Undercover.co.id – Agency Jakarta , Digital & Advertising serta Branding Agency , dan spesialis SEO Agency

SEO

Apa itu SEO – Anda mungkin sudah tahu bahwa SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization”. Itu penting, tetapi ada banyak hal yang perlu diketahui tentang industri ini daripada yang Anda pikirkan. Panduan ini adalah tempat yang baik untuk memulai.

Perusahaan SEO Terbaik – Kami telah menganalisis ratusan perusahaan SEO di seluruh Indonesia untuk mencari tahu mana yang terbaik. Peringkat kami 100% tidak bias. Artinya, perusahaan tidak dapat membayar untuk dimasukkan dalam daftar.

Strategi SEO  – Setiap kampanye SEO yang sukses dimulai dengan strategi yang dirancang dengan baik. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda strategi 4 langkah sederhana yang telah bekerja di hampir setiap Lini

SEO Audit  – Cara terbaik untuk memulai kampanye SEO adalah dengan audit terperinci. Melakukan audit SEO dengan benar akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang menjadi fokus. Ini penting karena tidak semua tindakan SEO dibuat sama.

Kesalahan SEO – Saya telah membuat banyak kesalahan sepanjang karier SEO saya, tetapi Anda dapat menghindari semuanya dengan membaca panduan ini.

CMS Terbaik untuk SEO  – Percaya atau tidak, WordPress CMS # 1 untuk SEO. Baca studi kasus berbasis data kami untuk mengetahui yang mana.

Google Bias – Apakah Google bias? Kami mempelajari 50 topik yang didorong oleh politik untuk mencari tahu.

SEO

On-Page SEO  – Kebanyakan orang berpikir on-page SEO hanya menempatkan kata kunci pada halaman. Salah! Ada banyak lagi yang perlu Anda lakukan untuk mencapai SEO on-page yang sempurna. Panduan ini akan menunjukkan daftar periksa 80 poin kami.

Judul Tag  – Memahami cara mengoptimalkan tag judul adalah keterampilan SEO mendasar. Pro SEO nyata tahu bahwa itu lebih dari sekedar memasukkan kata kunci ke dalam judul. Gunakan panduan ini untuk mempelajari nuansa mengoptimalkan tag judul.

Pengalihan 301 – Pengalihan 301 dapat digunakan untuk mengembangkan otoritas situs Anda secara eksponensial. Mereka juga dapat menghancurkan situs web Anda secara bersamaan. Baca panduan ini untuk mempelajari cara menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Kesalahan 404 – Tidak semua kesalahan 404 adalah “buruk”. Anda hanya perlu tahu cara menanganinya. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara yang tepat untuk mendesain 404 halaman. Lalu, saya akan menunjukkan cara menemukan dan memperbaikinya.

HTTP vs. HTTPS – Situs web Anda harus menggunakan sertifikat SSL. Panduan ini menjelaskan alasannya.

Redirect Chains – Redirect chain dapat merampas ekuitas tautan berharga halaman Anda. Berita baiknya adalah Anda dapat menghindarinya dengan membaca panduan ini.

Kontent

Cara Menulis Posting Blog – Blog Anda dapat digunakan sebagai katalis untuk menumbuhkan perusahaan Anda. Jangan anggap enteng!

Pembuatan Tautan

Tautan Balik – Hampir tidak mungkin untuk menentukan peringkat dan mencapai kinerja SEO jangka panjang tanpa tautan berkualitas. Panduan epik ini akan memberi Anda pengetahuan dasar yang Anda butuhkan untuk berhasil membangun tautan.

Domain kadaluarsa untuk SEO – Kebanyakan orang menggunakan domain kadaluarsa untuk melakukan SEO , topi abu-abu. Panduan ini mengajarkan Anda cara memanfaatkannya dengan cara yang lebih aman.

Anchor Text – Memahami cara mengoptimalkan teks anchor adalah keterampilan membangun tautan yang mendasar. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya dengan cara yang benar, sehingga Anda mendapatkan hasil yang mematikan dan menghindari hukuman.

Layanan Pembuatan Tautan  – Menemukan vendor tautan yang berkualitas adalah sulit. Tujuan kami sederhana: untuk mengetahui vendor apa yang menghasilkan pekerjaan dengan kualitas terbaik. Penjual # 1 mungkin akan mengejutkan Anda.

PBNs – Setiap SEO berpengalaman telah menggunakan atau tergoda untuk menggunakan PBN dalam karir mereka. Pertanyaannya adalah: apakah mereka layak? Cari tahu ketika Anda membaca artikel ini.

Alat SEO

SEMRush – SEMRush adalah alat SEO terbaik untuk riset kata kunci dan analisis pasar. Saya tidak bisa merekomendasikan ini cukup.

Ahrefs – Ahrefs adalah salah satu alat SEO terbaik di pasar. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakannya dengan cara yang benar untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik ke situs web Anda.

Google Search Console – Tidak ada banyak alat SEO gratis yang dapat bersaing dengan Google Search Console. Ini sangat kuat dan dapat digunakan untuk meledakkan lalu lintas pencarian organik Anda.

