9 Fitur di Website Bisnis

Jasa

Moorah -Fitur di Website Bisnis , Pembuatan jasa website kini semakin diburu banyak orang yang baru memulai bisnis. Pasalnya, website memang bisa mendongkrak angka penjualan bisnis secara signifikan karena target pasar yang luas. Di sisi lain, pemilik bisnis juga bisa terhubung 24 jam non-stop dengan para konsumen.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat website bisnis adalah fitur di dalamnya. Fitur yang disematkan di dalam website bisa menunjukkan kualitas dari website itu sendiri. Oleh karenanya, pembuatan jasa website tidak akan sembarangan memasukkan fitur-fitur di dalam website kliennya.

Fitur yang tepat dapat menjadikan website bisnis kian produktif dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan kata lain, website dengan berbagai fitur mumpuni dapat mengantarkan bisnis Anda menuju ke puncak keberhasilan.

Anda, sudah pasti, pengin punya bisnis yang selalu membawa keuntungan, kan? Karena itu, gunakan website yang memiliki fitur mumpuni untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda secara luas.

Fitur Penting yang Wajib Ada di Website Bisnis

Sedikitnya ada 9 fitur penting yang wajib ada di website bisnis. Mari kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

1. Mobile Responsive

Mobile responsive patut mendapatkan perhatian utama di antara fitur-fitur penting lainnya. Mengapa? Alasannya, mayoritas orang kini mengakses internet dengan memakai smartphone, termasuk dalam melakukan pembelian secara online.

Ya, kalau dulu orang hanya bisa menggunakan komputer atau laptop untuk mengakses internet. Namun, seiring berkembangnya teknologi, smartphone lebih ‘friendly’ bagi sebagian besar orang untuk mengakses internet.

Oleh karenanya, website Anda harus memiliki fitur mobile responsive. Fitur ini dapat menyesuaikan tampilan website dengan ukuran layar smartphone. Dengan begitu, pengunjung website Anda akan merasa nyaman dan betah melihat-lihat produk/jasa yang Anda tawarkan di dalamya.

Ingat! Jangan sampai pengunjung website Anda mendadak beralih ke website kompetitor hanya gara-gara tidak mobile responsive.

Fitur di Website Bisnis
Fitur di Website Bisnis

2. Nama Bisnis dan Logo

Jangan sampai Anda membuat website bisnis tapi tidak atau lupa menyertakan nama dan logo bisnis Anda. Bagaimana pengunjung bisa mengingat nama bisnis Anda jika hal itu tidak dimasukkan di dalam website?

Nama bisnis hendaknya diletakkan di bagian atas website. Pastikan letak nama bisnis mudah diketahui atau dilihat oleh pengunjung. Selain itu, logo bisnis juga sebaiknya diletakkan di atas dan mudah diketahui oleh pengunjung. Anda bisa meletakkan logo tepat di samping nama bisnis.

Nama bisnis dan logo harus dibuat semenarik mungkin. Dan, tentunya juga harus mudah diingat oleh pengunjung.

3. Gambar di Header

Anda dapat menambahkan gambar di header atau tubuh tampilan website Anda. Gambar yang dimaksud bisa berisikan iklan atau produk/jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda memiliki banyak produk maka pilihlah salah satu atau beberapa yang paling diminati oleh pelanggan.

Fitur gambar di tubuh tampilan website dapat menarik perhatian pengunjung. Lebih dari itu, Anda sebenarnya juga bisa memasang video atau tampilan slide untuk menggantikan peran gambar tersebut agar semakin menarik.

4. Testimoni

Keberadaan halaman testimoni dalam website bisnis bisa ‘menghipnotis’ pengunjung untuk segera melakukan pembelian produk yang ada di dalamnya. Ya, pada umumnya, testimoni berisikan ulasan positif dari pelanggan sebelumnya terhadap produk, bisnis atau website yang bersangkutan. Ulasan positif ini, secara langsung, dapat menggerakkan orang lain menjadi semakin yakin dengan produk-produk yang Anda tawarkan.

