Antarasa Usung Esensi Rasa Indonesia

undercover.co.id Di tengah keramaian kota Jakarta, terdapat sebuah permata kuliner yang menyuguhkan pengalaman makan unik. Dinamakan Antarasa, restoran yang bermula di Pontianak ini telah berkembang dan menjejakkan kakinya di daerah Puri Indah, Jakarta Barat. Kini, Antarasa memiliki tiga outlet termasuk di One Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan yang mulai beroperasi sejak Maret 2023.

Kehadiran Antarasa terinspirasi dari YouTube channel Kisah Rasa, hasil kolaborasi antara dailygroup, perusahaan yang menaungi restoran tersebut dengan Chef Juna dan Chef Renata. Melalui kanal tersebut, berbagai makanan nusantara diperkenalkan. Beberapa di antaranya kemudian diadaptasi menjadi menu di Antarasa.

Antarasa mengambil konsep makanan nusantara dengan sentuhan modern. Restoran ini berkomitmen untuk menampilkan esensi rasa Indonesia. Hal ini tercermin dari tema restoran ”Indonesian Asian Modern Food”, dengan tagline “Antarasa, Antarkan Rasa Selera Nusantara”.

Memasuki restoran, pengunjung akan disambut dengan desain interior yang humble, dengan dominasi kayu pada ornamennya. Sehingga, memberikan kesan hangat, nyaman, dan tidak terlalu eksklusif. Pemilihan desain ini bertujuan agar pelanggan merasa nyaman untuk makan di sana, baik itu sendirian, bersama teman, maupun keluarga.

Restoran ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama merupakan area indoor yang dapat menampung sekitar 18-20 pengunjung. Sementara lantai kedua terbagi menjadi beberapa area, mulai dari area indoor, outdoor, semi private room, dan VIP room yang keseluruhannya dapat menampung 50-60 pengunjung.

“Untuk VIP room kami dapat menampung sekitar 10-12 pengunjung. Kami juga menyediakan area yang semi private. Jadi, bagi pengunjung yang ingin melakukan pertemuan atau sekadar makan bersama keluarga maupun kerabat yang tidak terlalu intim, bisa di area tersebut,” kata Jaya Chandranegara, Marketing Director dailygroup.

Jaya menjelaskan, salah satu daya tarik Antarasa adalah sajian live music setiap hari Jumat dan Sabtu, mulai pukul enam sore hingga restoran tutup. Bicara soal dapur, Antarasa memiliki dapur yang cukup kecil, tidak seperti restoran pada umumnya. Hal ini dikarenakan semua produk yang disajikan pada hari itu sebenarnya sudah dipersiapkan di central kitchen.

“Jadi, secara persiapan lebih cepat dan mudah. Inilah yang membuat kami tidak membutuhkan layout dapur yang besar. Namun, kami tetap memastikan bahwa kualitas nya tetap aman, tidak terganggu dan sama seperti restoran kami yang lainnya,” ujar Jaya.

Dalam strategi pemasarannya, Antarasa pada umumnya menyasar seluruh segmen masyarakat. Namun, di One Satrio, restoran ini membagi target pasarnya menjadi dua. “Pertama, pegawai kantoran di daerah Kuningan yang biasanya saat weekdays mencari makan siang. Kedua, keluarga pada saat weekend. Maka dari itu, menu yang disajikan sangat variatif untuk memenuhi selera target pasar yang kami tuju,“ jelas Jaya.

Jaya kemudian memberikan beberapa menu andalan restoran. Bagi para first timer, ia menyarankan pengunjung untuk mencoba Inspirasa (Inspirasi Dari Kisah Rasa). Inspirasa adalah menu kreasi Chef Juna dan Chef Renata. Beberapa menu lain yang patut dicoba adalah Kakap Putih Goreng Sambal Mangga, ikan Kakap Putih yang dibalur dengan tepung krispi, dan disajikan dengan sambal mangga.

Lalu, Salmon Acar Bumbu Kuning, pan seared salmon dengan kuah acar kuning disajikan dengan wortel dan irisan timun Jepang, dan Udang Sambal Nanas, udang bakar dengan baluran sambal nanas segar. Ada pula Rica Iga Bakar, iga bakar yang disajikan dengan sambal rica, Spicy Lime Fish, kakap putih dengan royal sauce dan jeruk nipis, Pasta Tuna Pedas, spageti dengan tuna tataki dan taburan sambal matah yang segar, dan Pesto Prawn, spageti saus pesto dengan udang segar.

“Berbeda dari restoran lainnya, walaupun kami restoran Indonesia, menu yang kami tawarkan tidak terpaku pada makanan Indonesia saja. Kami juga menyajikan menu western, seperti steak dan pasta. Namun, dengan penyesuaian rasa khas nusantara,“ kata Jaya.

Ke depannya, Antarasa selalu berinovasi dengan memperkenalkan menu baru setiap enam bulan dan menghilangkan menu-menu yang tidak menjual. Hal ini dilakukan demi menjaga antusiasme dan loyalitas pelanggannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation