7 WEJANGAN YANG BIKIN USAHA KULINER SEMAKIN MELUMER

jasa seo

undercover.co.id – Peluang usaha di hari ini telah menyebar ke berbagai sektor. Salah satunya adalah kuliner. Bisnis ini menjadi sangat digandrungi karena pada dasarnya manusia akan selalu membutuhkan rasa. Maksudnya di sini adalah sebuah usaha kuliner tentu haruslah mampu bersaing dalam menawarkan sebuah cita rasa dan pengalaman yang berbeda dari sebuAh produk yang ditawarkannya.

Tak jarang, banyak sekali anak muda yang bergelut di sektor ini, karena memang merekalah orang yang selalu kreatif dan inovatif dalam menyajikan sebuah suguhan makanan. Namun sayangnya, rasa saja pun tidak cukup untuk membuat seseorang bertahan dalam sebuah persaingan. Tetaplah strategi marketing jitu pun selalu dibutuhkan.

Lantas strategi apa yang cocok untuk bisnis ini?

Dalam artikel dengan panjang kata kurang-lebih 750 ini, saya akan memaparkannya untuk anda. Kami pun mengumpulkan berbagai sumber agar tulisan ini mampu menyampaikan isinya secara santai dan tetap berkesan. Yuk simak baik-baik Ya!

  1. Pemilihan Nama Produk.

Untuk memasarkan suatu produk, tentu nama menjadi hal yang paling utama. Kebanyakan orang bingung untuk memilihnya, sebab terkadang pertimbangan yang matang pun diperlukan. Sebagai contoh, pilihlah nama yang mudah diucapkan dan diingat oleh calon pembeli anda.

Bawalah nama-nama yang memang sudah familiar di otak mereka. Ibarat contoh, “Keripik Ma Icih” nama itu memang sangat terkenal di benak orang-orang, khusnya di Bandung. Nama “Icih” memang sangat familiar di benak mereka. Oleh karena itu, untuk anda, buatlah nama produk yang sesuai dan tentunya harus merepresentasikan produk anda. Agar orang mampu mengingat, dan pastinya membeli produk anda.

  1. Buatlah Konten Visual yang Fenomenal.

Jika nama produk telah dibuat, maka sekarang masuk ke konten visual. Apa itu? konten yang akan membuat orang tertarik oleh produk anda secara visual. Hal ini bisa anda mulai dengan memuat produk yang sangat menarik. Misal, produk anda adalah sebuah minuman kaleng.

Tentu ambilah foto yang membuat seolah minuman kaleng anda itu menyegarkan dan enak untuk diminum di kala cuaca yang terik. Tentu orang pun akan mampu menangkapanya bila ditampilkan dengan sangat indah. Oleh karena itu, buatlah sebagus mungkin dan buatlah mereka memilih produk anda.

 7 WEJANGAN YANG BIKIN USAHA KULINER SEMAKIN MELUMER

7 WEJANGAN YANG BIKIN USAHA KULINER SEMAKIN MELUMER

  1. Memilih Target Pasar yang Spesifik

Setelah anda berhasil mengambil konten visual, tentu sekarang harus dientukan target untuk pemasarannya. Jika anda memilih anak muda, maka akan lebih mudah menyampaikannya melalu sosial media. Tapi jika target anda adalah orang tua, mungkin dengan selebaran akan mampu sampai ke tangan mereka.

Intinya perhatikan dan tentukan dengan apik dan spesifik, jangan sampai anda salah target dalam mempromosikan produk anda. Sebab semuanya akan sia-sai pada nantinya, bukan?

Baca Juga 8 Formula Rahasia Ini Melesatkan Bisnis Start Up

  1. Memasang Harga yang Bersaing.

Mungkin target dari pasar anda telah terlebih dahulu diincar oleh perusahaan lain, oleh karena itu anda pun sekarang harus siap bersaing. Caranya? Dengan menentukan harga yang kompetitif tentu akan membuat persaingan anda semakin memanas.

Cari tahu pasaran harga dari produk lain seperti apa, setelah itu pasang harga yang mampu menandinigi mereka. Lakukan hal ini dengan baik dan bijak, jangan sampai hanya karena kita ingin menang, sampai-sammpai membanting harga yang berujung pada kerugian yang tak terhingga.

Karenannya, ketelitian dan strategi anda akan menentukan keberhasilan anda dalam sebuah persaingan penggiat usaha lainnya. Jangan menyerah, teruslah berjuang dan melangkah dengan sangat gagah.

  1. Buatlah Akun Sosial Media dan Update Berkala.

Nah, yang kelima ini memang sudah seharusnya anda lakukan sejak awal. Membuat akun sosial media tentu menjadi saluran dalam menyampaikan produk anda ke tangan pelanggan di luar sana. Mulailah dengan membuat yang gratisan dulu, dari mulai twitter, facebook, instagram, dan blog, kalau anda merasa kurang dan belum puas, bisa mulai dengan yang berbayar seperti website. Tujuannya adalah sosial media merupakan sebuah wahana dan sarana anda dalam memasarkan produk anda.

  1. Memberikan Hadiah.

Setelah anda yakin produk anda telah siap dipasarkan, dan sosial media pun siap digunakan. Maka sekarang anda diharuskan untuk membuat sebuah penawaran. Fungsinya supaya produk anda ini dikenal dan memberikan citra yang baik di mata pelanggan.

Beragam cara bisa anda pilih dan aplikasikan, salah satunya dengan membuat diskon, kontes berhadiah, dan membagikan voucher. Dengan diskon, ibaratnya pelanggan anda akan lebih mudah mencoba dulu produk anda. Dengan voucher, mereka seolah diberikan hadiah atas usahanya itu. Inilah langkah yang sangat baik dalam membangun hubungan dengan para pelanggan.

Baca Juga Coba Dapatkan Modal Dengan Cara Kreatif Ini

  1. Orang-orang yang Akan Membuat Produk Dikenal.

Ini sebenarnya adalah dampak dari cara nomor 6. Setelah produk anda memberikan hadiah, tentu orang-orang pun akan mulai membicarakan produk anda. Di sinilah letak mereka dalam membuat produk anda dikenal dengan cara words of mouth. Mereka pun akan melakukannya dengan senang hati, sebab hadiah yang diberi ke mereka pun mampu menjadi sebuah penghargaan tersendiri. Jadi, merekalah yang akan berjasa dalam mempromosikan produk anda.

Baiklah, segitu dulu apa yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini. Tetap berusaha sekuat tenaga, kesuksesan menanti semua usaha anda di hari ini. Semoga bermanfaat.  7 WEJANGAN YANG BIKIN USAHA KULINER SEMAKIN MELUMER

 

jasa seo

Your Thoughts