Jasa


Undercover.co.id, Pemasaran Konten , Apa yang diperlukan untuk membuat operasi pemasaran konten Anda sukses? Lihat 8 peran tim konten utama ini dan siapa yang melakukan apa


8 Peran Pemasaran Konten Esensial & Apa yang Dilakukan Masing-masing Orang

Pemasaran konten telah berkembang jauh sejak awal. Anda tidak dapat lagi menulis sesuatu, mempostingnya secara online, dan mengharapkannya menghasilkan hasil yang positif karena Anda adalah salah satu yang pertama menulis tentang subjek tersebut.

Saat ini, proses pemasaran konten jauh lebih kompleks.

Banyak perusahaan telah menanggapi kenyataan itu dengan urgensi dan komitmen yang tepat. Bukan lagi hal yang aneh untuk menemukan perusahaan yang memiliki tim pemasaran konten yang lengkap di rumah .

Tim pemasaran konten juga bukan bagian dari kelompok pemasaran yang lebih konvensional. Lebih sering daripada tidak, anggota tim tersebut memiliki peran yang berbeda dalam perusahaan.

Mari kita lihat peran umum dalam tim pemasaran konten, berbagai posisi yang tersedia di tim itu, dan tanggung jawab yang terkait dengan masing-masing.

Pemasaran Konten
Pemasaran Konten

Chief Content Officer atau Direktur Pemasaran Konten

Kita akan mulai dari atas. Orang yang sering bertanggung jawab atas departemen pemasaran konten biasanya adalah Chief Content Officer atau Direktur Pemasaran Konten – setidaknya, di mana peran eksekutif semacam itu ada.

Peran ini paling sering ditemukan di organisasi perusahaan.

Orang ini mengawasi setiap aspek program konten untuk memastikan bahwa strategi pemasaran konten perusahaan tepat sasaran dan memenuhi tujuan bisnisnya.

Di antara tanggung jawab utama profesional ini adalah mengidentifikasi tujuan pemasaran dan menetapkan strategi.

Apakah perusahaan berfokus untuk menembus pasar baru, atau mungkin meningkatkan reputasi online-nya?

Direktur atau CCO perlu mengidentifikasi tujuan utama tersebut dan mengembangkan strategi yang akan digunakan tim mereka untuk mencapainya.

Mereka menentukan orang, proses, dan teknologi mana yang diperlukan untuk memenuhi tujuan konten perusahaan.

Aspek penting lain dari pekerjaan orang ini adalah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan departemen lain.

Ini adalah orang yang dicari oleh eksekutif lain jika mereka membutuhkan sesuatu dari tim pemasaran konten. Chief content officer juga merupakan orang yang menghubungi departemen lain jika tim pemasaran konten membutuhkan bantuan.

Pemasaran Konten
Pemasaran Konten

Manajer Pemasaran Konten

Selanjutnya, kami memiliki Manajer Pemasaran Konten. Seperti yang disarankan oleh judul pekerjaan, manajer fokus pada menyusun peta jalan untuk tim.

Jasa

Manajer Pemasaran Konten menetapkan arahan umum untuk tim konten.

Mereka juga bertugas mendelegasikan tugas dan menentukan tujuan untuk anggota tim. Mereka menetapkan tenggat waktu sehingga tujuan yang disebutkan di atas terpenuhi.

Anggota tim pemasaran konten lebih sering berinteraksi dengan manajer pemasaran konten daripada chief content officer, di mana kedua peran ini ada. Di satu sisi, manajer pemasaran konten juga berfungsi sebagai jembatan antara kedua kubu tersebut.

Dan di perusahaan yang lebih kecil, Manajer Pemasaran Konten mungkin juga bertanggung jawab atas keseluruhan program termasuk strategi.

Pemasaran Konten
Pemasaran Konten

Pembuat Konten dan Kontributor

Pembuat konten dan kontributor adalah sumber kehidupan tim pemasaran konten.

