Published On: Wed, Nov 16th, 2016

Anda Owner Bisnis Start UP ? Coba Simak Ini !

undercover.co.id –  Resume yang meyakinkan bukan menjadi jaminan mendapatkan pekerjaan, bahkan di dunia start up, dimana terdapat kesenjangan kemampuan yang berarti pekerja berlatar belakang teknologi berada di peringkat teratas permintaan pekerja.

Mengapa? Karena kepribadian, kesesuaian budaya, dan kesan pertama menjadi penting. Wawancara adalah yang pertama dan mungkin satu-satunya kesempatan Anda untuk unjuk gigi. Ini kesempatan Anda untuk menunjukkan segala kemampuan yang ‘layak jual’ ke perusahaan yang dituju.

Tapi selalu ditemukan fakta bahwa banyak calon pekerja yang masih berkutat dengan hanya mengulangi apa yang ada di resume, bukannya berusaha untuk benar-benar menunjukkan apa yang membuat mereka unik dan memenuhi syarat.

Salah satu yang dialami oleh Caren Maio, pendiri Nestio saat melakukan wawancara. Nestio adalah sebuah startup yang membantu pemilik bangunan dan broker memasarkan dan menyewakan apartemen. Selama enam bulan terakhir, tenaga kerjanya telah bertambah tiga kali lipat, menjadi sekitar 40 orang, dan masih terus berkembang. Belakangan ini, Caren lebih banyak menghabiskan waktu di ruang konferensi mewawancarai calon kandidat potensial, dari insinyur ke tenaga penjualan hingga ke direktur pemasaran yang baru.

Sementara di atas kertas banyak yang dapat melakukan pekerjaan, kenyataannya hanya beberapa yang jelas menonjol di antara yang lainnya.

Dari pengalaman langsungnya, Ia memperhatikan beberapa sifat yang membedakan kandidat terpilih dari tidak terpilih. Tentu saja, daftar yang ia buat tidak definitif. Namun, studi yang dilakukan oleh CareerBuilder, yang mensurvei lebih dari 2.000 manajer yang direkrut, mengidentifikasi persamaan karakteristik pada pekerja dengan penilaian tertinggi yang mendukung daftar buatan Caren.

Baca Juga Sudahkah Perusahaan Anda Menyadari Arti Pentingnya PR ?

Dengan kata lain, ada alasan kenapa perusahaan-perusahaan seperti miliknya memperhatikan karakteristik ini dan mempekerjakan kandidat yang memiliki hal tersebut. Dan apakah itu?

Anda Owner Bisnis Start UP Coba Simak Ini

Anda Owner Bisnis Start UP Coba Simak Ini – fotoklikmerdeka

Mereka melakukan Googling. Ini wajar dan masuk akal untuk dilakukan, tetapi Ia terkejut karena betapa seringnya langkah ini dilewati. Perusahaannya pernah didatangi kandidat yang menanyakan pertanyaan seputar perusahaan, dan hal ini membuktikan bahwa si kandidat bahkan tidak tahu menahu tentang siapa target pelanggan atau bahkan apa platform perusahaannya.

Apa Yang Dicari Dari Calon Pekerja Yang Ingin Bekerja di Perusahaan Startup?

Begitu banyak sumber informasi tentang perusahaan – dan orang-orang yang melakukan perekrutan – bisa ditemukan di website perusahaan, LinkedIn, atau agregator seperti CrunchBase. Ketika seorang kandidat menuliskan referensi NYU, mengetahui bahwa Caren pernah bersekolah di sana, si kandidat itu meninggalkan kesan yang kuat.

Sangat mudah untuk mengatakan, dalam sebuah wawancara, bahwa Anda sangat memperhatikan detail, tapi ini adalah bukti nyata apa yang benar-benar Anda lakukan, dan hal ini selalu menarik perhatiannya setiap waktu. Intinya: Jangan menanyakan apapun dari calon perusahaan Anda jika bisa dengan mudah ditemukan secara online.

