Pada chapter pertama, Anda telah mempelajari hal-hal mengenai teknik SEO yang wajib Anda kuasai sebelum masuk ke langkah selanjutnya.

Jika Anda pengincar ranking SEO nomor satu di mesin pencarian, tentu Anda mengetahui pentingnya link dalam SEO.

Link building yang berkualitas, akan menghasilkan website yang berkualitas pula.

Namun sebelum itu, Anda akan diperkenalkan terlebih dahulu mengenai apa itu reklamasi link dan bagaimana cara mendapatkan kembali link yang hilang.

Link bisa rusak kapan saja. Kerusakan tersebut biasanya terjadi ketika website menghapus suatu halaman atau mengubah URL pada saat perbaikan situs web.

Adalah reklamasi link yang bisa dengan cepat memperbaiki link yang rusak dan membantu Anda dalam mencapai website yang SEO. Lalu apa itu reklamasi link?

Definisi Reklamasi Link

Reklamasi link adalah upaya untuk menemukan link yang rusak dan memperbaikinya dengan menghubungi situs web lain yang terhubung ke website Anda. Singkatnya, reklamasi link ini bisa membantu Anda saat:

  • Konten ada yang terhapus, link hilang.
  • URL diubah.
  • Terjadi perubahan besar-besaran pada situs web.

Namun, konsep reklamasi ini terus berubah seirig banyaknya link builder yang terus melakukan perkembangan SEO teknis sehingga ide-ide SEO pun juga terus berkembang. Tapi yang pasti adalah link building dalam website itu tidaklah sulit.

Cara Mendapatkan Kembali Link yang Hilang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, link bisa saja rusak dan hilang kapanpun. Faktor-faktor yang menyebabkannya juga bisa terjadi saat website Andaa terlihat ‘sehat’ sekalipun. Link hilang harus segera ditangani sebelum menganggu lebih jauh ranking SEO website Anda.

Hal yang harus dilakukan sebelum memulai

Sebelum masuk pada praktik dalam mendapatkan kembali link yang hilang, buatlah spreadsheet terlebih dahulu yang berisi URL lama Anda, anchor teks, URL baru, dan lokasi keberadaan link yang rusak. Gunakanlah tools seperti Ahref atau Majaestic yang bisa membantu Anda dalam bagian ini.

Cara terbaik untuk memperbaiki masalah internal link adalah dengan cara manual yaitu pergi ke halaman yang mengandung link rusak kemudian menggantinya dengan link baru. Sedangkan untuk memperbaiki masalah link eksternal, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan reklamasi link dan 301 redirect.

Tentu link direct selalu bernilai lebih baik daripada link redirect. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menunggu beberapa minggu setelah proses reklamasi link sebelum menaruh link redirect ke tempatnya.

Berapa banyak link yang ada untuk diklaim kembali?

Kembali lagi fokus pada langkah-langkah dalam mendaptkan kembali link yang hilang atau rusak. Kini Anda harus mencari tahu terlebih dahulu berapa banyak halaman yang terhubung ke halaman Anda yang hilang atau rusak.

Jalankan URL Anda yang berstatus 404 melalui alat link building Anda untuk melihat setiap link dan anchor teks yang merujuk pada halaman Anda yang hilang. Lakukan langkah ini di setiap halaman yang hilang. Jika halaman Anda berstatus eror 404 namun tidak ada link yang terhubung di sana, mungkin saja permasalahan itu muncul karena ada masalah dengan redirect lama.

Bersihkan eror 404

Bagian ini memang memiliki kesan sulit dan ribet sehingga banyak yang berkahir harus meminta bantuan web developer. Namun percayalah bahwa membersihkan eror 404 tidak akan sesulit itu. Caranya, gunakan alat yang sudah disebutkan di atas, salah satu Ahrefs. Ahrefs bisa digunakan untuk melihat link yang down, situs migrasi ke URL https baru, serta bisa menghilangkan redirect.

Setelah Anda sukses membersihkan link yang berstatus eror 404, beritahu situs web lain yang me-link website Anda mengenai link Amda yang rusak dan beritahu mereka link baru yang sudah diperbaiki.

Brand mention dan Link Gambar

Membersihkan eror 404 bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali link yang rusak atau hilang. Anda juga bisa melakukannya melalui Brand mention yang tidak tertaut ke website Anda atau Anda juga bisa mengklaim kembali tautan gaambar Anda.  

Gunakan tools seperti Tineye  atau operator pencarian manual seperti allintitle:

[sebutkan judul gambar Anda]

untuk mencari dan menemukan di mana gambar Anda digunakan. Kemudian Anda bisa dengan cepat menemukan di mana halaman yang menggunakan konten brand Anda.

Tidak semua link dapat diklaim ulang

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua link yang hilang bisa kembali walaupun sudah melakukan cara di atas.

Ini biasanya karena faktor umur link Anda. Bahkan melakukan pengembalian link ini tingkat keberhasilannya hanya 50 persen saja. Semakin tua link Anda, maka kesempatan untuk link kembali semakin kecil.

Walaupun begitu, memperbaiki eror akan sangat berguna untuk pengunjung yang membutuhkan informasi di website Anda.

Setelah beberapa minggu pastikan Anda telah menyiapkan 301 redirect untuk semua halaman web yang sebelumnya muncul dengan eror 404.

Meskipun link-link tersebut sudah diperbaiki, akan sangat menguntungkan jika Nada menyiapkan redirect untuk halaman-halaman tersebut.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia



Kesimpulan

Jangka watku: bulan 1, 2 , 3 dan setiap kuartal.

Hasil terdeteksi: 4-12 bulan setelah implementasi.

Rata-rata tautan yang dikirim per bulan: 5 sampai 10 tergantung pada situs.

Alat yang digunakan:

  • Tineye
  • Screaming Frog
  • Deepcrawl
  • Ahrefs
  • Majestic

Keuntungan reklamasi link:

  • Reklamasi link dapat membantu Anda mendapatkan kembali link yang hilang dan membantu dalam peringkat website Anda.
  • Reklamasi link adalah cara mudah untuk memulai kampanye membangun link karena sebenarnya Anda tidak benar-benar membangun link namun membersihkan yang lama dan mengganti ke yang baru.
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Cara Menggunakan Cpanel

Cpanel adalah jenis area back end yang ditawarkan oleh banyak layanan hosting web seperti Hostgator. Ini adalah alat…

Advertising Agency Jakarta

https://undercover.co.id/ – Advertising Agency Jakarta , Pernahkah Anda mendengar istilah advertising agency ? Jika belum, Anda tentunya pernah…