8 Alat Untuk Melacak Algoritma Google

SEO UNDERCOVER CO ID 25

undercoover.co.id – Perlu Anda ketahui bahwa Google memperbarui algoritma pencariannya berkali kali dalam setahun. Beberapa algoritme Google yang cukup terkenal  sudah di bahas dalam bab sebelumnya  dan memiliki dampak besar pada sejarah SEO dan peringkat sekaligus pendapatan dalam situs web.

Selain perubahan besar ada juga perubahan-perubahan kecil yang beberapa pembaruan bahkan tidak disadari sama sekali.

Dalam dua tahun terakhir, kami telah melihat sekitar selusin pembaruan signifikan yang di antaranya adalah “pembaruan kualitas”

Beberapa pembaruan terbaru ini telah dikonfirmasi atau diumumkan oleh Google. Namun, periode volatilitas lain dalam SERP telah diamati dan dilaporkan oleh pengamat algoritma dan alat pelacak, tetapi Google tidak pernah secara resmi mengkonfirmasi pembaruan tersebut.

Mengapa Anda Harus Melacak Pembaruan Google

Anda sekarang ini berada dalam profesi mengoptimalkan situs web dan konten untuk mesin pencari. Jadi masuk akal jika Anda melacak perubahan besar dan penting yang dapat memengaruhi strategi dan taktik SEO Anda. Perubahan atau pembaruan algoritme dapat membantu dan bisa juga dapat merugikan Anda. Misalnya

  • Cari peringkat dan visibilitas.
  • Lalu lintas pencarian organik.
  • Konversi.
  • Pengembalian investasi (ROI).
  • Penghasilan.

Kebanyakan orang cenderung menganggap algoritma sebagai cara Google dalam menghukum situs web.

Namun sebenarnya, algoritma diberlakukan dengan tujuan agar situs web lebih menyediakan pengalaman pengguna yang baik dan konten yang relevan. Google ingin memberikan jawaban terbaik untuk permintaan pencarian pengguna.

Namun untuk mencoba melacak setiap pembaruan pencarian Google itu bukan pekerjaan mudah. Jika Google memperbarui algoritme pencariannya ribuan kali per tahun, itu berarti Google rata-rata mengubah algoritmenya sekitar tiga kali per hari. Jadi, bagaimana Anda melacak pembaruan algoritme Google?

Tempat untuk Melacak Pembaruan Algoritma Google

Ada banyak blog SEO hebat yang mencakup semua jenis pembaruan pencarian. Tetapi di sini ada beberapa sumber yang dapat Anda gunakan secara khusus untuk melacak pembaruan algoritma Google.

Jurnal Mesin Pencari: Riwayat Pembaruan Algoritma Google

Jika Anda ingin mengetahui nama, tanggal, dan dampak dari setiap perubahan atau pembaruan algoritma utama Google makahal tersebut ada dalam Jurnal Mesin Pencari yang telah diliput dari tahun 2003 hingga hari ini. Kami memiliki seluruh halaman yang didedikasikan untuk memperbarui algoritme Google yang mencakup informasi berikut:

  • Nama algoritma.
  • Tanggal peluncuran.
  • Tinjauan singkat tentang dampaknya.
  • Apakah itu dikonfirmasi Google atau tidak dikonfirmasi
  • Anda juga dapat mendaftar untuk buletin Jurnal Mesin Pencari dan mengikuti kami di Facebook dan Twitter. Kami akan terus memposting setiap pembaruan algoritma utama.

Google Webmaster Central Blog

Dulunya, Google Webmaster Central Blog menjadi tempat untuk mencari tahu tentang perubahan algoritmik utama. Namun, Google masih menggunakan blog untuk mengumumkan perubahan besar yang akan datang, kadang-kadang beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelumnya

baca juga

    8 Alat untuk Melacak Pembaruan Algoritma Google

    Google sebenarnya tidak menyukai alat pihak ketiga mana pun yang memantau perubahan pada algoritma Google.

    Secara resmi, Google telah memperingatkan para profesional SEO bahwa alat seperti itu sebagian besar tidak akurat. Itu memang benar karena beberapa tools ini menangkap “perubahan” pada hasil pencarian Google yang sama sekali bukan pembaruan algoritma.

    Alat-alat ini dapat memberikan peringatan dini bahwa pembaruan mungkin sedang dibuat dan Anda harus segera memeriksa analitik Anda. Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melacak pembaruan algoritma Google.

    MozCast

    MozCast, layaknya adalah laporan cuaca, ia menyediakan “suhu” yang mewakili bagaimana algoritma Google yang bergejolak setiap 24 jam selama 30 hari terakhir. Jika kebih panas dan lebih deras itu berarti peringkat Google sangat berubah.

    Sensor SEMrush

    Sensor SEMrush adalah salah satu alat pelacak algoritma yang lebih mengesankan. Anda dapat melihat perubahan peringkat (desktop dan seluler) dipecah menjadi lebih dari 20 kategori serta menurut perangkat, fitur SERP, dan lokasi. Ditambah lagi, Anda dapat memeriksa keseluruhan volatilitas SERP selama 30 hari terakhir.

    Rank Ranger Rank Risk Index Tool

    Rank Ranger memonitor lebih dari 10.000 domain dan kata kunci setiap hari untuk mengidentifikasi pola peringkat dan melacak volatilitas di desktop dan hasil pencarian seluler Google.

    Accuranker ‘Grump’ Rating

    Accuranker ‘Grump’ Rating dapat menyoroti fluktuasi dalam algoritma Google. Anda juga dapat melacak berdasarkan negara dan perangkat. Anda juga bisa mendaftar untuk peringatan melalui email.

    Algoroo

    Alat pelacak algoritme Google ini memantau fluktuasi sekitar 17.000 kata kunci (desktop dan seluler) menggunakan metrik fluks yang disebut “Roo”. Nilai Roo yang tinggi berarti volatilitas yang tinggi, sementara nilai Roo yang rendah menunjukkan votalitas yang biasa. Algoroo juga menyoroti website yang sering mendapat peringkat tinggi dan rendah mingguan.

    Advanced Web Rankings Google Algorithm Changes

    Google Algorithm Changes AWR memonitor 11.000 kata kunci dan 500.000 URL di berbagai industri untuk menyoroti fluktuasi dan menunjukkan perubahan posisi.

    Penguin Tools

    Alat SEO gratis ini akan membantu Anda mengetahui apakah pembaruan algoritma Google telah memengaruhi sesi organik Anda. Panguin tools menggunakan berbagai filter untuk overlay pembaruan algoritma yang dikenal di atas data Google Analytics Anda untuk membuat analisis mudah.

    Sinyal Kognitif SEO

    Alat ini memonitor lebih dari 100.000 kata kunci setiap hari untuk melacak fluktuasi peringkat di hasil pencarian desktop, seluler, dan lokal. Anda bisa mendaftar untuk diberi tahu ketika Google sangat tidak stabil.

    Apa yang Harus Dilakukan Setelah Terjadi Pembaruan Algoritma

    Ada lima hal yang harus selalu Anda ingat setelah pembaruan algoritma. sekalipun apakah itu dikonfirmasi atau tidak. Kelima hal tersebut adalah

    • Yang pertama jangan panik.
    • Pastikan website Anda benar-benar terdampak oleh perubahan algoritma tersebut misalnya perubahan situs web, masalah SEO teknis, atau tindakan manual).
    • Jangan terburu-buru dalam mengambil tindakan. bersabar dan kumpulkan data.
    • Baca sumber yang kredibel untuk mendapatkan wawasan dan melihat apa yang dikatakan para pakar SEO terhadap perubahan algoritma tersebut.

    Buat penyesuaian strategi dan taktik SEO Anda sebagaimana diperlukan. Penting juga untuk diingat bahwa algoritma Google terus berubah. Apa dampak peringkat Anda hari ini dapat berubah dalam beberapa hari, seminggu, atau sebulan. Google telah mendeteksi beberapa kekurangan di situs web Anda. Jadi mulailah bekerja untuk memperbaikinya. Anda dapat meminimalkan peluang Anda menghindari dampak besar dengan selalu fokus pada dasar-dasar SEO.