Sederhananya, pemasaran konten tidak akan ada tanpa pencipta dan kontributor. Mereka mengisi mesin konten dengan konten yang kaya, berkualitas tinggi, dan relevan .

Pembuat konten dan kontributor memainkan peran kunci dalam menjaga bisnis Anda tetap relevan. Jika ada perubahan besar pada mesin telusur dan algoritme, pembuat konten dan kontributor Anda dapat membantu bisnis Anda mengikuti perkembangan dengan memproduksi konten di sekitarnya.

Contoh pembuat konten dan kontributor yang mungkin ingin Anda tambahkan ke tim Anda termasuk penulis, pembuat video, fotografer, desainer grafis, dan insinyur suara.

Ini mungkin penuh waktu atau paruh waktu, in-house atau outsourcing, di kantor atau jarak jauh – atau kombinasi dari semuanya.

Editor

Anda tidak dapat membiarkan setiap konten yang dibuat oleh tim Anda ditayangkan begitu saja tanpa seseorang meninjaunya terlebih dahulu. Satu kesalahan langkah besar dapat merusak reputasi perusahaan Anda .

Hindari kesalahan tersebut dengan menyewa editor konten. Editor konten bertanggung jawab untuk mempertahankan standar yang tinggi untuk departemen.

Mereka mengembangkan dan menerapkan proses yang memastikan kualitas konten dan menjauhkan merek dari masalah hak cipta dan sejenisnya.

Editor memastikan bahwa konten yang dirilis oleh departemen sedekat mungkin dengan bebas kesalahan.

Di luar itu, mereka mungkin juga harus mengubah konten atau meminta revisi dalam situasi tertentu. Dengan konten tertulis, mereka memberikan arahan, pengecekan fakta, pengeditan baris, dan mengambil langkah lain untuk memastikan kepatuhan terhadap pedoman merek.

Bergantung pada jenis media, Anda mungkin juga menggunakan editor video atau audio. Orang-orang ini bisa in-house atau outsourcing.

Editor konten bekerja tanpa lelah untuk memeriksa kiriman yang dikirimkan kepada mereka. Ini bisa menjadi pekerjaan yang memakan waktu dan membosankan, dan juga penting untuk operasi harian tim pemasaran konten.

Pemasaran Konten
Pemasaran Konten

Asisten Editorial

Mengunggah konten, mengedit dan mengubah ukuran gambar, mengirim pengingat kepada penulis, menulis deskripsi meta, dan tugas berulang lainnya dapat memperoleh banyak manfaat dari keterlibatan Asisten Editorial.

Orang ini membantu editor konten dan pembuat konten dengan beban kerja mereka masing-masing dengan bertindak sebagai peran pendukung untuk mengelola tugas yang mereka bisa.

Asisten Editorial dengan pengetahuan SEO menengah dapat bermanfaat, karena mereka dapat menggunakan teknik SEO penting untuk mendukung tujuan peringkat organik Anda juga.

Sekali lagi, orang ini bisa saja in-house atau outsourcing. Mereka bisa tersedia penuh waktu, atau hanya berdasarkan kontrak sesuai kebutuhan. Yang terbaik adalah bekerja dengan orang atau kelompok kecil yang sama secara teratur sehingga mereka benar-benar mengenal bisnis dan proses konten Anda.

Manajer Komunitas

Pada tahun 2021, setiap bisnis membutuhkan kehadiran media sosial . Jika Anda tidak menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda tidak mencapai potensi pemasaran penuh Anda.

Fokus pengelola komunitas adalah mempromosikan konten Anda dan melibatkan pembaca di platform jejaring sosial. Hal yang menarik tentang pekerjaan manajer komunitas adalah betapa beragamnya itu.

Sebagai manajer komunitas, Anda harus tahu cara berkomunikasi dengan klien dan pelanggan potensial.

Anda juga harus mampu menyediakan beberapa layanan pelanggan dari waktu ke waktu, atau setidaknya memiliki proses untuk melakukan triase dan eskalasi masalah yang muncul dengan cepat.

