Alternatif Pengalih Gadget bagi Si Kecil: Jendela Alam

Alternatif Pengalih Gadget bagi Si Kecil: Jendela Alam

Kalau sudah ada buah hati, acara jalan—jalan jelas tidak sama dengan dulu lagi, ya. Jika dulu yang namanya rekreasi adalah candlelight dinner romantis di tempat-tempat hits bersama pasangan, atau pergi bertualang ke gunung, sekarang harus memperhitungkan si kecil juga.

Jangan-jangan nanti anak-anak bisa bosan. Atau lebih parahnya lagi, jangan-jangan tempatnya berbahaya. Melihat itu, mulailah bermunculan tempat-tempat hiburan dan wisata yang ramah bagi semua umur—utamanya anak-anak.

 

Jendela Alam sedang menjadi perbincangan di antara para ibu-ibu muda dan keluarga umumnya yang sedang memiliki buah hati. Alasannya, tempat wisata satu ini menawarkan jenis hiburan yang berbeda bagi anak-anak, sekaligus membawa angin segar bagi para orangtua.

Soalnya, tempat ini seratus persen memaksimalkan potensi alam Bandung untuk membuat kompleks wisata peternakan atau persawahan bebas pestisida yang gak tanggung-tanggung. Bertempat di Lembang dan penuh wahana seru yang memicu adrenalin, dijamin anak-anak bakal kerasan main di sini!

Harga dan Tinggi Badan

Satu hal yang unik adalah ketika kita tiba di sini, semua pengunjung—terutama anak-anak—dengan tinggi di bawah 90 cm bakal dikenakan non biaya. Selebihnya, para pengunjung ditarik karcis seharga Rp 15.000, 00

Murah, ya? Memang sih, untuk menikmati berbagai wahana di dalamnya nanti bakal ditarik karcis lagi. Tapi, ada juga beberapa paket yang bisa dipilih kalau pengunjung sudah tahu ingin melakukan apa saja nanti, seperti paket edukasi + permainan (Rp 55.000, 00), atau paket edukasi saja (Rp 35.000, 00)—yang selebihnya akan kita bahas nanti.

 

Harga lima belas ribu rupiah untuk tiket masuk itu sudah terhitung murah karena setelah masuk gerbang, ratusan padang bunga yang cakep buat latar selfie atau sekadar foto-foto biasa siap memanjakan mata kita. Udaranya segar, tempatnya indah, dijamin cocok buat ibu-ibu dan bapak-bapak yang ingin melepas lelah dari penatnya keseharian.

 

Terlihat, banyak sekali anak-anak berseragam TK yang datang ke sini setiap hari. Tempat ini memang sudah populer sebagai destinasi kunjungan anak.

Ada Empat Fasilitas

Yang membedakan Jendela Alam dengan destinasi wisata lain di Bandung lain yang ramah anak adalah semua kegiatan di sini terbagi menjadi empat fasilitas terpisah. Semuanya dibeli menggunakan karcis terpisah, meski kita bisa membeli langsung sepaket berupa karcis terusan sesuai dengan penjelasan di atas.

  1. Jendela Edukasi

Sesuai namanya, jendela edukasi adalah salah satu fasilitas Jendela Alam yang menyediakan kegiatan berbasis edukasi; utamanya untuk membuat anak-anak mengerti tentang proses alamiah makanan sebelum terhidang di meja kita! Atau, sebelum masuk ke supermarket.

Ada anekdot tentang anak-anak yang saking terbiasanya melihat daging sudah berupa irisan di supermarket, mereka jadi berpikir sapi itu sebenarnya kotak. No! Karena itulah, wahana edukasi seperti ini wajib banget dijajal.

 

Yang bisa dilakukan di wahana sini meliputi animal feeding, berkebun, memanen telur dan sayur mayur, melihat pembuatan cincau an yoghurt, bahkan berburu harta karun yang sudah dipersiapkan oleh tempat wisata ini!

Ada banyak sekali tanaman di sini. Baik yang dalam pot maupun di bedengan sawah, semuanya diberi tag nama sehingga anak-anak dan orangtuanya bisa sekalian belajar. Tomat ceri, kangkung leding, kale, selada, sampai lemon, hmm semuanya ada!