    Hindari jalan pintas atau taktik spam yang mungkin memiliki keuntungan jangka pendek tetapi bisa menciptakan bencana dalam jangka panjang. Anda jauh lebih baik memahami audiens Anda dan membuat konten yang membangun otoritas, relevansi, dan kepercayaan.

    baca juga

      Ringkasan

      Anda dapat menggunakan banyak alat untuk memantau algoritma pencarian Google yang terus berubah. Sebagian besar alat ini membuatnya cukup mudah untuk memahami hubungan antara pembaruan dan lalu lintas organik Anda. Meskipun tidak perlu memantau setiap pembaruan yang diluncurkan Google, penting untuk memahami perubahan besar dan menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan yang terjadi.

      Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box?

      undercover.co.id Apakah Anda ingin artikel Anda muncul di Google Answer Box? Google Answer Box , alias Kotak Jawaban Google, adalah upaya Google untuk menjawab pertanyaan secara langsung di halaman hasil pencarian, tanpa perlu mengklik salah satu link yang muncul.

      Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana agar situs Anda tampil di Google Answer Box, khusus untuk Anda pengguna WordPress.

      Apa itu Google Answer Box?

      Google Answer Box adalah bagian dari Google Knowledge Graph. Ini merupakan algoritma yang mencoba menjawab pertanyaan pengguna tepat di halaman pencarian.

      Google Answer Box menampilkan informasi dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian informasi ditampilkan menggunakan carousels, kotak samping, daftar, tabel, dan dapat pula berupa kotak jawaban.

      Semuanya tampil  di bagian paling atas sebelum deretan hasil pencarian. Tak heran, Google Answer Box sering juga dijuluki “ranking 0”, karena hasilnya berada di atas peringkat satu.

      Google Answer Box kini diincar oleh banyak praktisi SEO. Ini karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Advanced Web Ranking, Answer Box mengamankan hampir 32,3% CTR.

      Bayangkan bila Anda berhasil mendapatkan ranking 0. 30% lebih traffic sudah aman di tangan Anda. Hal ini membuat Answer Box sangat penting untuk strategi SEO WordPress Anda.

      Bagaimana Google Menampilkan Informasi dalam Kotak Jawabannya?

      Tujuan utama adanya Kotak Jawaban adalah menawarkan informasi instan dan yang paling dibutuhkan kepada pengguna, langsung tanpa mengklik artikel.

      Informasi ini sangat berguna ketika pengguna mencari informasi faktual seperti tokoh, jarak, tingkat konversi, skor, dan lain-lain.

      Dalam kasus semacam ini, jika pengguna mendapatkan informasi yang tepat seperti mereka butuhkan, mereka bisa melanjutkan dan mencari yang lain. Dan sebagian besar isi dari Google Answer Box biasanya adalah tampilan dari situs yang sudah sangat kredibel seperti Wikipedia.

      Di satu sisi, mungkin seolah-olah seperti Google berusaha menjaga agar semua lalu lintas hanya untuk mereka saja.  Namun, tidak semua pengguna mengharapkan jawaban seperti yang diberikan Google.

      Apabila sumber dari Wikipedia kurang relevan, atau entri dari Wikipedia belum ada, biasanya Google akan mencari jawaban dari sumber lain, dalam hal ini mungkin jawaban dari situs Anda.

      Jika Anda termasuk di antara 10 hasil teratas untuk kata kunci, maka Anda sudah lebih dekat untuk muncul di Google Answer Box.

      baca layanan digital marketing undercover.co.id , disini

      Bagaimana Membuat Artikel Anda Muncul di Kotak Jawaban Google?

      Hasil Google Answer Box berubah cukup sering, dan Anda sebenarnya bisa dengan mudah tampil di sana, hanya dengan memperbaiki konten Anda.

      Agar artikel Anda muncul di Answer Box, maka struktur konten Anda perlu disesuaikan dengan algoritma yang diharapkan.

      Bagaimana caranya?

      Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box?