Dalam beberapa kasus, manajer komunitas mungkin juga diminta untuk membuat postingan singkat untuk mempromosikan produk, layanan, atau acara baru. Manajer komunitas benar-benar memakai banyak topi pemasaran yang berbeda dan harus fleksibel dan bersedia melakukan apa pun yang dibutuhkan bisnis.

Pakar Analisis

Produksi konten tidak bisa dilakukan secara membabi buta. Pasti ada tujuan di balik setiap konten yang dipublikasikan secara online.

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda, konten yang Anda rilis akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Tapi bagaimana Anda tahu jika usaha Anda membuahkan hasil?

Anda membutuhkan seseorang untuk menafsirkan hasil upaya pemasaran konten Anda dan mengekstrak nilai sebenarnya. Spesialis analitik dapat melakukan hal itu.

Pakar analitik dapat menilai kinerja strategi pemasaran konten Anda dan memastikan apakah strategi tersebut memenuhi harapan, melebihi ekspektasi, atau mungkin gagal dengan melacak data analitik melalui berbagai platform.

Orang ini ahli dalam mengukur apa yang penting dan melaporkan kepada setiap pemangku kepentingan hanya wawasan yang penting bagi mereka. Mereka tidak akan menyampaikan laporan yang sama kepada Direktur yang mereka siapkan untuk editor video, misalnya.

Pakar Analytics juga dapat menyoroti cara untuk meningkatkan konten Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda apakah panjang konten sudah sesuai atau perlu disesuaikan.

Mereka juga dapat menentukan apakah konten dapat menggunakan lebih banyak kata kunci, atau mungkin perlu diposting pada hari yang berbeda atau pada waktu yang berbeda.

Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan atau kegagalan konten yang diposting, dan untungnya ada banyak data untuk membantu mengarahkan kami ke arah yang benar.

Spesialis Promosi Konten

Ini adalah salah satu area khususnya di mana Anda dapat menggunakan freelancer. Ini adalah orang-orang yang Anda bawa untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu; mereka bukan anggota tetap tim Anda dan spesialis di bidangnya.

Misalnya, Anda mungkin ingin mempekerjakan seseorang yang dapat meningkatkan situs web Anda untuk membantu konten Anda menonjol. Anda dapat menyewa pengembang web untuk mewujudkannya.

Pencarian berbayar dan sosial juga merupakan posisi populer bagi pekerja lepas karena keterampilannya, meskipun masih melibatkan konten, sangat spesifik.

Anda dapat meminta pekerja lepas atau agensi yang membantu Anda membangun tautan dan/atau PR untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten Anda juga.

Anda juga dapat memutuskan untuk bermitra dengan influencer saat Anda berusaha membuat konten yang lebih menarik. Influencer kemungkinan akan membebankan banyak biaya untuk layanan mereka, tetapi itu bisa sepadan dengan imbalan buzz yang akan mereka hasilkan untuk perusahaan Anda.

baca juga

Kesimpulan


Singkatnya, pemasaran konten bukanlah operasi tunggal.

Untuk melakukannya dengan benar, Anda harus bersedia bekerja dengan tim dan mempekerjakan orang yang tepat.

Tim Anda hampir pasti tidak akan terlihat persis seperti yang saya uraikan di atas. Dalam tim pemasaran kecil, Anda mungkin hanya memiliki satu atau dua orang yang bertanggung jawab atas banyak posisi dan tanggung jawab di atas.

Dan di perusahaan perusahaan, Anda dapat memiliki tim yang terdiri dari ratusan orang.

Yang paling penting adalah memastikan setiap fase perencanaan konten, produksi, penerbitan, dan proses promosi dicakup oleh ahli yang berdedikasi.

Mudah-mudahan, Anda dapat merujuk informasi dalam artikel ini karena Anda bertujuan untuk mengumpulkan tim pemasaran konten Anda dan memastikan konten perusahaan Anda mendapatkan sensasi yang layak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *