Pada awalnya, optimasi mesin pencari jauh lebih sederhana daripada yang sudah berkembang sampai hari ini.
Anda melakukan analisis situs cepat, membuat inti semantik, memastikan bahwa konten adalah asli dan semua kata kunci ada di tempatnya, dan itu pada dasarnya itu.
Namun, Sergey Grybniak Pendiri di Opporty.com mengungkap bahwa ada banyak hal telah berubah.
Apakah SEO Benar-Benar Kompleks atau Apakah Kita yang Berlebihan?
Hari ini toolset SEO jauh lebih luas dan lebih kompleks.
Akan tetapi apakah keadaan saat ini benar-benar sulit, atau apakah kita membawa terlalu banyak drama ketika berbicara tentang SEO modern?
Sergey Grybniak mengungkapnya satu per satu melalui artikelnya yang ditulis untuk searchenginejournal.com belum lama ini.
Artikel ini ditulis berdasarkan tulisannya.
Apa Yang Paling Menyulitkan Upaya SEO Anda?
SEO sendiri adalah sebuah bentuk disiplin pengolahan untuk konten yang cukup rumit.
SEO menggabungkan sejumlah besar alat, praktik terbaik yang sesekali berkembang, dan terus-menerus menyesuaikan diri dengan pembaruan Google.
Alasan utama di balik kompleksitas yang sekarang kita alami adalah banyaknya perubahan pada algoritma Google seperti:
- Pembaruan Algoritma Inti Luas
- Peringatan Keamanan Chrome
- Pembaruan Kecepatan Seluler
- Korsel Video, dan lain sebagainya.
Masing-masing teknologi ini sedikit memodifikasi cara kerja mesin pencari, menyebabkan perubahan peringkat yang mempersulit upaya SEO Anda.
Menyesuaikan strategi yang sedang berlangsung untuk memaksimalkan semua kebutuhan membutuhkan waktu ekstra.
Paling tidak, Anda harus mempelajari aturan yang diperbarui, dan mempertimbangkan kembali rencana dan pengujian Anda saat ini.
Terkadang butuh berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat dampak nyata dari peningkatan algoritma pada situs web Anda.
Salah Mengartikan Algoritma Google Baru
Masalah umum adalah kesalahpahaman tentang bagaimana algoritma terbaru bekerja.
Kita cenderung salah menafsirkan perubahan yang dibawa Google, dan ini membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas yang justru tidak relevan.
Akhirnya hasilnya menjadi nol.
Ambil contoh tolok ukur kecepatan halaman seluler Google.
Setelah diumumkan secara resmi, orang-orang berlomba untuk meningkatkan kecepatan halaman dengan segala cara yang bisa dibayangkan.
Tetapi apakah itu perlu?
Nah, jika kecepatan halaman melambat, Anda pasti bisa menjumpai situs web anda akan turun di Google SERPs juga.
Namun, Anda harus memahami bahwa bergegas untuk memotong milidetik ekstra dari kecepatan laman tidak akan membuat Anda naik peringkat lebih tinggi jika kecepatan dasarnya tetap sama.
Apalagi jika peringkat situs web Anda cukup rendah.
Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menyelesaikan lebih banyak masalah sebelum memeriksa apakah kecepatan halaman cukup cepat.
Lansekap Alat SEO yang Luas
Tidak hanya pembatasan baru membuat Anda harus berpikir di luar kotak, tetapi pemilihan alat SEO lebih luas dari yang Anda kira, dan terus berkembang.
Kemungkinan besar Anda harus menggunakan strategi yang belum pernah anda coba sebelumnya
Hanya untuk mempromosikan web anda menjadi website yang memiliki banyak pengunjung.
Tidak peduli berapa lama Anda telah menguasai keterampilan SEO Anda, selalu ada ruang untuk pendekatan baru.
Misalnya, klien Anda ingin mempromosikan proyek terbaru mereka sebagai sumber informasi.
Menampilkan konten situs web Anda di Google News untuk pertama kalinya dalam pengalaman Anda dapat menjadi hal yang menantang dan menegangkan.
Bahkan ketika dilengkapi dengan saran teratas tentang cara sukses dalam Google News.
Bagaimana Tidak Berlebihan SEO
Tidak ada yang bisa membantah fakta bahwa SEO terus berkembang.
