenis file gambar yang salah dapat menyebabkan gambar Anda ditampilkan dengan tidak benar, terlihat buram, bahkan memengaruhi apakah pengguna dapat melihat gambar Anda. Tetapi ada banyak sekali format gambar yang berbeda—vektor, JPEG, raster, PNG, GIF.

Jenis gambar mana yang terbaik untuk SEO? Umumnya, Anda ingin menggunakan JPEG atau PNG.

JPEG, alias Joint Photographics Expert Group, adalah jenis file gambar yang populer. Mereka dapat ditampilkan oleh hampir semua jenis perangkat dan dapat menunjukkan jutaan warna, sehingga mereka mempertahankan pewarnaan gambar Anda dengan baik.

JPEG memang menggunakan kompresi lossy, yang mengakibatkan beberapa data hilang selama kompresi, sehingga tidak ideal untuk fotografi profesional. Namun, mereka berfungsi dengan baik untuk gambar unggulan di posting blog, dan gambar serupa.

Jenis gambar populer lainnya adalah PNG, yang juga dapat ditampilkan di semua jenis perangkat. Ini menggunakan kompresi lossless, yang berarti mereka tidak kehilangan data selama proses kompresi. Mereka juga mendukung elemen seperti latar belakang transparan. Namun, ukuran file cenderung jauh lebih besar.

Ini adalah gambar paling populer untuk publikasi web. Inilah saatnya saya merekomendasikan untuk menggunakannya:

Gunakan JPEG untuk gambar posting blog, tangkapan layar, dll . Ukuran yang lebih kecil akan melindungi kecepatan situs, dan sebagian besar gambar akan cukup jelas. Jika kualitasnya tidak cukup baik dan kecepatan situs Anda bagus, silakan beralih ke format PNG.


Gunakan PNG untuk ikon, logo, dan gambar yang mungkin diperbesar oleh seseorang. PNG lebih besar tetapi kualitas gambarnya sedikit lebih tinggi. Jika kualitas gambar penting, gunakan file PNG.


Saya sangat menyarankan untuk tidak menggunakan format gambar lain di situs Anda, terutama GIF. Saya suka GIF yang bagus, tetapi mereka benar-benar memperlambat situs Anda.

Kompres Gambar Anda

Kompresi gambar mengambil file gambar besar dan membuatnya lebih kecil sehingga lebih mudah dimuat di internet atau disimpan di perangkat Anda. Kompresi gambar menghasilkan keseimbangan sempurna antara ukuran dan kualitas gambar jika dilakukan dengan baik.

Dua jenis kompresi gambar adalah kompresi lossy dan lossless. Kompresi lossy, yang digunakan JPEG, pada dasarnya membuang beberapa data sementara lossless mempertahankan semua data. (PNG menggunakan lossless, seperti yang saya sebutkan di atas.)

Oleh karena itu, jenis kompresi yang Anda gunakan tergantung pada jenis gambar yang Anda pilih.

Berikut ini contoh gambar terkompresi :

7 Tips untuk Optimasi Gambar
7 Tips untuk Optimasi Gambar

Kiat Pengoptimalan Gambar untuk Situs Web Anda – Kompres Gambar Anda


Gambar di paling kiri adalah 824KB, yang cukup besar. Gambar tengah terlihat hampir identik (ada sedikit bintik di latar belakang jika Anda perhatikan dengan seksama) tetapi jauh lebih kecil di 76KB. Yang ketiga bahkan lebih kecil, tetapi kualitas gambar pasti terpengaruh.

Bertujuan untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara ukuran dan kualitas.

Saat memutuskan berapa banyak untuk mengompres gambar Anda, pikirkan tentang pengguna Anda. Dalam kebanyakan kasus, mereka tidak akan peduli apakah gambar pada posting blog sedikit kurang tajam. Namun, jika Anda mengirim klien logo baru, itu cerita yang berbeda.

Intinya, gunakan jenis kompresi berdasarkan format file yang Anda gunakan dan pilih format file berdasarkan bagaimana gambar akan digunakan.