Apalagi jika testimoni yang Anda ‘pamerkan’ berasal dari orang-orang terkenal atau berpengaruh yang memiliki banyak fans. Ini akan menguntungkan bagi bisnis Anda.

5. Mesin Pencari

Jangan sampai tidak menyematkan mesin pencari atau search bar di website bisnis Anda. Mengingat, peran mesin pencari ini sangat penting pengunjung.

Ya, pengunjung biasanya menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk atau konten yang dibutuhkan. Sebaliknya, pengunjung akan merasa kesulitan untuk mencari sesuatu di website Anda jika di dalamnya tidak ada fitur mesin pencari. Ujungnya, mereka tidak menemukan sesuatu yang dibutuhkan dan beralih ke website kompetitor. Anda, pastinya, tidak ingin hal itu terjadi, kan?

Fitur di Website Bisnis
Fitur di Website Bisnis

6. Peta Lokasi

Masukkan fitur peta lokasi atau Google Map di dalam website bisnis Anda. Fitur peta lokasi dapat memudahkan pengunjung website untuk menemukan keberadaan bisnis Anda.

Nah, jika pengunjung ingin melakukan pembelian secara offline maka bisa mengikuti peta lokasi yang ada untuk datang langsung ke toko Anda. Selain itu, fitur peta lokasi juga dapat meyakinkan pengunjung website bahwa bisnis Anda betul-betul ada, bukan abal-abal.

7. FAQ dan Kontak

Frequently Asked Questions atau FAQ juga termasuk fitur penting yang harus ada di dalam website bisnis. FAQ berguna untuk membantu pengunjung yang ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan umum yang diajukannya.

Jadi, hanya dengan membuka FAQ, pengunjung sudah bisa mengetahui jawaban yang dicarinya. Namun, bukan berarti Anda tidak menyertakan kontak di dalam website. Kontak juga harus disertakan guna memudahkan pengunjung untuk menghubungi Anda jika ada pertanyaan atau keluhan yang tidak ada jawabannya di dalam FAQ.

Anda bisa memasukkan kontak berupa nomor telepon, nomor WhatsApp, berbagai akun media sosial dan email aktif.

8. Analytical Tool

Memang, website bisnis tidak harus memiliki analytical tool. Namun, kami merekomendasikan fitur itu karena peranannya yang sangat penting. Apa saja peranan yang dimaksud?

Dengan menggunakan analytical tool, Anda bisa menganalisis seberapa jauh performa website bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat mengetahui berapa banyak pengujung website bisnis Anda, dari mana pengujung berasal, halaman mana yang paling sering dikunjungi, produk apa yang paling banyak diminati dan lainnya.

Semua data yang ada pada analytical tool bisa Anda jadikan bahan ‘riset’ untuk penerapan strategi yang terbaik ke depannya. Dengan begitu, bisnis Anda akan berkembang dengan signifikan.

9. Security

Anda, pastinya, pernah mendengar informasi salah satu atau beberapa situs diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, kan? Ya, bahkan beberapa situs pemerintah pun pernah diretas oleh mereka.

Memang, peretas atau hacker yang memiliki kemampuan luar biasa di dunia internet dapat meretas berbagai website sekalipun telah disematkan security atau keamanan yang amat kuat. Namun, dengan menyematkan security di website bisnis Anda, setidaknya risiko peretasan itu bisa diminimalisir. Oleh karena itu, sematkan security yang memiliki perlindungan secara ekstra bagi website Anda.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lainnya yang tidak kalah penting untuk disematkan di website bisnis. Jika ingin mengetahui hal itu, Anda bisa berkonsultasi dengan pembuatan jasa website profesional.

baca juga

    Itulah 9 fitur penting yang wajib ada di website bisnis. Jangan sampai Anda melupakan salah satu atau beberapa fitur penting di atas di dalam website bisnis Anda. Untuk mendapatkan website bisnis dengan ragam fitur profesional, mumpuni dan user friendly, Anda bisa menggunakan pembuatan jasa website profesional.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!