Artikel SEO

Jasa

undercover.co.id- Artikel SEO , Pernah mendengar kata artikel SEO? Bagi kalian yang belum tau, artikel seo merupakan jenis artikel yang dibuat khusus untuk menunjang kebutuhan optimasi website.

Sama seperti namanya, artikel seo dibuat agar masuk kedalam salah satu daftar teratas google pada saat  melakukan pencarian.

Mengenal Artikel SEO Friendly

Jadi ketika seseorang menulis artikel di website, harus memperhatikan beberapa kaidah tertentu agar artikel tersebut masuk ke dalam daftar pencarian.Artikel SEO ini sangat penting bagi kalian yang ingin mendapatkan monetisasi atau berbisnis dengan internet karena pencaharian yang dilakukan akan sangat berpengaruh besar.

Sebelum membuat artikel SEO, ada beberapa hal atau ciri-ciri yang harus diketahui. Ciri-ciri artikel SEO adalah sebagai berikut:

Judul mengandung keyword atau kata kunci

Aturan artikel seo yang pertama adalah judul dari artikel yang ditulis harus menggunakan keyword atau kata kunci.

  Hal ini bertujuan agar ketika seseorang mengetik kata kunci tersebut, pencaharian langsung ditujukan kepada artikel yang telah dibuat.

Oleh sebab itu keyword atau kata kunci sangat berperan besar dalam hal ini.  selain itu judul artikel sendiri mempunyai ketentuan lain yaitu judul tidak terlalu panjang atau juga tidak terlalu pendek. Pada umumnya, ketentuan jumlah kata yang terdapat pada judul yaitu sekitar 7-9 kata.

Memiliki jumlah kata tertentu

Aturan artikel SEO selanjutnya adalah memiliki jumlah kata tertentu. Artikel SEO biasanya mempunyai jumlah kata yang sedikit akan tetapi memiliki susunan yang padat sehingga menghasilkan sebuah artikel yang tidak bertele-tele, padat dan juga jelas.

Artikel SEO pada umumnya dimulai dari 500 kata atau lebih, akan tetapi kalimat yang terdapat dalam artikel tersebut jelas dan padat. Selain itu informasi yang diberikan kepada para pembaca sesuai dengan apa yang telah tertera di judul. Jika artikel memiliki kelebihan kata, maka tidak boleh mencapai 1,5% dari banyak jumlah kata artikel yang telah ditentukan.

Artikel SEO

Memiliki subheading atau listicle

Ciri selanjutnya adalah artikel SEO memiliki subheading atau listicle, subheading atau listicle merupakan beberapa pembahasan yang terdapat dalam artikel tersebut bertbentu dalam subheading.tujuan pembuatan subheading atau listicle adalah untuk membuat para pembaca lebih cepat memahami mengenai gambaran umum artikel yang dibuat. Poin-poin yang terdapat dalam artikel tersebut juga masih termasuk kedalam artikel yang dibuat.

Selain beberapa ciri di atas, dalam pembuatan artikel SEO juga mempunyai beberapa indikator utama. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Struktur URL

Struktur URL merupakan salah satu komponen yang memudahkan para pencari di internet menemukan artikel yang telah dibuat, jadi ketika ingin membuat struktur URL dalam pembuatan artikel sebaiknya membuat struktur yang sederhana agar dapat ditemukan dengan mudah.

Topik

Dalam pembuatan artikel SEO, pemilik website harus mempunyai topik tertentu yang fokus untuk dibahas. 

Topik tersebut saling berhubungan antara topik yang satu dengan topik yang lainnya sehingga hal ini juga akan mempermudah pencarian dengan topik yang sama. Misalnya saja si pemilik website berfokus pada hal-hal yang berbau artikel seo di surabaya maka sebaiknya berfokus pada kategori itu saja

Struktur konten

Setelah menyesuaikan topik pada sebuah artikel, hal selanjutnya indikator selanjutnya adalah membuat struktur konten yang mudah dipahami. Struktur konten membuat agar para pembaca dapat memahami dengan mudah mengenai artikel yang telah dibahas tersebut.

