PT Amartha Mikro Fintek: Solusi Permodalan untuk Pelaku Usaha Mikro

Undercover.co .id Medium Quality 35 scaled

https://www.undercover.co.id – Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin pesat. Pengaruhnya bisa dirasakan hampir di semua bidang kehidupan, termasuk hal-hal yang dahulunya hanya bisa dilakukan secara langsung atau offline kini bisa dilakukan melalui online. Hal inilah yang menjadi sebab mengapa trend perkembangan teknologi semakin digandrungi oleh generasi saat ini.


Termasuk di antaranya adalah teknologi keuangan atau yang sering disebut financial technology (fintech). Sebagai efek perkembangan teknologi, fintech pun semakin populer dan menjadi solusi dari masalah keuangan yang sering dialami oleh orang yang butuh pinjaman hingga untuk para investor.


Salah satu perusahaan fintech yang bisa menjadi referensi Anda untuk mengenal lebih jauh tentang fintechi adalah PT Amartha Mikro Fintek. Berikut ulasan lengkapnya

Apa itu PT Amartha Mikro Fintek?

PT Amartha Mikro Fintek adalah sebuah lembaga yang berdiri sejak 2010 sebagai lembaga keuangan mikro dengan tujuan menghubungkan pelaku usaha di pedesaan yang menagalami kesulitan untuk mendapatkan modal usaha. Saat ini, PT Amartha Mikro Fintek sudah menjadi lembaga keuangan berbasis teknologi dengan sistem Peer to Peer (P2P) Lending sebagai penghubung antara pengusaha mikro dengan pemodal secara langsung melalui platform online.


Perusahaan yang bergerak di bidang fintech ini dilatarbelakangi oleh masalah para pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha karena keterbatasan jaminan, pendapatan yang fluktuatif dan kurang atau tidak adanya sejarah kredit


Karenanya, PT Amartha Mikro Fintek, hadir sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Dengan rasa percaya bahwa para pegusaha mikro bisa menjadi peminjam yang berkualitas, PT Amartha Mikro Fintek juga membuktikan bahwa berinvestasi di bidang usaha mikro bisa menciptakan dampak sosial yang baik.


Hal tersebut diwujudkan dengan memberikan kemudahan akses permodalan bagi usaha mikro melalui teknologi yang tepat. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah, bisa meningkat sehingga ketahanan ekonomi dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bisa terwujud.

Siapa saja penggagas PT Amartha Mikro Fintek?

Ada beberapa orang profesional dan berpengalaman yang menjadi pengelola sekaligus penggagas PT Amartha Mikro Fintek. Mereka adalah orang-orang dengan semangat berbagi visi untuk memordenisasi keuangan mikro guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kokoh.


Perusahaan yang memproduksi layanan keuangan bernama Amartha ini juga membuka peluang untuk para generasi muda yang memiliki kesamaan visi dan misi, untuk bergabung dan bekerja sama mewujudkannya.

Tidak ada batasan untuk siapa saja yang ingin menjadi bagian dari PT Amartha Mikro FIntek.


Orang-orang yang bergabung dengan perusahaan yang dipimpin oleh Andi Taufan Garuda adalah orang dengan sifat result oriented (berorientasi pada hasil yang jelas dan terukur), ownership (mementingkan perusahaan daripada pencapaian pribadi atau tim), curiosity (mengembangkan perusahaan berdasarkan inovasi dari feedback yang diterima), passion (memiliki semangat berkarya dan mampu memotivasi orang lain melalui pencapaian yang unggul, dan speed (mampu bekerja dengan cepat dan tepat).


Jika Anda tertarik, Anda bisa mempelajari delapan bidang yang ada di PT Amartha Mikro Fintek, yaitu Finance, Growth, Product, Engineering, Operations, Data Science, People and Culture, dan IT Operations.

Apa Keistimewaan Amartha?

