8 Kesalahan Para Pemula SEO

uqwo.com – 8 Kesalahan Para Pemula Dalam Memaksimalkan SEO , Dalam berbisnis online, sepertinya kurang lengkap jika tidak memaksimalkan SEO. Bahkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh para expert, SEO itu seperti jiwa pada website. Di mana sebuah website yang tidak memaksimalkan SEO akan kesulitan untuk berkembang. Hal yang sering dilupakan oleh para pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis, entah itu melalui website maupun sosial media, mereka cenderung melakukan banyak kesalahan yang ternyata berdampak buruk pada SEO.

Meski terdengar rumit, namun memaksimalkan SEO sebenarnya sangat mudah. Dampak yang dihasilkan juga tidak langsung dan akan terlihat beberapa tahap. Namun ini sangat penting untuk perkembangan sebuah website. Bagi para pemula biasanya menginginkan hasil yang instan sehingga melupakan beberapa kaidah SEO yang sebenarnya akan membantu perkembangan website.

SEO memiliki peran penting dalam meningkatkan traffic pada website. Setelah melakukan pencarian biasanya orang akan memilih tiga situs paling atas karena dianggap lebih meyakinkan. Hal ini merupakan salah satu pengoptimalan SEO yang berdampak pada pencarian website. Sebagai pemula, Anda harus memperhatikan banyak hal seputar SEO agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang berakibat fatal.

8 Kesalahan Para Pemula SEO
8 Kesalahan Para Pemula SEO

Apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula dalam memaksimalkan SEO?

8 Kesalahan Para Pemula SEO

Meski sering dianggap sepele, beberapa kesalahan berikut masih sering dilakukan oleh para pemula.

1.Tidak mempelajari basic SEO

Belajar SEO sebenarnya tidak sulit jika Anda memulai belajar dari dasar. Ini sangat penting bagi pemula yang ingin memaksimalkan websitenya. Jika sudah belajar basicnya, maka akan memudahkan Anda dalam menerapkannya. Untuk belajar SEO memang sangat penting dari hal yang paling dasar khususnya bagi pemula agar nantinya dapat memberikan hasil yang maksimal untuk website yang dikelolanya.

2.Kesalahan dalam memilih keyword

Ketika membuat konten untuk website, pastikan Anda dapat memilih kata kunci yang tepat. Dengan memilih kata kunci yang tepat, maka akan memudahkan Google meletakkan website pada halaman utama dan memiliki peluang banyak pengunjung. Namun, para pemula seringkali kurang tepat dalam memilih kata kunci sehingga wesbite sulit untuk mendapatkan tempat pada halaman utama.

Memilih kata kunci tidaklah sulit. Namun wajar jika para pemula masih sering salah dalam memilih kata kunci. Meski demikian, Anda bisa menggunakan bantuan alat pencari kata kunci sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal. Alat bantu pencari kata kunci ini nantinya akan memudahkan para pemula sekaligus menjadi pelajaran bagaimana seharusnya memilih kata kunci yang tepat.

3.Tidak memanfaatkan Analytic

Adanya analytic pada sebuah website akan memantau pergerakan traffic sehingga Anda tahu konten mana saja yang paling banyak dikunjungi, dari mana asal pengunjung Anda, berapa usianya dan masih banyak lagi. Bagi pemula yang ingin websitenya lebih cepat berkembang, maka penggunaan analytic ini sangat penting untuk memantau.

Salah satu tool untuk memantau lalu lintas yang ada di website adalah Google Analytic. Penggunaannya juga sangat mudah. Di sini Anda bisa memantau apa saja terkait website sehingga kedepannya bisa lebih paham tentang bagaimana cara agar website semakin banyak dikunjungi.

4.Membuat konten asal-asalan

Hanya karena Anda sudah mengandakan keyword, lantas Anda begitu saja melupakan konten. Sebagai pemula, membuat konten yang menarik sangatlah penting. Konten yang bagus juga akan membuat pengunjung puas. Selain itu, Google juga akan menyukai konten-konten yang sesuai dengan tema website Anda. Konten yang baik juga akan memudahkan Google dalam menyeleksinya. Sebagai pemula, ini merupakan kesempatan Anda untuk lebih fokus terhadap konten terlebih dahulu.