Meta description

Hal selanjutnya adalah penggunaan meta description pada suatu artikel. Meta description merupakan beberapa kata yang digunakan yang berisi rangkuman konten pada suatu halaman website.

Artikel SEO dan artikel pada umunya mempunyai beberapa perbedaan baik dibidang kualitas dan juga bidang lainnya. Oleh sebab itu ketika dalam pembuatan artikel SEO memerlukan beberapa cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan keika ingin membuat artikel SEO adalah sebagai berikut:

Menentukan kata kunci yang tepat

Hal pertama yang kamu lakukan sebelum membuat artikel SEO adalah menentukan kata kunci terlebih dahulu, setelah itu kata kunci yang dibuat harus berkaitan dengan judul dan isi materi. Oleh sebab itu sebelum membuat artikel ada baiknya membuat rancangan agar tidak terjadi kendala pada saat penulisan artikel. Cara lain yang dapat kamu gunakan adalah melakukan riset kata kunci tersebut. kata kunci yang telah dibuat disesuaikan dengan pencarian.

Mengambil sudut Pandang yang Unik

Setelah kamu mendapatkan kata kunci dari artikel yang akan ditulis, langkah selanjutnya adalah mengambil sudut pandang yang menarik dari judul atau topik yang telah ditentukan. Sudut pandang yang unik juga akan menarik minat pembaca. Sudut pandang yang unik ini juga akan membuat artikel yang ditulis terlihat original atau asli. Hal ini dapat google menyukai website yang kamu miliki serta menambah ranking dan juga mendapatkan ranking yang tinggi.

Memperhatikan struktur artikel

Langkah selanjutnya yang kamu gunakan adalah memperhatikan struktur artikel yang akan kamu tulis, struktur artikel tersebut akan memudahkan pembaca saat mengunjungi dan membaca serta memahami artikel tersebut. pada umumnya struktur artikel dimulai dari pembukaan yang berisis pengenal dari materi yang akan disampaikan, kemudian beralih ke isi yang berisis menjelaskan topik utama secara rinci dan juga penutup yang berisi ringkasan atau kesimpulan artikel.

Menguraikan isi materi menjadi paragraf yang singkat

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah menguraikan sisi materi dengan menggunakan paragraf yang singkat. Pada umumnya isi materi dari suatu artikel SEO mempunyai jumlah kalimat yang jauh lebih sedikit daripada artikel pada umumnya, karena artikel SEO lebih memperhatikan kualiats artikel daripada kuantitas artikel tersebut.

Menggunakan pola piramida terbalik

Piramida terbalik adalah salah satu teknik yang digunakan dalam penulisan, piramida terbalik dilakukan untuk mempengaruhi para pembaca. Piramida terbalik dibuat dengan meletakkan informasi  yang paling penting berada di puncak.

Cara ini dilakukan untuk membuat artikel yang ditulis tidak bertele-bertele dan memudahkan para pembaca mendapat informasi dengan cepat.

Tulis Artikel yang Berfokus ke Satu Topik

Hal selanjutnya yang kamu lakukan adalah menulis artikel yang hanya berfokus ke satu topik tertentu. Usahakan artikel yang kamu buat jangan sampai membahas pembahasan lainnya. hal ini bertujuan agar tidak membingung para pembaca, topik artikel yang jelas akan membuat informasi yang disampaikan lebih runtut. Hal ini juga membuat kalimat saling berhubungan satu sama lain.

Membuat kata kunci sewajarnya

Cara lain untuk membuat artikel SEO adalah meletakkan beberapa kata kunci yang sesuai dengan artikel yang dibahasa, akan tetapi kata kunci yang digunakan dalam artikel tersebut disesuaikan dengan kebutuhan artikel, artinya kata kunci tersebut tersebut jangan terlalu banyak dan juga terlalu sedikit. Hal tersebut akan mengganggu kenyamanan para pembaca saat membaca artikel tersebut.

