9 Tips Sukses Tanpa Gagal Untuk Memulai Bisnis

Tak sedikit dari kita yang ingin membuka suatu bisnis. Namun, tak sedikit pula yang masih bingung bahkan tidak memulai sama sekali bisnis yang diinginkan.
 
Kebingungan dalam menentukan langkah awal menjadi salah satu faktor penghambat urungnya para pemula dalam memulai bisnis. Rasa takut akan kegagalan juga menjadi faktor lain yang mempengaruhi mereka.
Sebetulnya, mengawali suatu bisnis tidaklah semenakutkan yang dikira. Selama yakin dan tahu beberapa caranya, maka mempunyai sebuah bisnis yang didambakan sudah bukan menjadi sesuatu yang menakutkan.
Di bawah ini, ada beberapa cara yang bisa dipakai guna untuk membangun bisnis yang didambakan. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut ini!

Pertama, Bangunlah Bisnis dari Sesuatu yang Dekat dengan Diri Sendiri

Langkah pertama yang patut diambil dakam membuat sebuah bisnis adalah menentukan bisnis itu sendiri. Disarankan untuk membuat bisnis yang dekat dengan diri sendiri.
Sebab, bisnis yang dimulai berdasarkan hal yang dekat dengan diri sendiri relatif mudah dijalani dengan sepenuh hati. Adapun bisnis yang dibuat bisa berasal dari hobi pribadi, atau keresahan pribadi terhadap lingkungan sekitar yang tidak kondusif.
 

Kedua, Merancang Konsep serta Menyusun Anggaran Dana yang Relevan

Setelah ide bisnis  telah kita gagas, maka langkah selanjutnya adalah merancang konsep usaha serta anggaran dananya. Dari segi konsep, kita harus bisa membuat konsep bisnis kita sejelas mungkin, entah itu dari target pasarnya, produk yang ditawarakannya, serta keuntungan apa saja yang konsumen peroleh dari bisnismu tersebut.
Mengatur anggaran dana juga mesti dilakukan dengan baik, apalagi jika kita hendak mencari dana dari para investor . Sebisa mungkin, dana yang kamu anggarkan adalah dana yang relevan dengan kebutuhan bisnis kita. Dengan begitu, bukan tidak mungkin investor akan tertarik dan juga memodali bisnis kita.

Ketiga, Jelaskan Konsep Bisnis Kita Secara Ringkas dan Sederhana

Dalam proses membangun bisnis yang diinginkan, seringkali kita akan dihadapkan suatu kondisi yang menuntuk kita untuk memperkenalkan konsep bisnis kita, misalnya saja saat bertemu dengan investor atau calon klien.
Saat bertemu dengan momen tersebut, disarankan untuk bersikap tenang dan jelaskan konsep bisnis kita dengan sederhana dan ringkas. Hal ini perlu dilakukan, agar konsep bisnis kita mudah dipahami dan diterima investor atau calon klien bisnis kita.
 
 

Keempat, Hemat dalam Masalah Pengeluaran dan Pemasukan

Selama dalam masa membangun bisnis, kita harus hemat dalam mengeluarkan dana yang kita punya. Kita disarankan untuk tidak jor-joran dalam memenuhi akomodasi untuk bisnis kita, seperti menyewa kantor yang bagus, atau membeli beberapa peralatan yang sebetulnya tidak kita butuhkan saat ini.
Di saat masa merintis bisnis , kita hanya harus mengeluarkan biaya-biaya penting saja, seperti biaya promosi bisnis ataupun biaya produksi produk dari bisnis kita.
Mengelola kas keuangan juga penting demi keberlangsungan hidup bisnis kita. Jika tak sanggup mengelolanya sendiri, maka kita bisa merekrut orang yang pandai dalam mengatur arus kas keuangan suatu bisnis.
Pastikan orang yang kamu rekrut adalah orang yang ahli dan bisa dipercaya. Jika tidak, maka kas keuangan kita tak akan teratur bahkan sebagian uang kita bisa dicuri oleh mereka.
 