      1. Tambahkan Jawaban yang Pendek dan Bermanfaat dalam Konten Anda

      Tujuan Answers Box adalah memberikan jawaban cepat. Maka, pastikan jawaban di artikel Anda dapat terbaca sedini mungkin.

      Anda juga perlu membuat jawaban singkat, ringkas, dan mudah dimengerti.

      Tips lain yang bisa membantu adalah memasukkan kata kunci Anda dalam bentuk pertanyaan, lalu diikuti dengan jawaban singkat.

      Setelah itu, jangan ragu untuk menambahkan sebanyak mungkin detail jawaban Anda sesuai keinginan. 

      Menambahkan lebih banyak informasi akan memungkinkan Anda untuk menggunakan kata kunci sepanjang artikel, dan Anda bahkan dapat menggunakan artikel yang sama untuk menjawab pertanyaan lain, namun masih tentang topik yang sama.

      2. Optimalkan Meta Description Halaman Anda

      Meta Description adalah deskripsi singkat yang menjelaskan tentang halaman Anda. Ini ditambahkan di bagian <head> dari HTML situs Anda, atau bila di Yoast SEO ada di bagian bawah setelah kotak penulisan artikel.

      Anda bisa menambahkan deskripsi meta untuk artikel Anda menggunakan plugin SEO di WordPress semacam SEO Yoast SEO atau All in One SEO.

      Pastikan deskripsi meta Anda menyertakan kata kunci dan pertanyaan target Anda. Meta deskripsi juga sebaiknya tidak ditumpuk dengan kata kunci, tapi dengan ulasan singkat seputar pertanyaan yang Anda coba jawab.

      baca juga

        3. Manfaatkan Daftar, Tabel, Daftar Isi

        Pengguna menyukai konten yang disusun rapi karena membantu mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

        Google memahami hal itu dan lebih cenderung menaikkan peringkat situs yang punya format terstruktur, untuk mempermudah konsumsi konten bagi pengguna.

        Termasuk di dalamnya:

        • Subheading 2, 3, dan 4.
        • Halaman yang menggunakan tabel sebagai daftar item.
        • Artikel tutorial dan How-To, yang menampilkan petunjuk langkah demi langkah.
        • Artikel panjang yang menggunakan daftar isi
        • dan banyak lagi.

        Meski demikian, tidak berarti bahwa Anda harus selalu menggunakan format untuk menulis artikel Anda. Tetapi jika format dapat membantu pengguna mendapatkan informasi dengan lebih cepat, maka gunakanlah. Bagaimanapun konsumen konten Anda adalah manusia, jadi manjakan mereka.

        baca juga

          Apakah Google Answer Box Layak Diperjuangkan?

          Tentu saja! Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, CTR untuk hasil di kotak jawaban biasanya menyerap lebih banyak traffic. Bergantung pada topik dan konten Anda, jumlahnya bisa mencapai 51,2%.

          Namun, kami tidak menyarankan Anda memaksakan konten untuk tampil di Answer Box. Masih menjadi misteri bagaimana cara paling tepat agar konten Anda masuk ke Answer Box.

          baca juga

          Fokus utama Anda tetaplah pada konten yang berkualitas. Jika Anda berfokus menjawab pertanyaan melalui konten bermanfaat dan informatif, maka hasilnya akan Anda petik, cepat atau lambat.

          Lagipula algoritma pencarian Google selalu berubah. Tidak ada jalan pintas yang bisa membantu Anda untuk selalu menang. Strategi terbaik, tentu saja adalah menjadikan situs web Anda sebagai sumber informasi yang berguna / terpercaya akan membantu Anda menang dalam jangka panjang.

          Nah, itu tadi adalah Bagaimana Cara Agar Situs Kita Muncul di Google Answer Box. Semoga membantu!

          Google Correlate

          Undercover.co.id —Apakah anda sudah tahu apa itu Google Correlate? Jika belum, simak penjelasan singkat berikut ini.


          Google Correlate menyingkap kata kunci dengan pola pencarian berbasis waktu atau regional yang mirip dengan seri data atau permintaan pencarian yang Anda berikan.


          Google Correlate sebagai antonim Google Trends, di mana alih-alih kata kunci yang menghasilkan pola, pola mengarah ke kata kunci.

