Algoritma Google Search

Jasa

undercover.co.id – Jasa Google Adwords adalah salah satu jasa yang paling dicari bagi para pelaku marketing online. Mengapa? Karena Google Adwords menyediakan berbagai fasilitas mulai dari membuat kampanye, mencari kata-kata yang paling banyak dicari lewat Google, dan menambah kemampuan analisa para penggunanya.
Tentu ketika ada update terhadap algoritma google search, kamu harus mengetahuinya!
Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih belum terlalu paham tentang bagaimana algoritma google dalam mencari (atau yang biasa disebut google search).
Algoritma Google Search adalah suatu rumus dimana mesin pencari akan menyimpan setiap hal yang pernah dicari oleh pengguna dan mengumpulkan seluruh datanya. Ketika seluruh data terkumpul, saat pengguna lain ingin mencari data terkait, pengguna tersebut akan mendapatkan kemudahan dari mesin pencari Google.
Untuk para pengelola situs – khususnya yang menggunakan pengoptimalan mesin pencari, tentu update pada algoritma Google Search menjadi momok tersendiri.
Mengapa? Karena ketika terjadi pembaruan, tentu akan ada sistem-sistem yang berubah. Perubahan itupun tentunya belum tentu memperbaiki algoritma yang sudah ada, bisa saja membuat suatu rumusan baru yang perlu dicari kembali jalan keluarnya.

Update Google Algoritma

Sebuah isu perubahan algoritma berkembang ketika seorang peneliti Webmasters Trends dari Google, John Mueller yang mengiyakan adanya perubahan algoritma pada fitur pencarian di Google. Peneliti ini hanya mengatakan bahwa setiap saat, Google selalu membuat improvement. Jawaban ini pun mengundang berbagai respon dari berbagai peneliti tren webmaster atau pakar SEO lainnya.
 
Dawn Anderson, seorang konsultan SEO internasional sekaligus pengajar Digital Marketing di sebuah universitas di Manchester mengatakan tentang perubahan beberapa tren pengunjung situs di berbagai negara. Ada yang naik, adapula yang mengalami penurunan jumlah pengunjung.
Hal ini didukung oleh pernyataan seorang Blogger bernama Deepak Kumar yang menyatakan bahwa dia juga mengalami fluktuasi yang besar terhadap ranking keyword yang ada. Dia juga beranggapan beberapa kata kunci mengalami peningkatan, bahkan tidak sedikit yang mengalami penurunan.
 
Walaupun secara resmi google tidak mengiyakan pembaruan ini – diluar pernyataan John Mueller yang memang menjawab semua pertanyaan tentang pembaruan algoritma dengan cara seperti itu, jika berdasarkan terhadap industri yang ditelaah oleh Barry Schwartz, terdapat beberapa perubahan yang terlacak dari program pelacak semacam Mozcast, SERPMetrics, Advanced Web Rankings, RankRanger, SEMRush, dan Accuranker. Terlihat perubahan yang mengindikasikan perubahan terhadap algoritma Google.

Pengaruh update terhadap performa SEO

Seperti yang dikatakan diawal artikel, tentunya jika terjadi perubahan terhadap hal-hal seperti ini, yang berdampak pertama adalah para penggiat optimalisasi mesin pencari. Pemilik akun @meg_reb juga mengiyakan tweet dari Barry Schwartz yang menyadari adanya perubahan tersebut. ia beranggapan bahwa klien yang sudah ia layani tidak mendapat performa yang maksimal karena turun dari halaman pertama mesin pencari Google.
 
Tentunya tidak hanya pemilik akun @meg_reb, penggiat SEO lainnya yang mempunyai klien situs yang mengedepankan SEO juga akan mengalami kerugian karena turunnya posisi mereka dalam mesin pencari Google. Dengan ini, para pelaku SEO harus mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan ini. Bahkan, Marie Haynes selaku penggiat SEO juga mengaku mendapatkan respon dari orang-orang yang melihat perubahan peringkat ini.
Perubahan besar?
Glenn Gabe, salah satu pengguna jasa google adwords, pada 27 Juni 2017 juga mengungkapkan tentang pengakuannya terhadap perubahan beberapa situs berskala besar yang terdapat di mesin pencari google. Dia beranggapan masalah ini akan lebih jelas untuk beberapa hari kedepan. Mungkinkah?
 
Dale davies, seorang pakar pengoptimalan mesin pencari yang bekerja untuk @ExposureNinja yang berbasis di Inggris juga mengungkapkan pendapatnya. Menurutnya, pergerakan terjadi di lebih dari 40 situs yang tempat kerjanya kelola. Namun, hampir semuanya bergerak kearah yang positif.
 
 
 
Dari respons kedua pakar SEO tersebut, tentunya diramalkan akan terjadi perubahan besar yang mampu mempengaruhi pasar yang ada sekarang. Tentunya, dengan bantuan aplikasi yang sudah ada, para pelaku SEO punya waktu cukup banyak untuk menghadapi perubahan tersebut.
 
Entah benar atau tidak, entah resmi atau tidak. Setidaknya, tools yang memang dipersiapkan untuk meneliti pergerakan tren mesin pencari telah mendeteksi adanya perubahan. Walaupun isu tersebut baru berkembang di daerah Amerika dan sekitarnya, tentu jika memang benar, hal ini akan berkembang ke seluruh dunia – salah satunya Indonesia.
 
baca juga
30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia
Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta
Panduan Memulai Website Bisnis Anda
Jasa Pembuatan Website Profesional
Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta
 
Maka dari itu, penting bagi para pengguna jasa google adwords untuk mengikuti terus perkembangan update algoritma Google Search terbaru.
Mengapa? Tentunya – jika kamu seorang pekerja SEO – agar kamu bisa menyesuaikan apa yang kamu kerjakan dan mempertahankan performa kamu di depan klien. Tentunya klien kamu tidak perlu mengetahui hal-hal remeh – menurut mereka – terkait perubahan algoritma seperti ini. Namun, kamu perlu mengetahuinya!

Jasa
error: Content is protected !!