Published On: Sun, Nov 20th, 2016

Anda Pakai Instagram Untuk Jualan ? Sebaiknya Baca 7 Tips Ini

undercover.co.id – Bagi anda seorang pebisnis pemula yang sedang belajar memulai usaha, tentunya social media menjadi sarana yang akan dimanfaatkan sebagai langkah pertama dalam bisnis anda. Namun banyaknya social media akan membuat anda bingung untuk memilih mana yang paling efektif dalam menjangkau pangsa pasar yang telah ditentukan. Akhirnya anda pun memutuskan Instagram sebagai pilihannya.

Alasannya karena memang jejaring ini sedang sangat diminati dan lebih mudah untuk dipergunakan dalam urusan jual-beli. Salah satu kelebihannya adalah kita hanya perlu membagikan foto yang nantinya akan diisi dengan kata yang mendeskripsikannya. Tak heran bila aplikasi ini banyak menjadi pilihan, karena memang orang akan lebih tertarik pada konten visual dibandingkan tekstual.

Anda pun telah memulai bisnis anda di dunia maya. Bayangan tentang banyak follower dan banjir ribuan like pun sedang menghantui anda. Namun apakah cukup dengan dua hal itu? bagaimana dengan penjualan anda? Sebab banyaknya like dan follower akan sia-sia bila mereka tidak membeli produk anda. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan sedikit tips bagi anda agar akun Instagram anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah juga. Simak tulisannya di bawah ini ya!

  1. Lengkapi Profil Anda.

Tips yang akan kami berikan pertama adalah agar anda dapat sebisa mungkin melengkapi profil anda dengan lengkap terlebih dahulu. Berhubung deskripsi dalam akun instagram terbatas, maka cukuplah isi dengan hal-hal penting seperti informasi brand anda, kontak anda, dan kalau perlu tagline anda. Semua itu harus anda pikirkan secara matang dan terperinci, namun harus singkat juga pastinya.

  1. Jangan Kunci Akun Anda.

Tips yang kedua ini memang berguna sekali untuk membangun citra brand anda. Terkadang ada beberapa akun jualan yang menggembok akunnya hanya untuk bertujuan menaikkan follower-nya. Cara itu memang ampuh, namun persepsi yang ditimbulkan pun akan semakin keruh.

Maksudnya, orang-orang bisa saja menganggap akun anda ini sangat rahasia, dan enggan bertransaksi dengan anda ke depannya. Maka, usahakan Instagram anda dibuka agar memberikan kesan bahwa jualan anda ini ramah dan terbuka untuk siapa saja yang  menginginkan produk anda.

Baca Juga IKLAN ANIMASI , SOLUSI Product Anda Diserbu Pembeli

  1. Lakukan Interaksi.

Jika memang akun anda telah memiliki banyak pengikut setia, lalu apa salahnya berinteraksi dengan mereka? Alasannya sederhana, tunjukkan sebuah ke ramah-tamahan bagi para calon pembeli anda. Bukankah SPG di mall pun akan tetap ramah melayani pelanggannya meski banyak bertanya dan tidak membeli produknya. Apalagi anda yang  hanya memanfaatkan dunia maya yang susah untuk bertatap muka dengan calon pembeli anda. Maka, melakukan interaksi dengan pengikut anda dapat menjadi cara yang menyenangkan dan ampuh pula.

anda-pakai-instagram-untuk-jualan-sebaiknya-baca-7-tips-ini-2

anda-pakai-instagram-untuk-jualan-sebaiknya-baca-7-tips-ini-2 (foto diambil dari; http://alliedhealthmarketing.com.au)

  1. Promosi dengan Wajar.

Kadang kala, di saat Instagram mudah untuk dioperasikan, membuat sebagian penjual dengan tidak wajar melakukan promosi yang sangat gencar. Semisal 10 kali posting dalam seharinya. Tentu itu akan sangat mengganggu calon pembeli anda.

Anda Pakai Instagram Untuk Jualan ? Sebaiknya Baca 7 Tips Ini Mereka akan berpikir bahwa anda telah memenuhi beranda mereka, dan memutuskan untuk tidak mengikut akun anda lagi. Tentu itu sebuah kerugian bukan? Oleh karena itu, mulai sekarang tentukan jadwal posting anda, atur waktu yang tepat untuk melakukannya, dan pastikan pula dosis posting yang tepat setiap harinya.

  1. Mulailah Berbagi.

Jika posting produk melulu, mungkin pengikut anda pun akan bosan untuk memperhatikannya. Oleh karena itu, buatlah sebuah terobosan baru, misal, membuat sebuah event promo, memberikan diskon, atau menuliskan berbagai tips yang berhubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Jangan pernah merasa rugi, sebab yang anda lakukan itu adalah untuk membangun sebuah relasi dengan para calon pembeli. Jadi mulailah berbagi.

  1. Memilih Foto yang Tepat.

Akun Instagram tentunya mengharuskan kita untuk mem-posting setiap konten yang berbau visual. Produk anda pun akan ditampilkan secara visual pula, dan pastinya haruslah menjual. Maka, mulai sekarang pilihlah foto yang tepat, jangan asal posting atau asal foto yang hasilnya tidak enak dilihat. Alih-alih mempromosikan produk, malah nanti follower anda jadi malas untuk hanya sekedar melihatnya saja. Jadi, jangan salah pilih foto dan posting-an ya!

  1. Fokus dan Fokus.

Nah yang terakhir ini nih, yang patut kamu perhatikan dan terapkan, yaitu FOKUS. Fokus yang pertama adalah tentang apa yang kamu jual.

Baca Juga 8 Trik Lengkap Untuk Sukses Dalam Memulai Bisnis Online Sendiri

Kamu harus fokus untuk menjual apa yang memang kamu jual di akun Instagram. Bila kamu menjual pakaian pria dan wanita, maka posting-lah yang memang sesuai dengan apa yang kamu jual itu. Jangan posting makanan, nantinya follower akan kebingungan bila baju yang dijual tiba-tiba kerupuk yang di-posting, bukankah itu tidak relevan kan? Fokus yang kedua adalah, fokus pada akun jualanmu.

Hindari posting-an yang berbau pribadi, meski itu foto diri anda sendiri. Bisa jadi nanti foto produk anda tenggelam, dan malah foto anda yang terpajang. Nanti bisa juga follower anda berpikir bahwa anda sedang menjual diri anda, pastinya tidak mau kan?

Segitu dulu yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini. tentu sesudah membaca tips di atas jangan sampai anda masih mem-posting di Instagram dengan sembarang ya! Semoga semakin bermanfaat. Anda Pakai Instagram Untuk Jualan ? Sebaiknya Baca 7 Tips Ini

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>