Duplichecker – Duplichecker dapat membantu Anda menemukan contoh plagiarisme dan konten duplikat. Itu tidak sempurna, tetapi patut dicoba.

Siteliner – Siteliner adalah alat masuk saya untuk menemukan konten duplikat.

SpamZilla – SpamZilla dengan mudah adalah alat terbaik untuk menemukan domain kadaluarsa.

Paperform – Jika Anda mencari alternatif untuk Typeform, Paperform cukup mengagumkan.

Soovle – Soovle adalah alat yang luar biasa untuk melakukan penelitian kata kunci semantik di beberapa mesin pencari.

Menghasilkan Uang Dari SEO

Mulai Perusahaan SEO  – SEO Klien adalah cara tercepat untuk meningkatkan penghasilan Anda secara online. Ini adalah satu-satunya panduan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan klien pertama atau lebih Anda.

Cara Membangun Situs Web Niche – Membangun situs web niche adalah cara tunggal terbaik untuk belajar SEO dan membangun aliran pendapatan baru. Ini adalah satu-satunya panduan yang Anda butuhkan.

Optimasi Tingkat Konversi (CRO)

Halaman Konversi  – Mendapatkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik sangat bagus, tetapi mengonversi lalu lintas itu menjadi lebih penting. Tahukah Anda bahwa ~ 98% pengunjung situs web Anda belum siap untuk membeli? 

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memasukkannya ke dalam daftar email Anda sehingga Anda dapat memeliharanya. Langkah pertama adalah membuat halaman tangkap timah berkonversi tinggi (juga dikenal sebagai halaman pemerasan).

baca juga

Cara Meningkatkan Kecepatan Situs

Meningkatkan kecepatan situs bukan hal yang mudah. Apalagi bila Anda memulai situs/blog dengan dana terbatas.

Hasilnya pun tak terlihat dalam semalam. Anda harus melakukan banyak usaha dan menghabiskan banyak waktu untuk mencapainya.

Namun bila Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung, meningkatkan penjualan, dan mendapatkan lebih banyak pemasukan, maka peningkatan kecepatan adalah hal yang wajib dilakukan.

Anda tidak boleh malas untuk mencapainya. Dan untungnya, artikel kali ini akan membantu Anda meningkatkan kecepatan situs.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat situs atau blog Anda. Apa saja?

Kompres Gambar

Salah satu alasan kenapa page di situs lambat loading adalah karena ukuran gambar yang besar. Beberapa ukuran gambar bisa mencapai 500 kb, bahkan apabila mengambil dari situs seperti Unsplash atau Pexels bisa sampai 3 MB lebih.

Untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan kompresi pada gambar. Kompresi pada gambar secara rata-rata bisa mengecilkan ukuran sampai 50% lebih.

Apabila Anda menggunakan platform WordPress, Anda bisa menggunakan plugin seperti WP Smush Image. WP Smush ini dapat digunakan secara gratis, namun Anda bisa membeli versi premium untuk menggunakan semua fiturnya. WP Smush sendiri mengklaim bahwa versi premium dapat mengecilkan ukuran gambar sampai 60% tanpa penurunan kualitas yang berarti.

Meski menggunakan versi gratis pun Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan. Salah satunya adalah kompresi otomatis pada gambar-gambar yang sudah ada sebelumnya.

Nama fitur ini adalah Bulk Smush. Anda cukup mengaktifkannya di Dashboard > Plugin > WP Smush. Wp Smush akan memeriksa media library Anda dan mendeteksi gambar mana saja yang bisa dikompres. Setelah itu proses pengompresan gambar akan berjalan secara otomatis.

Pun demikian saat Anda mengunggah gambar. Anda tak perlu membuka lagi  WP Smush. Saat Anda mengunggah gambar, WP Smush akan secara otomatis mengecilkan gambar yang diunggah tersebut.

Apabila Anda menggunakan Shopify untuk toko online, Anda bisa juga menggunakan plugin bernama Crush.pics.

Crush.pics. Developer dari Crush.pics  menyebut bahwa kompresi menggunakan plugin ini dapat mendongkrak skor Google PageSpeed Insight hingga 12 poin.

Dengan menggunakan plugin ini, foto-foto produk Anda berukuran lebih kecil namun tetap tampil menarik.

Itu tadi kalau Anda menggunakan platform WordPress. Lalu bagaimana bila Anda menggunakan platform selain WordPress?

Jika Anda menggunakan platform lain, Anda bisa menggunakan tools gratis online seperti Compress JPEG dan Optimizilla. Bila ingin menggunakan tools offline Anda bisa menggunakan Photoscape.

Semua tools ini cukup cepat dan bisa mengompres banyak gambar sekaligus.

baca juga

Media Promosi Usaha Anda

Gunakan Browser Cache

Browser caching adalah tool lain yang punya banyak kemudahan namun cukup praktis digunakan. Terpenting, dapat mendongkrak kecepatan loading page.

Saat Anda mengunjungi sebuah situs, browser Anda sebenarnya melakukan proses pengambilan konten dari server. Konten yang diambil adalah gambar, elemen-elemen dalam halaman, dan juga kode HTML. Ini sebenarnya adalah proses yang berat dan memakan waktu.