Masalah ini memengaruhi setiap industri, jadi mengeluh bukan pilihan bagi profesional berpengalaman.
Membuat hal-hal lebih rumit daripada yang sebenarnya dengan bereaksi berlebihan terhadap perubahan baru tidak akan membantu menyelesaikan masalah SEO Anda.
Berikut adalah beberapa strategi dasar tetapi efektif untuk membantu Anda tetap tenang, apa pun yang terjadi di dunia SEO yang keras.
Kembangkan Kebiasaan Membaca Berita SEO Harian
Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan membenamkan diri dalam subjek.
Untuk pemula SEO, menjelajahi beberapa situs media terkait SEO dapat membingungkan pada awalnya.
Namun, banyak keluhan tentang masalah pengindeksan dan panduan strategi konten secara bertahap akan mulai masuk akal.
Setiap spesialis SEO yang berpengalaman memiliki daftar feed dan forum berita berbasis SEO terbaik mereka.
Membuat daftar Anda sendiri hanyalah masalah waktu dan pengalaman kerja.
Dengan mengembangkan kebiasaan membaca situs dan forum informasi SEO, Anda dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda secara dramatis.
Teruslah mendidik diri sendiri dengan menonton webinar, dan mempelajari teknik dan pendekatan baru.
Perbarui daftar kerja Anda dengan bantuan dari panduan yang pasti.
Baca studi kasus nyata dan belajar dari kesalahan orang lain.
Biarkan berita membantu Anda bereaksi lebih cepat terhadap perubahan algoritma terbaru.
Dapatkan inspirasi dari informasi segar dan tumbuh sebagai seorang profesional.
Lacak Kemajuan dengan Ulasan Bulanan
Ukur peringkat kata kunci Anda, keberhasilan backlink, lalu lintas organik, dan perilaku pengunjung setiap bulan, dan awasi angka-angkanya.
Perhatikan pasang surut, dan atur kampanye SEO Anda agar tetap bergerak ke arah yang benar.
Dengan melakukan sedikit penyesuaian, Anda menghindari masalah yang lebih besar dan menemukan peluang alternatif untuk pertumbuhan lalu lintas.
Awasi Pesaing Anda
Mulailah dengan memeriksa blog mereka dan memonitor tautan yang mereka buat.
Perhatikan baik-baik untuk melihat apa yang tidak ada di halaman website anda.
Baca komentar untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang paling disukai audiens, dan apa yang dibutuhkannya.
Manfaatkan titik-titik lemah ini dengan menyediakan informasi yang diinginkan pembaca.
Tampilkan lebih terperinci informasi dengan deskriptif, konten yang dapat disesuaikan, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Pendekatan yang Orisinal dan Menghibur
SEO jauh lebih dari sekadar kata kunci dan tautan.
Gambaran yang lebih besar yang berlaku saat ini mencakup pengalaman pengguna yang hebat dan situs memenuhi persyaratan mesin pencari.
Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh judul artikel ini, saya harus mengatakan ya, SEO telah menjadi lebih berbelit-belit.
Tidak lagi cukup untuk membuat konten “layak” yang diisi dengan kata kunci, tautan, dan tag meta yang diperlukan.
Teks harus menonjol baik dalam tampilan maupun nilainya.
Situs web Anda memiliki banyak pesaing di bidangnya, sehingga deskripsi layanan dan topik blog Anda cenderung sangat mirip.
Untuk menonjol, Anda harus menemukan pendekatan orisinal dan menghibur pengguna dengan informasi yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain.
Baik SEO on-page dan off-page telah berkembang pesat, dan mereka terus tumbuh lebih kompleks.
Sebagai profesional, kita harus siap untuk perubahan baru.
Tidak perlu terlalu rumit memikirkan perkembangan SEO, yang harus kita lakukan adalah segera beradaptasi untuk menjalankannya.
Saat ada beberapa hal yang sulit untuk diatasi sendiri, Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang profesional di bidang SEO.
Lebih baik anda belajar perlahan-lahan dan memahami semuanya daripada mempercayakan SEO website anda kepada pihak lain.
Bukan karena tidak mempercayai mereka, namun ketika kita memahmi SEO, kita bisa segera mengupgrade situs website kita tanpa menunggu orang lain harus mengerjakannya.