Sekarang, bagaimana Anda mengompres gambar? Ada beberapa alat.

Saya suka resizing.app, ini adalah ekstensi Chrome gratis yang memungkinkan Anda mengonversi format file, memotong, dan mengubah ukuran gambar hanya dalam satu klik. Alat kompresi foto lainnya termasuk Photoshop dan PicResize.

Tambahkan Teks Alt Deskripsi

Teks alternatif (alias, teks alternatif) adalah deskripsi tertulis dari sebuah gambar yang menjelaskan apa itu dan apa tujuannya. Pembaca layar menggunakan data ini untuk mendeskripsikan gambar kepada penggunanya, dan Google menggunakannya untuk menentukan apakah gambar relevan dengan kueri penelusuran.

Jika Anda menggunakan WordPress, menambahkan teks alternatif sangat sederhana. Cukup sorot blok dengan gambar dan tambahkan teks alt ke kotak yang disediakan, seperti ini:

teks alternatif panduan pengoptimalan gambar dalam contoh wordpress
Di Google Documents, klik kanan pada gambar, lalu klik teks Alt, dan sebuah kotak akan muncul yang memungkinkan Anda untuk menambahkan teks alternatif.

Apa yang Anda tulis sebagai teks alternatif? Sementara terserah Anda, inilah rumus yang saya gunakan:

“Kata kunci utama – deskripsi gambar”

Untuk gambar di atas dari WordPress, saya menggunakan “teks alt panduan pengoptimalan gambar dalam contoh WordPress.” Format ini memastikan pembaca layar mengetahui apa itu gambar dan memberi tahu Google bahwa gambar itu relevan untuk kueri penelusuran pengoptimalan gambar.

Kiat pro—jika Anda ingin melihat bagaimana pesaing Anda menggunakan tag alt, navigasikan ke situs mereka, klik kanan dan pilih “Periksa.” Anda akan melihat tag alt dalam kode situs mereka.

7 Tips untuk Optimasi Gambar
7 Tips untuk Optimasi Gambar

Tulis Nama dan Deskripsi Gambar Berkualitas Tinggi

Judul gambar memberi pengguna (dan mesin telusur) sedikit lebih banyak konteks tentang gambar Anda. Meskipun mereka tidak memengaruhi peringkat secara langsung (menurut John Mu dari Google ), mereka memberikan sedikit lebih banyak konteks, dan mereka muncul di kode situs Anda.

Saya sarankan menggunakan frasa singkat yang mendeskripsikan gambar, bersama dengan istilah kunci yang menjadi target postingan—mirip dengan teks alternatif Anda.

Ini juga dapat membuat gambar Anda lebih mudah ditemukan di pencarian gambar Google karena Google menghasilkan judul dan cuplikan untuk gambar. Jika Anda menyertakan judul, mereka akan mempertimbangkannya.

Pastikan Gambar Ramah Seluler

Jika Anda telah menggunakan jenis file yang benar dan mengompresi gambar Anda, gambar tersebut seharusnya cukup mobile-friendly. Namun, terkadang segala sesuatunya tidak selalu sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Lebih dari separuh lalu lintas internet berasal dari perangkat seluler , jadi Anda ingin memastikan gambar tidak mengacaukan pengalaman seluler.

Karena alasan itu, saya sarankan untuk melihat situs Anda dari beberapa perangkat seluler yang berbeda untuk memastikan gambar terlihat terbaik. Ingat, tablet, iPhone, dan perangkat Android mungkin menampilkan gambar Anda sedikit berbeda.

Saya juga merekomendasikan untuk menggunakan pengujian ramah seluler Google untuk memastikan gambar Anda tidak memperlambat kecepatan situs di seluler.

Gunakan Markup Skema

Markup skema , juga disebut data terstruktur, adalah jenis kode yang membantu mesin telusur lebih memahami data Anda.