Menambahkan konten visual

Menambahkan konten visual pada saat membuat artikel SEO juga sangat diperlukan, baik konten tersebut berbentuk GIF, gambar atau bahkan meme sekalipun. Hal ini akan membantu para pembaca lebih mudah membasmi isis tulisan tersebut dengan bantuan gambaran konten visual tersebut.

Kelebihan Artikel SEO

Artikel SEO merupakan merupakan salah satu artikel yang sangat dibutuhkan untuk kepentingan website optimize,hal ini dikarenakan artikel tersebut akan berada dalam daftar teratas pencarian pada saat melakukan pencarian di google. Selain menjadi salah satu hasil pencarian di google, artikel SEO memiliki kelebihan lainnya diantaranya yaitu

Mudah dipahami

Pada umumnya artikel yang menggunakan kaidah SEO lebih mudah dipahami karena memiliki jumlah kata yang sedikit akan tetapi informasi yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembaca.

Informasi yang diberikan berbentuk susunan kata yang padat, singkat dan jelas sehingga para pembaca tidak kebingungan pada saat kata struktur kalimat tersebut bertele-tele. Artikel yang mudah dipahami ini juga membuat si  penulis artikel terlihat lebih berkualitas.

Meningkatkan Brand awareness

Bagi orang yang suka melakukan jual beli secara online, pastinya melakukan pencarian mengenai detail barang tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui detail barang tersebut secara maksimal dan meminimalisir  kesalahan.

Beberapa hal yang dilakukan pada saat melihat detail barang adalah mulai dari melihat harga, bentuknya secara spesifik, bahan, cara pakai dan masih banyak lainnya. pada saat melakukan pencarian hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut akan meningkatkan kualitas produk juga. Semakin banyak artikel berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan para pembaca maka hal ini dapat meningkatkan brand produk tersebut.

baca juga

Meningkatkan kualitas website

Artikel SEO bukan hanya berpengaruh terhadap kualitas artikel yang telah dibuat, akan tetapi artikel SEO yang terdapat dalam suatu website juga akan berpengaruh terhadap website itu sendiri. Hal ini dikarenakan artikel SEO mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan artikel lainnya. dengan adanya kualitas artikel tersebut maka perlakukan pengunjung terhadap laman website tersebut juga akan berbeda sehingga mempengaruhi website tersebut.

Selain beberapa kelebihan artikel SEO diatas ternyata artikel SEO juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Proses ribet

Kekurangan pertama yang pada saat pembuatan artikel Seo adalah proses pembuatannya yang ribet. Pada saat pembuatan artikel tidak dapat dilakukan seperti pembuatan artikel pada umumnya, karena harus melalui beberapa kaidah tertentu. Selain prosesnya yang ribet pembuatan artikel SEO juga harus mempunyai kemampuan dasar pada saat memasukkan artikel ke website. Dalam pembuatan artikel SEO seseorang juga harus mempunyai pengetahuan yang cukup luas. Dalam pembuatan artikel pada umumnya harus mengikuti beberapa trik tertentu.

Terdapat banyak saingan

Walaupun artikel SEO mempunyai sedemikian aturan yang sangat ribet, akan tetapi ada banyak orang yang mampu membuat artikel SEO sehingga terdapat banyak saingan dengan tema artikel yang sama. Selain itu harga artikel SEO yang terbilang cukup murah juga membuat jumlah artikel dengan tema yang sama juga banyak sehingga meningkatkan daya saing ketika melakukan pencarian di mesin google. Jadi bagi kalian yang baru saja terjun dalam pembuatan artikel SEO untuk kebutuhan website, maka harus siap bersaing dengan orang yang lebih berkualitas. Walaupun peluang bagi seseorang yang baru saja memulai dalam bidang ini, akan tetapi bukan berarti hal ini bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Membutuhkan waktu yang panjang

Kekurangan selanjutnya adalah pembuatan artikel SEO membutuhkan waktu yang panjang pada saat pembuatan artikel SEO, karena pembuatan artikel SEO membutuhkan skill penulisan yang baik, selain itu menerapkan kaidah SEO tidak semudah  apa yang dibayangkan sebelumnya.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!