Setiap kali seseorang mengunjungi situs Anda, proses ini akan terjadi berulang-ulang. Situs Anda akan jadi makan waktu untuk loading.

Di sinilah browser caching membawa manfaat. Browser caching secara otomatis menyimpan data-data yang sebelumnya telah diunduh. Sehingga bila Anda mengunjungi sebuah situs, Anda tak perlu lagi mengunduh data yang sama berulang-ulang.

Jika Anda membuka Facebook misalnya. Anda tentu merasa Facebook terbuka lebih cepat dibanding membuka situs lain, bukan? Ini karena browser Anda sudah menyimpan cache dari Facebook.

Ini akan meningkatkan kecepatan situs Anda.

Cache terlihat sangat membingungkan, namun bila Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin yang sudah ada.

Setidaknya ada dua plugin populer untuk caching: W3 Total Cache dan WP Super Cache. W3 Total Cache sudah diunduh lebih dari satu juta orang. Ini membuat W3 Total Cache adalah cache plugin terbanyak dipakai.

Pihak developer dari W3 Total Cache sendiri mengklaim bahwa Anda bisa mendapatkan 10x peningkatan performa situs seara keseluruhan. Sebuah klaim yang berani.

Selain itu, mereka menjamin bahwa plugin ini akan membantu Anda mendapatkan nilai yang tinggi di Google PageSpeed Insight.

Tools ini juga bisa memudahkan Anda meminify HTML, JavaScript, dan juga CSS, sehingga akan semakin mengecilkan ukuran situs Anda.

Gunakan saja W3 Total Cache untuk merasakan peningkatan kecepatan pada situs Anda.

baca juga

AMP Google , Perubahan Penting Dunia SEO

Minify HTML

Meminimalisir ruang kosong di kode HTML juga membuat page loading situs Anda semakin cepat.

Minifikasi atau Minify ini adalah sebuah proses menghilangkan atau memperbaiki data yang duplikat, tanpa mengganggu HTML diproses oleh browser.

Proses ini dapat berupa koreksi data, memformat, menghapus data yang tak perlu, atau menyingkatkan kode.

Untungnya, Anda yang tak mahir di koding dapat menggunakan plugin yang sudah ada di WordPress. Adapun plugin yang kami rekomendasikan adalah  HTML Minify:

Anda bisa mengunduh plugin ini secara gratis dan menginstallnya di akun WordPress Anda. Anda bisa melakukannya dari Dashboard > Plugin > Add New. Setelah itu tinggal cari plugin bernama HTML Minify. Anda juga bisa mengklik link berikut ini.

Setelah Anda menginstal plugin, Anda akan diarahkan ke beberapa langkah berikutnya untuk merasakan dampak instan di situs Anda. Dan, jika ingin meningkatkan kecepatan, meminify script adalah langkah yang tepat.

Gunakan Content Delivery Network (CDN)

Satu lagi langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan berlangganan CDN. CDN, atau Content Delivery Network, adalah jaringan penyimpanan konten untuk situs.

Satu hal yang jarang diingat oleh orang adalah: jarak antara server dengan client juga mempengaruhi kecepatan situs. Semakin jauh jarak antara server situs dengan pengaksesnya, maka kecepatan akses juga semakin berkurang.

Lalu bagaimana mengakali jauhnya server tersebut? Apakah Anda sebagai pemilik situs harus pergi ke berbagai belahan dunia untuk membangun server?

Tidak. Anda cukup menggunakan CDN saja. CDN adalah sebuah layanan distribusi konten. Ia bersifat seperti makelar; ia mengedarkan konten dari Anda ke pengunjung situs. Layanan CDN sendiri punya server di berbagai tempat, sehingga meskipun ada pengunjung Anda yang berasal dari Zimbabwe atau Burkina Faso sekalipun, mereka tetap bisa mengunjungi situs Anda dengan cepat.

Selain itu CDN juga bisa menghemat bandwidth. Ini karena layanan CDN sendiri bisa menyimpan cache situs Anda, sehingga server Anda tidak usah menyimpan cache lagi.

Layanan CDN ini ada yang gratis, adapula yang berbayar. Bila ingin pakai yang gratis, Anda bisa menggunakan layanan dari Cloudflare. Anda tinggal kunjungi situsnya, lalu buat akun gratis. Setelah itu tinggal daftarkan situs Anda di sana.

Beberapa jasa layanan hosting ada juga yang sudah mengintegrasikan CDN ke paket layanannya. Jika Anda pakai cPanel, di bagian Software ada opsi untuk menggunakan Cloudflare.

Gunakan AMP

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages. Kami sudah beberapa kali membahas tentang AMP. Kami akan membahasnya lagi kali ini, mengingat AMP akan jadi salah satu fitur penting dan jadi salah satu faktor utama dalam SEO ke depannya.

AMP sendiri adalah proyek yang diprakarsai oleh Google, Twitter, dan WordPress, yang bercita-cita untuk membuat halaman mobile jadi lebih mudah dan cepat diakses.

Cara kerjanya sendiri cukup sederhana: AMP membuang konten-konten yang kurang penting, membuat laman mobile Anda dapat loading nyari secara instan. Ini akan membuat pengalaman berselancar via mobile akan semakin cepat dan hemat kuota.