Mereka menunjukkan bahwa mereka ‘coachable’. kandidat potensial tidak hanya memiliki kapasitas untuk melakukan pekerjaan; mereka juga membuktikan bahwa mereka bersedia untuk dilatih hingga mampu menjadi ahli di bidang itu.

Kemampuan kandidat umumnya benar-benar tercermin di CV yang meyakinkan dan melalui pengecekan referensi yang mendetail, tapi ‘kemampuan untuk mau dilatih’ seringkali perlu dipancing. Para pekerja yang direkrut oleh perusahaan Nestio untuk posisi penjualan, misalnya, diminta untuk melakukan presentasi kecil-kecilan- karena Caren tidak hanya tertarik pada strategi mereka dalam presentasi dan wwawancara tetapi bagaimana mereka menangani umpan balik yang diberikan.

Akan jadi pertanda buruk jika si kandidat menjadi defensif. Umpan balik adalah cara memancing bagaimana kandidat berimprovisasi. Dan bagaimana jika mereka menghabiskan seluruh sesi untuk bicara dan tidak pernah mengajukan pertanyaan? Hal itu bahkan lebih buruk.

Anda Owner Bisnis Start UP ? Coba Simak Ini ! Tidaklah cukup hanya menerima dan membutuhkan kritik konstruktif; kandidat yang baik selalu dapat menunjukkan bahwa mereka dapat menginternalisasi dan bahkan menerapkannya dalam wawancara. Pada saat yang sama, pengalaman positif kandidat sebelumnya dalam hal pelatihan, baik dalam hal memberi pelatihan dan dilatih, akan memberikan pengaruh yang berbeda pada aspek ‘dapat dilatih’.

baca juga UNTUK IBU MUDA, 5 IDE BISNIS INI PATUT ANDA COBA!

Mereka menunjukkan semangat ‘start up’. Ada banyak keuntungan bekerja untuk startup dibandingkan perusahaan yang mapan, termasuk lebih banyak tanggung jawab dan kesempatan untuk mendapatkan promosi. Namun, kesempatan yang berharga itu tidak bias didapat dengan mudah.

Kandidat yang menunjukkan bahwa mereka bersedia untuk bekerja keras, berimprovisasi, dan selalu menemukan jalan keluar – bahkan jika itu berarti ‘melakukan sesuatu yang kreatif’ – akan selalu mendapat perhatian saya. Mereka yang lebih peduli dengan grafik, dan prosedur formal atau yang berpikiran tentang waktu libur tak terbatas mungkin tidak akan pas.

Tapi untuk kandidat yang tepat, imbal balik dalam hal pembelajaran dan potensi bertumbuh bisa sangat besar. Caren menambahkan, Ia bisa tahu jika seorang kandidat memiliki ‘semangat startup’, ketika mereka bertanya padanya di mana perusahaan itu akan berada tahun depan dan tahun berikutnya, dan ingin terus belajar dan bertumbuh bersama perusahaannya.

Bahkan ketika seseorang melamar ke perusahaan mapan, akan menjadi nilai tambah jika mampu menunjukkan ‘semangat startup’. perusahaan besar semakin menekankan pada poin intrapreneur (karyawan yang bias melihat peluang untuk bertumbuh dan berinovasi di dalam perusahaan)untuk para pekerja yang masuk ke dalam barisan mereka. Anda Owner Bisnis Start UP ? Coba Simak Ini !

 

Pada akhirnya, wawancara adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang dicari oleh perusahaan. Menunjukkan ciri-ciri di atas tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak benar-benar berkualitas. Tapi akan selalu ada pelajaran yang berharga dari mereka yang telah mengalaminya yang mungkin dapat membantu Anda menciptakan kesan yang kuat dan menonjolkan diri di antara orang-orang yang berkualitas baik.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>