Bayangkan Anda ingin mengumpulkan resep untuk membuat buku resep keluarga. Daripada meminta semua orang mengirimkan resep favorit mereka—yang mungkin menggunakan ukuran yang berbeda, format judul yang berbeda, dll.—Anda mengirimkan formulir dan meminta keluarga Anda untuk memasukkan resep mereka.

Sekarang, semua resep dalam format yang sama dan Anda dapat dengan mudah melihat bahan, ukuran, dan langkah memasak.

Pada dasarnya, itulah yang dilakukan skema makeup. Ini memformat data Anda sehingga Google dapat memahami apakah itu daftar, resep, gambar, dan sebagainya. Berikut tampilannya:

Kiat Pengoptimalan Gambar untuk Situs Web Anda – Gunakan Markup Skema


Schema.org mencantumkan tiga jenis skema gambar, termasuk:

layoutImage ( implementasi tertunda )
logo
foto
Ini adalah perubahan yang lebih teknis, jadi jangan stres jika ini terasa terlalu berlebihan. Schema.org mencantumkan pengkodean yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan data terstruktur ke gambar di sini .

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim saya ; kami dapat membantu Anda menyiapkan ini.

Optimalkan Nama File Gambar

Menurut Google , ia menggunakan jalur URL dan nama file untuk memahami gambar Anda dengan lebih baik. Ini berarti Anda harus mengatur URL gambar Anda secara logis dan menyertakan istilah kunci dalam nama file.

Ini dapat membantu Anda tetap teratur dan membantu Google memahami gambar Anda: kemenangan ganda.

Nama file tidak harus rumit. Saya biasanya menggunakan teks alt sebagai nama file, yang membuatnya lebih mudah untuk mengunggah posting ke WordPress.

Saya sarankan menggunakan kata kunci dalam nama file dan menjelaskan gambar.

baca juga

    Pertanyaan Umum Tentang Pengoptimalan Gambar


    Apa yang dimaksud dengan optimasi gambar?


    Optimalisasi gambar berarti memastikan Google dan pengguna dapat dengan mudah memahami dan melihat gambar di situs web. Contohnya termasuk mengompresi gambar sehingga memuat lebih cepat dan menambahkan teks alternatif sehingga Google dapat lebih memahami tentang gambar tersebut.

    Mengapa pengoptimalan gambar penting?


    Meskipun pengoptimalan gambar bukanlah taktik SEO yang paling penting di luar sana, ini dapat membantu Anda menonjol di dunia online yang kompetitif. Anda masih memerlukan konten berkualitas tinggi dan mengikuti praktik terbaik SEO lainnya , tetapi pengoptimalan gambar adalah cara lain untuk meningkatkan peringkat Google Anda.

    Apa format gambar terbaik untuk SEO?


    Tidak ada format khusus yang lebih baik untuk SEO. Secara umum, Anda ingin gambar sekecil mungkin sambil mempertahankan data sebanyak mungkin. Saya merekomendasikan PNG jika itu tidak terlalu memperlambat situs Anda.

    Bagaimana cara kerja SEO gambar?


    SEO Gambar bekerja dengan membuat gambar Anda lebih mudah dipahami oleh Google dan membuatnya berguna bagi pengunjung situs Anda. Misalnya, menambahkan teks alternatif membantu Google memahami tentang gambar Anda dan memudahkan pengguna pembaca layar untuk menavigasi situs Anda.

    Kesimpulan: Optimasi Gambar


    Google memberi kami banyak informasi tentang cara mengoptimalkan situs dan gambar kami. Sangat mudah untuk kewalahan oleh semua detail kecil.

    Kiat-kiat di atas akan membantu Anda memaksimalkan gambar; namun, saya sarankan untuk berfokus pada memastikan bahwa gambar Anda memberikan nilai bagi pengguna . Jangan menjejalkan gambar hanya untuk memenuhi kuota, dan jangan menambahkan gambar yang tidak masuk akal untuk konten Anda.

    Sudahkah Anda mengoptimalkan gambar di situs web Anda? Bagaimana pengaruhnya terhadap lalu lintas Anda?

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!