Langkah ini sendiri merupakan salah satu visi dari Google, yakni membuat internet mudah diakses oleh siapapun bahkan menggunakan perangkat yang jadul sekalipun.

Anda mungkin masih merasa asing dengan AMP, namun Anda barangkali pernah menjumpai icon berikut ini:

Jika Anda perhatikan, ada tanda petir dan disertai tulisan AMP di bawah judul artikel. Bila diklik, artikel tersebut tidak muncul dengan banyak format maupun hiasan, yang dapat membantu artikel ini mengisi nyaris instan.

Ketika seorang pengguna mengklik artikel Google dengan tag AMP seperti di atas, maka konten yang akan mereka lihat adalah sebagai berikut:

Ini merupakan versi yang lebih simpel dan lebih ringan dari situs aslinya, yang membuat pengguna dapat menikmati artikel berbeda  tanpa meninggalkan laman web.

Bila Anda membaca artikel ini melalui Google Story, Anda tinggal geser ke kanan atau kiri untuk membaca artikel terkait.

Fitur seperti ini akan memperlancar pengguna mobile dalam menikmati artikel. Lebih cepat, lebih praktis.

Bila Anda menggunakan koneksi standar seperti LTE saat ini, Anda pun bisa segera membaca artikel tanpa perlu menunggu proses loading berjalan.  Anda bahkan tak perlu menekan tombol back untuk membuka artikel berikutnya. Tinggal swipe swipe saja.

AMP sendiri sudah digunakan oleh beberapa situs besar. Percepatan situs sangat penting untuk memimimalisir bounce rate sekaligus untuk menjangkau lebih banyak audiens. Penelitian dari Backlinko menyebut, rata-rata situs yang berada di ranking atas pencarian Google hanya butuh waktu dua detik untuk loading page.

Bahkan, bila waktu loading situs Anda mencapai 10 detik, kemungkinan bounce rate audiens Anda mencapai 120% lebih besar dibanding bila situs Anda hanya load dalam waktu 1 detik.

WIRED, majalah yang membahas seputar startup dan teknologi, kini sudah menggunakan AMP untuk situsnya. Hasilnya, WIRED kini merasakan peningkatan click through rate hingga 25%.

Mereka pun juga merasakan peningkatan pemasukan dari iklan di AMP. WIRED memperoleh peningkatan CTR untuk iklan hingga 63%.

Maka, dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa AMP dapat secara signifikan meningkatkan konversi dan kecepatan load.

Jika Anda tertarik menggunakan AMP untuk situs Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Riset Kata Kunci

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meriset kata kunci . Riset kata kunci diperlukan untuk mendapatkan kata kunci apa saja yang banyak dicari orang. Bisa juga untuk mendapatkan ide menulis, apalagi saat sedang buntu.

Alasan lain riset kata kunci dilakukan adalah agar supaya artikel Anda sesuai dengan apa yang dicari orang, sehingga ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu, artikel Anda akan dibaca oleh orang lain.

Riset ini dilakukan dengan beberapa cara.

Yang pertama dengan meriset di Google Keyword Planner . Cara ini merupakan yang lazim dilakukan, sampai-sampai mungkin kompetitor Anda juga melakukannya. Caranya cukup mudah, yaitu buat dulu akun Google Adwords. Setelah itu Anda tinggal sorot menu Tools di atas, lalu pilih Keyword Planner. Masukkan kata kucni yang sedang Anda incar, lalu dapatkan rekomendasi kata kunci lain dari Google.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan ubersuggest. Ubersuggest ini memberikan ide kata kunci yang lebih banyak dan lebih lengkap daripada Keyword Planner.

Sehingga, apabila Anda hendak menanamkan kata kunci ke dalam artikel, Anda bisa mendapatkan kata kunci yang banyak dan beragam.

Saat Anda membuat suatu artikel, sebaiknya pilih dulu kata kunci utama. Misalkan di artikel ini kami membahas mengenai “SEO on-page”. Maka, kata kunci utama kami adalah “SEO on-page”.

Kata Kunci Panjang (long-tail keyword)

Katakanlah Anda menulis artikel dengan kata kunci yang persaingannya ketat, misalkan “daftar harga hp”. Lalu bagaimana caranya agar tetap bersaing dengan situs lain yang lebih besar, dengan backlink dan PR yang lebih tinggi?

Jawabannya adalah menggunakan kata kunci panjang. Inilah langkah yang dapat Anda coba lakukan apabila Anda kesulitan menembus halaman satu Google , terutama bila kata kuncinya penuh persaingan.

Mengapa demikian?

Ini karena pengguna Google terkadang mencari sesuatu menggunakan kata kunci yang panjang. Misalnya, “daftar harga hp Android di bawah 1 juta”.

Jika Anda berhasil melakukan riset kata kunci yang panjang ini, maka kelak Anda punya kesempatan untuk tetap mendapatkan pengunjung.

Kata kunci panjang atau long-tail keyword dapat diriset menggunakan hittail.com. Selain itu ubersuggest juga memberikan hasil yang lumayan panjang, sehingga Anda tetap bisa menggunakan tools ini juga.