8 Kesalahan Para Pemula SEO
8 Kesalahan Para Pemula SEO

5.Tidak memasukan internal link

Semua orang pasti menginginkan website yang dikelolanya memiliki banyak pengunjung. Bagaimana agar orang lebih mudah berkunjung ke website Anda? Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan internal link. Berikan link yang relevan dengan konten yang Anda buat, dengan begitu akan meningkatkan kunjungan ke website. Anda juga bisa memanfaatkan eksternal link yang memiliki rangking dan reputasi bagus pada mesin pencari. Cara ini diyakin mampu meningkatkan kunjungan pada website.

6.Kurang memperhatikan kecepatan website

Kebanyakan pemula biasanya mengabaikan hal ini. Mereka cenderung lupa kalau secara teknis, kecepatan website menjadi hal yang sangat penting. Ketika ada pengunjung website, mereka akan mempertimbangkan apakah nantinya akan kembali lagi ke website tersebut hanya dengan seberapa kecepatan website tersebut. Jika kecepatan loadingnya melebihi 3 detik, maka akan langsung ditinggalkan.

Lamanya loading website tidak hanya membuat pengunjung enggan kembali ke website Anda tetapi juga berpengaruh terhadap mesin pencari. Sebagai pemula yang ingin memaksimalkan SEO sebaiknya Anda memperhatikan hal kecil seperti ini yang ternyata dapat memperngaruhi faktor SEO.

7.Tidak memaksimalkan Judul dan Meta Deskripsi

Pemula yang ingin menerapkan SEO biasanya sering melupakan hal ini. Namun, ternyata dengan membuat meta deskripsi yang baik akan membuat website berada di halaman utama. Pemula cenderung lebih fokus tentang bagaimana caranya agar websitenya ada pada halaman paling atas agar mendapatkan banyak pengunjung.

Penulisan judul dan meta deskripsi yang bagus justru akan membantu menaikkan rangking website. Ini juga akan memudahkan mesin pencari menempatkan website Anda di posisi paling atas. Sayangnya, para pemula terlalu fokus dengan konten tanpa memaksimalkan kedua poin penting dalam meningkatkan SEO website ini. Jangan lupa untuk meletakkan kata kunci pada judul dan meta deskripsi.

baca juga

8.Menggunakan Bold, Italic dan Underline secara berlebihan

Dalam penulisan konten, tidak salah jika Anda ingin menonjolkan beberapa poin menggunakan Bold, Italic maupun Underline. Namun jangan terlalu banyak karena hanya akan membuat pengunjung merasa terganggu dengan adanya hal tersebut. Bahkan Google juga sudah menganggap bahwa metode penggunaan tersebut tidak ada efeknya dalam meningkatkan website.

Jika ingin menonjolkan poin-poin tertentu pada konten, Anda bisa menggunakan Heading atau Subheading karena akan lebih optimal. Pembaca juga akan lebih nyaman dengan adanya Heading. Dan yang pasti, ini juga merupakan salah satu teknik SEO yang harus dipelajari.

Membuat website bagi pemula memang harus maksimal khususnya dalam memilih desain untuk perangkat Handphone. Pengguna smartphone sekarang ini semakin banyak sehingga mereka lebih memilih mengakses berbagai informasi melalui internet menggunakan Smarphone. Jika website yang dibuat tidak ramah dengan pengguna Handphone, maka Anda akan kehilangan peluang untuk meningkatkan website.

Google juga telah mempertimbangkan desain website yang ramah dengan pengguna ponsel akan memiliki peluang berada di halaman utama. Hal ini karena seiring perkembangan zaman telah membuat orang-orang lebih kreatif dalam membuat konten-konten yang memiliki desain visul yang bagus.

Sebagai pemula sebaiknya memperhatikan dengan detail tentang apa yang nantinya penting untuk meningkatkan website, seperti halnya dalam memaksimalkan SEO. Bagaimana pun juga, website dan SEO merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena saling melengkapi dan bersama-sama dalam mengembangkan website. Memperlajari dasar-dasar SEO tentunya tidak sulit jika Anda selalu konsisten.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!