Kelima, Bergaul dengan Mereka yang Lebih Senior

Sebagai pemula, kita tentu belum sepenuhnya mempunyai pengalaman yang mumpuni dalam membangun bisnis. Bisa saja bisnis yang kita bangun dengan penuh optimisme tiba-tiba gagal begitu saja karena kita tidak tahu strategi yang tepat untuk mempertahankan bisnis tersebut.
Guna menghindari hal tersebut, bergaul dengan para pebisnis senior menjaid suatu keharusan yang mesti kita lakukan.
Sebab, dari para pebisnis senior, kita bisa mengetahui strategi yang jitu guna mempertahankan bisnis yang sedang kita rintis. Dari mereka pulalah kita mendapat inspirasi baru dari pengalaman-pengalamn yang mereka ceritakan kepada kita.
Untuk menemui para senior tersebut, kita bisa menjumpainya di berbagai komunitas para pengusaha yang ada di kota kita.

Keenam, Belajarlah dari Kesalahan

Dalam menjalankan bisnis , kita pasti tak akan pernah lupt dari kesalahan. Sekecil apapun kesalahan yang dibuat, pasti akan berdampak cukup banyak bagi kemajuan bisnis kita. Semua kesalahan yang telah kita lakukan hendaknya jangan terlalu lama disesali. Alangkah lebih baik jika semua kesalahan itu kita catat dan pelajari agar kedepannya kita bisamenjadi lebih baik.

Ketujuh, Fokus terhadap Bisnis yang Dijalankan

Setiap kegiatan pasti akan sukses jika dijalani dengan fokus. Hal itu juga berlaku dalam menjalankan suatu bisnis. Fokus dalam berbisnis bisa dalam bentuk apapun, mulai dari fokus menentukan target pasar; meningkatkan kualitas produk, serta fokus untuk meraih sukses yang diinginkan.
Selama masa merintis bisnis pertama kita, disarankan untuk tidak tergoda beralih ke bisnis lain, kendatipun bisnis lain tersebut lebih mampu menghasilkan profit yang banyak. Sebab, hal itu akan merusak fokus kita sekaligus membuyarkan niat kita dalam membangun bisnis yang kita dambakan. Mempunyai bisnis yang menghasilkan profit yang banyak merupakan suatu hal yang menyenangkan.
Tetapi, mempunyai bisnis yang dibangun dari nol dan berasal dari hal yang disukai akan jauh lebih banyak memberi kepuasan hati sekaligus juga keuntungan materi.
Sebetulnya, bisa saja kita beralih ke bisnis lain tanpa meninggalkan bisnis pertama kita. Namun, cara ini hanya boleh dilakukan jika bisnis pertama kita sudah gagal total atau sudah sangat sukses dan konsisten.
 
 

Delapan, Tentukan Bentuk Kesuksesan yang Hendak Diraih dari Bisnis Kita

Tips kedelapan ini sangat menentukan bagi masa depan bisnis kita di hari nanti. Sebab, bagaimana pun setiap orang (termasuk pebisnis) pasti mempunyai bentuk kesuksesan yang hendak di raih.
Misal: pebisnis A meyakini bahwa bisnis yang sukses adalah bisnis yang menghasilkan profit banyak dan juga mempunyai cabang hingga ke luar negeri. Sementara itu, pebisnis B meyakini bahwa bisnis yang sukses adalah bisnis yang konsisten berdiri, kendatipun krisis keuangan melanda negaranya.
Semakin jelas bentuk kesuksesan yang hendak diraih, maka akan semakin jelaslah tujuan bisnis kita didirikan. Mengetahui bentuk kesuksesan yang hendak diraih juga akan membuat kita lebih fokus dalam mengembangkan usaha kita. Sehingga, bentuk kesuksesan yang didamba akan diraih suatu saat nanti.
 
baca juga
123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
Panduan Lengkap Pecinta Kopi
Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Panduan Sukses Bisnis Franchise
50 Daftar Lengkap Virtual Office Di Indonesia
50 Daftar Jasa Kontraktor Indonesia
50 Usaha Rumahan di Indonesia
500 Kisah Pengusaha Sukses
Kenali Daftar 99 Fintech Indonesia
 
 
Terakhir, Jangan Takut Gagal
Seperti yang telah disinggung di awal tulisan, rasa takut akan kegagalan merupakan salah satu faktor mengapa sebagian di antara kita masih belum juga memulai bisnisnya. Padahal, kegagalan sendiri merupakan salah satu ladang pembelajaran bagi kita untuk terus membangun bisnis kita.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!