Long-tail keyword tidak perlu terlalu dimasukkan terlalu banyak ke dalam artikel. Dua sampai tiga kali saja sudah cukup.

Penelitian Pesaing dalam SEO

Melaksanakan riset pesaing sangat penting untuk setiap kampanye SEO. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui strategi pencarian pesaing Anda karena alasan berikut:

  • Mengapa jadi pengikut kompetitor anda ?Jika Anda dapat merekayasa ulang apa yang pesaing Anda lakukan untuk menentukan peringkat, Anda memiliki keberhasilan yang solid untuk sukses.
  • Ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang diabaikan oleh pesaing Anda dan memungkinkan Anda memanfaatkannya.
  • Ini akan memberi Anda ide bagus tentang sumber daya yang diperlukan untuk menentukan peringkat situs Anda dan jika bersaing bahkan layak dilakukan untuk Anda.

Berikut adalah beberapa panduan mengagumkan tentang bagaimana melakukan penelitian pesaing.

  1. Analisis Kompetitif Detil (Dengan Hanya 2 Tools) – Panduan ini menunjukkan Anda bagaimana untuk melakukan analisis pesaing rinci hanya menggunakan Ahrefs dan SimilarWeb .
  2. SEO Analisis Pesaing- Panduan ini oleh Nathan Gotch hits di berbagai faktor yang berbeda untuk melihat ketika melakukan analisis pesaing … bahkan offline strategi.

Konten Halaman SEO / Audit Konten

Pada halaman SEO mengacu pada optimalisasi elemen on-page situs web. Ini termasuk cara pembuatan situs web terstruktur, serta isinya. Sebagai seorang webmaster, Anda memiliki kontrol penuh atas elemen on-page Anda sehingga meluangkan waktu untuk mendapatkan yang terbaik adalah penting.

  1. On-Page SEO: Anatomi Halaman  (2017 Update) – Panduan ini rusak pada halaman SEO menjadi mudah untuk mengikuti checklist.
  2. Panduan Onsite SEO – Jika Anda mengikuti link, Anda akan melihat opt-in tombol di mana Anda dapat men-download “onsite Panduan SEO. ” Matt Diggity melakukan banyak pengujian di situs sendiri, jadi panduan ini mencerminkan apa taktik halaman bekerja terbaik untuknya.
  3. On Page SEO: A (2M Keyword) Data Driven Analysis- Penelitian ini oleh Ahrefs adalah salah satu dari data terbesar didorong studi tentang pada halaman SEO. Ini akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang apa yang penting saat membahas soal SEO dan dalam situasi apa.
  4. Onpage Faktor- Moz pada faktor peringkat halaman menjelaskan berbeda pada elemen halaman dan kepentingan mereka dalam SEO.

Audit isi adalah evaluasi terhadap konten yang dapat diindeks di situs web. Saat Anda mengaudit konten di situs web, Anda biasanya melihat beragam metrik seperti lalu lintas, tautan balik, dll.

Bergantung pada metrik ini, biasanya Anda membuat keputusan untuk menyimpan konten sebagaimana adanya, memperbaiki konten, atau menghapus konten.

  1. Bagaimana Lakukan Audit Content (2017)- Everett Sizemore membuat panduan mengagumkan ini memberikan Anda petunjuk langkah demi langkah untuk menyelesaikan audit konten.
  2. Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Melakukan Audit Konten- Panduan ini oleh Eric Siu adalah kerangka kerja audit yang konten yang komprehensif yang memiliki beberapa sumber daya yang besar terkait dalam pos.

Latent Semantic Index

Cara lain optimasi mesin pencari adalah dengan menerapkan LSI, atau Latent Semantic Index.

Latent Semantic Index adalah kata kunci lain yang satu topik dengan kata kunci yang Anda gunakan.

LSI ini digunakan untuk memberikan kata kunci yang lebih beragam di mata Google.

Keberagaman kata kunci lebih disukai Google ketimbang menumpuk kata kunci yang sama terus menerus.

Selain itu, menanamkan kata kunci yang beragam akan membuat Google melihat artikel Anda sebagai artikel yang lengkap dan komprehensif, sehingga peluang masuk halaman satu lebih besar.

Misalnya kami di artikel ini menulis tentang SEO on-page. Perhatikan bahwa di artikel ini kami juga menggunakan kata “optimasi mesin pencari”, “SEO off-page”, “Latent Semantic Index”, “Long Tail Keyword”, dan lain sebagainya. Ini membuat artikel menjadi lebih beragam dengan bahasan topik yang lengkap.

Latent semantic index bisa Anda temukan dengan mengetikkan kata kunci target Anda di Google. Setelah itu, lihatlah di bagian hasil pencarian paling bawah, ada related search keywords, atau kata kunci terkait. Ini juga termasuk dalam latent semantic index. Masukkan berbagai kata kunci ini ke dalam artikel Anda.

Meta Keyword dan Meta Description

Perlukah menuliskan meta keyword dan meta description? Menulis meta keyword dan meta description tidak memberi banyak dampak, namun lebih baik dibandingkan Anda membiarkannya begitu saja.