 

Untuk memberi makan hewan, kita harus membayar Rp 15.000,00 untuk kemudian diberi sekantong pakan hewan. Seorang pemandu yang ramah akan membimbing putra dan putri kita (bersama kita tentunya) ke jajaran kandang hewan-hewan yang siap menungggu sodoran makanan.

Semuanya jinak! Mulai dari rusa berbulu totol, kambing etawa yang menghasilkan susu enak, rumah kelinci serta hamster dan marmut, burung merpati. Ada juga rumah sapi dan kuda, yang kurang populer bagi anak-anak karena bentuk hewan itu yang besar mungkin terasa menakutkan, ya? Tapi, penting bagi mereka untuk mengenal semua itu.

 

Kita juga bisa membeli telur di sini, lho. Apalagi bukan sembarang telur, melainkan telur ayam kampung Arab yang so pasti bergizi dan enak! Harganya tiga ribu rupiah per butir. Oleh-oleh sempurna untuk kerabat di rumah!

Selain itu, kita bisa juga memanen dan membeli sayur-sayuran segar di sini. Yang paling populer adalah mengajak putra dan putri kita memetiki kangkung. Jangan khawatir terkena paparan bahan kimia, karena semua herba di sini bebas pestisida karena menggunakan teknologi hidroponik.

  1. Jendela Permainan

Nah, di sini tempatnya anak-anak memainkan permainan yang banyak melibatkan olah tubuh. Ada tempat renang, fying fox, persorotan dan ayunan. Tiket untuk berenang kira-kira sekitar Rp 20.000, 00.

 

Tapi yang paling populer dipilih di jendela ini adalah kesempatan untuk menaiki kuda. Iya, kuda hidup! Harganya sekitar Rp 20.000,00 untuk dibawa memutari lapangan selama kurang lebih 5 menit. Antrenya panjang, tapi pengalaman yang didapat sangat disarankan. Tidak setiap hari anak kita punya kesempatan menyentuh kuda, bukan?

Ada seorang instruktur yang secara khusus ditugaskan untuk membimbing anak kita. Mereka ramah-ramah dan baik, jadi jangan khawatir.

 

  1. Jendela Workshop

Yang ini khusus untuk pengunjung muda berusia 10 tahun ke atas. Untuk lebih mengetahui pelajaran biologi secara praktek langsung, yang ini sangat disarankan, lho! Dari sini, kita diberi tahu cara praktek membuat bedengan hidroponik, biogas, dan bedah anatomi hewan. Orang dewasa pun bisa menikmati ini, siapa tahu kelewatan pelajaran bilogi SMP dulu hehe…

  1. Jendela Seni

Tak kalah bermanfaat dari tiga jendela lainnya adalah sesi ini. Di sini, jiwa kreatif dan seni rupa anak-anak bersama orangtuanya seolah ditantang dengan cara diajak membuat kerajinan tangan seperti layang-layang dan mengukir gelas. Hasil jadinya nanti bisa kita bawa pulang sebagai pajangan dan buah tangan. Asyik sekali, kan?

Jendela Alam: Alternatif Pengalih Gadget

Dewasa ini, anak-anak dihinggapi bahaya ketergantungan pada perangkat gadget. Mereka jadi lupa untuk banyak bergerak—sebagaimana anak kecil pada umumnya—dan abai pada keberlangsungan alam.

Moms and Dads masa kini tidak mau itu terjadi pada buah hati, kan? Makanya,tempat wisata Jendela Alam hadir untuk menjawab hal itu. Lupakan sejenak hirup pikuk kesibukan di kota, dan rayakan hijau-segarnya alam pedesaan Lembang bersama si kecil di tempat menakjubkan ini.

 

Rayakan tawa si kecil dengan bumbu pendidikan dan pengalaman olah badan yang jelas membuat mereka semakin sehat ke depannya bersama wahana Jendela Alam.

JENDELA ALAM

  • Lokasi: Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 Cihideung, Lembang
  • Bandung
  • Telepon: 022-2788-482
  • Instagram: @jendelaalambandung
  • Jam buka: Senin-Jumat 09.00 – 15.30 | Sabtu – Minggu 09.00 – 16.00 | Hari Besar/Libur: 09.00 – 16:00

 

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!