Perusahaan yang bertujua untuk membantu pertumbuhan usaha mikro di Indonesia ini memiliki beberapa keistimewaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin melakukan peminjaman. Keistimewaan tersebut adalah:

  1. Pengembalian yang terjangkau. Anda bisa melakukan pemabyaran angsuran dengan hitungan waktu mingguan, sesuai dengan profil dan kapasitas Anda
  2. Pengajuan pinjaman dapat Anda lakukan dengan nominal mulai dari 1,5 juta rupiah, tanpa jaminan dan informasi terkait proses pinjaman akan diberikan secara terbuka.
  3. Menjangkau pelosok pedesaan. Sesuai dengan tujuan awalnya, Amartha memberikan jangkauan layanan permodalan hingga ke desa-desa terpencil melalui petugas lapangan yang menggunakan perangkay selular dengan aplikasi pengelolaan data pinjaman terkini.
  4. Pendampingan Mitra. Amartha juga siap mendampingi para peminjam secara rutin untuk pengelolaan dana rumah tangga dan usaha peminjam agar peminjam bisa membayar pinjaman tepat waktu.

Tujuan pembiayaan oleh Amartha terfokus pada beberapa bidang yakni perdagangan, rumah tangga (home industry), pertanian, peternakan, dan jasa.

Bagaimana Keuntungan Pendana?

Secara transparan, pendana bisa melihat profil calon peminjam dan skor kredit mereka sehingga pendana bisa memperhitungkan risiko sebelum mengambil keputusan. Dalam proses persetujuan kedua pihak, pendana juga bisa mengetahui peminjam dan tujuan pinjaman.
Jika Anda berkontribusi sebagai pendana di Amartha, Anda bisa melihat informasi angsuran di dashboard akun Amartha milik Anda dan keuntungan imbal hasil yang tersedia bisa Anda ambil kapanpun.

Bagaimana Keuntungan Peminjam?

Seperti yang sudah disebutkan pada keistimewaan Amartha bahwa jangkauan Amartha tersebar hingga desa-desa terpencil yang tidak tersentuh oleh perbankan konvensional. Hal ini akan sangat memudahkan akses permodalan bagi para pengusaha mikro dan menengah.
Selain itu, peminjam bisa menggunakan riwayat pembiayaan pada Amartha sebagai referensi untuk mendapatkan pembiayaan lebih besar dari bank atau lembaga keuangan lainnya di waktu yang akan datang.

Bagaimana cara menjadi investor di Amartha?

Peluang untuk menjadi investor di PT Amartha Mikro Fintek terbuka untuk siapa saja. Seperti perusahaan fintech lainnya, Anda hanya perlu akses internet untuk bisa mendaftar sebagai investor melalui platform layanan Amartha.
Anda harus melakukan registrasi secara online dan melakukan verifikasi identitas sesuai dengan instruksi yang ada. Yang perlu Anda ketahui, layanan permodalan di Aamrtha, hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 21 tahun ke atas. Jika Anda berusia kurang dari 21 tahun, Anda bisa meminta keterlibatan orang tua atau wali Anda untuk mendapat persetujuan.
Selain itu, ada beberapa kebijakan terkait syarat dan ketentuan yang bisa Anda pelajari lebih lanjut melalui situs resmi perusahaan Amartha di www.amartha.com.

baca juga

    Bagaimana cara menjadi peminjam di Amartha?

    Untuk melakukan peminjaman di Amartha ada beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan yakni:

    1. Group Lending. Anda harus membentuk kelompok untuk melakukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Kelompok pinjaman tersebut terdiri atas 15 – 20 orang yang berdomisili di tempat yang sama. Kelompok peminjam yang Anda bentuk wajib mengikuti pelatihan sebelum diberikan pembiayaan.
    2. Pemberian Pembiayaan. Anda baru bsia mendapatkan pembiataan setelah proposal pembiayaan Anda telah direview dan terdaftar di marketplace Amartha agar bisa ditinjau oleh investor.
    3. Mengikuri pertemuan kelompok mingguan. Kelompok peminjam Anda wajib mengikuti pertemuan yang diadakan oleh Field Officer atau petugas lapangan setiap seminggu sekali. Ingat, setiap anggota kelompok wajib mengikuti pertemuan ini. Hal ini bertujuan agar proses pembiayaan Anda tetap terkontrol dan usaha Anda pun bisa ditinjau secara berkala.

    Tertarik untuk menjadi pendana/investor atau peminjam di Amartha?
    Anda bisa mempelajari cara kerja Amartha dengan mengunjungi situs resminya atau menghubungi langsung PT Amartha Mikro Fintek melalui email ke hello@amartha.com.

    Leave a Reply

    12 + 13 =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!