Isi meta keyword dengan kata kunci yang sudah Anda kumpulkan, baik itu kata kunci utama, kata kunci panjang, maupun latent semantic index.

Isilah meta description dengan ringkasan singkat tentang konten artikel. Masukkan juga satu kata kunci.

Optimasi Gambar

Selain teks, aspek lain yang diperlukan dalam artikel adalah memasukkan gambar. Gambar diperlukan untuk membuat artikel jadi lebih beragam, sebagai ilustrasi untuk memperjelas isi artikel, sekaligus sebagai cara lain mengoptimasi mesin pencari.

Bagaimana mengoptimasi gambar agar dapat memperkuat situs Anda? Berikut ini caranya.

baca juga

1. Jasa SEO Google

Kompres gambar

Yang pertama adalah kompres gambar.

Sebuah gambar seringkali berukuran besar, dan ini akan memperlambat loading situs Anda.

Perlu diingat, kecepatan situs adalah salah satu faktor yang diperhitungkan oleh Google.

Loading yang lambat akan berdampak pada menurunnya peringkat Anda di Google.

Maka, salah satu solusinya adalah mengompres gambar terlebih dulu sebelum diunggah. Anda bisa melakukannya dengan berbagai tools gratis di internet. Untuk tools offline, Anda bisa menggunakan Photoscape yang bisa diunduh gratis.

Namun apabila Anda menggunakan wordpress, Anda juga bisa menggunakan plugin bernama Smush. Tools ini akan mengompres gambar Anda secara otomatis saat Anda mengunggahnya.

Masukkan alt text

Cara lain dalam mengoptimasi gambar untuk SEO adalah dengan memasukkan kata kunci di alt text. Di blogspot atau WordPress, Anda bisa mengedit alt text Anda. Masukkan alt text ini dengan berbagai kata kunci yang ada di dalam artikel Anda.

Kelak, apabila seseorang memasukkan kata kunci untuk mencari gambar, gambar dari artikel Anda akan masuk di pencarian gambar Google.

Masukkan gambar tiap 300 kata

Sebenarnya berapa jumlah gambar yang paling tepat untuk artikel Anda?

Tidak ada jumlah yang pasti, namun Neil Patel merekomendasikan gambar untuk tiap 300 kata. Ini berfungsi sebagai pemisah dan merefresh konsentrasi pengunjung situs Anda.

Selain itu dengan adanya gambar sebagai pemisah, pengunjung yang melakukan skimming (membaca melompat-lompat) jadi tetap bisa memahami isi konten Anda.

Minimalisir Bounce Rate

Bounce rate, atau rasio pentalan, adalah perhitungan untuk pengunjung yang hanya mampir lalu pergi dari artikel Anda.

Durasi yang termasuk dalam rasio pentalan adalah 30 detik. Apabila pengunjung masuk ke situs Anda dan hanya bertahan kurang dari 30 detik, maka itu disebut sebagai “memantul” atau “bouncing”.

Bounce Rate dapat Anda lihat di Google Analytics dengan model persentase.

Semakin kecil rasio pentalan situs Anda, semakin baik. Untuk sebuah situs besar, Darren Rowse mengaku bounce rate yang normal adalah sekitar 65%. Namun bounce rate bisa lebih kecil lagi, terutama bila situs yang Anda miliki adalah online shop.

Lebih lanjut, Darren Rowse mengakui bahwa bounce rate tidak bisa dioptimasi secara radikal, namun sebaiknya dilakukan di masing-masing artikel, satu demi satu.

Apa saja cara yang bisa dilakukan?

Embed video

Pernah mengunjungi situs berita? Rata-rata, artikel di dalam situs berita tidak sampai 500 kata. Apabila pengunjung hanya membaca cepat (skim) durasi kunjungan bisa kurang dari setengah menit. Apabila tidak dioptimasi, situs berita bisa kalah dalam perburuan halaman mesin pencari. Lalu bagaimana cara situs berita mengakalinya?

Situs-situs berita meminimalisir bounce rate dengan cara memasukkan video. Dengan memutar video di tiap artikel, diharapkan pengunjung bertahan lebih lama di dalam situs tersebut, karena akan menonton video tersebut terlebih dulu.

Anda juga bisa melakukan hal ini. Tentu Anda tidak perlu membuat video sendiri. Anda bisa melakukannya dengan cara embed video dari Youtube.

Kadang-kadang, pengunjung yang bertahan karena menonton video di Youtube bisa betah berlama-lama menonton video tersebut, yang berujung pada durasi kunjungan yang lama.

Masukkan slide dari slideshare

Memasukkan video ke dalam artikel adalah langkah brilian, namun ini punya kekurangan: tidak semua orang suka kuotanya termakan untuk menonton video.

Lalu bagaimana cara mengakalinya?

Anda juga bisa memasukkan slide powerpoint. Slide tergolong lebih ringan, dan bila slidenya berkualitas, pengunjung dapat betah berlama-lama mempelajari slide tersebut.

Slide ini pun tak perlu Anda buat sendiri; Anda bisa mengambilnya dari slideshare. Slideshare sendiri menyediakan opsi embed slide. Anda tinggal mengcopy kode yang disediakan, lalu paste ke artikel Anda.

