Apa Tipe Franchisee Anda?

Seperti yang telah diketahui bahwa franchise merupakan jenis bisnis duplikasi atas bisnis utama sang pemilik franchise.

Dalam menjalani bisnis ini, terdapat dua pelaku franchising yaitu franchisor dan franchisee.

Franchisor merupakan pemilik bisnis, sementara franchisee merupakan sosok yang menduplikasi bisnis tersebut dengan kesepakatan resmi dan diakui secara hukum.

Melalui kerja sama yang dibangun antara franchisor dan franchisee , muncullah pembagian tipe-tipe franchisee.

Pembagian tersebut dikelompokkan atas prestasi, karakter, dan komunikasi franchisee itu sendiri.

Terdapat lima tipe franchisee yang perlu diketahui yaitu franchisee tidak patuh dan tidak sukses, franchisee tidak patuh namun sukses, franchisee patuh namun kurang beruntung, franchisee patuh dan sukses, dan franchisee akselerator.

Franchisee Tidak Patuh dan Tidak Sukses

Tipe franchisee yang pertama adalah franchisee yang tidak patuh dan tidak sukses. Sesuai dengan namanya, franchisee tipe ini merupakan franchisee yang tidak akan bertahan lama sebagai peserta franchise.

Karakteristik franchisee ini adalah tipe pebisnis yang emosional dan peberontak. Ini sudah terlihat jelas di awal perjanjian bisnis franchise.

Franchisee yang tidak patuh dan tidak sukses selalu menunjukkan sikap menantang terhadap peraturan franchise yang diberlakukan.

Franchisee Tidak Patuh namun Sukses

Meskipun tipe franchisee ini memiliki karakter yang tidak patuh kepada franchisor, namun mereka berhasil menjalani bisnis franchise dengan baik.

Namun, kondisi ini akan menyulitkan franchisor dalam menyatukan ide berbisnis terkini. Lebih lagi, pebisnis seperti ini terkesan mampu berdiri sendiri tanpa bantuan edukasi dari franchisor.

Karakter tersebbut lama-kelamaan akan membahayakan bisnis franchise yang tengah dirintis oleh franchisee itu sendiri hingga berujung kepada kegagalan.

Akan tetapi, kegagalan tersebut masih dapat ditanggulangi dengan selalu berinteraksi dengan baik kepada pihak franchisor.

Franchisee Patuh namun Kurang Beruntung

Franchisee patuh namun kurang beruntung termasuk tipe franchisee yang sangat disayangkan.

Ini karena bisnis franchise yang sudah dijalankan dengan baik dan sesuai prosedur, tidak memberikan hasil yang sesuai dengan harapan.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegagalan di sini adalah terdapatnya arus putar balik dan kemunculan pesaing baru dan tak kalah kuatnya dari segi kompetisi bisnis.

Franchisee Patuh dan Sukses

Franchisee patuh dan sukses merupakan tipe franchisee yang selalu didambakan oleh franchisor.

Sebenarnya, kepatuhan dalam melakukan bisnis franchise merupakan sebuah keharusan yang benar-benar wajib dijalankan.

Ini karena bisnis franchise merupakan bisnis yang mengikat antara franchisee dan franchisor dalam sebuah kesepakatan.

Beberapa kesepakatan bisnis franchise tersebut meliputi panduan operasional dan ketentuan Hak Kekayaan Intelektual franchisor.

Kepatuhan franchisee bukannya tidak membuahkan hasil karena ini nantinya akan berdampak pada kesuksesan franchisee sendiri sehingga pengembalian modal bisa didapatkan dengan segera.

Franchisee Akselerator

Franchisor akselerator merupakan bagian dari tipe franchisee patuh dan sukses. Pebisnis dengan karakter seperti ini akan membawa dampak positif bagi bisnis franchise karena memiliki pengembangan bisnis terbaik dengan strategi-strategi terkini.

            Franchisor akselerator memiliki karakter penyuka tantangan dan senang menyelami hal-hal baru.

Mereka cenderung lebih sering meninggalkan tempat teraman mereka demi mendapatkan nuansa baru yang lebih mendukung perkebangan bisnis mereka.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Namun, kelancaran berbisnis tidak berjalan dengan semestinya ketika mendapatkan franchisor yang bersifat kebalikan dari franchisee akselerator.

Malahan, franchisor berkarakter kebalikan dari franchisee akselerator akan merasa risih dan kerepotan menghadapi franchisee dengan tipe ini.

Nah, itulah lima tipe franchisee yang dikelompokkan berdasarkan karakteristiknya. Apa tipe franchisee Anda?

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!