8 Kesalahan Pada Website Yang Berdampak Buruk Pada SEO

Jasa

Undercover.co.id – Kemunculan website memang sangat membantu pelaku bisnis karena akan memudahkan produk yang mereka jual. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kunjungan website adalah dengan mengoptimalkan SEO. Akan tetapi, proses pengoptimalan SEO tidak hanya dilakukan dalam sekali dua kali. Anda harus up to date dengan perkembangan SEO karena setiap tahun akan mengalami perubahan. Website yang digunakan untuk toko online maupun layanan jasa sebaiknya harus selalu berada di posisi paling atas karena berpeluang untuk dikunjungi.

Website akan lebih cepat berkembang jika memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Akan tetapi, beberapa orang masih mengeluhkan mengapa websitenya masih sepi padahal jika dilihat kontennya sudah cukup menarik. Ketika website Anda tidak dioptimalkan dengan benar, maka Anda akan kehilangan lalu lintas dalam pencarian dan berisiko kehilangan pelanggan baru. Hal ini sering dialami dan beberapa orang mungkin tidak menyadarinya.

Kesalahan dalam mengoptimalkan website ini ternyata tidak dialami oleh pengusaha yang sudah lama mengembangkan website tetapi juga orang yang masih tergolong baru yang sedang mengembangkan bisnisnya melalui website. Khususnya di tahun 2020 ini, persaingan dunia bisnis melalui website tentunya sangat banyak. Jika Anda kurang memaksimalkan poin-poin penting pada website, maka akan berdampak buruk pada SEO dan akhirnya website akan semakin tenggelam.

Apa saja kesalahan sepele pada website yang berdampak buruk pada SEO?

1.Mengabaikan status HTTP

Ketika berkunjung ke sebuah website, tentunya Anda pernah melihat alamat website yang aman dan tidak aman. Untuk link yang aman biasanya tertera HTTPS dan yang tidak aman adalah HTTP. Dalam hal ini masih banyak orang yang masih mengabaikan status ini. Banyak di antara mereka yang masih menggunakan HTTP dan akhirnya jusru berpengaruh terhadap optimasi SEO.

Penggunaan HTTP dalam jangka panjang tentunya akan berpengaruh terhadap SEO. Beberapa hal kecil yang akan Anda alami adalah rusaknya internal link, sering ditemukannya kode eror yang tidak dapat dijangkau, gambar yang rusak, kecepatan website yang kurang maksimal dan masih banyak lagi. Poin-poin tersebut jika dibiarkan akan memberikan dampak yang buruk terhadap SEO.

2.Kurang mengoptimalkan meta deskripsi

Terkadang memang meta deskripsi seringkali diabaikan karena sudah memiliki banyak pengunjung. Akan tetapi, mengoptimalkan metra derskripsi mampu menarik pengunjung baru karena webiste Anda akan selalu berada di halamam utama mesin pencari. Mengoptimalkan meta deskripsi akan memiliki dampak yang luar biasa khusunya untuk website toko online.

Setiap tahun akan semakin banyak orang yang terjun ke dunia bisnis online. Dan salah satu yang paling diminati adalah toko online. Untuk menghadapi persaingan tersebut, Anda perlu memiliki trik dalam meminimalisir kesalahan terhadap website yang akan berdampak langsung terhadap SEO. Untuk itu, buatlah meta deskripsi yang tepat.

3.Plagiat konten

Hanya karena menginginkan banyak pengunjung, kemudian Anda memilih cara yang instan seperti copy paste konten orang lain. Terlebih jika Anda benar-benar melakukan plagiat dari kompetitor yang lebih unggul, maka bisa dipastikan bahwa secara tidak langsung akan merusak reputasi website Anda. Meski hanya sedikit saja Anda membuat konten yang sama dengan kompetitor, maka Google akan dengan mudah melacaknya dan berakibat buruk pada SEO website Anda.

4.Kurang mengoptimalkan Internal dan Eksternal link

Sebuah website akan memiliki lebih banyak pengunjung jika memiliki eksternal dan internal link. Bahkan ini juga merupakan salah satu teknik SEO yang mampu menaikkan rangkin pada halaman utama di mesin pencari. Akan tetapi, kurang mengoptimalkan eksternal maupun internal link hanya akan membuat website kurang mendapatkan perhatian mesin pencari.

Salah satu kurangnya mengoptimasi link pada website adalah menautkan link yang masih menggunakan HTTP. Hal ini sangat berpengaruh jika website Anda sudah memiliki status HTTPS. Selain itu, link yang tidak dapat diserap SEO adalah jenis link yang memiliki beberapa tanda baca sehingga menyebabkan kode eror yang muncul saat dibuka.

5.Kurang mengembangkan kata kunci

Membuat artikel tentunya akan lebih mudah jika Anda menggunakan kata kunci. Dengan adanya kata kunci yang tepat tentunya juga memungkinkan artikel berada dalam halaman paling atas di mesin pencari. Meski begitu, kata kunci yang kurang dikembangkan juga akan menyulitkan Google dalam menyeleksi apakan artikel Anda harus berada di rangking utama atau tidak. Dalam hal ini sebaiknya Anda memanfaatkan kata kunci untuk mengembangkan artikel sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

6.Navigasi yang rumit

Dengan adanya website semakin membantu orang-orang dalam menemukan informasi yang mereka cari. Akan tetapi hal tersebut akan menjadi kendala jika sebuah website memiliki navigasi yang rumit. Navigasi yang kurang terstruktur dengan baik tidak hanya membuat pengunjung berpaling ke website lain tetapi juga menyulitkan mesin pencari untuk menyelesi apakah website Anda pantas berada di peringkat paling atas atau tidak.

Sekarang ini tentunya sangat mudah untuk mendapatkan navigasi website yang mudah dengan adanya fasilitas desain gratis pada website. Anda bisa memanfaatkan desain bawaan atau jasa desain website yang akan membuat navigasi website menjadi lebih mudah dan tentunya menyenangkan bagi pengunjung.

7.Jumlah kata yang kurang banyak

Dalam memberikan informasi tentunya Anda akan diminta membuat artikel yang panjang namun tetap memiliki tujuan yang jelas dari artikel yang dibuat. Google juga menyarankan bahwa artikel yang masuk dalam mesin pencari biasanya memiliki jumalha kata minimal 950 kata. Lebih banyak akan lebih baik. Jika tujuan utama Anda dalam membuat artikel adalah karena traffic, maka jumlah kata yang banyak selalu menjadi prioritas.

8.Tidak mobile friendly

Zaman sekarang orang tidak hanya mencari informasi lewat komputer maupun laptop tetapi juga dengan smartphone mereka. Dan seperti diketahui bahwa pengguna smartphone semakin banyak dan orang cenderung lebih sering mengakses beberapa informasi dari smartphone mereka. Usahakan agar website yang Anda buat juga mobile friendly.

baca juga

    Gunakan tema yang memungkinkan website Anda bisa dinikmati dengan jelas oleh para pengguna ponsel. Anda juga bisa memilih agar website yang ditampilkan pada desktop juga sama dengan yang diakses melalui smartphone.

    Memiliki website nampaknya kurang maksimal jika tidak menerapkan dasar-dasar SEO. Persaingan bisnis akan semakin ketat dari tahun ke tahun. Dan salah satu yang akan membuat wesbite bertahan adalah optimasi SEO yang semakin hari akan semakin memiliki banyak perkembangan. Bahkan kesalahan pada website saja sekarang ini bisa langsung memberikan dampak yang buruk untuk SEO.

    Agar website selalu berada pada halaman utama di mesin pencari, maka Anda harus memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil pada website seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tentu tidak sulit bagi Anda yang benar-benar ingin memaksimalkan website dan menempati rangking utama di Google. Hal tersebut juga akan meningkatkan banyak pengunjung dan membantu mengembangkan website di antara para pesaing lainnya. Apapun jenis kontennya, pastikan selalu memperhatikan dasar-dasar SEO.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!