Kelak, slide tersebut akan muncul di artikel Anda.

Optimasi kecepatan situs

Tahukah Anda bahwa konsentrasi manusia hanya bertahan selama 3 detik?

Apabila setelah diklik, artikel Anda loading lebih dari 3 detik, besar kemungkinan pengunjung yang awalnya tertarik akan menutup tab dan beralih membaca situs lain.

Ini akan sangat merugikan, bukan? Belum lagi, Google juga mengutamakan situs yang cepat untuk berada di pencarian teratas.

Maka dari itu, optimasi kecepatan situs Anda merupakan faktor yang sangat penting. Optimasi biasanya dilakukan secara off-page, namun Anda bisa melakukan optimasi kecepatan dengan cara meminimalisir javascript di situs Anda.

Cara lain adalah dengan menggunakan cache.

Di WordPress ada plugin WP Super Cache, ada juga WP3 Total Cache. Menggunakan cache akan sangat membantu mempercepat loading situs Anda, sehingga akan meminimalisir rasio pentalan.

Ada banyak optimasi kecepatan yang bisa dilakukan, namun kami akan membahasnya di artikel lain.

Tulis artikel panjang

Cara lainnya dalam meminimalisir rasio pentalan adalah menulis artikel panjang.

Google sangat menyukai artikel yang panjang. Ini karena artikel panjang dianggap lebih lengkap dan lebih komprehensif.

Bahkan penelitian dari Moz dan Alexa menyatakan bahwa artikel dengan panjang mencapai 2400 kata lebih mungkin masuk ke halaman pencarian teratas dibandingkan artikel dengan panjang 1000 kata ke bawah.

Selain itu, artikel dengan jumlah kata yang panjang akan membuat pengunjung membaca dalam waktu yang lama. Dengan waktu baca yang lama, durasi kunjungan pun akan lama, dan ini akan meminimalisir rasio pentalan alias bounce rate.

Karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menulis artikel dengan panjang 2000 kata lebih.

Buat infografis

Cara lain dalam meminimalisir rasio pentalan adalah membaut infografis terkait konten yang Anda tulis.

Infografis disukai banyak orang karena konten yang disajikan berada dalam format chart sehingga lebih mudah dianalisa.

Selain itu, menggunakan ilustrasi yang bagus dan cantik akan membuat pengunjung betah menikmati infografis Anda. Infografis juga punya kans dibagikan/dishare oleh pengunjung, sehingga Anda mungkin saja mendapatkan pengunjung tambahan.

Namun satu infografis cenderung dihitung sebagai satu gambar. Lalu apabila semua informasi sudah tersedia di infografis, bukankah jumlah kata di dalam artikel tersebut menjadi sedikit?

baca juga Trik Bersaing Dengan Situs Raksasa Dengan Teknik SEO

Brian Dean menyarankan, Anda tetap menuliskan artikel dalam bentuk tulisan, lalu juga menyajikannya dalam bentuk infografis.

Gunakan artikel sebagai penjelas infografis dan penyedia link menuju situs-situs lain, gunakan infografis untuk memudahkan pembaca menyerap informasi yang Anda berikan.

Perangkat Essential Starter SEO

Banyak pemula belajar SEO bisa mengalami kelebihan informasi. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ada begitu banyak informasi tentang SEO di internet?

Itu karena membuat konten dan memeringkatnya di Google adalah apa yang SEO lakukan! Tentu saja akan ada sejumlah konten yang menggelikan.

Pertanyaannya adalah, di mana Anda bahkan mulai ketika mengkonsumsi konten ini? Di bawah ini Anda akan menemukan sejumlah dari apa yang kami yakini sebagai sumber terbaik untuk mempelajari dasar-dasar SEO.

Memahami Dasar-Dasar SEO

Dasar-dasar SEO dapat dipelajari hanya dalam beberapa jam yang dihabiskan untuk sumber daya berikut. Ini akan memberi Anda pengetahuan dasar tentang bagaimana pencarian bekerja dan mengenalkan Anda pada berbagai komponen SEO.

  1. Cara Kerja Penelusuran- Ini adalah video singkat 3 menit video dengan Matt Cutts (mantan Kepala webspam di Google). Dalam video tersebut, Matt berbicara tentang pendekatan Google untuk mencari dan bagaimana Googlebot indeks dan merangkak web.
  2. Panduan Pemula Untuk SEO- Panduan ini oleh Moz adalah salah satu yang terbaik titik awal bagi seseorang merek baru untuk SEO.
  3. Buku Search Engine – Baca buku ini tepat setelah Moz ‘s panduan untuk memantapkan pemahaman Anda tentang komponen dasar dari SEO.
  4. Google Search Engine Optimization Starter Guide- Panduan ini ditulis oleh Google dan berisi banyak praktik terbaik SEO untuk webmaster. Anda pasti harus terbiasa dengan hal ini.

Penelitian Kata Kunci dalam SEO

Kata kunci penelitian adalah proses SEO yang digunakan untuk mencari tahu apa permintaan pencarian konsumen masuk ke mesin pencari untuk topik tertentu.