          Pemasar, antropolog, ekonom, dan banyak lainnya memanfaatkan Google Correlate untuk mempelajari dan memprediksi perilaku calon konsumen mereka.

          Cara Kerja Google Correlate

          Pada tahun 2011, Google Correlate lahir.


          Google Correlate memiliki data yang lagi ngetren untuk semua istilah penelusuran frasa-pertandingan yang melebihi ambang volume penelusuran dan ketahanan tertentu, dan tidak bersifat pornografi atau salah eja.


          Ini menggunakan algoritma Hashing Asymmetric dan Approximate Nearest Neighbor (ANN) pengambilan untuk mencapai keseimbangan antara kecepatan dan akurasi, karena tidak ada yang ingin menunggu lebih dari 10 menit untuk hasil mereka.


          Terakhir, Google Correlate menggunakan korelasi Pearson untuk membandingkan data kueri yang dinormalkan ke permukaan istilah korelatif tertinggi.


          Jika Anda lebih menyukai Will dari “Good Will Hunting”, Anda dapat membaca lebih lanjut tentang metode retrieval dan calculative di sini.

          Cara Menggunakan Google Correlate

          Menggunakan Google Correlate melalui pencarian kata kunci sangatlah mudah.
          Ketikkan kata kunci, tekan “Cari korelasi” dan Anda akan segera mendapatkan daftar istilah yang sangat korelatif sesuai dengan pengaturan default ini: termasuk istilah Anda, seri waktu mingguan tanpa pergeseran seri

          Daftar ini mencakup 10 kata yang diurutkan berdasarkan korelasi dengan 1.0 yang menunjukkan korelasi sempurna dan -1.0 korelasi negatif yang benar.


          Pilih “Show More/Tampilkan lebih banyak” di bagian bawah daftar kata kunci untuk melihat 10 istilah paling korelatif berikutnya.


          Anda dapat terus melakukan ini hingga 100 kata ditampilkan, yang semuanya dapat diekspor ke CSV.

          Spreadsheet

          Saat menggunakan Google Correlate melalui entri kata kunci sederhana, metode spreadsheet bisa sedikit membuat frustrasi.


          Namun, masih ada cara untuk menghindarkan diri dari masalah tersebut, yakni dengan menyiapkan spreadsheet Anda terlebih dahulu, pastikan hanya memiliki dua kolom dan tidak ada baris header. Jika menyiapkan lebih dari apa yang dibutuhkan akan memicu kesalahan.
          Selanjutnya, simpan dalam salah satu format ini: CSV (MS-DOS) atau CSV UTF-8.


          Setiap kali Anda membuka kembali file tersebut, alih-alih hanya menyimpannya, pilih Save-As dan pilih salah satu format CSV itu lagi.


          Saat mengunggah spreadsheet, pilih ” Enter your own data/Masukkan data Anda sendiri” di sebelah tombol pencarian.


          Jendela default arahkan ke tab Seri Waktu Mingguan, tetapi Anda dapat beralih ke Bulanan.

          baca juga

            Stated-based/Negara Bagian

            Menemukan korelasi berdasarkan negara bagian dapat menjadi cara yang bagus untuk mengidentifikasi pola pencarian regional.


            Di kolom pertama, daftar negara bagian dengan ejaan lengkapnya. Tidak semua negara harus terdaftar untuk ini agar berfungsi.


            Di kolom kedua, daftarkan nilainya. Nilai dapat berupa apa saja yang dapat Anda bayangkan: penjualan, pelanggan, prospek, retur, tweet, dan lain sebagainya.


            Anda juga dapat menggunakan 1 dan 0 untuk karakteristik absolut.


            Demikian kira-kita hal-hal yang dapat anda manfaatkan dari google correlate untuk membantu meningkatkan pemasaran digital anda.


            Masih ada banyak sekali informasi yang belum tertulis di sini, anda bisa menelusurinya sendiri ketika sudah mencoba google correlate untuk menentukan demografi atau hal-hal lain untuk kepentingan bisnis anda.

            Ad Blocker Detected

            Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

            Refresh