Anda akan menemukan bahwa ada sejumlah cara yang berbeda untuk melakukan penelitian kata kunci. Ini akan bervariasi berdasarkan industri, anggaran, dan tujuan Anda.

Terlepas dari bagaimana Anda melakukan tindakan penelitian kata kunci yang sebenarnya, penting untuk memahami maksud permintaan pencarian. Berikut adalah tiga jenis kueri penelusuran:

  • Saat pembelian terjadi, pendaftaran selesai, atau transaksi lainnya dilakukan oleh pencari.
  • Saat si pencari mencoba mencari informasi tentang sesuatu.
  • Saat pencari sengaja masuk ke situs web tertentu.

Mengenali maksud akan memungkinkan Anda memperbaiki keputusan pemilihan kata kunci dan lebih baik melayani target pemirsa Anda.

  1. Bagaimana Cara Penelitian Kata Kunci tahun 2017- Panduan ini menyediakan kerangka kerja untuk melakukan penelitian kata kunci terlepas dari tujuan Anda, anggaran, atau industri.
  2. Kata Kunci Penelitian untuk SEO: Panduan pasti- panduan komprehensif ini oleh Brian Dean menunjukkan sejumlah strategi untuk menemukan kata kunci dan menentukan niat untuk target pasar Anda.
  3. 10 Alat Pencari Kata Kunci Yang Mampu Meningkatkan SEO
  4. 1. Ubersuggest
  5. Keyword tool yang pertama adalah Ubersuggest. Tool ini adalah milik Neil Patel. Jadi, anda tak perlu membayar jika ingin menggunakan keyword tool tersebut. Penggunaanya pun sangat mudah. Hanya dengan mengetik keyword serta wilayah targetnya. 
  6. Maka ubersuggest akan menampilkan besarnya volume pencarian keyword itu, tingkat kesulitan keyword, serta saran keyword yang berkaitan dengan keyword anda tadi.
  7. Ubersuggest juga akan memberi saran keyword sebanyak 941 yang berkaitan dengan keyword yang anda tuliskan.
  8. 2. Google Trends
  9. Google juga menyiapkan tool yang berguna untuk riset keyword bernama Google Trends. Pengguna juga tidak akan di suruh membayar karena gratis penggunaanya. Aturlah wilayah sesuai negara yang mau ditargetkan.
  10. Didalam tools Google Trends ini juga menampilkan grafik pergerakan keyword lima tahun terakhir hingga 1 jam terakhir. Anda pun akan mudah melihat popularitas keyword dari masa ke masa. Anda juga akan diberi saran long tail keyword tentunya yang ada kaitannya dengan keyword yang dicari.
  11. 3. KWFinder
  12. Cara riset keyword website bisnis juga dapat dilakukan dengan Keyword tool KWFinder. Dari tool ini kita akan mengetahui volume pencarian, tingkat kesulitan, serta SERP suatu keyword.
  13. Tapi sayangnya, tool ini tak sepenuhnya gratis. Karena anda Cuma bisa mencari 2 kali kata kunci dengan gratis. Jadi, pencarian yang ke 3 dan seterusnya anda harus mendaftar menjadi anggota serta bisa melakukan 5 riset keyword dalam waktu 24 jam yang memiliki saran 50 kata kunci setiap pencarian.
  14. Tersedia 3 paket premium yang memiliki spesifikasi tidak sama. Untuk paket premium termurah dapat digunakan riset keyword hingga 100 kali dalam 24 jam.
  15. Sementara pada paket termahal, bisa digunakan melakukan riset keyword sampai 1200 pencarian dalam waktu 24 jam. Bila keduanya tak mencukupi, anda dapat memilih paket khusus sesuai keperluan.
  16. 4. MOZ
  17. Anda juga dapat memilih keyword tool MOZ ini sebagai cara riset keyword website bisnis. Anda harus mendaftar sebagai anggota dulu jika ingin memakai tool ini. Kemudian anda akan memperoleh 10 riset keyword. Ada layanan Free Trial bagi anda yang mau gratis selama 30 hari. Sesudah itu, anda dikenakan tagihan sebesar 179 US Dollar setiap bulannya.
  18. 5. SEMrush
  19. Sama halnya dengan tool sebelumnya, anda juga harus mendaftarkan diri terlebih dahulu disini. Dengan begitu, anda bisa memakai tool ini melakukan riset keyword hingga 10 kali pencarian pada waktu 24 jam.
  20. Setelah melakukan pencarian, dari tool tersebut akan muncul saran beberapa long tail keyword. Disini jug ada daftar situs di halaman pertama kata kunci yang anda tulis. Sayangnya, untuk layanan gratis hanya sampai 7 hari pemakaian. Kemudian anda akan dikenakan biaya per bulannya sebesar 99 US Dollar.
  21. 6. Answer The Public
  22. Terakhir cara riset keyword website bisnis bisa dilakukan dengan Answer The Public. Tool ini sayangnya hanya menyediakan pilihan keyword dalam bahasa asing, tidak dengan bahasa Indonesia. Walaupun Cuma menyediakan keyword dalam bahasa Inggris, tapi hasil yang ditampilkan cukup lengkap serta komperehensif.